Kisi-kisi serta Bocoran Bentuk Soal Tes CPNS 2018

Lowongan CPNS 2018 yang rencananya akan kembali tahun depan, mempunyai formasi sekitar 250 ribu kursi CPNS 2018 untuk Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kabupaten/ Kota). 
Kisi-kisi serta Bocoran Bentuk Soal Tes CPNS 2018

Mengingat Profesi PNS selalu menjadi Primadona di negeri ini, sudah dapat dipastikan bahwa animo masyarakat yang mengukuti seleksi penerimaan CPNS 2018 dan mengikuti semua proses seleksinya dengan mengerjakan soal-soal tes cpns nanti pasti akan semakin besar dan bahkan lebih besar dari pada tahun-tahun sebelumnya. 
Baca: Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS
Untuk bisa diterima dan menjadi PNS bukanlah perkara yang mudah, selain faktor luck (keberuntungan) dan Nasib, faktor usaha yang diiringi doa adalah faktor terbesar yang menyebabkan orang bisa lolos seleksi CPNS dan diterima sebagai PNS. 

Karena itu, pemerintah pun meminta masyarakat bersiap dan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 dan belajar semua bentuk soal tes cpns nanti dan menjadi seorang abdi negara.

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS 2018 yang akan datang, kita tentu harus tahu bentuk soal serta kisi-kisi soal tes cpns yang akan diujikan dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk tahun anggaran 2018 nantinya.
Lalu, seperti apa bentuk soal serta kisi-kisi soal tes cpns dari seleksi CPNS tahun 2018?

Kementerian PAN-RB melalui Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik nya mengungkapkan bahwa bentuk soal yang akan diberikan dan diuji dalam seleksi CPNS tahun 2018 tidak akan jauh berbeda dengan soal pada seleksi CPNS 2017 silam.

Soal-soal tersebut mencakup tentang:
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 
Tes Intelegensi Umum (TIU), 
Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Kesemua bentuk soal tersebut akan diberikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CPNS 2018. 

Untuk model dan bentuk soal TWK, TIU dan TKP masih seperti saat penerimaan CPNS 2017 yang berakhir bulan Oktober 2017 kemarin. Sehingga, untuk anda yang kemarin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2017 baik itu di gelombang I dan gelombang II, tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuk dan model soal yang diujikan.

Proses seleksi pada penerimaan CPNS 2018 sama dengan penerimaan CPNS 2017. Para peserta ujian akan mengikuti soal tes cpns bidang: SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) di tahap pertama serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Yang mana kesemua proses tersebut menggunakan sistem tes berbasis komputer atau computer assisted test (CAT).

Jadi seperti tahun 2017, soal tes cpns Bidang Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP) serta soal tes cpns bidang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Sehingga untuk anda yang kembali ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018 nanti, tidak perlu galau terhadap persoalan CPNS ini. Yang penting perbanyak latihan soal seleksi CPNS, perbanyak perbendaharaan Soal-soal Latihan Tes CPNS, serta jika perlu mengikuti bimbingan belajar atau membeli buku gudang soal tes seleksi CPNS 2018.

Oleh sebab untuk anda yang menunggu pembukaan pendaftaran dan penerimaan CPNS 2018, bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi tes seleksi CPNS 2018 nantinya.
Baca: Tips Super Lulus Tes CPNS 2017, Contoh Soal, Kunci Jawaban, Trik Beserta Pembahasan nya
Jadi tidak usah panik dan galau, persiapkan diri dari sekarang dengan melakukan latihan-latihan soal tes cpns seperti misalnya latihan Simulasi CAT, latihan soal-soal tes cpns, serta melatih kemampuan menjawab soal dalam waktu singkat. 

Pengumuman dan Pendaftaran CPNS 2018 secara resmi akan diumumkan oleh pemerintah melalui situs resmi PAN-RB, BKN, atau situs resmi instansi yang mendapatkan kuota formasi CPNS tahun anggaran 2018.
Loading...

No comments:

Post a Comment