5 Cara Mengamankan Blog dari Kejahatan Cyber dan Hacker

Dunia Blogging saat ini semakin berkembang dan terkenal. Banyak sekali kejadian-kejadian menarik yang terjadi diseputaran dunia blogging. 

Namun demikian pada sisi lain, Dunia hacking juga ikut berkembang dari hari ke hari. 

5 Cara Mengamankan Blog dari Kejahatan Cyber dan Hacker
Ilustrasi, Foto : freecodecamp.org


Dulu, target utama hacker adalah akun media sosial, server dan rekening bank namun seiring perkembangan waktu semuanya telah berubah secara signifikan. 

Sekarang, para hacker tidak lagi terfokus pada akun media sosial, komputer server, rekening bank dan credit card saja.

Fokus baru para hacker sekarang ada di forum-forum online, situs web dan blog, mereka meretas berbagai blog dan situs web karena berbagai alasan. 

Karena itu, hampir setiap webmaster khawatir bahwa dia mungkin akan menjadi salah satu korban berikutnya dari para hacker tersebut. 

Inilah yang menjadi alasan utama seorang blogger untuk menjaga kelangsungan hidup dan menjaga keberadaan situs web atau blog nya. 

Jika Anda sama seperti saya, memiliki blog/ web yang dihosting di Blogger, Anda mungkin akan berpikir tentang bagaimana cara mengamankan blog dari para peretas. 

Untuk melindungi blog blogger anda dari jangkauan para hacker, teruslah untuk melanjutkan membaca blog Awam Bicara ini.

Kemungkinan akan diretasnya blog Blogger kita oleh para hacker sangat mungkin untuk terjadi, karena telah banyak blogger yang menghadapi situasi terburuk ini. 

Tapi untuk membajak atau meretas sebuah blog Blogger memang sangat tidak mungkin terjadi. 

Namun semua kemungkinan terburuk itu tentu bisa saja terjadi, mungkin saja karena didalam keluarga anda atau orang yang anda percayai mengetahui kata sandi atau password blog anda atau bisa saja anda memasang kata sandi yang mudah untuk ditebak. 

Jadi intinya, baik itu keluarga, teman dan saudara-saudara anda, atau siapapun juga bisa saja menghack blog Blogger Anda. 

Bahkan mungkin teman dari akun media sosial anda sendiri bisa saja menebak sandi akun blog anda. Karena informasi yang anda sebarkan di media sosial terlalu terbuka luas.

Baca juga : Awam Harus Hati-Hati, Jangan Sebar Informasi Ini di Internet

Bahkan juga, walaupun Anda telah mengaktifkan verifikasi dua langkah, ingatlah bahwa akan selalu ada kemungkinan blog Anda untuk dibajak atau diretas. 

Ada 1001 macam cara yang dapat digunakan oleh para hacker untuk membajak sebuah blog Blogger. 

Jadi, ada baiknya kita sebagai seorang Blogger selalu aktif dan waspada serta selalu memantau dan menjaga keberadaan dan kesehatan blog kita.

Untuk itu, berikut akan saya bagikan beberapa cara dalam mengamankan blog blogger kita dari para hacker/ peretas.

1. Buatlah Kata Sandi yang Rumit dan Kuat

Kata sandi yang rumit dan kuat adalah merupak "kunci dari semua solusi". 

Langkah utama dan pertama serta terpenting adalah password atau kata sandi. 

Kata sandi ini benar-benar harus anda pahami dengan benar dan harus anda sadari sejak awal pada saat anda menyetel atau membuat sebuah kata sandi.

Berikut beberapa tips dan langkah penting dalam menyetel suatu kata sandi :

Ingat! Password/ Kata sandi tidak boleh berisi :
  • Kontak, 
  • Nama, 
  • Nama pacar
  • Nama selingkuhan
  • Nama kota/ tempat favorit
  • Nama hewan peliharaan, 
  • Nomor telepon, 
  • Plat nomor mobil, 
  • Nama keluarga atau 
  • Selebriti dll. 
Buatlah kata sandi atau password dengan mengkombinasikan antara huruf kecil dan huruf besar.

Selain Kombinasi huruf besar dan kecil, cobalah dikombinasikan lagi dengan:
  • Tanda, 
  • Simbol dan 
  • Beberapa angka. 
Selanjutnya, cobalah membuat dua atau tiga set password yang kuat dan yang terbaik, yang setidaknya tidak kurang dari 8 karakter. 

Tetapkan kode yang tidak bisa ditebak atau dikira-kira dengan mudah oleh siapapun juga. Ingatlah kodenya harus untuk berjaga-jaga apalagi anda akan lupa passwordnya. 

Jangan menulis kata sandi/ password di manapun juga karena ini adalah kunci rahasia. 

Setelah password siap dan selesai anda buat, jangan pernah membuka akun blog Blogger atau akun Google serta akun lainnya dari komputer umum atau warnet. Namun jika memang terjadi keadaan yang darurat, bukalah melalui peramban yang terpisah melalui jendela pribadi, dari browser.

Dalam hal untuk meresset kata sandi/ password, buatlah pertanyaan keamanan yang anek dan rumit, yang bahkan mungkin jika memungkinkan buat pertanyaan yang jawabannya berbeda 360 derajat.


2. Jangan gunakan Script yang tidak jelas dan membahayakan

Anda harus selalu memantau dan menjaga kesehatan Blog Anda. 

Jika anda berniat untuk merubah templates blog, anda harus benar-benar melakukan perawatan yang tepat saat menerapkan templates. 

Anda harus jeli dan hati-hati, jangan tergiur dengan templates yang gratis dan harga murah, karena banyak templates yang berkualitas rendah yang dibagikan secara gratis yang dibuat memang dengan maksud untuk mengganggu keamanan dan membajak blog anda melalui tema/ templates tersebut. 

Jika Anda memaksa ingin menggunakan templates gratis, gunakan templates yang tersedia di situs web yang sudah terkenal dan punya nama.

Banyak blogger yang menggunakan templates premium yang telah dicrack, dan percayalah hampir 98% templates hasil crack memiliki coding-coding berbahaya. 

Daripada menjadi korban hacker dan dibajak, akan lebih baik jika anda mengeluarkan sedikit uang untuk membeli templates blogger asli dari sumber yang memang sudah terpercaya.


3. Login dan Logout dengan Benar

Biasakan untuk selalu log in dan log out dengan benar dan hati-hati karena kebiasaan buruk meninggalkan komputer atau laptop dengan akun yang masih terbuka dan login, ini bisa sangat berbahaya dan bisa membuat situs Anda diretas. 

Seorang Blogger harus selalu ingat untuk login dan logout sesuai prosedur. 

Jika Anda tidak terbiasa dengan hal ini, Anda mungkin akan kehilangan banyak, kerusakan pada situs web atau kehilangan akun Anda. 

Saat Anda memasukkan kata sandi atau password, berhati-hatilah dengan lingkungan sekitar Anda, karena orang akan dengan sangat mudah dalam membaca dan mengira-ngira kata sandi yang anda ketik yang terlihat secara terbuka. 

Kita sering lupa untuk logout dari akun kita, karena itu jika ada orang yang menggunakan komputer kita, mereka akan dengan sangat mudah dapat mengakses akun kita. 

Jadi pastikan Anda sudah logout dari semua akun anda dikomputer sebelum anda meninggalkannya pergi.


4. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Untuk melindungi blog Anda dari serangan hacker, Anda harus menerapkan verifikasi dua langkah.

Verifikasi dua langkah ini adalah layanan yang sangat luar biasa dan fantastis dari Google untuk menjaga keamanan semua akun Google. 

Dengan metode verifikasi dua langkah ini, Anda harus menyediakan nomor ponsel Anda untuk dikaitkan dengan akun Google. 

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dari settingan akun Google. 

Setelah menambahkan nomor ponsel, Anda bisa masuk ke pengaturan keamanan dan di sana, Anda akan menemukan pilihan verifikasi dua langkah.

Saat mengaktifkan metode verifikasi dua langkah ini, Google akan mengirimkan konfirmasi SMS ke nomor ponsel Anda yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan dan mengkonfirmasi verifikasi dua langkah.

Sekarang setiap kali Anda masuk ke akun blogger / akun Google Anda, verifikasi dua langkah akan selalu datang untuk memainkan perannya dan dengan sendirinya, akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel yang terdaftar melalui SMS. 

Anda harus memasukkan kode verifikasi ini untuk mengakses akun Anda. 

Jika Anda salah memasukkannya, atau ada orang lain yang berhasil masuk dengan nama pengguna (user name) dan kata sandi (password) yang benar, mereka tidak akan dapat melangkah lebih jauh lagi karena dia tidak memiliki kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel anda. 

Namun, ada sebagian sebagian orang, tidak menyukai atau merasa jengkel dengan verifikasi dua langkah ini, karena dia harus selalu memasukkan kode verifikasi setiap kali dia akan masuk ke akunnya. 

Tapi jangan takut, pada verifikasi dua langkah, ada pilihan untuk mengatur "Jangan Meminta Kode Lagi di Perangkat Ini". 

Jadi, Anda tidak perlu mengikuti proses yang panjang untuk masuk ke akun Anda. 

Namun, perlu anda ingat, anda bisa menggunakan metode "Jangan Meminta Kode Lagi di Perangkat Ini" hanya benar-benar pada komputer atau perangkat yang memang punya anda sendiri.

Walaupun begitu, jika Anda menghapus cache, maka Anda harus memberikan kode verifikasi SMS dua langkah untuk untuk mengakses akun Anda kembali.


5. Aktifkan Semua Metode Pemulihan

Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan, yakni bahwa Anda harus menggunakan semua metode pemulihan. 

Jadi, dalam kasus blog Anda dibajak atau diretas, Anda dapat menggunakan metode-metode yang telah disediakan, yakni metode apapun untuk mengakses akun Anda kembali dan mengubah kata sandinya. 

Anda harus menambahkan semua nomor ponsel Anda di setelan akun untuk verifikasi dua langkah. 

Ada juga opsi untuk menambahkan nomor seluler pengganti jika nomor seluler utama Anda tidak aktif karena berbagai alasan. 

Selain itu tambahkan semua alamat email Anda dengan akun Google Anda sehingga Anda dapat memulihkan akun dengan metode email. 

Metode terakhir untuk memulihkan akun Anda adalah dengan menetapkan pertanyaan keamanan. Ini adalah hal yang paling sering diabaikan dan orang tidak begitu memperhatikan hal ini. 

Percayalah, ini adalah pilihan terbaik & tidak tertandingi.

Kesimpulan Google memiliki banyak pilihan yang bisa kita gunakan untuk melindungi blog kita. Akan tetapi, semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri, apakah akan menggunakan berbagai macam pilihan yang ada itu atau tidak.  Ingatlah bahwa posting blog Anda adalah usaha dan hasil kerja keras Anda dan sudah seharusnyalah tidak ada seorangpun yang memiliki akses akan akun anda.

Saran : Aktifkanlah semua metode pengamanan akun yang telah disediakan oleh Google, selain untuk keamanan, juga untuk jaga-jaga seandainya hal-hal terburuk menimpa akun anda. Dan gunakanlah atau tetapkanlah suatu "Pertanyaan Keamanan Pemulihan Akun" dengan cara membuat pertanyaan yang jawabannya berbeda, atau bahkan anda bisa membuat suatu pertanyaan yang tidak berbentuk hanya berupa kode akan tetapi jawabannya tentu saja yang sangat mudah anda ingat.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih. 

No comments:

Post a Comment