5 Tips Berbelanja Online Via Media Sosial
5 Tips Berbelanja Online Via Media Sosial

5 Tips Berbelanja Online Via Media Sosial

Belanja online sudah menjadi fenomena tersendiri saat ini. Dan menjadi kegemaran, didukung dengan akses yang mudah dan bisa dimana saja.

Akan tetapi, tetap saja ada permasalahan-permasalahan yang dihadapi ketika berbelanja online. Sebut saja, seperti penjual yang menipu dengan bentuk barang yang tidak sesuai dengan keinginan atau hoax.

Berikut lima tips awan yang dikutip dari Kurniawan Santoso, Client Partner E-Commerce & Travel Facebook, yang dapat diterapkan sebelum anda berbelanja online.

Belanja Online Tanpa Hoax

Tips Berbelanja Online di Media Sosial

1. Pastikan halaman profil penjual


Sebelum belanja perhatikan dulu penjual mempunyai gambar barang yang bersih, asli sesuai fakta, dan informasinya benar, serta menjual barang-barang dari brand atau merk merk yang terperaya.

2. Pastikan barang


Pastikan sebelum berbelanja online, Anda harus memastikan terlebih dahulu barang yang dijual sesuai dengan fakta sebenarnya, bukan hoax serta sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain itu, perlu dilihat apakah harga yang diberikan masuk akal, karena harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa menjadi indikasi yang kurang baik, bisa menjadi indikasi Penipuan.

Baca: 5 Cara Mudah Membuka HP Android Berbagai Merk yang Lupa Pasword

3. Pastikan Layanan Pelanggan


Layanan pelanggan sangat perlu diperhatikan dan dipastikan dapat dihubungi dengan lancar. Adanya pelayanan pelanggan membuktikan bahwa penjual bisa dipercaya dan jual beli bisa berlangsung dengan lancar meski ada kesulitan.

4. Pastikan ada pilihan cara pembayaran


Seorang penjual yang terpercaya dapat dibuktikan melalui cara pembayaran. Jika mereka menerima penggunaan kartu kredit atau debit, sudah dipastikan mereka terdaftar di bank yang terpercaya. Beberapa pilihan seperti COD atau cash on delivery juga bisa menjadi pilihan bagus dalam pembayaran belanja Anda.

5. Pastikan waktu pengiriman


Pengiriman masih menjadi salah satu hambatan bagi para penjual online, karena tergantung cara pengiriman dan daerah tujuan. Salah satu cara belanja online aman adalah tanyakan kapan barang akan sampai ke tempat tujuan.

Itulah tadi lima tips berbelanja online seperti dikutip dari Kurniawan Santoso, Client Partner E-Commerce & Travel Facebook, yang dapat diterapkan sebelum anda berbelanja online.

Sedangkan berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam berbelanja online adalah Pola Pikir. Disini yang saya tekankan adalah, berbelanja online bukanlah mencari harga yang termurah akan tetapi mencari harga yang terbaik.

Kita berbelanja online bukanlah dengan tujuan mendapatkan barang dengan harga semurah mungkin, akan tetapi lebih kepada kemudahan kita dalam berbelanja.

Seperti mudah dalam melihat jenis jenis produk barang yang dijual, mudah dalam membandingkan harga hingga akhirnya kita memutuskan membeli barang dengan harga yang terbaik, bukan termurah, serta dalam menghemat waktu.

Membeli dengan harga yang terbaik tidak selalu harus murah, bisa saja kita beli dengan harga agak mahal bisa menjadi harga yang terbaik. Hal ini berdasarkan beberapa pertimbangan seperti, tingkat kebutuhan dan jenis barang.

Sebagai contoh, jika kita akan membeli suatu barang, dan barang tersebut harus segera kita dapatkan karena hal yang mendesak, kita bisa mencari barang tersebut secara online dengan mempertimbangkan waktu pengiriman yang cepat.

Dengan kata lain, bisa jadi barang tersebut dibeli dengan harga sama dengan yang lain tapi kita rela membayar lebih mahal agar barang cepat sampai.

Sebaliknya pun begitu, kita bisa mendapatkan barang yang tidak begitu mendesak dengan mencari harga barang serta mutu barang yang kualitas terbaik, dan untuk meminimalisir nilai pembelian kita bisa meminta pengiriman yang biasa atau standar.

Inilah yang saya maksud dengan mencari harga yang terbaik, bukan termurah, atau termahal.

Baca: Kenali dan Pamahi Bea Masuk dan Pajak Impor atas Paket Kiriman dari Luar Negeri

Tentunya dengan tips ini belanja online bisa nyaman dilakukan tanpa penipuan, apalagi terjebak dengan hoax yang sering terdengar.

Sekali lagi dalam belanja online, tidak hanya barang yang harus anda perhatikan, penjual dan sistem pembayaran serta pengirimannyapun harus Anda perhatikan, singkatnya teliti sebelum membeli. Siapkah Anda untuk belanja online?
Advertisement

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments