Mastodon - Jejaring Sosial Pengganti Twitter
Mastodon - Jejaring Sosial Pengganti Twitter

Mastodon - Jejaring Sosial Pengganti Twitter

Sering dilihat:

TWITTER, Platform Media Sosial yang dulu saya sukai, telah berubah menjadi tempat yang cukup mengerikan.
mastodon jejaring sosial pengganti twitter

Menjadi tempat untuk memutarbalikkan wacana politik, memutar balikkan fakta, berdebat, mencaci, dan sebagainya.

Jejaring Sosial Pribadi MASTODON


Melihat dan menyaksikan orang-orang yang saya kenal yang dulunya saya sukai, tiba-tiba berubah menjadi berbeda, saling mencaci, membully, dan menyerang orang lain.

Secara perlahan telah mulai menggerogoti kesehatan mental dan spiritual saya.

Ini bukan yang saya inginkan ketika bergabung disana.

Twitter, yang sebagian besar kekayaan perusahaan nya terikat langsung dengan jumlah pengguna, namun sedikit usaha dari mereka untuk membersihkan akun-akun pembuat dan penyebar hoax dan kebencian.

Bahkan tidak menindak sama sekali yang jelas-jelas telah melanggar kebijakan mereka, terutama untuk akun-akun yang terkenal.

Namun, jika Anda ingin memulai media sosial yang sehat, dimana semua ditentukan oleh Anda sendiri, bergabunglah dengan Mastodon.

Mastodon adalah alternatif Twitter paling populer, terutama untuk Anda yang sedikit idealis dan tegas dalam bersosial media.

Mastodon situs mikroblogging bersumber terbuka dan dikelola oleh komunitas.

Memungkinkan Anda memposting yang jika di twitter disebut tweet, dan di Mastodon lebih dikenal dengan "toots," dan Anda dapat mem "boost" pos pengguna lain.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Twitter, akan tetapi jaringan sosial ini hidup dalam potongan jaringan yang berbeda, yang disebut "instance", yakni jaringan masing-masing dengan aturan dan administrator nya sendiri.

Itulah yang membentuk "federation" dan melindungi integritas layanan. Mastodon tidak memiliki server pusat tunggal atau terpusat pada satu server.

Artinya, jika satu instance berhenti membayar langganan mereka, maka jaringan mereka terhenti.

Beberapa orang melihat ini sebagai perpindahan mini pengguna Twitter pada tahun 2017 yang lalu, sementara yang lainnya menganggap Mastodon sebagai jaringan sosial "buntu" yang pasti akan punah seperti megafauna eponimnya.

Tapi intinya, selama administrator membayar untuk mempertahankan instance mereka, Mastodon dapat memperluas atau kontrak secara luas tanpa mengancam seluruh jaringan.

Karena itu open-source, Anda bahkan dapat memulai sendiri. Jika Anda mau, Anda bisa menjadi administratornya, memilih server sendiri, memilih jaringan mastodon sendiri, memfilternya dan sebagainya yang kesemuanya ada ditangan Anda.

Contoh utama adalah mastodon.cloud, yang bagi saya tampak seperti layanan default untuk newbie seperti saya. Jadi nama akun saya di Mastodon adalah @awambicara@mastodon.cloud.

mastodon jejaring sosial pengganti twitter

Twitter yang dulunya platform medsos yang elegan, secara signifikan menjadi lebih buruk selama beberapa tahun terakhir.

Mengubah ikon "favorit", memperkenalkan jumlah karakter yang lebih tinggi, mendorong "suggestions/ saran" yang menjengkelkan, dan mengacaukan garis waktu kronologis demi yang dihasilkan secara algoritmik.

Tidak mengherankan jika banyak yang meninggalkannya, bahkan pengguna setianya pun mulai muak.

Anda tidak mendapatkan semua itu di Mastodon.

Instance unggulan (yang, pada saat ini, telah kembali menutup sendiri untuk pengguna baru) dimoderasi dengan aturan lebih ketat dari Twitter, melarang pengguna untuk hal-hal seperti posting ujaran kebencian dan SARA.

Jika Anda memiliki teman di instance lain, atau ingin sedikit seperti platform yang lain, ada finder yang dapat berguna membantu Anda menemukan rumah mikroblogging baru untuk Anda.

Niche yang dibangun di sekitar untuk anime sudah ada, jadi tidak masalah jika situs utama masih terbuka untuk pengguna baru, Anda masih bisa ada di "fediverse."

Yang Anda Dapatkan di Mastodon


Pengguna Mastodon adalah orang yang baik.

Jaringan federasi yang lebih luas memiliki posting dalam bahasa Inggris, Jepang, Spanyol, dan dari penggemar open source teknologi.

Ini lebih aneh dan trans-friendly. Pengguna neurodivergent menampilkan dirinya disini.

Anda akan melihat banyak seniman luar biasa yang memposting karya mereka disini.

Ada banyak gambar kucing lucu juga di sini.

Lalu ada fitur "pembunuh": Anda dapat menyembunyikan konten sensitif di balik tombol sebelum memposting, sehingga orang tidak perlu melihat komentar panjang, konten politik, atau spoiler untuk episode baru acara TV.

Sistem ini dirancang untuk mendorong postingan yang lebih bijak, bukan posting egois atau serampangan.

Bahkan mudah untuk menyumbangkan deskripsi gambar yang Anda posting untuk orang yang memiliki gangguan penglihatan.

Satu-satunya hal yang benar-benar akan Anda rindukan dari twitter adalah? Teman teman Anda!

Meskipun ada alat untuk membantu Anda menemukan teman Twitter Anda di Mastodon, sejauh ini tidak terlalu berhasil banyak.

Anda mungkin dapat meyakinkan beberapa orang untuk bergabung, tetapi untuk interaksi di Mastodon, sepertinya masih akan sangat terbatas.

Tetapi lebih dari segalanya, perubahan dalam jejaring sosial ini akan memberikan Anda kesempatan baru dalam kehidupan digital Anda.

Setelah bertahun-tahun merasa cemas dan tidak senang mengecek tweet dilinimasa Anda, berpindah ke Mastodon ibarat pindah ke kota baru di mana tidak ada yang mengenal Anda.

Jadi, jika Anda tidak ingin ketinggalan menjadi pendaftar pertama, segeralah bergabung, dan rasakan bedanya. Jika Anda menyukainya, lanjutkan dan jika tidak, ya kembali lagi kehabitat lama.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar