10 Tips Untuk Membuat LinkedIn Menjadi Lebih Berguna

10 Tips Untuk Membuat LinkedIn Menjadi Lebih Berguna

Sering dilihat:

Sebagian besar orang menganggap LinkedIn adalah jejaring sosial yang sudah ketinggalan jaman. Namun sebenarnya karena kita tidak menggunakannya lebih baik lagi.

Tips Meningkatkan Kegunaan LinkedIn


Dengan metode yang benar, LinkedIn dapat mengajari Anda lebih banyak hal tentang bidang pekerjaan yang Anda pilih.
tips meningkatkan kegunaan linkedin

Membantu Anda membuat koneksi baru di industri Anda, dan bahkan mengarah Anda ke pekerjaan yang lebih baik.

Berikut ini adalah 10 tips untuk membuat LinkedIn Anda berfungsi lebih baik lagi, tanpa harus meningkatkannya ke versi premium.

1. Sesuaikan/ Customasi feed Anda


LinkedIn mengadopsi feed berita ala facebook, yang menyapa Anda ketika Anda login ke akun Anda.

Jika feed Anda tampak seperti berwarna putih, itu karena Anda belum menyetelnya untuk menampilkan konten yang paling relevan untuk Anda.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih disesuaikan, kunjungi situs web LinkedIn dan klik Lihat semua rekomendasi di kanan atas (View all recommendations).

Jaringan ini akan memberikan daftar individu dan topik yang disarankan.

Klik Ikuti (follow) di sebelahnya untuk topik yang menarik bagi Anda, dan pos dari topik tersebut akan berada di linimasa Anda.

Pada taktik yang berlawanan, Anda bisa menyingkirkan postingan yang tidak relevan dengan minat Anda.

Jika pembaruan yang membosankan atau mengganggu muncul di linimasa Anda, klik tiga titik di pojok kanan atas pos tersebut dan pilih Berhenti mengikuti (unfollow).

Jikapun ini adalah posting dari kontak Anda sendiri, Anda akan tetap terhubung dengan dia, tetapi Anda tidak perlu menelusuri apa pun yang mereka bagikan.

2. Buat diri Anda Tersedia (Available)


Jika Anda ingin meningkatkan peluang Anda untuk membuat koneksi yang berarti, Anda perlu memberi tahu orang lain ketika Anda tersedia.

LinkedIn memungkinkan Anda melakukannya melalui sistem pesan bawaan platform.

Hal ini tidak benar-benar mengubah siapa yang dapat mengirimi Anda pesan, tetapi akan meningkatkan visibilitas Anda.

Yang dapat membuat perbedaan antara membuat koneksi penting dan menghilangkan koneksi yang tidak perlu.

Namun, opsi ini tidak akan cocok untuk semua orang, terutama mereka yang tidak ingin menerima permintaan obrolan yang tidak diminta.

Cari bilah alat di situs web dan klik Saya> Pengaturan & Privasi> Privasi> Kelola status aktif (Me > Settings & Privacy > Privacy > Manage active status).

Akhirnya, pilih salah satu koneksi Anda saja atau semua anggota LinkedIn.

Sekarang, setiap kali Anda masuk ke situs web atau aktif di aplikasi seluler LinkedIn, Anda akan muncul sebagai tersedia (available) untuk chit chat.

3. Mulailah Percakapan


Seperti halnya ketika Anda mengucapkan mantra-mantra, dari pada keluar masuk dari LinkedIn tanpa melakukan apa-apa.

Dengan kata lain, jika Anda mulai berkontribusi dalam sebuah postingan dan link ke feed Anda, maka visibilitas Anda akan naik.

Pertama, pikirkan tentang apa yang dapat Anda sumbangkan melalui postingan Anda.

Bisa berupa tautan ke beberapa karya terbaru Anda, opini singkat tentang keadaan industri Anda, atau galeri proyek yang sedang berlangsung.

Jenis konten yang tepat dapat melakukan tugas ganda sebagai promosi diri dan dorongan bagi orang-orang baik di dalam maupun di luar jaringan Anda saat ini untuk terhubung dengan Anda.

Untuk membagikan postingan Anda, klik kotak Bagikan artikel, foto, video, atau ide di bagian atas umpan berita.

Namun, sebelum Anda mengonfirmasi, pastikan pembaruan Anda terkait dengan bidang Anda, periksa dengan seksama untuk kesalahan, dan tanyakan pada mereka mereka apakah akan menarik bagi sebagian orang yang mengikuti Anda di LinkedIn.

4. Dapatkan Notifikasi untuk Pencarian Anda


Fitur pencarian LinkedIn lebih baik daripada kotak pencarian diatas situs web yang lain.

Misalnya, fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan hasil penelusuran sehingga Anda dapat menerima lansiran email saat muncul konten baru yang memiliki kecocokan.

Mulailah dengan mengklik kotak pencarian di antarmuka web dan mengetik beberapa kata kunci yang relevan yang berhubungan dengan bidang karir Anda.

Di halaman hasil, filter opsi Anda.

Untuk menemukan kontak potensial, pilih opsi "Orang" lalu klik tautan Buat pemberitahuan pencarian di sebelah kanan (Create search alert).

Untuk mencari pekerjaan, tekan opsi Pekerjaan (Jobs) dan kemudian alihkan tombol tanda (Job alert) pada layar berikutnya ke Aktif.

Pencarian Anda untuk orang-orang akan secara otomatis ng-ping Anda setiap minggunya, sementara perburuan karir Anda dapat mengirimi Anda email pekerjaan baru setiap hari atau setiap minggu.

5. Ikuti (follow) Perusahaan dan juga Orang-orang


Anda mungkin menganggap LinkedIn sebagai tempat untuk profil individu dan daftar pekerjaan, tetapi jangan mengabaikan kegunaan dari halaman perusahaan.

Hal ini dapat memberikan harta karun berupa informasi tentang memajukan karir Anda, merangkul kompetisi, dan belajar lebih banyak tentang pilihan bidang industri Anda.

Cari perusahaan dari kotak pencarian utama, menggunakan kata kunci yang relevan dengan bidang keahlian Anda.

Atau cukup klik pada nama perusahaan ketika Anda menemukannya, katakanlah, profil pengguna.

Bisnis sering memposting pembaruan mereka sendiri. Untuk melihat ini muncul di umpan berita Anda, klik tombol Ikuti di halaman perusahaan mana pun.

Halaman perusahaan juga dapat menunjukkan perusahaan terkait, karyawan saat ini, dan posisi yang tersedia, semua sangat berguna jika Anda sedang mencari pekerjaan baru.

6. Ekspor Koneksi Anda


Jika Anda baru mulai menggunakan LinkedIn, orang-orang yang Anda coba hubungi mungkin tidak langsung menanggapi pesan.

Atau mungkin Anda merasa lebih nyaman menggunakan pendekatan tradisional, melalui email.

Dilain hal, Anda dapat mengekspor data tentang kontak LinkedIn Anda, memungkinkan Anda untuk menggunakannya dengan program dan layanan lain.

Dari antarmuka web LinkedIn, klik Saya> Pengaturan & Privasi> Privasi> Unduh data Anda> Pilih dan centang kotak Koneksi (Me > Settings & Privacy > Privacy > Download your data > Pick and choose).

Akhirnya, tekan Permintaan Arsip (Request archive).

Setelah beberapa menit, Anda akan menerima email yang mengatakan unduhan Anda sudah siap.

Buka dan Anda akan melihat file CSV (comma-separated values) dengan nama, alamat email, dan informasi lainnya.

Sekarang Anda dapat menyambungkan file ini ke email atau aplikasi mana pun yang Anda sukai.

Misalnya, dengan Google Kontak, Anda mengunjungi situs web dan klik Lainnya> Impor> CSV atau file vCard (More > Import > CSV or vCard file).

7. Tentukan bahwa Anda Terbuka Terhadap Peluang Baru


Jika Anda secara aktif mencari pekerjaan baru, LinkedIn dapat membawa profil Anda ke perhatian perekrut yang menemukan kandidat dengan Alat Perekrut berbayar dijaringan Linkedin.

Itu berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak prospek dari calon bos baru Anda.

Namun, meskipun LinkedIn mengatakan akan "mengambil langkah" untuk tidak menunjukkan perusahaan Anda saat ini bahwa Anda sedang mencari pekerjaan, itu "tidak dapat menjamin" privasi secara lengkap.

Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum mengaktifkan opsi ini.

Jika Anda memutuskan risikonya layak, kunjungi situs web LinkedIn dan klik Saya> Pengaturan & Privasi> Privasi (Me > Settings & Privacy > Privacy).

Anda akan melihat bagian yang berlabel preferensi pencarian Pekerjaan dengan Biarkan perekrut tahu Anda terbuka untuk beralih ke pekerjaan baru. Ubah pengalih ke Ya.

Saat berada di menu ini, Anda juga dapat mengeklik Perbarui minat karier untuk memfilter jenis penawaran yang Anda cari.

Ini memungkinkan Anda untuk menetapkan status pekerjaan Anda saat ini, pekerjaan yang Anda minati, kapan Anda ingin memulai, dan ukuran perusahaan di mana Anda ingin bekerja.

Ini adalah semua informasi yang berguna untuk perekrut, yang seharusnya mengarahkan mereka untuk mengirimi Anda lebih banyak pesan yang relevan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat halaman bantuan LinkedIn.

8. Sesuaikan/ Customasi lansiran (alert) Anda


Akun LinkedIn Anda dapat memberikan Anda informasi tentang karir penting, atau mengalihkan perhatian Anda dengan pembaruan yang tidak berarti.

Untuk mendengar tentang berita yang penting, tanpa harus melihat aplikasi atau web LinkedIn ini setiap hari, Anda perlu menyesuaikan jenis lansiran (alert) yang Anda terima.

Seperti Facebook dan Snapchat, LinkedIn memungkinkan Anda mengontrol pemberitahuan Anda.

Bahkan jika Anda tidak masuk selama berhari-hari, situs dapat mengirimkan lansiran penting langsung ke kotak masuk email Anda.

Untuk menemukan pengaturan yang relevan, kunjungi Saya> Pengaturan & Privasi> Komunikasi> Frekuensi email (Me > Settings & Privacy > Communications > Email frequency).

Kemudian centang opsi yang paling relevan untuk Anda.

Misalnya, Anda dapat memilih untuk menerima atau menghindari email tentang undangan, pesan langsung, peluang kerja, pembaruan jaringan, kontak yang bergabung dengan LinkedIn, dukungan, komentar di halaman Anda, sorotan dari umpan Anda, dan banyak lagi.

9. Tingkatkan Profil Anda


Ketika Anda awalnya membuat akun LinkedIn, Anda mungkin terburu-buru melalui pengaturan profil Anda.

Tapi Profil Anda ini adalah yang pertama dilihat oleh perekrut untuk mengetahui siapa Anda. Jadi ada baiknya meluangkan waktu sekarang untuk meningkatkan kualitasnya.

Ini mungkin memakan waktu lama, jadi sebaiknya Anda mengedit profil Anda melalui portal web, bukan melalui Aplikasi di Android atau iPhone Anda.

Klik Saya> Lihat profil (Me > View profile) untuk mulai membuat perubahan.

Selain memilih gambar profil yang bagus dan memperbarui informasi resume Anda, pastikan untuk menulis paragraf ringkas layaknya sebuah "headline" yang menarik tentang Anda. (biografi kecil Anda yang muncul dalam hasil pencarian LinkedIn).

Anda juga dapat mengubah profil Anda untuk membuatnya mencerminkan pekerjaan Anda.

Berikan beberapa tautan, foto, dan video yang memamerkan keterampilan Anda.

Jika Anda berencana untuk menyertakan tautan ke halaman LinkedIn Anda di kartu nama, tanda tangan email, atau bahkan resume, maka Anda pasti ingin terlihat bagus.

Jadi berikan profil Anda URL singkat dan tajam, yang menggabungkan nama lengkap Anda atau bahkan judul bisnis Anda.

Untuk menyesuaikan alamat web profil Anda, buka Saya> Lihat profil> Edit profil & URL publik (Me > View profile > Edit public profile & URL).

10. Bergabung ke dalam Groups


Di LinkedIn, bergabung dengan grup adalah cara yang berguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang bidang tertentu dan menemukan orang-orang yang berpengaruh di dalamnya.

Setelah Anda bergabung dengan bidang yang relevan, Anda dapat melihat ringkasan dari hal-hal paling populer yang telah diposting oleh anggotanya.

Atau menggali lebih dalam pembaruan individu.

Dalam prosesnya, Anda dapat terhubung dengan orang yang berpikiran sama, menerima saran profesional, dan mencari peran baru.

Masuk halaman depan situs web LinkedIn dan klik Work> Groups (Work > Groups).

Anda dapat membuat grup baru dari awal atau bergabung dengan grup yang sudah ada.

Cari rekomendasi, berdasarkan profil Anda, di jendela Temukan.

Anda juga dapat mencari grup yang relevan dari kotak pencarian utama. Cukup saring berdasarkan Grup setelah Anda mengetikkan kata kunci Anda.

Untuk mendapatkan akses ke grup pilihan Anda, klik Minta untuk bergabung.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar