Cara Membangun Hubungan Sesama Blogger

Cara Membangun Hubungan Sesama Blogger

Sering dilihat:

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan trafik blog. Karena ada banyak faktor yang menjadi penilaian Google dalam memberikan rangking sebuah situs web/ blog didalam search engine.

Membangun Hubungan Sesama Blogger


Dan untuk mengetahui serta memahami bagaimana Google memberikan peringkat sebuah situs web/ blog didalam hasil penelusuran, kita mengenal istilah SEO.
menjalin hubungan sesama blogger

Untuk siapa saja yang menjadikan situs web atau blog menjadi sarana dalam mengembangkan bisnisnya, ataupun menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang (menjadi publisher misalnya) pasti mengenal apa itu SEO.

SEO atau Search Engine Optimization ini adalah cara bagaimana kita mengoptimalkan berbagai hal yang ada didalam situs web/ blog untuk memenuhi paling tidak beberapa faktor penting dari sekian banyak faktor yang dapat membuat situs web/ blog kita masuk dalam halaman utama hasil penelusuran search engine (lihat: 11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula).

Dari apa yang saya pelajari saat ini, konten yang berkualitas adalah faktor penting yang paling utama yang dapat membuat situs web/ blog kita berada pada peringkat atas hasil penelusuran Google.

Dan faktor penting lainnya adalah backlink dari situs-situs web/ blog yang memiliki otoritas tinggi.

Yang sebenarnya, kedua hal tersebut (menurut saya) sangat berhubungan.

Konten berkualitas akan susah menembus halaman pertama hasil penelusuran search engine, jika tidak diikuti oleh adanya backlink dari situs web/ blog yang memiliki otoritas tinggi.

Memang terdengar cukup sulit untuk di praktekkan, namun kenyataannya adalah konten berkualitas bergaris lurus dengan backlink berkualitas juga.

Artinya, jika blog/ situs web kita memiliki konten yang sangat berkualitas, maka situs-situs web/ blog yang memiliki otoritas tinggi yang mungkin membahas niche yang sama akan dengan senang hati merekomendasikan (memberikan backlink) ke situs web/ blog kita.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana situs web/ blog yang memiliki otoritas tinggi tadi mengetahui bahwa kita memiliki konten yang berkualitas, sedangkan faktor pemeringkatan hasil penelusuran juga mengutamakan backlink, dan situs web kita baru dan belum memiliki backlink?

Seperti bertolak belakang memang, tapi itulah kenyataannya.

Karena itu, saya memiliki cara bagaimana agar situs web/ blog baru kita memiliki backlink dari blog/ situs web yang berotoritas tinggi.

Cara yang akan saya ungkapkan ini bukanlah teknik black hat SEO, karena itu membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mempraktekkannya.

SEO


Cara yang saya lakukan adalah dengan membangun hubungan sesama blogger.

Membangun hubungan sesama blogger bisa dikatakan adalah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki kepercayaan diri dalam memulai sebuah hubungan.

Dan saya adalah salah satu orang yang tidak memiliki kepercayaan diri yang besar itu.

Jadi, membangun hubungan sesama blogger adalah merupakan salah satu praktek SEO yang terbaik (menurut saya) dalam hal membangun backlink berkualitas.

Tapi tentunya bukan dengan jalan saling bertukar backlink, karena praktek ini sangat tidak disukai oleh Google, dan bisa membuat blog kita mendapatkan pinalti dari Google. (sandbox misalnya).

Jadi yang saya maksud membangun hubungan sesama blogger disini artinya, hubungan yang terjalin itu bukan karena kita saling membutuhkan, bertukar backlink misalnya, tapi lebih kepada karena kita memang terbantu oleh blogger yang lain, dan atau sebaliknya.

Dengan demikian, bisa saya pastikan menjalin hubungan sesama blogger yang saya maksudkan ini saya rasa tidak dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Karena untuk memulainya pertama kita harus memahami betul siapa blogger itu, apa yang dihasilkannya (karyanya), apa yang telah dilakukan dan diberikannya, konten seperti apa yang telah membuat ia menjadi blogger yang cukup dikenal dan disegani oleh blogger-blogger yang lain.

Dan caranya yakni dengan mengunjungi blognya, membaca artikelnya, dengan begitu kita tahu bagaimana ia sebenarnya, apa yang menjadi inti dari blog nya, dan tentu saja kita memperkenalkan diri kita dengan meninggalkan komentar di blognya.

Meninggalkan komen inilah yang banyak disalahgunakan oleh blogger-blogger yang ingin mendapatkan trafik dan backlink secara instan.

Memang, terkadang blogger yang sudah mapan membuat kolom komentarnya bisa disisipi dengan backlink hidup, yang walaupun kebanyakan dari backlink tersebut masih bersifat nofollow.

Sehingga blogger yang tidak sabaran, dan ingin mendapatkan backlink secara cepat menyebarkan komentar spam, yang terkadang komentarnya tidak berhubungan sama sekali dengan isi artikel.

Awalnya, saya pun demikian.

Namun setelah saya memahami banyak hal, memperhatikan blogger-blogger senior lainnya, saya pahami meninggalkan komentar spam itu berdampak buruk bagi blog kita sendiri.

Dan saya perhatikan, blogger-blogger senior tidak pernah melakukan itu. Saya belum pernah melihat, ada komentar yang walaupun komentarnya masih berhubungan dengan artikel dan ia meninggalkan backlink yang menuju blognya dari blogger-blogger senior Indonesia.

Jadi dapat saya pastikan, blogger-blogger senior itu mendapatkan trafik, backlink dan sebagainya itu tidak dilakukan dengan cara melakukan spamming kebanyak situs web/ blog.

So, ini bisa menjadi pertimbangan buat blogger newbie seperti saya bahwa cara meninggalkan backlink spam di komentar blog itu adalah cara SEO yang buruk.

Dan sejak bulan ke lima saya ngeblog, saya tidak pernah lagi meninggalkan backlink spam di kolom komentar blog lainnya.

Pada mulanya, saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan memulai sebuah teknik SEO dengan membangun hubungan dengan sesama blogger.

Mulanya yang ada dibenak saya adalah bagaimana saya mendatangkan trafik ke blog saya. Karena itu saya mulai mencari-cari komunitas blogger di grup-grup facebook, google+ dan lain sebagainya.

Yang saya pikirkan waktu itu, dengan bergabung dengan grup atau komunitas-komunitas blogger saya bisa menyebarkan link, dan mendapatkan trafik dari situ.

Ternyata yang saya lakukan itu SALAH.

Bagaimana bisa orang-orang dikomunitas akan melihat situs web/ blog kita, sedangkan isi komunitas itu sendiri para blogger semua, yang memiliki permasalahan yang sama, yakni bagaimana cara mendapatkan dan meningkatkan trafik blog.

Dan saya menyadarai itu sebelum semuanya terlambat. Jika saja saya kelewatan sedikit saja, bisa jadi saya telah menjadi salah satu blogger yang diblacklist oleh komunitas-komunitas blog yang ada. (saya bersyukur untuk itu).

Ternyata, komunitas yang saya ikuti ini adalah kumpulan blogger-blogger yang bisa dikatakan sudah seniorlah. Mereka tidak pernah merasa bosan untuk menjawab, dan memberikan solusi yang dihadapi oleh blogger-blogger pemula.

Dan berinteraksi dengan mereka membuat saya menjadi sedikit banyaknya mulai memahami apa itu blogging.

Seperti yang saya katakan, saya adalah termasuk orang yang tidak memiliki kepercayaan diri ketika memulai sebuah hubungan. Dalam hal ini dalam dunia blogging.

Apalagi dunia blogging ini yang walaupun sudah cukup lama saya kenal, namun saya bukanlah orang yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia blogging ini.

Karena itu, saya tidak menulis banyak tentang belajar ngeblog.

Apa yang saya tulis di kategori belajar blog ini adalah hanya berupa penggalan cerita pengalaman saya sendiri.

Jadi di kategori belajar blog ini, kalian tidak akan menemukan teknis-teknis blogging, paling yang akan Anda temui hanyalah kisah-kisah saya selama saya terjun kembali kedunia blogging.

Yang sedikit banyak saya harap dapat membantu Anda.

Saya tidak memiliki banyak pengalaman tentang hubungan saya sesama blogger lainnya.

Karena, bagi saya itu merupakan hal yang sulit, dan karena sulit itulah, yang walaupun saya hanya menjalin hubungan dengan satu atau dua blogger saja, itu sudah lebih dari cukup buat saya.

Dan saya sangat mensyukuri itu.

Hal yang sangat sulit saya lakukan, namun saya bisa melakukannya, walaupun hanya sedikit.

Namun sebenarnya, walaupun kita tidak memiliki keinginan untuk membangun sebuah hubungan dengan sesama blogger lainnya, maka lambat laun, mau tidak mau, hubungan itu akan terjalin dengan sendirinya.

Seperti pengalaman saya berikut ini.

Menjalin Hubungan Sesama Blogger


Saya benar-benar tidak memahami teknis nya dunia blogging. Coding, Templates, Hosting, dan lain sebagainya.

Karena itu, untuk terus berada dalam komunitas ini, saya harus belajar, setidaknya saya memiliki pengetahuan dasarnya saja.

Dan Alhamdulillah, saya mulai memahaminya, yang walaupun baru dasarnya saja.

Jadi, saya yakinkan diri saya.

Saya buat batasan untuk saya sendiri.

Saya bukanlah programer, saya juga bukan ahli IT.

Jadi untuk teknis ngeblog, saya tidak akan bisa menguasainya, dan itu cukuplah bagi mereka yang benar-benar memiliki ilmu itu untuk mengembangkan dan menulis tentang teknis blogging.

Saya cukup tahu dasarnya, dan menjadi usernya saja.

Dan untuk templates blog yang termasuk dalam teknis blogging, saya percayakan kepada ahlinya.

Artinya saya membeli untuk templates blog itu.

Disinilah saya mulai mengenal blogger-blogger yang lain, sebut saja bung frangky, mas sugeng, arlina dan terakhir kang Adhy Suryadi dari kompi ajaib.

Bahkan saya juga pernah membeli templates dari luar negeri.

Namun dari banyak templates yang saya beli, templates nya mas Adhy lah yang benar-benar srek dan sesuai dengan keinginan saya.

Bukan berarti templates yang lain tidak bagus...bukan..bukan itu.

Saya katakan disini adalah templates yang benar-benar sesuai dengan keinginan saya.

Dari templates inilah saya jadi mengenal pemiliknya kompi ajaib.

Karena kebodohan saya tentang teknis blogging ini, waktu penyiapan templates untuk diterapkan diblog saya, saya banyak bertanya kepada mas adhy.

Bisa dikatakan bawel lah. Iya, saya termasuk konsumen yang bawel, yang walaupun sebenarnya bukan bawel sih, tapi karena saya tidak memahami dan tidak memiliki pengetahuan tentang itu.

Namun, pemilik kompi ajaib ini termasuk orang yang sabar, dia mau meladeni saya, walaupun saya sedikit bawel.

Saya disini tidak akan menjelaskan tentang teknis templates yang saya beli, namun lebih kepada bagaimana akhirnya saya bisa menjalin hubungan dengan mas Adhy ini.

Yang walaupun hubungan ini lebih kepada keterikatan karena saya menjadi konsumennya.

Namun bagi saya mas adhy lebih dari seorang penjual templates, namun adalah seorang blogger sejati dan senior.

Saya banyak dibantu olehnya.

Dan dari blog mas adhy inilah saya banyak mengenal blogger-blogger lain yang sebelumnya tidak saya kenal sama sekali.

Setelah lebih dari setengah tahun saya menggunakan templatesnya kompi ajaib, saya memiliki banyak pengalaman tentang templates ini.

Bagaimana ia dapat meningkatkan CTR Adsense saya, dan lain sebagainya.

Ternyata, mas Adhy memberikan reward kepada pembeli templatesnya, yakni berupa gratis publish artikel di blog kompi ajaib yang mereview tentang templates yang kita beli, dan disana kita bisa meletakkan backlink blog kita.

Dan backlink tersebut adalah Dofollow.

Saat saya menulis tentang bagaimana templatesnya kompi ajaib membantu meningkatkan CTR adsense saya, dan saya kirim via email kepada mas adhy, saya tidak berpikiran bahwa saya bisa meletakkan backlink blog saya disana.

Jadi, mas adhy menghubungi saya balik, mengatakan pada saya untuk dibuatkan dalam dokumen word, bukan notepad, dan letakkan backlink yang menuju situs web/ blog saya.

Saya tentu saja senang akan hal itu, bahkan girang banget, saya tidak mengira bahwa saya boleh meletakkan backlink menuju blog saya ini di kompi ajaib.

Sekali lagi, disini saya tidak mengungkapkan bagaimana teknis templates blog yang saya beli dari kompi ajaib dapat meningkatkan CTR Adsense saya, namun lebih kepada bagaimana saya akhirnya dapat menjalin hubungan sesama blogger.

Hubungan yang pada akhirnya membuat saya mendapatkan backlink dari situs web/ blog yang memiliki otoritas tinggi, dan mendapatkan backlink yang berkualitas.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar