Tips Super Lulus Tes CPNS 2018 - Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Trik Menjawabnya

Tidak dapat dipungkiri, profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masihlah menjadi primadona bagi sebagian besar para pencari kerja, apalagi bagi mereka yang baru lulus (fresh greduate). 

Entah itu alasannya karena lebih kepada jaminan kesejahteraan atau mungkin karena faktor strata sosial yang lebih tinggi. Yang pasti menjadi pengabdi negara sampai sekarang tetaplah menjadi pekerjaan idaman bagi sebagian besar warganegara Indonesia. 
Baca: 5 Kesalahan Paling Umum Penyebab Gagal Lulus Tes Seleksi Penerimaan CPNS
Dengan banyaknya beredar informasi tentang kembali dibukanya pendaftaran CPNS 2018 seakan-akan menjadi angin segar diawal tahun 2018 ini bagi para pencari kerja. 
Tips Super Lulus Tes CPNS 2018

Sebagaimana yang telah diberitakan baik itu dimedia-media cetak atau online, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) positif telah mengusulkan jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka di 2018. 

Setidaknya ada sekitar 250 ribu kursi yang telah dipersiapkan untuk diperebutkan oleh para calon pelamar CPNS 2018 ini. 

Mengenai kepastian jumlah formasi yang dibutuhkan para pelamar CPNS harus bersabar menunggu karena masih menunggu verifikasi lebih lanjut dari kementerian keuangan dan Kemen PAN-RB. 

Yang pasti, dibukanya lowongan penerimaan CPNS 2018 ini untuk mengisi formasi yang ditinggalkan oleh PNS yang pensiun ditahun 2017-2018 ini. 

Yang artinya, penerimaan CPNS 2018 ini, tidak ada penambahan jumlah PNS (Pegawai Negeri Sipil) namun penerimaan CPNS 2018 dibuka untuk mengganti kursi yang ditinggalkan oleh PNS yang pensiun atau dengan kata lain menggunakan sistem zero growth. 

Akan tetapi, walaupun nantinya PNS yang pensiun banyak dari PNS dengan jabatan Administrasi, namun dalam penerimaan CPNS 2018 nanti dipastikan tidak ada lowongan jabatan untuk kursi Administrasi. 

Penerimaan CPNS 2018 lebih diutamakan pada tenaga teknis, yakni tenaga teknis tertentu yang mendukung program Nawa Cita Pemerintah dan juga mendukung strategi pembangunan Pemerintah Daerah masing-masing. 

Rekrutmen CPNS 2018 ini akan lebih ketat dari pada tahun-tahun sebelumnya, karena pemerintah bertujuan melahirkan Pegawai Negeri yang profesional, ditempatkan sesuai dengan latar belakang pendidikannya. 

Sehingga pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat akan semakin baik. 

Tertarik untuk mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS 2018 ini? Pasti iya, untuk itu mulailah mencari dan mengumpulkan berbagai contoh soal tes CPNS 2018, dan mulai mempelajari dan menguasai semua bentuk soal yang akan diujikan nanti. 

Jika kamu ingin mempelajari, memahami dan menguasai semua bentuk soal tes CPNS 2018 yang ternyata masih sama dengan tahun 2017 yang lalu, yakni berupa: 

Bentuk Soal, Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Trik Menjawabnya dalam Tes CPNS Tahun 2018:

A. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari: 
1. Tes Intelegensia Umum (TIU) 
2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 

B. Tes Kompetensi Bidang (TKB) Anda bisa melihat di:

Tes Inteligensia Umum (TIU)
A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;

B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;

C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; 

d. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
2. Kunci Jawaban Soal Spasial 


Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
1. Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ; 
2. Undang-Undang Dasar 1945; 
3. Negara Kesatuan Republik Indonesia:


Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Kumpulan Soal-Soal Latihan tes CPNS 2018 Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Semua contoh soal CPNS 2018 diatas beserta pembahasannya telah dilengkapi dengan Tips Super Lulus Tes CPNS 2018, Kumpulan Soal-soal CPNS 2018, Kunci Jawaban, beserta Pembahasannya dan Trik dalam menjawabnya tentang bagaimana cara mengatur waktu, cara menjawab cepat, cara menghitung cepat, dan sebagainya. Selamat berjuang!!
Loading...

No comments:

Post a Comment