Ternyata, Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS?
Ternyata, Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS?

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS?

Baca juga:

Pengumuman dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu dinanti setiap tahunnya, walaupun sebenarnya moratorium penerimaan CPNS masih tetap berlaku.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS


Namun itu tidak berarti pemerintah menutup kemungkinan Anda untuk menjadi PNS. Buktinya, walaupun moratorium PNS masih tetap berlaku, pemerintah masih saja tetap membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018 ini.
Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Ini semua tidak lain dan tidak bukan karena memang pemerintah masih kekurangan jumlah pegawai, di hampir semua instansi. Baik itu instansi pusat maupun daerah. Pemerintah Pusat maupun pemerintah provinsi, kabupaten/ kota. 

Kementerian maupun lembaga tinggi negara, saat ini masih sangat kekurangan jumlah pegawai. 

Karena memang pekerjaan PNS adalah melayani masyarakat, yang mana jumlah penduduk Indonesia saat ini saja sudah lebih dari 250 juta jiwa.

Dan tentu saja jika dibandingkan dengan jumlah PNS yang ada saat ini, yakni sekitar 4 jutaan pegawai, tidaklah memadai untuk melayani penduduk yang berjumlah 250 juta jiwa itu.

Karena itu, walaupun pemerintah masih memberlakukan moratorium PNS, dipastikan masih tetap akan ada penerimaan PNS apalagi setiap tahunnya banyak PNS yang memasuki usia purna bakti/ pensiun.

Dengan banyaknya jumlah PNS yang pensiun otomatis mengurangi jumlah PNS yang ada sehingga, sudah barang tentu akan menambah beban kerja PNS yang ada.

Namun, walaupun demikian, pemerintah tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan negara dalam menerima dan mengangkat PNS. Karena PNS digaji oleh negara, yakni dari APBN dan APBD.

Untuk itulah pemerintah hanya dapat mengangkat PNS secara bertahap, dan hanya dapat mengangkat CPNS untuk menggantikan PNS yang pensiun tadi.

Pembukaan lowonga dan seleksi penerimaan CPNS selalu menjadi berita yang dinanti-nanti oleh hampir semua orang. Apalagi bagi mereka yang baru lulus kuliah, atau karena memang mereka ngebet untuk jadi PNS.

Penerimaan CPNS tahun 2018 yang awalnya dijadwalkan pada bulan April sampai Mei 2018, ditunda pemerintah, dengan alasan karena adanya pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak bulan Juli 2018 ini.

Sehingga, pemerintah merencanakan akan membuka pendaftaran penerimaan CPNS pada bulan Juni 2018, dan seleksinya baru akan digelar di Juli atau setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Lowongan CPNS 2018 yang dibuka untuk sekitar 200 ribu kursi PNS, untuk kebutuhan Kementerian/ Lembaga dan pemerintah daerah. Jumlah lowongan kursi CPNS sekitar 200 ribu PNS ini tergolong cukup besar.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Namun jika melihat dari jumlah PNS yang pensiun, yang setiap tahunnya mencapai 150 ribu orang tentu saja jumlah ini termasuk sedikit.

Karena tidak setiap tahun pemerintah membuka lowongan penerimaan CPNS.

Setiap penerimaan CPNS hampir bisa dipastikan akan diikuti oleh ratusan ribu hingga jutaan pelamar, hingga tidaklah mengherankan jika berita tentang penerimaan CPNS selalu menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi mereka yang memang bercita-cita menjadi PNS.

Namun, daya tarik profesi PNS yang bisa dikatakan sebagai profesi primadona di Indonesia ini tidak memiliki dampak yang sama pada setiap orang. 

Banyak juga yang masih enggan melirik kemungkinan untuk berkecimpung dan meniti karir di dunia PNS ini. 

Karena itu, penasaran dengan apa yang menyebabkan banyaknya orang yang ingin menjadi PNS, dan tidak sedikit pula yang menganggap profesi PNS ini tidak atau kurang menarik dan menjanjikan, awambicara memberikan beberapa alasannya, mengapa banyak orang ingin menjadi PNS?

Ingin Turut Serta Merubah Keadaan


Anak muda terkenal sebagai orang yang cukup kritis dan vokal. Apalagi jika ia adalah mantan seorang mahasiswa yang aktif di kegiatan keorganisasian di kampus. 

Dan para pelamar CPNS dapat dipastikan adalah para anak muda semua, fresh graduate. 

Sebagai anak muda Anda pasti pernah marah, kesal atau jengkel dengan pelayanan yang diberikan para PNS-PNS diberbagai instansi dimana anda pernah berurusan.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Mungkin juga Anda kesal, marah atau jengkel dengan kinerja pemerintah. Jengkel dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro rakyat serta sering mengkritik pejabat-pejabat publik baik itu di media sosial atau diwarung-warung kopi tongkrongan Anda.

Atau mungkin Anda ikut atau menjadi salah satu pengurus yang membentuk komunitas atau lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan melakukan pengawasan secara independen terhadap pemerintah hingga melakukan aksi-aksi demo turun kejalan.

Kritikan terhadap pemerintah itu tidaklah buruk, sangat baik malah, dan malahan sangat diperlukan. Karena lewat kritikan inilah pemerintah jadi tahu, apa kekurangan-kekurangan mereka, apa yang belum mereka lakukan, dan apa yang harus mereka utamakan, yang tentu saja semua untuk kepentingan rakyat.

Bukan malah alergi dengan kritikan, dan memberikan istilah "kritik boleh asal ada solusi". Jika kritik harus ada solusi itu namanya bukan kritik lagi, tapi perintah, permintaan. 

Kalau semua kritik harus dengan solusi, buat apa ada pemerintah, buat apa ada penyelenggara negara. Wong siapa saja boleh memberikan kritik dan menyelesaikan yang dikritiknya dengan solusi yang sudah disiapkannya.

Tapi ya itu tadi, kalau dulu mengkritik itu enak banget, tanpa takut di bilang anti NKRI, anti pancasila dan sebagainya jika bertolak belakang dengan pemerintah. 

Namun, sekali lagi, mengkritik saja tidak cukup harus dengan solusi (versi pemerintah sekarang) dan karena itulah Anda sebagai anak muda yang menginginkan perubahan, perlu melakukan tindakan nyata agar ide dan gagasan yang Anda miliki benar-benar bisa dimanfaatkan demi mengubah keadaan. 

Masuk ke dalam sistem adalah jalan terbaik agar bisa menyuarakan segala pendapat yang selama ini hanya terpendam di kepala dan dipahami oleh segelintir orang saja.

Jadi, jika selama ini kamu kesel, gemas, dan gregetan terhadap kinerja sebuah instansi pemerintah, mulai sekarang jangan lagi berhenti di tahap mengkritik saja.

Namun lakukanlah suatu tindakan nyata dengan masuk kedalamnya, memberikan sumbangsih langsung dari dalam.

Jadi PNS adalah jalan yang paling logis yang bisa anda lakukan dan wujudkan dalam waktu dekat demi mewujudkan perubahan yang sudah kamu idam-idamkan selama ini.

Bisa saja sih dengan tidak menjadi PNS, misalnya jadi Anggota Dewan (DPR, DPRD), atau jadi Walikota, Bupati atau Gubernur.

Namun kalo harus menjadi Anggotan Dewan atau menjadi Kepala Daerah, tentu itu sangat tidak realistis, karena Anda harus terjun kedalam dunia politik praktis, dan masih banyak lagi yang harus anda lakukan.

Membuka Kesempatan Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri


Tahukah kamu bahwa, profesi PNS bisa menjadi batu loncatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri? Iya, benar.

Kamu bisa melanjutkan pendidikan Master atau Doktoral mu di luar negeri dengan menjadi PNS. Kesempatan ini sangat terbuka lebar, biasanya ada kesempatan luas bagi PNS untuk mengambil beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor untuk melanjutkan pendidikan nya ke luar negeri.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Beasiswa pendidikan keluar negeri ini tidak hanya untuk instansi-instansi yang terus membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan pegawainya. Seperti LIPI, Kementerian PU, dan Bappenas namun juga pada banyak instansi, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

Karena itu, jika Anda bercita-cita melanjutkan pendidikan ke luar negeri kemungkinan tercepat yang biasa Anda ambil adalah dengan menjadi PNS, yang cukup Anda lakukan adalah jadi pegawai yang terus berprestasi dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas diri.

Tidak Khawatir Akan Ada Perampingan Pegawai


Menjadi PNS, berarti menjadi pengabdi negara, bekerja untuk negara dan digaji negara yang tugasnya menjadi pelayan masyarakat/ negara.

Karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan ada kebijakan perampingan pegawai dari pemerintah. Selama pemerintah Republik Indonesia masih terus ada, maka selama itulah profesi PNS akan terus dibutuhkan.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Jikalaupun ada restrukturisasi, seperti penggabungan atau pemisahan kementerian di kabinet, pegawai yang ada akan tetap dipertahankan atau setidaknya dipindahkan ke instansi lain.

Seperti pembukaan artikel ini, kami menyampaikan betapa pemerintah membutuhkan pegawai negeri sipil yang walaupun telah mengeluarkan moratorium penerimaan CPNS, akan tetapi tetap saja penerimaan CPNS tetap dibuka, dan ditahun ini tahun 2018, direncanakan sebanyak 200 ribu pegawai.

Jika selama ini kamu selalu di "gantung" terutama digantung pacar mu dan kamu adalah orang yang selalu menginginkan suatu kepastian, maka PNS adalah profesi yang cocok untukmu. 

Dalam pekerjaan yang satu ini, sekali kamu diterima dan diangkat PNS, maka selamanya itu akan menjadi pekerjaanmu, kecuali jika kamu mengundurkan diri atau kamu melakukan sebuah pelanggaran kode etik berat.

Disaat para pegawai swasta harus ketar-ketir ketika kondisi pasar memburuk, maka tidak bagi PNS. Dan selama NKRI tetap berdiri, maka PNS akan tetap dipekerjakan oleh negara, apapun kondisinya.

Penghasilan


Penghasilan PNS bisa dibilang kecil dibandingkan dengan penghasilan fresh-graduates di sektor swasta. Tapi itu bukan berarti menjadi PNS itu akan menyusahkan hidup Anda! 

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

PNS selain menerima gaji pokok (yang memang kecil untuk CPNS atau pegawai yang masa kerjanya sedikit), PNS masih menerima tunjangan-tunjangan lain seperti, tunjangan isteri, anak, tunjangan kinerja, uang makan, bahkan tunjangan kemahalan (untuk daerah-daerah yang harga kebutuhan pokoknya tinggi).

Karir yang Jelas


Sekali lagi, jika Anda adalah orang yang membutuhkan kepastian, maka berkarir sebagai PNS adalah sebuah keputusan yang tepat. 

Jenjang karir yang panjang dan jelas sangat terbuka lebar untuk profesi yang satu ini. Saat Anda diterima sebagai PNS, pangkat golongan ruang/ kerja Anda akan ditentukan berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yang Anda miliki. 

Dan akan selalu meningkat secara berkala, yakni reguler nya 4 tahun sekali, atau jika kamu pejabat fungsional tidak harus 4 tahun sekali, selama angka kreditmu telah mencapai batas yang ditentukan kamu bisa naik golongan.

Dan bahkan ada juga yang hanya 2 tahun bisa naik golongan, yang jika Anda menduduki jabatan eselon tertentu dan pangkat serta golongan ruang anda masih satu tingkat dibawahnya, yang disebut dengan kenaikan pangkat pilihan. 

Pangkat golongan ruang adalah syarat utama jika Anda ingin menduduki jabatan struktural dalam eselon tertentu.

Dan keuntungan yang Anda dapatkan adalah selain tambahan tunjangan jabatan, juga meningkatnya gaji pokok yang juga berimbas kepada meningkatnya tunjangan isteri, anak, uang makan dan tunjangan kinerja.

PNS Zaman Now Itu Pekerja Keras


PNS zaman sekarang bukanlah seperti beberapa puluh tahun silam, jarang kerja, tergolong malas, dan banyak ongkang-ongkang kaki.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

PNS zaman now itu pekerja keras, berada dibawah koordinasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, kinerja dan kedisiplinan PNS saat ini selalu dalam pengawasan, baik terkait jam kerja maupun pencapaian target kinerja setiap periodenya.

Zaman telah berubah, PNS bukan lagi profesi yang terkenal dengan kerja santai dan bisa makan gaji buta setiap bulannya, sekarang sudah ada yang namanya sistem punishment dan reward yang jelas bagi PNS yang mangkir dari kewajibannya dan yang memiliki prestasi. 

Bertemu Orang Penting dan Traveling


Sebagai CPNS, atau PNS muda, akan memberikan Anda kesempatan yang berlimpah untuk diberikan tugas di luar kantor (lapangan). 

Mulai dari mengatur seminar, jadi LO sebuah acara kenegaraan, sampai blusukan mencari pembicara untuk talkshow televisi yang diselenggarakan oleh instansi tempatmu bekerja. Secara otomatis, akan membuat Anda bisa punya akses untuk bertemu orang-orang penting dari berbagai profesi.

Ketemu pejabat tinggi negara, melihat para menteri kabinet yang lagi mengobrol santai, atau ngarahin Donald Trump untuk masuk ruangan, atau paling tidak bisa ketemu dan ngobrol sama bupati, walikota, atau gubernur.

Semua kesempatan itu bisa Anda temui jika anda berprofesi sebagai PNS.

Selain itu, pekerjaan PNS ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk menjelajahi Indonesia, bahkan dunia yakni lewat perjalanan dinas. 

Jadi PNS itu bukan hanya duduk di belakang meja kerja saja. Seperti istri admin yang juga seorang PNS di BKKBN, sudah hampir seluruh Indonesia dijelajahinya.

Jaminan Hari Tua


Jumlahnya memang tidaklah sebesar pensiunan pegawai swasta atau BUMN. Namun, bisa memberikan Anda ketenangan dihari tua, karena Anda tidak perlu lagi khawatir tentang penghasilan Anda di hari tua. 

Paling tidak, setiap bulannya masih ada pemasukan yang bisa Anda terima. Walaupun gaji per-bulannya memang tidak sebesar gaji di sektor swasta, tapi jaminan masa tua yang ditawarkan oleh pekerjaan sebagai PNS ini, memang layak untuk diperjuangkan. 

Negara sudah memikirkan kesejahteraan Anda hingga tua kelak, dan Anda hanya perlu bekerja sebaik-baiknya.

Menyenangkan Calon Mertua


Anak Band bertemu Camer/ Orang Tua Pacar:

Anda: “Permisi, Oooom….”

Ortu Pacar: “Silahkan, Mas. Mau pergi ya?”

Kamu: “Iya, Oom. Mau ngajakin Luna makan.”

Ortu Pacar: “Mas-nya sibuk apa sekarang? Kerja dimana?”

Kamu: “Nge-band, Oom. Band saya selalu diundang diacara-acara pernikahan loh om.”

Ortu Pacar: (dalam hati) Bocah ini ngajakin anak gua makan. Sekarang sih mampu, lah 20 tahun lagi gimana? Masih ada band-nya kagak ntar?

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Seorang PNS datang ke rumah pacar:

PNS: “Permisi Oom, Maya ada?”

Ortu Pacar: “Oh, ada lagi dandan dikamar. Mari masuk dulu.”

PNS: “Iya Oom. Makasih.”

Ortu Pacar: “Kok masih pakai seragam Mas? Baru pulang?”

PNS: “Iya Oom, banyak kerjaan.”

Ortu Pacar: “Kerja dimana Mas?”

PNS: “MA (Mahkamah Agung), Oom.”

Ortu Pacar: “Oooh. Waah, masa depan cerah ya itu ya? Hahahahaha.”

PNS: (dalam hati) padahal dikantor kerjaan saya ngeblog, hehehe. 

Itulah tadi alasan mengapa banyak orang ingin jadi PNS. Bagi Anda yang yang semakin ngebet ingin jadi PNS, dan memiliki karier yang moncer, serta semakin dicintai pacar, disayangi isteri, diidamkan calon mertua dan kesayangan mertua Anda, saat nya bagi Anda untuk lebih semangat lagi dalam berusaha.

Awambicara telah memiliki beberapa tips super lulus tes seleksi penerimaan CPNS, yang disertai dengan contoh soal beserta kunci jawabannya. Lengkap dengan tips dan trik dalam menjawabnya. 

Silahkan berselancar di blog awambicara ini, temukan berbagai contoh soal dengan kunci jawaban lengkap dengan pembahasannya. Atau Anda bisa mengkuti beberapa link terkait didalam artikel ini. Sukses untuk Anda! 🙂
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar