Lulusan SMU Jadi PNS 2018? Bisa, 8 Pendidikan Kedinasan Buka Pendaftaran
Lulusan SMU Jadi PNS 2018? Bisa, 8 Pendidikan Kedinasan Buka Pendaftaran

Lulusan SMU Jadi PNS 2018? Bisa, 8 Pendidikan Kedinasan Buka Pendaftaran

Baca juga:

Kemen PAN-RB membuka Penerimaan Calon Siswa-siswi/ Taruna-taruni lulusan terbaik SMU atau sederajat untuk Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Kementerian/ Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan tahun Anggaran 2018.

Lembaga Pendidikan Kedinasan - Sekolah Tinggi Ikatan Dinas


Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas tahun 2018 ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan sekolah SMU/ sederajat tahun sebelumnya ataupun siswa-siswi yang saat ini masih duduk di kelas XII yang akan segera lulus dan berkeinginan untuk mendaftar di Sekolah Pendidikan Kedinasan. 

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pendidikan Kedinasan, Pendidikan Kedinasan adalah pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Kementerian/ Lembaga pemerintah yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas kedinasan bagi pegawai negeri dan calon pegawai negeri.

Selain itu, menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan kedinasan merupakan pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh departemen atau lembaga pemerintah non departemen.

Jadwal Pendaftaran Pendidikan Kedinasan

Pendidikan kedinasan merupakan salah satu jenis pendidikan non-formal, yang dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan dan meningkatkan pelaksanaan tugas kedinasan calon pegawai dan pegawai di lingkungan instansi pemerintah, baik Kementerian maupun Lembaga Tinggi Negara.

Dengan demikian, Pendidikan Kedinasan adalah suatu pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Kementerian/ Lembaga yang memiliki Lembaga Pendidikan Kedinasan, serta bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas bagi calon pegawai negeri sipil maupun pegawai negeri sipil.

Tujuan dari Pendidikan Kedinasan adalah:
  • Meningkatkan kemampuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan instansinya.
  • Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaru dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
  • Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pengembangan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Pendidikan kedinasan merupakan salah satu jalan bagi putra-putri terbaik bangsa fresh graduate pendidikan menengah umum (SMU) atau sederajat untuk menjadi dan diangkat sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, yang mana merupakan sebuah profesi primadona di Indonesia.

Hal istimewa yang akan diterima dan didapatkan jika bisa diterima atau lulus seleksi masuk ke Sekolah Ikatan Dinas/ Pendidikan Kedinasan adalah biaya kuliah ditanggung oleh Pemerintah dan setelah lulus dari kuliah maka bisa langsung di angkat jadi PNS.

Karena itu, untuk anda lulusan SMU/ sederajat yang benar-benar ingin lulus seleksi masuk ke Pendidikan Kedinasan (Sekolah Tinggi Ikatan Dinas), maka anda harus benar-benar mempersiapkan diri anda dengan sebaik mungkin. Misalnya ikuti bimbel, kursus-kursus, dan lain sebagainya.

Atau anda bisa belajar dari awam bicara ini, didalam artikel kami yang membahas khusus tips super lulus tes seleksi penerimaan CPNS, yang telah kami buat secara lengkap, akurat dan terstruktur, di Belajar CPNS : Bimbingan Belajar dalam Memahami dan Menghadapi Ujian Seleksi CPNS.

Ada 8 (delapan) Pendidikan Kedinasan yang akan dibuka secara bersamaan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). 

Anda bisa memilih  satu sekolah tinggi ikatan kedinasan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan yang anda miliki, serta tentu saja pertimbangan untuk prospek masa depan, mengenai jejang karir dan jabatannya.

Berikut 8 Kementerian/ Lembaga (K/L) Pendidikan Kedinasan yang menerima Siswa-i/ Taruna-i Baru Tahun 2018:

  1. Kementerian Keuangan/ PKN STAN menerima 7.301 Siswa-i/ Taruna-i
  2. Kementerian Dalam Negeri/ IPDN menerima 2.000 Siswa-i/ Taruna-i
  3. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)/ STSN menerima 100 siswa-i/ taruna-i
  4. Kementerian Hukum dan HAM/ POLTEKIP dan POLTEKIM menerima 600 siswa-i/ taruna-i
  5. Badan Intelijen Negara (BIN)/ STIN menerima 150 siswa-i/ taruna-i
  6. Badan Pusat Statistik (BPS)/ POLITEKNIK STATISTIKA menerima 600 siswa-i/ taruna-i
  7. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika/ STMKG menerima 250 siswa-i/ taruna-i
  8. Kementerian Perhubungan/ 11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi menerima 2.676 siswa-i/ taruna-i

Untuk anda yang berminat untuk masuk ke 8 Lembaga Pendidikan Kedinasan tersebut harus melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi BKN.

Selain itu, calon peserta hanya boleh mendaftar di salah satu program studi dari delapan instansi atau lembaga pendidikan kedinasan tersebut diatas, dan apabila calon peserta mendaftar di dua program studi yang berbeda atau mendaftar lebih dari satu bidang studi pada sekolah kedinasan tersebut, maka secara otomatis akan gugur.

Waktu pendaftaran sekolah ikatan dinas di Lembaga Pendidikan Kedinasan yakni dimulai pada tanggal 9 April 2018 sampai dengan 30 April 2018, melalui website resmi BKN di https://sscndikdin.bkn.go.id.

Seleksi pendidikan kedinasan ini, para peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi, dan salah satu tahapan seleksi yang harus dihadapi para peserta tes seleksi Penerimaan Siswa-siswi/ taruna-taruni Pendidikan Kedinasan adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT)

Sedangkan untuk tahapan lain dan selanjutnya akan diatur oleh masing-masing kementerian/ lembaga (K/L).

Setiap peserta yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat administrasi untuk selanjutnya mengikuti tahapan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dikenakan biaya Rp 50 ribu berdasarkan PP No. 63/ 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sedangkan untuk Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, selain biaya pendaftaran 50 ribu diatas, juga akan dipungut biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing instansi/ lembaga tersebut.

Adapun pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/ Lembaga yang bersangkutan dan pemerintah daerah (yang melakukan pola pembibitan pada Kementerian Perhubungan) berdasarkan formasi yang telah ditetapkan oleh Menteri PAN-RB.

Jadwal Pendaftaran 8 Pendidikan Kedinasan Lulusan SMU Sederajat

Demikian informasi dari kami sampaikan tentang Jadwal Pendaftaran Seleksi Lembaga Pendidikan Kedinasan Kementerian/ Lembaga yang menyelenggarakan Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun Anggaran 2018. 

Harapan kami, untuk anda yang benar-benar berharap untuk lulus dan diterima sebagai siswa-siswi/ taruna-taruni Sekolah Tinggi Kedinasan yang pada akhirnya nanti akan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, benar-benar mempersiapkan diri anda, dengan cara banyak belajar, berlatih soal-soal latihan, ataupun dengan mengikuti kursus-kursus atau bimbel. 

Sehingga anda bisa diterima dan menjadi salah satu putra-putri terbaik bangsa yang nantinya akan menjadi birokrat penyelenggara pemerintahan di Indonesia tercinta ini. Selamat berjuang, SUKSES untuk Anda!
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments