Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prof. Jeffrey Winters: Megawati Sangat Mempengaruhi Pemerintahan Jokowi

Prof. Jeffrey Winters: Megawati Sangat Mempengaruhi Pemerintahan Jokowi

Kembali, Presiden Jokowi menjadi sorotan dunia. Sebelumnya, Jokowi menjadi bahan "tertawaan" Netizen dunia karena ketidak bersyukurnya Presiden Jokowi atas bantuan yang diterima Indonesia dari Raja Arab Saudi karena yang diterima Indonesia, lebih kecil dari China.

Sekarang seorang pakar politik dari Northwestern University, Evanston, Illinois, Amerika Serikat Prof. Jeffrey Winters menilai Joko Widodo sebagai presiden terlemah dalam sejarah Indonesia.

Menurut Prof. Jeffrey Winters, bukan karena Jokowi tidak memiliki modal dukungan politik yang cukup, melainkan karena ketidakmampuan pemerintahannya dalam menghadapi situasi ekonomi global yang saat ini melemah.

Prof. Jeffrey Winters: Megawati Sangat Mempengaruhi Pemerintahan Jokowi


Demikian seperti dikutip Wall Street Journal. "Jokowi presiden terlemah sejak masa Gus Dur. Dia ditinju oleh tokoh-tokoh politik yang tidak peduli dia jatuh," ujar Jeffrey Winters.

Hal yang paling menonjol adalah hubungan Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang sangat kompleks. Walaupun Mega tidak memiliki posisi jelas dalam pemerintahan, tetapi sangat mempengaruhi pemerintahan Jokowi. Di sisi lain, walaupun kini menjadi partai penguasa, setelah selama satu dekade sebelumnya menjadi oposisi, pada faktanya di parlemen PDIP hanya memimpin koalisi kecil.

Orang-orang yang dekat dengan Mega dan Jokowi mengatakan bahwa keduanya kerap bertemu, dan Jokowi sering menerima saran dari Mega.

Beberapa investor asing keberatan dengan hal ini. Menurut mereka, ini memperlihatkan betapa Jokowi terikat pada gagasan nasionalisme yang membuat investasi asing menjadi sulit di Indonesia.

Selain Mega, tokoh politik lain yang saran-sarannya kerap didengarkan Jokowi adalah Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto.

Menurut Jeffrey Winters, kesalahan utama Jokowi karena bergerak terlalu cepat dari seorang walikota kota kecil menjadi pemimpin negara besar seperti Indonesia.

"(Jokowi) membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memilah siapa pemain politik pada level nasional, bagaimana mereka menjalin jaringan, apa agenda mereka dan bagaimana integritas mereka," ujar Jeffrey Winters lagi.

Ekonom dari Standard Chartered, Eric Sugandi, masih seperti dikutip World Street Journal mengatakan, bila Jokowi menghabiskan waktu terlalu banyak untuk melakukan pekerjaan rumah itu, maka dia terancam kehilangan kredibilitas.

"Saya rasa market sedang menunggu realisasi janji-janji Jokowi," ujarnya. (RMOL)


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Prof. Jeffrey Winters: Megawati Sangat Mempengaruhi Pemerintahan Jokowi"