Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Cara Mengatasinya

Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Cara Mengatasinya

Entahlah, apakah artikel ini nantinya akan berguna bagi orang banyak atau tidak saya tidak tahu, yang pasti saya nulis aja, semoga saja bermanfaat.


Mengatasi Tombol Share atau Bagikan Facebook yang HILANG


Saya jadi tambah semangat nulis, setelah melihat status Facebook teman saya ini :

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)


Entah artikel ini menarik untuk dibaca atau tidak, bermanfaat atau tidak, paling tidak saya berani dan mau mencoba dan mau belajar. 

Artikel tentang 7 Hal yang Sering Dilakukan Orang Sukses dan 4 Hal yang Selalu Dihindarinya juga menjadi suatu motivasi bagi saya dikala saya sedang menghadapi masa-masa sulit atau menghadapi cemoohan dan ejekan dari orang-orang tentang usaha menulis/ blog saya ini.

Kembali ke status teman saya tadi, ada cerita menarik disana, menyangkut seputar update dan perbaikan yang dilakukan oleh Facebook Inc.

Sebenarnya, saya sudah lama mendengar tentang keluhan-keluhan yang terjadi seputaran update yang dan perbaikan serta penyempurnaan yang dilakukan facebook ini.

Namun setelah saya pelajari lebih lanjut dan setelah saya baca beberapa referensi yang saya dapat dari facebook sendiri, sebenarnya bukanlah suatu bug atau kesalahan akan tetapi lebih kepada penyempurnaan, menyangkut privacy dan keamanan.

Teman saya bertanya, mengapa status facebook nya tidak dapat dibagikan atau di share?

Dengan kata lain, tombol share baik di Aplikasi Facebook untuk Android, iOS, ataupun Windows Mobile tidak ada alias "HILANG".

Bahkan bukan hanya di Aplikasi Facebook di Smartphone, dibuka melalui browser Desktop atau Laptop pun, sama. 

Tombol Share atau Bagikan Status Facebook Hilang.

Yang ada hanya tombol Komentar dan Suka.

Permasalahan ini bukanlah suatu bug, atau kesalahan, akan tetapi merupakan salah satu bentuk penyempurnaan dari Aplikasi Facebook itu sendiri.

Bahwa algoritma Facebook sebenarnya senantiasa mengalami perubahan setiap bulannya. 

Demi kenyamanan dan berbagai pertimbangan lainnya, jejaring sosial ini selalu memperbaiki sistem mereka. 

Setiap saat, yang mereka dapat melalui masukan dan saran yang masuk ke contact center facebook, dengan masukan ini mereka terus melakukan inovasi dan perbaikan.

Perubahan yang paling jelas terlihat adalah ketika Facebook membuat fitur update status dengan background warna atau gambar, sehingga apa yang kita bagikan terlihat lebih menarik dan hidup.

Dan belum lama ini Facebook melakukan update menghilangnya tombol share atau bagikan ketika status yang kita buat di setting hanya untuk teman saja.

Seperti contoh gambar status teman saya tadi dibawah ini :

Tombol Share Status Facebook Hilang 1


Dari gambar diatas bisa kita lihat, teman saya tadi membuat status yang hanya dibagikan kepada teman saja (dalam lingkaran biru).

Dengan demikian Status nya tadi tidak bisa dibagikan atau di share oleh orang lain, yang ada hanya tombol suka dan komentar.

Mengapa hal ini dilakukan Facebook?

Mungkin saja yang menjadi pertimbangannya seperti ini : 

"Status yang dibuat, karena diatur hanya boleh dilihat oleh teman, berarti yang buat status tidak mau statusnya dilihat oleh orang yang bukanlah temannya di facebook, jadi tombol share atau bagikan nya dihilangkan, agar status itu tidak tersebar kemana-mana".

Nah, disinilah yang mungkin banyak pengguna facebook tidak tahu, hingga akhirnya membuat bingung mereka.

Namun jika status facebook tadi dibuat menjadi "publik", maka tombol share atau bagikan nya pasti muncul.

Yang berarti, status facebook yang kita buat, boleh dilihat oleh semua orang, karena itu tombol share atau bagikan nya muncul. 

Tombol Share Status Facebook Hilang 2


Namun demikian, ada status facebook yang walaupun settingan nya kita atur hanya untuk teman, tapi tombol bagikan atau share nya tetap muncul.

Dalam hal ini status facebook tadi yakni adalah tentang tautan, atau link tautan.

Dengan asumsi bahwa :

Walaupun yang kita bagikan tadi hanya untuk teman, akan tetapi karena yang dibagikan adalah informasi yang publik (tautan atau link tautan), maka tidak lagi menjadi ranah privacy.

Sehingga, tombol share atau bagikan tetap ada, walaupun dalam settingan nya kita atur: Hanya dibagikan untuk teman saja, sepanjang status yang kita bagikan adalah ranah publik, seperti tautan atau link tautan.

Dapat dilihat seperti contoh gambar dibawah ini :

Tombol Share Status Facebook Hilang 3


Jadi menurut saya, kesimpulannya adalah bukanlah karena suatu bug atau kesalahan, akan tetapi lebih kepada update perbaikan, dan penyempurnaan serta agar lebih privacy lagi.

Demikianlah dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih.


Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar