Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Agar Bisa Diterima

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Agar Bisa Diterima

Sering dilihat:

Cara membuat surat lamaran kerja pada intinya adalah menyebutkan di mana Anda menemukan informasi tentang kesempatan atau lowongan kerja tersebut dan bagaimana Anda bisa memberikan kontribusi besar pada perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Memberikan lebih banyak informasi tentang pengalaman dan kualifikasi Anda kepada perusahaan di paragraf utama. Jelaskan kepada perusahaan bahwa Anda adalah kandidat terbaik dan akhiri surat lamaran pekerjaan dengan mengundang manajer perekrutan untuk menghubungi Anda. 

Bagaimana cara mempersiapkan dan membuat surat lamaran kerja Anda, dan contoh dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar agar bisa diterima oleh perusahaan, ada baiknya Anda meneruskan untuk membaca arikel ini sampai selesai.

1. Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja

A. Ambil selembar kertas dan buatlah tabel dengan dua kolom. 

Di kolom kiri tulis "Yang Dibutuhkan" dan di sebelah kanan, "Keahlian Saya". 

Baca lowongan atau lamaran pekerjaan dengan seksama dan jadilah akrab dengan persyaratan-persyaratan lowongan pekerjaan tersebut. Selanjutnya Anda bandingkan keahlian dan pengalaman Anda di resume Anda.

Di kolom sebelah kiri tuliskan persyaratan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Sedangkan di kolom sebelah kanan tuliskan poin dari resume Anda yang sesuai dengan itu.

Memiliki poin-poin penting yang berkorelasi dengan pekerjaan ini akan sangat membantu Anda memberikan informasi yang paling penting dalam surat lamaran Anda dengan cepat dan efektif.

B. Awali Surat Lamaran Pekerjaan Anda dengan Menambahkan informasi kontak Anda di bagian atas. 

Tentu Anda ingin membuatnya bagian HRD atau perekrutan dari perusahaan tempat anda melamar pekerjaan dapat dengan mudah mengetahui tentang Anda dan mudah menghubungi Anda. 

Sebelum Anda mulai membuat surat lamaran pekerjaan, pastikan kop surat telah dibuat dengan baik dan benar.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Pastikan dokumen tentang Anda sejajar dengan bagian kiri.

Sertakan tanggal sekarang, lalu pisahkan spasi, dan tambahkan informasi kontak Anda:

Nama :
Alamat :
Nomor telepon :
Alamat email :
Situs pribadi (jika ada) :
Profil LinkedIn :

C. Sertakan informasi tentang perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. 

Setelah selesai membuat informasi tentang diri Anda, selanjutnya adalah memasukkan nama majikan yang Anda lamar untuk pekerjaan itu, termasuk jabatannya, nama perusahaan dan alamatnya.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Dengan memasukkan informasi kontak perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan, Anda menunjukkan bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk menulis surat lamaran atau aplikasi khusus lamaran pekerjaan ke perusahaan ini, dan telah melakukan penelitian mendalam mengenai manajer perekrutan untuk posisi tersebut.

Melakukan hal ini, menunjukkan bahwa Anda telah menempatkan diri Anda di depan dari sebagian besar aplikasi/ surat lamaran pekerjaan yang masuk atau pelamar lain ke perusahaan tersebut, serta menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang berdedikasi tinggi.

Namun, jika Anda tidak tahu nama manajer perekrutannya, artinya anda tidak menemukan informasi banyak di pengumuman lowongan pekerjaan yang anda terima, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menelusuri situs web perusahaan tersebut untuk mengetahui dan menemukannya. 

Jika anda tidak menemukan disitus resmi perusahaan tempat anda melamar, carilah di aplikasi LinkedIn, dan bila perlu cari di Twitter. 

Seandainya, Anda tidak juga dapat menemukan nama tertentu yang lebih tepat untuk anda surati mengenai lamaran pekerjaan anda, maka anda bisa mencari kepala departemen atau kepala bagiannya tempat Anda melamar. 

Dan apabila semua usaha anda dalam mencari nama yang tepat untuk anda surati dalam surat lamaran pekerjaan anda gagal dan tidak menemukan nama yang tepat, anda tidak harus menyerah. Anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan Anda kepada departemen/ bagian manajer perekrutan/ penerimaan. 

Contoh: "[Bagian/ Departement] Manager HRD (Penerimaan Pegawai)".

D. Sebutkan nama orang dari surat lamaran yang anda tulis.

Dalam memulai membuat surat lamaran kerja Anda, jadikanlah surat lamaran yang formal dan mulailah dengan mengalamatkan surat lamaran tersebut dengan tepat. 
Membuat Surat Lamaran Kerja
Jangan pernah sekali-kali anda membuat dan mengawali surat lamaran pekerjaan dengan kata-kata: 

"Yang terhormat, Kepada yang Berkepentingan", 

Jika anda memulai membuat surat lamaran kerja dengan kalimat tersebut, akan bersifat informal, umum, dan memberi kesan bahwa Anda belum meneliti perusahaan tersebut, yang artinya anda tidak memiliki kemauan dan usaha yang keras untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Sekali lagi, jika Anda telah melakukan penelitian, dan mempunyai nama yang tepat untuk anda surati, misalnya nama manajer perekrutan (Manejer HRD), maka anda akan sangat mudah sekali untuk memulainya. Contoh:

"Yang Terhormat, Tn. Badrun"

2. Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

A. Tulislah sebuah paragraf pertama yang menarik. 

Para pengusaha/ pemilik perusahaan telah membaca banyak surat pengantar, dan sebagian besar manajer perekrutan (HRD) akan menandai mereka dengan cepat dan memutuskan apakah surat lamaran pekerjaan Anda masuk ke tempat sampah ataukah ditumpukan dalam daftar "simpan". 
Membuat Surat Lamaran Kerja
Jangan anggap sepele, perlakukan surat lamaran pekerjaan Anda layaknya sebuah artikel berita.
  • Pembukaannya dengan pernyataan deklaratif yang kuat yang memberi tahu pembaca bahwa Anda bersemangat untuk mengajukan posisi tertentu di perusahaan tersebut.
  • Buatlah secara ringkas dan spesifik tentang apa yang membuat Anda tertarik akan posisi pekerjaan tersebut. Tentang apa yang anda sukai dari perusahaan? Bila perlu berikan sebuah contoh, serta jangan takut untuk menjadi lebih sedikit santai namun tentu saja anda harus melihat bagaimana karakteristik dari perusahaan tempat anda melamar pekerjaan, yang sudah anda teliti sebelumnya. 
  • Tunjukkan kepada manajer HRD bahwa Anda tidak hanya mengenal tentang pekerjaan perusahaan itu, namun juga anda cocok akan posisi tersebut, dan tulislah dengan gaya bahasa yang sama dengan perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Contoh: Jika Anda melamar pekerjaan ke perusahaan yang menulis artikel berita, cobalah untuk mewujudkan nada yang serupa dengan artikel tersebut. Apakah mereka serius, apakah mereka menambahkan sedikit humor? Jika perusahaan itu lebih formal seperti perusahaan pemasaran atau lembaga keuangan besar, Anda mungkin ingin lebih berwibawa, akan tetapi selalulah bersikap sopan.

B. Kenalan sebagai Referensi Aplikasi Lamaran Pekerjaan Anda. 

Sebelum anda melamar pekerjaan, lakukan terlebih dahulu penelitian dan lihat apakah Anda mengenal seseorang di perusahaan itu. 

Hal ini bukanlah yang termasuk dalam nepotisme, namun jika anda memiliki kenalan diperusahaan tempat anda melamar pekerjaan, akan lebih baik jika anda memiliki seseorang sebagai referensi, dan jangan takut untuk menyebutkan nama kenalan anda bahwa anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut dari kenalan Anda jika hal itu diperkenankan oleh kenalan anda, dalam surat lamaran pekerjaan yang anda buat.

Namun, jika Anda tidak memiliki kontak atau kenalan di perusahaan yang memberitahukan tentang lowongan pekerjaan tersebut, anda akan tetap bisa melanjutkan untuk memasukkan aplikasi lamaran pekerjaan anda dengan menyebutkan anda melihat lowongan pekerjaan ini seperti melalui situs kerja, situs perusahaan, di koran, dan sebagainya.

C. Jelaskan Mengapa mempekerjakan Anda akan menguntungkan Perusahaan. 

Anda tentu tidak ingin memberi tahu mereka bahwa pekerjaan tersebut akan memberikan keuntungan kepada anda, artinya tidak memberitahukan kepada perusahaan betapa anda putus asanya ingin mendapatkan pekerjaan atau dengan kata lain mengemis pekerjaan bukan?

Perusahaan dalam membuka suatu lowongan pekerjaan, untuk posisi tertentu, biasanya ada masalah yang dihadapi perusahaan tersebut yang belum dan perlu untuk dipecahkan dan diselesaikan.

Disini Anda datang untuk menyelesaikannya, dengan kata lain anda datang untuk memberikan keuntungan kepada perusahaan.

Lihatlah daftar pencapaian dan pengalaman kerja Anda dan temukan satu atau dua contoh yang dapat Anda ungkapkan didalam surat lamaran anda. 
Membuat Surat Lamaran Kerja
Dalam hal ini, anda harus menyoroti betapa besar dan hebat peran anda nantinya.

Misalnya: Jika Anda melihat bahwa jabatan tersebut memerlukan seseorang yang dapat memimpin tim dan menangani banyak proyek sekaligus, lihatlah prestasi Anda untuk melihat apakah Anda memiliki pengalaman yang dapat memecahkan kebutuhan itu. Jika Anda telah memimpin anggota tim sebelumnya, bicarakan secara singkat bagaimana kemampuan kepemimpinan Anda meningkatkan produktivitas di banyak proyek.

Jika anda harus memberikan statistik dan angka, maka lakukanlah. Ketika anda menjelaskan mengapa mempekerjakan Anda akan membawa keuntungan bagi perusahaan, cobalah untuk menggunakan statistik seperti kenaikan pendapatan atau pengurangan biaya di bawah kepemimpinan Anda.

D. Buat Ringkasan singkat tentang kemampuan, kualifikasi, dan pengalaman Anda. 

Dalam paragraf kedua, Anda ingin mencerminkan kualifikasi pekerjaan menjadi dua atau tiga kemampuan dan pengalaman Anda yang menunjukkan mengapa Anda sempurna untuk posisi tersebut.

Lihat CV atau resume Anda, dan bagian ketrampilan Anda dari garis besar Anda untuk penjelasan lebih lanjut tentang kualifikasi dan keterampilan Anda.
Membuat Surat Lamaran Kerja
Carilah anekdot cepat yang menyoroti bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah yang mungkin diajukan perusahaan Anda berdasarkan persyaratan lamaran pekerjaan itu.

Sertakan aspek yang paling relevan dalam karir Anda. Sementara pencapaian yang lebih baru adalah tempat yang baik untuk memulai, Anda mungkin pernah melakukan sesuatu di masa lalu yang sangat sesuai dengan persyaratan; Jangan takut untuk menggali lebih jauh.

E. Gambar diri Anda yang tidak ada di resume lamaran pekerjaan Anda. 

Seorang Manajer HRD (penerimaan) dapat membaca CV atau resume Anda dan melihat apa yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya. 

Anda dapat menunjukkan kepada manajer perekrutan siapa orang di balik pencapaiannya. Dalam satu atau dua kalimat, ungkapkan bagaimana perusahaan telah mempengaruhi Anda secara pribadi. Jika Anda melamar pekerjaan impian Anda, kemungkinan perusahaan ini telah membentuk hidup Anda.

Jangan terlalu sentimental, dan jaga agar surat lamaran anda tetap pendek. Tapi dengan menunjukkan sisi diri Anda dengan sebuah cerita, Anda menunjukkan bahwa Anda lebih dari sekadar fakta di selembar kertas.

3. Finishing Surat Lamaran Pekerjaan Anda

Buat ringkasan singkat mengapa Anda kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu dalam satu kalimat. 

Mengakhiri surat lamaran pada catatan yang benar adalah bagian yang sangat penting dari surat lamaran pekerjaan, karena dapat membantu Anda ketahap wawancara.

Ketika Anda menjelaskan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan. Tempatkan diri Anda pada posisi manajer perekrutan (HRD). Yakni, tentang bagaimana kontribusi Anda akan membantu perusahaan, bukan bagaimana perusahaan akan membantu Anda.

Tanyakan pada diri Anda apa yang akan Anda cari dari kandidat atau calon pelamar pekerjaan jika Anda ingin mempekerjakannya.

Mintalah Manajer perekrutan (HRD) untuk menghubungi Anda. 

Beritahu pembaca surat lamaran pekerjaan Anda bahwa Anda akan menyukai kesempatan untuk berbicara lebih jauh tentang posisi tersebut dan berikan info kontak Anda, sekali lagi.

Anda dapat menyimpulkan surat Anda dengan mengucapkan terima kasih kepada manajer perekrutan (HRD) dan diakhiri dengan sebuah pernyataan seperti saya berharap dapat mendengar kabar dari Anda paling awal.
Membuat Surat Lamaran Kerja
Jangan hanya meminta manajer perekrutan untuk menghubungi Anda jika dia merasa cocok. Tunjukkan kepercayaan diri (tapi tanpa sombong) dengan mengatakan kepadanya bahwa Anda berharap bisa berbicara lebih jauh.

Mengakhiri Surat Lamaran Pekerjaan. 

Mengakhiri surat lamaran pekerjaan bisa membuat anda merenung, atau mungkinmenjadi sedikit frustasi jika Anda tidak tahu apa yang sesuai untuk anda tulis. 

Gunakanlah "Hormat Saya" atau hanya "Salam Hormat".

Terlalu formal juga tidak baik, karena bisa saja menyakiti diri Anda, karena mungkin anda tidak sadar, atau mungkin tidak sesuai dengan gaya akhir dari surat lamaran kerja Anda.

Dengan mengatakan sesuatu seperti "Hormat Saya," atau "Salam Hormat,", Anda menunjukkan rasa hormat tanpa terdengar seperti Anda sedang menulis sebuah surat cinta. 

Tuliskan nama Anda di bawahnya. 

Setelah Anda mengakhiri surat lamaran pekerjaan anda, tulis nama lengkap Anda di baris terakhir, termasuk tanda tangan anda.
Membuat Surat Lamaran Kerja
Anda dapat memasukkan nama anda setelah anda membuat tanda tangan, atau dibawah tanda tangan anda.

Alternatif lainnya, Anda dapat mencetak surat lamaran pekerjaan Anda dan lalu baru menandatanganinya kemudian. 

Meski metode ini mengharuskan Anda harus membaca kembali surat lamaran Anda ke komputer.

Namun demikian, surat lamaran pekerjaan tidak selalu harus membubuhkan tanda tangan.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar