Berselancar Lebih Cepat dengan Pintasan Tombol Keyboard Browser Internet ini

Berselancar Lebih Cepat dengan Pintasan Tombol Keyboard Browser Internet ini

Sering dilihat:

Untuk berselancar di Internet dengan lebih cepat, sebagian besar kombinasi pintasan tombol keyboard ini yang berfungsi untuk browser web seperti Chrome, Firefox, Edge, dan Safari, pasti dapat membantu Anda.

Kombinasi Tombol Keyboard untuk Browser Internet


Jika Anda sudah terbiasa menggunakan kombinasi beberapa tombol keyboard, ketika Anda menjelajahi komputer PC atau Laptop dan Anda dapat menjalankan tugas Anda dengan lebih cepat karena itu. 
kombinasi tombol keyboard untuk browser internet

Anda harus mencoba beberapa kombinasi pintasan keyboard berikut ini untuk membantu Anda lebih cepat lagi dalam menjelajahi dunia Internet, yang tentu saja berbeda dengan pintasan keyboard yang biasa Anda gunakan dalam mengoperasikan komputer windows.

Pintasan ini, dapat berfungsi dihampir sebagian besar browser-browser perambat internet terkemuka, seperti Chrome, Firefox, Edge, dan Safari. 


Pintasan ini akan membantu Anda menavigasi, memilih, dan berinteraksi dengan halaman web tanpa harus menyentuh mouse. 

Setelah jari-jari Anda terhubung dengan memori otot diotak Anda, maka akan dapat membantu Anda menyelesaikan tugas besar harian Anda dengan kecepatan tinggi. 

Kami telah mengumpulkan beberapa pintasan tombol keyboard untuk Anda coba terapkan di Chrome, Firefox, Edge, dan Safari untuk memudahkan Anda dalam berselancar di Internet.

Kombinasi Pintasan Tombol Keyboard untuk Internet di Komputer Windows 


Kombinasi Tombol Keyboard Umum - General Browsing

- Tombol SPASI dan SHIFT


Untuk melihat atau menscroll halaman web keatas atau kebawah Anda cukup menggunakan tombol Spasi dan tombol Shift di keyboard komputer/ laptop Anda.

Untuk menscroll halaman kebawah Anda cukup menggunakan tombol Spasi saja. 

Sedangkan untuk menscroll halaman situs web keatas, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard Spasi+Shift.

- Tombol HOME, END, FN dan Tombol Panah Kiri dan Panah Kanan


Untuk lompat langsung kehalaman paling atas atau halaman paling bawah situs web Anda cukup menggunakan tombol HOME untuk langsung kembali ke halaman atas dan tombol END di keyboard untuk langsung menuju halaman akhir situs web.

Atau Anda bisa mengkombinasikan Tombol FN+Panah Kanan untuk langsung menuju halaman terakhir dan kombinasi tombol keyboard FN+Panah Kiri untuk menuju halaman atas situs.

- Tombol TAB, ALT dan SHIFT


Untuk memindahkan kursor aktif dari link yang satu ke link yang lain didalam situs web, anda bisa menggunakan tombol keyboard TAB.

Sedangkan jika Anda menggunakan kombinasi tombol keyboard ALT+TAB atau ALT+SHIFT+TAB, anda bisa berpindah halaman situs web, jika anda membuka beberapa situs web dalam halaman yang berbeda, bukan dalam tab yang berbeda.

- Tombol ENTER


Saat Anda berpindah dari link yang satu ke link yang lainnya, dan Anda ingin menuju atau membuka link yang telah Anda temukan dengan menggunakan tombol TAB diatas, anda tinggal menggunakan tombol ENTER untuk membukanya.

- Tombol CTRL dan L


Kombinasi Tombol Keyboard CTRL dan L ini sangat bergunia ketika Anda tiba-tiba teringat alamat situs web yang ingin Anda tuju, setelah Anda banyak berselancar dan membuka situs web.

Cukup kombinasikan CTRL+L maka bilah alamat situs web yang sedang terbuka akan langsung tersoroti, sehingga Anda bisa langsung mengetikkan alamat web yang ingin Anda kunjungi, tanpa harus membloknya dengan mouse.

- Tombol CTRL dan R


Tombol ini berfungsi untuk me reload atau me refresh situs web yang sedang terbuka. Ini biasanya dilakukan apabila ada halaman yang belum terbuka dengan sempurna, seperti image yang tidak tampil dan sebagainya.

Dan Anda ingin membuka kembali halaman situs web tersebut, cukup Anda kombinasikan Tombol Keyboard CTRL + R dan secara seketika halaman web yang terbuka akan direload ulang.

Dari pada Anda menggunakan klik kanan mouse dan klik reload.


Kombinasi Tombol Keyboard Khusus - Pengelolaan Tab Browser

- Tombol CTRL dan 1-8 


Ketika Anda membuka delapan tab halaman situs web sekaligus didalam satu browser, maka browser tersebut akan menomori tab-tab halaman situs web tersebut dari kiri dimulai dari 1 ke kanan sampai 8. 

Ketika Anda menekan tombol Ctrl dan kemudian menekan angka, maka Anda akan dapat melompat dari tab yang satu ke tab halaman situs web berikutnya. 

Dan jika ternyata Anda membuka halaman situs web lebih dari 8, sebut saja 12, maka Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+9, yang akan membawa Anda ke tab-tab halaman situs web berikutnya sampai paling akhir di kanan browser Anda.

- Tombol CTRL, TAB dan SHIFT


Kombinasi Ctrl + Tab dan Ctrl + Shift + Tab ini hampir sama dengan tombol CTRL+Angka diatas, hanya saja jika dengan kombinasi tombol keyboard CTRL+TAB, maka Anda akan beralih dari satu tab halaman situs web ke tab halaman situs web lainnya ke arah kanan.

Dan jika Anda menambahkan tombol SHIFT, dan menjadi CTRL+SHIFT+TAB maka akan beralih ke tab halaman situs web yang satu ke tab yang lainnya kearah kiri.

- Tombol CTRL dan W


Jika Anda merasa bahwa tab halaman situs web yang Anda buka terlalu banyak dan Anda ingin menutupnya, maka Anda cukup menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL + W, maka tab halaman situs web yang saat itu terbuka akan ditutup.

- Tombol CTRL, SHIFT, dan T


Kombinasi tombol keyboard CTRL + T adalah untuk membuka tab baru, sedangkan tombol CTRL+SHIFT+T adalah untuk membuka kembali tab halaman situs web yang tidak sengaja Anda tutup sebelumnya.

- Tombol CTRL, N dan SHIFT


Kombinasi tombol keyboard CTRL+N adalah untuk membuka browser baru, diluar tab.

Sedangkan untuk tombol keyboard CTRL+SHIFT+N adalah untuk membuka browser baru dalam mode penyamaran (Incognito).


Kombinasi Tombol Keyboard Lainnya

- Tombol CTRL, + dan - 


Kombinasi tombol keyboard CTRL dan + adalah untuk membesarkan atau men zoom out halaman situs web, dan tombol keyboard CTRL dan - adalah untuk memperkecil atau men zoom in halaman situs web/ blog.

- Tombl CTRL dan F


Kombinasi tombol CTRL+F adalah untuk menemukan kata yang terdapat dihalaman situs web yang Anda buka. 

Dalam hal ini jika Anda secara sekilas membaca sebuah kata yang menarik perhatian Anda, namun Anda terlanjur menscroll halaman kebawah atau keatas, dan kemudian Anda kesulitan menemukan kata tersebut, maka Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+F ini untuk mencari kata yang menarik perhatian tadi.

- Tombol CTRL + H


Kombinasi tombol ini adalah untuk melihat hostory atau riwayat perambatan situs web Anda. Atau untuk melihat situs web apa saja yang telah Anda buka selama ini.

- Tombol CTRL + J 


Jika CTRL + H adalah untuk melihat riwayat perembatan yang telah anda lakukan, maka CTRL + J adalah untuk melihat file-file apa saja yang telah Anda download selama ini.

- Tombol CTRL + D 


Kombinasi tombol keyboard CTRL + D ini adalah untuk menyimpan halaman yang telah Anda buka, jika anda berniat untuk membacanya dikemudian hari.

Atau yang biasa kita sebut dengan istilah bookmark.

- Tombol CTRL + SHIFT + DEL


Jika Anda ingin menghapus riwayat penelusuran yang telah Anda lakukan di browser Anda, maka Anda bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard CTRL+SHIFT+DEL.

Itulah tadi beberapa pintasan tombol keyboard untuk memudahkan dan melancarkan Anda dalam berselancar di internet.

Kombinasi tombol diatas adalah untuk sebagian besar browser yang umum digunakan, seperti Chrome, Firefox, Edge dan Safari di komputer atau laptop bersistem operasi windows.

Kombinasi Pintasan Tombol Keyboard untuk Internet di Komputer MacOS


Sedangkan untuk laptop atau komputer MacOS, maka kombinasinya adalah:

Kombinasi Tombol Keyboard Umum - General Browsing

- Tombol SPASI dan SHIFT


Untuk komputer Mac, kombinasi tombol Spasi dan Shift ini sama dengan komputer windows. 

- Tombol HOME, END, FN dan Tombol Panah Kiri dan Panah Kanan


Kombinasi tombol Home, End, FN dan Tombol Panah Kiri dan Panah Kanan ini sama cara dan fungsinya seperti pada komputer windows diatas untuk komputer Mac.

- Tombol TAB dan SHIFT


Jika Anda menggunakan Safari pada komputer Mac, maka ketika Anda menggunakan salah satu versi jalan pintas ini, Anda harus menambahkan ALT ke dalam kombinasi tersebut.

- Tombol ENTER


Fungsinya sama, baik untuk komputer windows ataupun komputer Mac.

- Tombol CMD+L 


Pintasan tombol CMD+L di komputer MacOS ini tujuannya sama seperti kombinasi CTRL+L di komputer Windows. 

- Tombol CMD+R


Sama dengan kombinasikan Tombol Keyboard CTRL + R di windows.

- Tombol CMD dan 1-8 


Sama seperti CTRL+1 sd 8 di windows

- Tombol CMD+W


Digunakan untuk komputer MacOS untuk menutup jendela tab halaman situs web.

- Tombol CMD+T dan CMD+SHIFT+T


Untuk membuka tab baru dan membuka kembali tab yang lama yang tidak sengaja tertutup.

- Tombol CMD+N dan CMD+SHIFT+N


Untuk membuka jendela browser baru diluar Tab dengan kombinasi tombol keyboard Mac CMD+N. 

Untuk membuka jendela yang tidak akan merekam riwayat penelusuran Anda, salah satunya dalam mode penyamaran atau pribadi, pengguna Chrome dan Safari harus menambahkan SHIFT kekombinasi tombol tersebut. 

Di Firefox dan Edge, pintasan untuk jendela mode pribadi sedikit berbeda: Anda harus mengganti N dengan P, dengan kata lain, Anda harus menekan Ctrl + Shift + P (Windows) atau Cmd + Shift + P ( macOS).

- Tombol CMD+PLUS and CMD+MINUS


Tahan tombol CTRL (untuk Windows) atau CMD (untuk macOS) dan kemudian tekan tombol plus (+) untuk memperbesar dan tombol minus (-) untuk memperkecil. 

Hal ini, hanya akan memperbesar atau memperkecil halaman yang terbuka saat itu, dan tidak akan mempengaruhi halaman lain di tab lainnya. 

Untuk kembali dengan cepat ke tingkat zoom default, tekan CTRL + 0 pada PC Windows atau CMD + 0 pada Mac.

- Tombl CMD + F: Cari kata kunci


Kombinasi tombol CMD+F adalah untuk menemukan kata yang terdapat dihalaman situs web yang Anda buka. Cmd + F ini akan membuka kotak pencarian di mana Anda dapat mengetikkan istilah pencarian Anda.

- Tombol CMD + Y


Untuk melihat kembali riwayat penelusuran dan penjelajahan internet Anda, lihat riwayat penelusuran Anda di MacOS dengan menekan pintasan tombol CMD + Y.

- Tombol  CMD+OPTION+L


Selain meninjau riwayat penelusuran Anda, Anda dapat memeriksa file yang baru-baru ini Anda download. Jika di komputer Windows cukup dengan kombinasi CTRL+J, namun di MacOS Anda menggunakan kombinasi tombol CMD + OPTION + L.

- Tombol CMD + D: Tambahkan ke bookmark


Kombinasi tombol keyboard CMD + D ini adalah untuk mem-bookmark halaman yang telah Anda buka, untuk dibaca dikemudian hari. 

- Tombol CMD + SHIFT + Backspace 


Untuk menghapus riwayat penelusuran jika di Windows cukup dengan menekan Ctrl + Shift + Del, namun di Mac, ceritanya sedikit lebih rumit. 

Browser Safari tidak memiliki pintasan seperti ini, tetapi Chrome dan Firefox di macOS memilikinya, sehingga untuk menghapus riwayat perambatan di browser Chrome dan Firefox di Mac, maka cukup dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Cmd + Shift + Backspace.

Itulah tadi beberapa pintasan tombol keyboard yang kami harapkan dapat membantu Anda berselancar di Internet dengan lebih cepat.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar