Review, Harga dan Layakkah untuk di Beli? Samsung Galaxy Note 9

Review, Harga dan Layakkah untuk di Beli? Samsung Galaxy Note 9

Sering dilihat:

Apa artinya ponsel BESAR bagi Anda?

Smartphone di era ponsel yang berukuran dengan aspek rasio layar 18,5 : 9?

Review dan Harga Samsung Galaxy Note 9


Tidak banyak produsen ponsel yang tahu cara mengecilkan layar besar ke ukuran ponsel yang pas saat digenggam tangan, untuk menghasilkan aspek rasio diatas.
Review dan Harga Samsung Galaxy Note 9

Pertanyaan diatas adalah yang seharusnya dijawab oleh Samsung ketika mereka meluncurkan produk terbaru mereka Samsung Galaxy Note 9.

Yang walaupun teknologi mereka telah berevolusi sedemikian pesatnya, namun mereka tetap menghasilkan ponsel berukuran besar.

Dengan ukurannya yang jumbo, Samsung Galaxy Note 9, diluncurkan dengan berlimpah teknologi terkini yang sudah kita ketahui sebelumnya, serta dengan teknologi terbaru yang belum pernah kita dengar.

Fitur yang memiliki dampak paling besar pada penggunaan sehari-hari dari smartphone adalah baterai.

Samsung meluncurkan ponsel dengan ukuran baterai yang cukup besar, yang pernah ada di smartphone andalan mereka "Galaxy".

Iya kita tahu, baterai berukuran besar ini telah lama digadang-gadang oleh produsen ponsel dari Korea ini.

Yang pernah gagal dengan produk Galaxy Note 7 mereka akibat baterai yang rentan meledak.

Namun sekarang, Samsung telah melakukan pemeriksaan baterai multi-langkah untuk teleponnya sejak saat itu, dan sampai saat ini, semua berjalan lancar.

Galaxy Note 9 memiliki hasil benchmark yang super cepat, hadir dengan penyimpanan yang lebih besar, dan stylus S Pen-nya yang berfungsi ganda sebagai remote control.

Samsung telah menemukan cara untuk membedakan ponsel ini dari seri Galaxy S9 nya, yang saat itu adalah ponsel andalan mereka yang lainnya.

Model dasar Note 9, dengan 128 gigabyte penyimpanan internal, dan ram 6 GB, dihargai sekitar 13 jutaan. Sedangkan untuk penyimpanan internal 512 gigabyte dan 8 gigabyte RAM, dihargai dengan harga 18 jutaan rupiah.

Fisik Galaxy Note 9


Sekilas, Note 9 tidak terlihat berbeda dari Galaxy Note 8 yang diluncurkan pada  tahun lalu, akan tetapi ada beberapa perubahan kecil disana.

Review dan Harga Samsung Galaxy Note 9

Dengan bingkai aluminium Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, dengan bingkai di sekitar layar tepi-ke-tepi sedikit meruncing. Note 9 memiliki berat hanya beberapa gram lebih dari Note 8.

Ukuran Note 9 adalah perbedaan yang paling mencolok. Note 8 memiliki layar 6,3 inci sedangkan Note 9 memiliki layar 6,4 inci.

Mengingat kedua ponsel ini memiliki ukuran yang hampir sama, artinya Samsung telah meningkatkan rasio layar-ke-ponsel. Sebuah upaya untuk mengikuti tren smartphone yang lebih luas.

Layar terang, bercahaya yang sangat menarik perhatian. Pada saat para teknisi mencoba mencari cara untuk menyembuhkan kecanduan ponsel cerdas mereka, Samsung telah membuat kita kembali untuk kecanduan smartphone.

Seperti Galaxy S9 tahun ini, Note 9 memiliki banyak pilihan untuk autentikasi di pengguna.

Ada pemindai sidik jari, pemindai iris (retina mata), fitur pengenal wajah, juga kombinasi iris dan pemindaian wajah.

Seperti Note 8 tahun lalu, Note 9 menggunakan konektor USB-C atau pengisian nirkabel Qi. Dan seperti perangkat-perangkat dalam beberapa dekade sebelumnya, Note 9 memiliki headphone jack 3.5mm standar.

Note 9 berjalan dalam sistem operasi Android 8.1 Oreo. Sayangnya, ini bukanlah sistem operasi Google Android terbaru, Android PIE.

Samsung sendiri tidak akan mengatakan secara pasti kapan mereka akan mengupgrade Note 9 ke sistem operasi Android 9 Pie.

Antarmuka ponsel cukup mudah untuk dinavigasi, namun itu hanya sebagian besar saja dibandingkan dengan pendahulunya. Tampilan antarmuka Note 9 sekarang lebih bersih, meskipun masih ada panel aplikasi samping dan panel “orang” samping (untuk akses cepat ke kontak) dan tampilan layar terpisah serta jendela kamera.

Telepon berskala besar seharusnya memungkinkan semua ini. Pada saat yang sama, ia menuntut banyak interaksi.

Kecepatan Galaxy Note 9


Ingatkah Anda, ketika Anda bergegas untuk mengejar penerbangan dan Anda sadar bahwa Anda lupa untuk mendowload beberapa hal penting yang seharusnya sudah berada dalam ponsel cerdas Anda, serta Anda tidak mungkin untuk mendownloadnya ketika dalam perjalanan dipesawat?

Galaxy Note 9 hampir bisa dikatakan telah menghilangkan masalah itu untuk Anda.

Mengunduh dan menginstal aplikasi baru membutuhkan waktu kurang dari 30 detik.

Mengunduh Games Epic "Fortnite" atau "PUBG Mobile", yang tersedia sebagai aplikasi Android secara eksklusif di perangkat Samsung untuk jangka waktu yang tidak ditentukan dengan file unduhan sebesar 1,82 gigabyte, hanya dalam beberapa menit saja.

Namun, semuanya tergantung pada kecepatan jaringan juga. Akan tetapi Samsung telah membenamkan modem LTE high-end ke dalam ponsel Galaxy Note 9.

Namun sayang, Galaxy Note 9 belum memiliki dukungan untuk 5G, sehingga jika suatu saat nanti 5G telah diluncurkan secara komersial, Galaxy Note 9 tentu akan ketinggalan.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 845, dan model dasarnya dilengkapi dengan RAM 6 gigabyte, sangat cocok dengan spesifikasi pemrosesan seperti halnya pada Galaxy S9, yang keluar awal tahun ini.

Jika dibandingkan dengan iPhone X, Samsung Galaxy Note 9 RAM 6 GB, dalam tes benchmark masih kalah cepat.

Yang membedakan Note 9 dengan smartphone lainnya adalah bahwa ia telah menyertakan sistem pendingin air-karbon dan heat sink yang tiga kali lebih besar dari yang ada di ponsel-ponsel sebelumnya.

Yang artinya bahwa kekuatan pemrosesan ponsel telah digabungkan dengan alat yang dapat membantu menghilangkan panas.

Jadi ponsel telah dirancang untuk tidak terlalu panas dan saat Anda memaksanya hingga pada penggunaan yang cukup berat, Galaxy Note 9 secara luar biasa tidak menunjukkan pemrosesan yang melambat.

Jika Anda terbiasa bermain PUBG, atau Fortnite, dan ketika Anda memainkan game tersebut, ponsel terasa cepat memanas hanya dalam beberapa menit saja.

Namun di Note 9, ponsel mendingin dengan lebih cepat. Dan ketika Anda menonton video, tidak ada video yang terputus-putus yang biasa terjadi jika ponsel terlalu panas.

Baterai Galaxy Note 9


Note 9 dibenamkan dengan baterai 4000 milliampere jam (mAh), dibandingkan dengan baterai Note 8 yakni 3300mAh.

Seperti yang dijanjikan Samsung, baterai Note 9 akan mampu bertahan selama seharian, tanpa harus mengisi ulang.

Review dan Harga Samsung Galaxy Note 9

Dalam satu tes, Note 9 yang terisi penuh dari charger pada tengah hari dan pada tengah hari keesokan harinya Galaxy Note 9 masih memiliki sisa baterai 15 persen.

Ini dengan penggunaan sehari-hari seperti, Twitter, Google Maps, email, browsing, Instagram, YouTube, dan banyak lagi.

Namun, tentu saja ini dilakukan dengan mengaktifkan fungsi penghemat baterai built-in Note 9, dan kemampuan baterainya hingga hampir satu setengah hari, membuat banyak orang takjub, apalagi sejumlah petinggi Samsung membanggakan baterai pada acara peluncuran ponsel Galaxy Note 9 ini.

Samsung juga merilis dock pengisian nirkabel yang harganya 1.750ribu. Dock itu sendiri masih perlu dipasang, Anda cukup memasang dua perangkat Samsung di bantalan pengisi daya induktif dan mereka akan mengisi daya dengan cepat. Kenyamanan aksesori jenis ini tidak bisa dilebih-lebihkan.

Kamera Galaxy Note 9


Galaxy Note 9 diharapkan datang dengan kamera lensa ganda, mode potret ("faux-keh"), dan meningkatkan kinerja cahaya rendah di smartphone kelas atas.

Dan tentu saja mereka telah melengkapi itu semua, namun Samsung melakukan hal penting lain yang dapat membedakan perangkat kamera di Galaxy Note 9 mereka.
Review dan Harga Samsung Galaxy Note 9

Perangkat keras kameranya hampir sama dengan kamera pada Galaxy S9, tetapi Note 9 dibedakan dengan kecerdasan buatannya (AI).

Baca: Selain Kamera AI dan Baterai 4000 mAh Ini Kelebihan Lain Samsung Note 9

Yakni termasuk pengoptimal di aplikasi kamera yang membaca adegan saat Anda memotret foto dalam mode Otomatis, dan dalam satu atau dua detik, memberikan dorongan yang belum diambil.

Ada juga fitur yang memungkinkan Anda mengetahui jika foto yang baru saja Anda ambil itu hasilnya buram, atau jika mata seseorang tertutup.

Meskipun pemberitahuannya singkat dan teksnya sangat kecil sehingga mudah dilupakan dan abaikan, jika Anda tidak menatap layar ponsel Anda ketika foto baru saja diambil.

Di lingkungan tertentu, pengoptimal AI merupakan tambahan yang disambut baik penggemarnya.

Itu membuat warna pop, dan selalu menyesuaikan eksposur bila diperlukan.

Namun dilingkungan dan suasana tertentu, pengoptimal ini dapat meningkatkan warna secara tidak wajar, mengambil tingkat kejenuhan Samsung ke tingkat yang baru.

Ini juga menciptakan efek mirip halo pada gambar tertentu, namun jika Anda tidak menyukainya, pengoptimal ini dapat Anda matikan dalam pengaturan kamera.

Kamera Note 9 pada umumnya sangat bagus.

Serangkaian foto diambil dengan Note 9, iPhone X, dan Pixel 2 XL, dan dalam beberapa contoh, foto Note 9 lebih cerah dan lebih tajam daripada foto yang diambil oleh ponsel lainnya.

S Pen Galaxy Note 9

Note 9's S Pen tidak hanya dilengkapi dengan stylus S Pen tapi juga sebuah tongkat remote control Bluetooth untuk telepon Anda.

S Pen sebagai pengendali jarak jauh (remote) Bluetooth telah membuat banyak orang menyenanginya. Terutama bagi mereka yang suka mengambil foto selfie/ wefie.

S Pen ini juga berguna sebagai alat untuk membuka kunci ponsel ketika dari jarak jauh, sehingga Anda tidak harus mengambilnya dan mendekatkan wajah atau menempelkan jari Anda untuk membukanya.

Selfie stick S Pen, luar biasa...keren!

Layakkah Untuk Dibeli?


Samsung memasarkan Note 9 sebagai sesuatu di luar smartphone, lebih dari sekedar smartphone.

Mereka memasarkan sesuatu yang lebih mirip dengan "Superphone".

Setidaknya "Hampir".

Jika saja Note 9 memiliki apa yang seharusnya dimiliki oleh smartphone generasi mendatang (termasuk dukungan 5G dan kamera depan 3D), maka layak disebut dengan "SUPERPHONE".

Untuk ukuran, Galaxy Note 9 masih terlalu besar untuk ukuran ponsel. Bahkan ketika disandingkan dengan Google Pixel 2 XL dan iPhone 8 Plus, yang keduanya adalah ponsel ukuran besar, Galaxy Note 9 masih sangat menonjol dari segi ukurannya.

Tidak mudah untuk memegang dan mengontrolnya dengan satu tangan.

Namun, untuk penggemar smartphone ukuran besar, tentu mereka akan bersikeras untuk memiliki Note 9 ini, walaupun mahal, memiliki kinerja, penyimpanan, dan baterai yang seharusnya sepadan dengan harganya.

Untuk smartphone seharga 13-18 juta rupiah, nampaknya terlalu mahal mengingat kelebihan yang dimiliki Note 9 ini, mungkin akan dimiliki dan bahkan memiliki teknologi yang lebih maju jika Anda mau sabar menunggu untuk beberapa bulan kedepan.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar