Latihan Soal CAT CPNS 2018 - Pengayaan Simulasi CAT CPNS Online 2018
Latihan Soal CAT CPNS 2018 - Pengayaan Simulasi CAT CPNS Online 2018

Latihan Soal CAT CPNS 2018 - Pengayaan Simulasi CAT CPNS Online 2018

Baca juga:

Latihan soal CAT CPNS 2018 ini adalah merupakan pengayaan pembelajaran untuk anda dalam menghadapi setiap ujian seleksi penerimaan CPNS yang dilakukan oleh pemerintah. Pengayaan ini berupa Simulasi CAT CPNS Online yang menggambarkan bagaimana cara kerja sistem CAT.

Latihan Soal CAT CPNS 2018 - Pengayaan Belajar CAT Terbaik


Sehingga anda dapat terbiasa, dan tidak gugup lagi ketika menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS yang juga bisa digunakan untuk pengayaan belajar dalam persiapan menghadapi tes CAT seperti pada saat penerimaan CPNS. Simulasi CAT CPNS Online 2018 ini cara kerjanya sama dengan tes tes CAT lainnya.

Sebut saja seleksi penerimaan TNI/ POLRI, AKPOL/ AKMIL juga menggunakan sistem tes CAT ini. Ujian seleksi saringan masuk sekolah kedinasan (Ikatan Dinas), Uji Kompetensi Guru (UKG), Uji kompetensi promosi jabatan, Ujian Dinas untuk kenaikan pangkat, dan lain sebagainya.

Dengan belajar pengayaan Simulasi CAT Online ini, kami berharap semoga Anda yang ingin mencoba untuk mengikuti tes seleksi penerimaan CPNS, ujian saringan masuk sekolah ikatan dinas, ataupun bagi anda yang sudah PNS dan ingin lulus ujian dinas untuk kenaikan pangkat yang sistem ujiannya menggunakan tes CAT, bisa menambah dan memperkaya bahan belajar Anda.
Latihan Soal CAT CPNS 2018

Lebih khususnya lagi bagi anda yang ingin masuk dan menjadi CPNS agar bisa lebih memahami dan lebih mahir lagi dalam menggunakan sistem CAT ini, sehingga Anda tidak gagap pada saat pelaksanaan tes CAT sebenarnya nanti.

Latihan Soal CAT CPNS 2018 Online ini, adalah sebagai bahan pengayaan untuk Latihan soal CAT CPNS yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam rangka persiapan Anda dalam mengikuti tes CAT CPNS 2018 yang sebentar lagi akan dibuka.

Berikut ini adalah Contoh Soal Tes CPNS 2018, lengkap dengan kunci jawabannya, beserta tips dan trik dalam menjawabnya serta tentu saja lebih akurat.

Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan kepada Anda tentang seleksi penerimaan CPNS 2018 ini, yakni pertama adalah mengenai "passing grade" atau ambang batas nilai. 

Apa itu passing grade? 

Passing grade adalah nilai ambang batas yang menentukan seorang peserta tes CAT CPNS bisa dinyatakan lulus atau tidaknya dalam seleksi penerimaan CPNS.

Passing grade sangat berkaitan dengan bentuk soal tes yang diujikan dalam tes tertulis seleksi CPNS 2018 yang menggunakan sistem CAT (computer assisted test).

Dalam tes CAT penerimaan CPNS 2017 yang lalu, passing grade yang ditentukan agar dapat lulus seleksi tertulis berupa tes CAT ini, berintikan tiga jenis bentuk soal tes CAT, yang masuk dalam Tes Kompetensi Dasar atau TKD.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) CAT ini terdiri dari: 

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

Passing Grade atau nilai ambang batas ini ditentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) untuk SKD/ TKD CPNS.

Yang dalam Peraturan Menpan RB Nomor 22 tahun 2017 disebutkan passing grade untuk tahun 2017 adalah:
  • 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 
  • 80  untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 
  • 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

Sehingga dengan demikian, agar bisa mengikuti seleksi tes penerimaan CPNS tahap berikutnya, peserta SKD/ TKD (Tes Kompetensi Dasar) CPNS harus melewati passing grade tersebut diatas.

Karena itu, jika salah satu saja dari 3 bentuk soal Tes Kompetensi Dasar - TKD CAT CPNS tersebut tidak mencapai ambang batas nilai (passing grade) maka sudah dapat dipastikan Anda tidak lulus. Hal ini tentu saja merupakan tahapan yang penting dan harus di pelajari dan dikuasai dengan serius, apalagi bagi yang memang ingin lulus dan diterima sebagai PNS.

Admin sendiri telah membuktikan bahwa untuk lulus dalam tes CAT CPNS Online kuncinya hanya satu, yakni "Persiapan Matang".  Artinya Anda harus belajar dengan sungguh-sungguh semua bentuk soal diatas, agar nanti hasil yang anda dapatkan akan maksimal dan semakin mendekatkan diri Anda dalam meraih impian anda menjadi seorang PNS.

Semakin matang persiapan yang Anda lakukan, semakin sering anda memperkaya dan memperbanyak mengerjakan bentuk soal dan Simulasi CAT CPNS Online, jauh-jauh hari sebelum tes CAT CPNS itu sendiri dilaksanakan, maka Anda akan semakin memahami, soal-soal tes CPNS yang akan diujikan nanti. 

Dan juga anda akan mengerti pola-pola bentuk soalnya, karena hampir bisa dipastikan setiap tahunnya bentuk soal tes CPNS tidak banyak mengalami perubahan, bahkan dalam 10 tahun terakhir.

Untuk itu, disini kami ingin membantu anda dalam memperbanyak dan memperkaya contoh soal yang bisa anda pelajari, baik itu dalam bentuk sistem CAT CPNS Online, ataupun dalam bentuk contoh-contoh soal yang akan kami berikan.

Contoh soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan - TWK

Tes Wawasan Kebangsaan adalah merupakan salah satu yang menjadi dasar perhitungan agar anda bisa lulus dan melewati passing grade yang telah ditentukan, yang pada tahun 2017 kemarin memiliki bobot 75. 

Tes Wawasan Kebangsaan memiliki soal soal tes CPNS yang meliputi 4 pilar kebangsaan, yakni:
  1. Pancasila, 
  2. UUD 1945, 
  3. Bhinneka tunggal Ika, dan 
  4. NKRI.

Sumber dari segala sumber hukum di Indonesia adalah Pancasila. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila memiliki 5 dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, atau disingkat UUD 1945 atau UUD '45, adalah hukum dasar tertulis (basic law), konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia. Sebelum dilakukan amendemen, UUD 1945 terdiri atas Pembukaan, Batang Tubuh (16 bab, 37 pasal, 65 ayat (16 ayat berasal dari 16 pasal yang hanya terdiri dari 1 ayat dan 49 ayat berasal dari 21 pasal yang terdiri dari 2 ayat atau lebih), 4 pasal Aturan Peralihan, dan 2 ayat Aturan Tambahan), serta Penjelasan.

Setelah dilakukan 4 kali perubahan, UUD 1945 memiliki 16 bab, 37 pasal, 194 ayat, 3 pasal Aturan Peralihan, dan 2 pasal Aturan Tambahan. Dalam Risalah Sidang Tahunan MPR Tahun 2002, diterbitkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Dalam Satu Naskah, sebagai Naskah Perbantuan dan Kompilasi Tanpa Ada Opini.

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam". Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. 

Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun beranekaragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah suatu bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. NKRI merupakan suatu wadah yang menyatukan seluruh rakyat indonesia agar berteduh dan hidup damai tentram di dalam negara indonesia yang berdaulat.

Berikut ini kami berikan contoh soal TKD - Tes Kompetensi Dasar, dalam dua bentuk soal, yakni:

Pengayaan Simulasi CAT CPNS Online 2018

  1. Simulasi CAT CPNS ONLINE 2018 - TWK 
  2. Simulasi CAT CPNS ONLINE 2018 - Soal Sinonim (Persamaan Kata)
  3. Simulasi CAT CPNS ONLINE 2018 - Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  4. Simulasi CAT CPNS ONLINE 2018 - Soal Deret Angka (TIU)

Contoh soal TKD - Tes Kompetensi Dasar CPNS 2018, Beserta Tips dan Trik serta Pembahasannya


Untuk anda yang ingin belajar dan memperkaya bentuk soal serta contoh soal tes CPNS, kami telah membuat artikel khusus yang membahas tentang contoh soal TKD, TKB, TWK, TIU, TKP, dan lain sebagainya dalam artikel kami di Tips Super Lulus Tes CPNS 2018.

Disana anda akan menemukan ratusan bentuk soal yang disertai dengan pembahasannya secara lengkap, akurat dan juga berupa tips dan trik dalam menjawabnya.

Seorang peserta tes CPNS tahun 2017 yang telah lulus dengan nilai passing grade tertinggi di Indonesia, yakni Triana berpesan kepada seluruh calon peserta tes CPNS untuk tetap semangat dan terus berusaha. "Tidak ada yang tidak mungkin. Selama terus berusaha dengan belajar dan berdoa, siapa pun bisa lulus tes dan menjadi CPNS. 

Untuk simulasi CAT CPNS resmi pemerintah silahkan kunjungi: http://cat.bkn.go.id/ atau http://sc.menpan.go.id.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments