Strategi SEO Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula

Strategi SEO Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara mempromosikan website atau blog melalui search engine.

Karena hampir semua pengguna internet yang ingin mengetahui dan mencari sesuatu di internet akan memulainya dengan mencari di Search Engine, seperti di: Google, Bing atau Yahoo. 

Search Engine adalah salah satu metode paling umum yang digunakan oleh pengguna internet dalam menemukan dan mengetahui keberadaan dari blog/ website kita, setelah itu baru dari media-media sosial. 

Untuk itu, peringkat blog/ web di dalam search engine dengan kata kunci/ keyword yang strategis sangat penting dalam keterlihatan dan ditemukannya situs web/ blog kita. 

Pengguna internet ingin mencari dan mengetahui informasi tertentu di internet, dengan mencari di search engine dan menggunakan kata kunci tertentu, dan hasil pencarian diperingkat teratas search engine menampilkan situs web/ blog kita, sehingga pengguna akan membuka dan akhirnya menuju situs web/ blog kita, sesederhana itu.
Strategi SEO Dasar Untuk Pemula

Strategi SEO Dasar Untuk Pemula


Mendapatkan trafik secara alami dan terus menerus ke situs web/ blog kita dari pengguna yang menemukan situs web atau blog kita di search engine, dan itulah yang disebut dengan "penelusuran organik". 

Hal ini terjadi saat situs web kita mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian, karena search engine menganggap bahwa situs web/ blog kita tadi untuk kata kunci yang digunakan oleh pengguna dalam mencari suatu informasi diinternet, dianggap relevan dan sesuai untuk kata kunci tersebut serta berisi informasi yang bermanfaat oleh search engine, sehingga blog/ web kitalah yang ditampilkan diperingkat teratas. 

Karena memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan blog/ web, maka SEO bisa dibilang adalah salah satu strategi pemasaran jangka panjang terbaik untuk situs web/ blog kita. 

Namun, untuk menguasainya tidaklah mudah, membutuhkan waktu dan mengikat sumber daya yang banyak sebelum kita benar-benar mendapatkah hasilnya secara signifikan. 

Namun, mempelajari dan menerapkan SEO berarti kita telah menanamkan investasi jangka panjang yang akan memiliki keuntungan yang besar kedepannya bagi perkembangan blog/ web kita. 

Karena trafik yang konstan ke situs web atau blog kita yang relevan dan tidak bergantung pada pengiklanan (gratis). Dengan mengetahui dan menerapkan SEO yang benar itulah yang bisa membantu kita dalam menggapainya. 

Tertarik? Mari kita mulai.

Memulai SEO


Pertama kali yang harus anda pikirkan adalah apa yang anda ingin dan harapkan dari SEO. Tentukan tujuan yang ingin anda capai dari penerapan teknik SEO tersebut seperti bagaimana tujuan awal anda dalam memulai sebuah web/ blog serta aktifitas yang anda lakukan dari pengembangan web/ blog tersebut. 

Tujuan dari praktik SEO tidak lain dan tidak bukan adalah agar supaya situs web atau blog anda terdaftar di halaman pertama hasil pencarian (search engine). 

Pengguna internet saat berselancar di internet dan dalam mengetahui serta mencari suatu informasi diinternet, sangat jarang melewati halaman pertama dari hasil pencarian search engine.

Sehingga tujuan utama Anda harusnya adalah tampil dalam sepuluh besar dari hasil pencarian, atau bahkan diharapkan lebih dari itu, bisa dalam lima hasil teratas (lima besar) "GOAL" nya peringkat pertama hasil pencarian search engine. 

Namun, perlu anda ingat, bahwa yang dimaksud dengan hasil pencarian tadi adalah hasil pencarian dengan kata kunci/ keyword yang "spesifik", sehingga mengidentifikasikan serta memilih kata kunci strategis akan menjadi bagian utama dari strategi praktik SEO yang Anda terapkan.

Rekomendasi praktik strategi SEO yang akan kita pelajari ini bukan berarti akan menjadikan anda seorang ahli SEO, karena kita tidak mungkin menguasai semua praktik strategi SEO saat ini.

Hanya dengan satu artikel postingan saja, bahkan untuk postingan yang saya buat ini, yang secara khusus membahas topik praktik strategi SEO, tidaklah cukup untuk menjadikan Saya seorang ahli SEO. 

Tujuan dari artikel ini adalah untuk membiasakan Anda dengan praktik SEO yang aman dan efektif, sehingga Anda bisa menjadi pemilik blog/ situs web yang memiliki kemampuan dasar dari praktik SEO yang aman dan efektif.

Anda tidak mungkin mengharapkan hasil yang cepat dengan hanya mempelajari sebagian kecil dari ilmu SEO yang sangat luas dan kompleks ini.

Akan tetapi setidaknya apa yang akan anda pelajari (yang saya pelajari juga) akan memberikan pemahaman untuk anda bagaimana praktik dasar strategi SEO yang aman dan efektif dalam perkembangan web/ blog yang anda kelola. Kecuali jika Anda memiliki tim ahli SEO yang berdedikasi.

Dasar-dasar Search Engine Yang Harus Anda Ketahui


Sebelum kita menyelam lebih dalam tentang strategi SEO, kita harus meninjau ulang dan mengetahui dasar dari search engine dan bagaimana mereka bekerja. Tanpa pengetahuan dasar ini, akan sangat sulit bagi Anda untuk memahami strategi SEO yang akan kita pelajari ini.

Berbicara tentang search engine, hampir semua orang pasti akan langsung merujuk kepada Google, Bing dan Yahoo. 

Tiga besar search engine ini mewakili lebih dari 90% pencarian online dari seluruh dunia. Namun, walaupun begitu, ada beberapa search engine yang menjadi search engine utama dan memiliki pangsa pasar yang besar dinegara-negara tertentu, misalnya China. 

Di China, search engine Baidu merupakan mesin pencari paling banyak digunakan dinegara ini, namun jika dilihat secara global, ketiga search engine tadi, Google, Bing dan Yahoo adalah rajanya mesin pencari/ search engine dunia.

Akan tetapi, dari ketiga search engine tadi, yang menjadi rajanya atau istilahnya "King of the King" dari search engine tersebut adalah Google. 

Dan apa yang membuat Google bisa menjadi begitu populer adalah karena Goole merevolusi industri mesin pencarian (search engine) dengan menggunakan link popularitas untuk mengukur relevansi konten. Metode ini terbukti sangat efektif, dan menjadikan Google sebagai rumahnya "kata". 

Dan karena dari 90% search engine yang digunakan didunia adalah ketiga search engine diatas, dengan lebih dari 2/3 nya diwakili oleh Googel, maka untuk itu, kita akan fokus pada Google Search Engine, dalam mempelajari dan menentukan praktik strategi SEO blog/ web kita.

Cara kerja Google Search Engine


Situs web sampai hari ini terdiri dari triliunan website yang terdiri: lebih dari 75 triliun situs web/ blog individu, dan jumlah ini terus bertambah setiap harinya. 

Google (dan search engine lainnya) bekerja dengan cara menjelajahi/ merayapi Web, mengikuti link dari halaman ke halaman. 

Memang benar pemilik situs/ blog dapat meminta Google untuk merayapi (Crawl) blog mereka, namun Google juga dapat melakukan itu sendiri.

Bahkan lebih baik lagi, jadi walaupun kita telah meminta Google untuk merayapi (Crawl) blog/ web kita tidak konten postingan kita akan selalu dan berada di peringkat teratas Google search engine.

Google mengurutkan halaman berdasarkan konten nya (dan berdasarkan ratusan faktor lainnya), serta mengelola data ini yang kemudian kita sebut dengan "indeks". Indeks adalah database besar Google dari semua meta-data di Web. 

Ketika kita mencari sesuatu, Google menggunakan sejumlah program dan rumus (yang dikenal dengan algoritma google search engine) untuk menentukan apa yang kita coba cari dan temukan, dengan melihat ejaan, autocomplete, sinonim, dan banyak lagi. 

Berdasarkan petunjuk ini, Google akan menarik halaman web yang relevan dari indeks google. 

Kemudian Google peringkat hasilnya dengan menggunakan lebih dari 200 faktor, seperti kualitas konten, kesegaran konten, dan sebagainya untuk memberikan hasil yang paling sesuai dan relevan (cocok) bagi pengguna (user).

Pentingnya peringkat search engine


Berbicara tentang search engine optimization (SEO), biasanya mengacu pada peningkatan SERP peringkat situs web/ blog. 

SERP yakni singkatan dari "Search Engine Results Page" yakni halaman hasil pencarian Search Engine, yang merupakan daftar halaman dari hasil pencarian oleh mesin pencari dalam menanggapi permintaan kata kunci/ keyword yang dituliskan oleh pengguna di google search engin. 

Peringkat tertinggi pada halaman pencarian tersebut adalah merupakan "Hadiah Utama", dan SEO adalah proses cara mendapatkan "Hadiah Utama" tadi.

Pengguna internet saat berselancar dan mencari sesuatu di internet dengan search engine menggunakan kata kunci tertentu, sangat jarang melewati halaman pertama hasil dari pencarian google search engine. 

Paling-paling hanya sampai pada halam ketiga, apalagi halaman-halaman berikutnya. Perhatikan distribusi trafik berikut di Google Search engine berdasarkan posisi di hasil penelusuran:

Pada sebuah studi di tahun 2011 lalu oleh Slingshot SEO mengungkapkan bahwa rasio klik-tayang untuk peringkat teratas google search engine adalah:
  • Posisi # 1 menerima 18,2%.
  • Posisi # 2 menerima 10,1%.
  • Posisi # 3 menerima 7,2%.
  • Posisi # 4 menerima 4,8%,
  • Sisanya menerima dibawah 2%.

Sedangkan pada sebuah studi tahun 2017 ini oleh IgniteVisibility, mengungkapkan bahwa rasio klik-tayang untuk peringkat teratas google search engine adalah:

Strategi SEO Dasar


Strategi SEO Dasar Pemula
  • Posisi # 1 - 20,5%
  • Posisi # 2 - 13,32%
  • Posisi # 3 - 13,14%
  • Posisi # 4 - 8,98%
  • Posisi # 5 - 9,21%
  • Posisi # 6 - 6,73%
  • Posisi # 7 - 7,61%
  • Posisi # 8 - 6,92%
  • Posisi # 9 - 5,52%
  • Posisi # 10 - 7,95%

Itu sebabnya peringkat tinggi dalam hasil pencarian sangat penting. Jika situs web Anda berada di peringkat # 57 untuk kata kunci tertentu, maka sudah dapat dipastikan, tidak ada yang bisa menemukan blog/ web anda. 

Peringkat yang rendah sama seperti tidak memiliki peringkat sama sekali, dengan kata lain tidak terlihat oleh pengguna, karena tidak terlihat maka tentu saja blog/ web kita sepi pengunjung.

Karena itulah SEO itu hadir, semua demi tentang memperbaiki posisi peringkat blog/ web kita di hasil penelusuran google search engine, dengan kata kunci spesifik dan kata kunci penting pastinya.

Cara Google merangking website


Google menggunakan lebih dari 200 kriteria untuk menentukan peringkat halaman web untuk setiap kata kunci. 

Algoritma mesin pencari dijaga ketat, selalu berkembang dan diupdate sepanjang waktu, karena banyak ahli-ahli pemasaran dan profesional SEO yang mencoba merekayasa dan memengaruhi peringkat dan hasil pencarian google. 

Salah satu faktor penting yang berdiri di atas segalanya adalah link popularity (backlink). Dan inilah yang membuat Google menjadi seperti sekarang ini. 

Tautan popularitas mengukur jumlah situs web lain yang relevan yang terhubung dengan situs web/ blog kita. Dengan kata lain, semakin banyak situs-situs lain yang terhubung dengan situs Anda, semakin tinggi kemungkinan peringkatnya. 

Namun, dengan algoritma google yang terbaru sekarang ini, link popularity atau backlink, bagi sebagian besar blogger/ ahli SEO menganggap backlink tidak lagi menjadi faktor utama yang menjadi tolak ukur dalam merangking hasil pencarian google search engine.

Akan tetapi menurut apa yang telah saya lakukan, backlink masih sangat berperan penting dan masih menjadi salah satu faktor utama dalam merangking sebuah blog/ situs web, selama link yang menuju situs web/ blog kita relevan dan alami.

Ketika situs web lain yang relevan dan terhubung dengan situs web Anda secara alami, Google melihatnya sebagai sinyal bahwa ada sesuatu yang berharga di situs Anda. 

Bila Anda memiliki beberapa situs web yang memiliki popularity yang tinggi yang diukur dari nilai Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang terhubung dengan situs web/ blog Anda secara alami dan relevan, Google meringkas tautan ini sehingga semakin banyak tautan relevan dan memiliki popularity tinggi yang Anda dapatkan, semakin baik juga posisi SERP dan popularity blog/ situs web kita. 

Namun, tidak semua link dihitung oleh Google dengan nilai sama, link yang paling berharga berasal dari situs web yang memiliki popularitas tautan yang tinggi juga. Jika situs web yang popularity tinggi terhubung dengan situs Anda, maka situs tersebut akan memberikan popularity mereka ke situs web/ blog Anda.

Cara Google Menentukan Kata Kunci


Semuanya dimulai dengan kata kunci. Seseorang mengetikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan mendapatkan segudang hasil. 

Kita sudah berbicara tentang pentingnya peringkat tinggi, tapi karena hasil pencarian adalah kata kunci-spesifik, bagaimana Google mengetahui kata kunci mana yang terkait dengan halaman situs Anda?

Google menganalisa isi situs web/ blog Anda untuk menentukan kata kunci. Ini terlihat pada teks di situs web Anda, judul halaman (postingan), sub-sub judul, navigasi dan bahkan nama file gambar dan dokumen Anda. 

Selain itu, Google juga melihat kata kunci dari situs yang terhubung dengan situs web/ blog Anda.

Jika situs web ini terkait atau memiliki konten serupa, Google menganggap tautan ini sebagai suara kepercayaan untuk kata kunci tertentu. 

Inilah sebabnya mengapa tautan terkait dan relevan dari situs web biasanya lebih baik daripada tautan yang tidak terkait dan tidak relevan dengan konten blog/ situs web anda.

Cara Google Meningkatkan Kualitas Search Engine nya


Google bertekad untuk meningkatkan kualitas dan relevansi hasil pencariannya secara terus menerus. Dan inilah yang dilakukan oleh google atas semuanya. 

Google melihat ada yang mencoba menipu sistem dan algoritma mereka dan menganggapnya sebagai ancaman. 

Konten yang menipu, rendah atau tidak relevan, tidak sesuai dengan visi Google tentang pengalaman pengguna yang baik, menyebabkan google terus menerus melawan spam dengan mendevaluasi (deindex) dan menghapus situs web yang menghasilkan konten buruk atau mencoba memanipulasi sistem mereka.

Google secara terbuka melawan hal-hal berikut dan mengkatagorinya sebagai jenis spam: 
  1. Backlink yang tidak wajar/ tidak alami
  2. Situs web yang diretas, 
  3. Menampilkan konten yang berbeda ke mesin telusur/ search engine
  4. Konten dengan sedikit atau tanpa nilai tambah, 
  5. Domain terparkir, 
  6. Teks tersembunyi, 
  7. Isian kata kunci dan banyak lagi.

Seperti yang dapat Anda lihat, Google melakukan banyak hal untuk menjaga kualitas dan relevansi hasil penelusuran google search engine mereka, dan Anda harus menerapkan prioritas yang sama seperti google untuk situs web/ blog Anda. 

Strategi SEO yang paling efektif dan aman adalah bermain sesuai peraturan.

Istilah-istilah SEO Penting yang Harus Anda Ketahui


SEO bisa tentang persoalan teknis, dan istilah-istilah yang terpisah mencakup istilah-istilah yang mungkin tidak biasa dan tidak pernah anda dengar sebelumnya. 

Anda akan melihat beberapa istilah-istilah ini nanti di postingan ini. Berikut adalah beberapa referensi cepat untuk beberapa istilah-istilah teknis SEO untuk Anda ketahui:
  1. Link Popularity (Link Juice) – Kredibilitas suatu halaman web melalui link halaman web lain.
  2. PageRank – Metrik Google untuk mengukur popularitas tautan dari laman web yang dinamai dari nama co-founder Google: Larry Page. PageRank diukur dengan angka pada skala 1 sampai 10. Namun sekarang PageRank tidak lagi menjadi tolak ukur, bahkan sekarang tidak lagi digunakan.
  3. MozRank - Metrik alternatif dalam mengukur popularitas suatu halaman web. Dikelola oleh MOZ (alat ukur SEO) dengan skala 1 sampai 100. 
  4. Domain Authority (DA) – Metrik lain yang dikelola oleh MOZ yang mengelola kredibilitas seluruh domain (situs web) pada skala 1 sampai 100. 
  5. Page Authority (PA) - Metrik lain yang juga dikelola oleh MOZ yang merupakan gambaran rangking pada website maupun blog yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian pada skala 1 sampai 100.
  6. SERP – Search Engine Results Page, Halaman Hasil Pencarian Search Engine adalah halaman daftar hasil yang dikembalikan oleh mesin pencari sebagai jawaban atas permintaan kata kunci dari pengguna. 
  7. Inbound Links – Tautan dari situs web pihak ketiga lainnya ke situs web Anda.
  8. Internal Links – Tautan dari dalam situs web Anda sendiri yaitu, satu halaman situs web Anda terhubung ke halaman lain di situs Anda sendiri. 
  9. Anchor Text – Mengacu pada teks yang terlihat di dalam tautan yang menjelaskan konten yang ditautkan. Misalnya jika link tersebut mengatakan: Praktik Teknik Dasar SEO, kemungkinan konten yang tertaut adalah tentang Praktik Teknik Dasar SEO yang artinya relevan.
  10. Link Bait (Link Magnet)/ Umpan Tautan -  Konten yang dirancang untuk mendorong orang lain agar menautkannya dari situs web lain dengan menambahkan kredibilitas tautan dan keseluruhan manfaat SEO. 
  11. Trackback (Pingback) - Jenis komentar yang dibuat saat posting blog Anda ditautkan dari situs lain.
  12. Authors Rank/ Peringkat Penulis – Sistem kepengarangan untuk memberi peringkat pada kualitas konten yang terkait dengan profil Google Plus (Pengarang konten). Google sekarang melacak pengarang konten dan peringkatnya terutama disusun berdasarkan angka +1 dan bagian konten yang Anda tulis. 
  13. Publisher Rank/ Peringkat Penayang - Serupa dengan Peringkat Penulis, namun hanya untuk bisnis di Google+.

Demikian strategi SEO dasar yang harus diketahui oleh blogger pemula, kemudian akan kita lanjutkan mengenai kesalahan-kesalahan SEO yang mesti dihindari dalam menjalankan praktik strategi dasar SEO untuk pemula.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar