Model Terbaru iPhone Akan Mendukung Dual SIM? iOS 12

Model Terbaru iPhone Akan Mendukung Dual SIM? iOS 12

Apple telah merilis update terbaru Sistem Operasi iOS 12 beta 5 beberapa hari yang lalu. 

Seperti dilansir dari 9to5mac, desas-desus tentang kemungkinan model terbaru iPhone akan mengusung fitur dual-SIM akan dirilis tahun ini, yang akan disematkan ke model iPhone Plus dan untuk wilayah tertentu.

iPhone Dual SIM?


Dengan pengembang iOS 12 beta 5, 9to5mac telah menemukan bukti bahwa Apple telah mendukung dual-SIM dan ini untuk produk iPhone mereka. 
Model Terbaru iPhone Akan Mendukung Dual SIM

Walaupun bukti tersebut baru ditemukan dalam Sistem Operasi terbaru iOS 12. 

Komponen sistem operasi ini memberikan laporan diagnosis yang termasuk referensi ke "status SIM kedua" dan "status baki SIM kedua". 

Dan dari komponen referensi sistem lainnya, yakni "perangkat sim ganda".

Baca: Cara Memindahkan Data Ponsel Lama ke iPhone Baru

Referensi tersebut jelas merupakan indikasi bahwa iOS sedang diperbarui untuk dijalankan di perangkat iPhone masa depan mereka dengan dukungan untuk dua kartu SIM (dual SIM). 

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. 

Model terbaru iPhone mendukung dual sim
String iOS 12 Beta 5, mengungkapkan penggunaan dua slot SIM card (dual SIM)
Image Credit: 9to5mac
Penyebutan "status tempat sim kedua" menunjukkan bahwa ini sebenarnya memiliki dua kartu SIM fisik, bukan penyebutan untuk e-SIM sebagai yang kedua.

Opsi kartu SIM ganda untuk model iPhone yang lebih besar akan memungkinkan pengguna untuk beralih di antara paket operator yang berbeda tanpa harus menukar kartu SIM. Fitur ini juga penting untuk pengguna Eropa dan Asia yang secara rutin mengunjungi beberapa negara.

Menurut  "Device Atlas", pada tahun 2017, perangkat dual-SIM sangat populer di negara-negara seperti Nigeria, Brasil, Mesir, dan Indonesia.

Sementara itu, penggunaannya di negara-negara yang lebih maju seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, kurang umum untuk digunakan.

String code (bahasa pemograman) yang terdapat dalam file konfigurasi ini mereferensikan perangkat SIM ganda. 

Setidaknya dari temuan ini, nanti akan ada satu iPhone yang mengusung perangkat dengan dual SIM.

Apple sendiri rencananya akan mengungkap ke publik tiga model iPhone terbaru mereka pada bulan September nanti. 

Model Terbaru iPhone Mendukung Dual SIM


Selain iPhone X yang telah diperbarui, Apple juga akan mengumumkan generasi kedua dari iPhone X yang lebih besar "iPhone X Plus".

Apple juga berencana menghadirkan perangkat pengganti iPhone 8. 

iPhone ini akan memiliki layar LCD dengan 6,1 inci dengan torehan serta satu kamera di bagian belakang perangkat. 

Ada kabar di masa lalu yang menyatakan bahwa Apple sedang mencari jalan untuk menjual iPhone dengan dua kartu SIM. 

Namun belum begitu jelas, apakah Apple Akan menembahkan dua slot fisik SIM, atau kartu e-SIM seperti di Apple Watch.

Tetapi menurut file konfigurasi ini, model ini memastikan bahwa user akan dapat menambahkan dua kartu SIM fisik, yang terlihat dari referensi "status SIM kedua" dan "status Slot SIM kedua", seperti yang diungkapkan oleh 9to5mac.

Apple dapat membatasi dukungan dual SIM ke beberapa model tertentu. Misalnya, itu bisa saja hanya terbatas pada iPhone X Plus yang paling santer diberitakan, atau mungkin juga pada model iPhone OLED high-end.

Banyak user yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkan dua slot SIM. 

Tetapi ini fitur penting untuk beberapa negara, seperti yang telah kami sebutkan diatas. 

Apalagi di negara kita Indonesia, operator seluler bersaing ketat dinegara ini dalam mendapatkan pelanggannya. 

Yang memberikan layanan promo paket telepon suara murah, atau paket data murah, sehingga memiliki dua sim di ponsel terkadang sangat diperlukan, terutama untuk mereka yang ingin memanfaatkan promo-promo yang diberikan oleh operator seluler.

Yang mana biasanya, setiap operator seluler di Indonesia memberikan promo yang tidak sama, misalnya Telkomsel memberikan promo paket nelpon murah, namun paket datanya mahal, dan Indosat yang paket datanya murah namun paket nelponnya mahal.

Jadi dengan adanya dual sim ini, user dapat memanfaatkan paket promo yang diberikan operator-operator seluler di Indonesia.

Dual Sim ini sangat penting untuk wisatawan, khususnya wisatawan yang berkunjung ke luar negeri, atau wisatawan asing yang datang ke Indonesia. 

Para wisatawan, dapat menggunakan slot SIM kedua untuk menghindari biaya roaming Internasional yang terbilang cukup mahal. 

Dan akan jauh lebih murah jika mereka membeli kartu SIM lokal. 

Dengan menggunakan dua kartu SIM, Anda mendapatkan yang terbaik dari keduanya, karena Anda masih dapat menerima pesan teks dua-faktor, menyimpan nomor telepon Anda untuk iMessage dan masih banyak lagi.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar