Kesalahan-kesalahan Sepele Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

Kesalahan-kesalahan Sepele Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

Semua formasi jabatan, klasifikasi pendidikan, persyaratan dokumen pendaftaran dan lain sebagainya telah terang benderang diumumkan secara luas dalam penerimaan CPNS 2018 per 19 September 2018 yang lalu.

Kesalahan Sepele Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018


Sehingga Anda yang sedang melakukan pendaftaran atau bersiap untuk mengikuti setiap tahapan seleksi penerimaan CPNS 2018 ini, tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya.
penyebab sepele gagal lolos seleksi administrasi cpns 2018

Baik itu persyaratan dokumen maupun persyaratan-persyaratan lainya.

Namun ingatlah, jangan pernah Anda terburu-buru atau gegabah dalam memilih formasi serta menentukan instansi tempat Anda mendaftar CPNS 2018.

Karena, bisa jadi ada formasi lain yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan pendidikan Anda.

Serta tentu saja untuk meminimalisir kesalahan Anda dalam seleksi Administrasi pendaftaran CPNS 2018.

Ingatlah, dalam setiap seleksi penerimaan pegawai, baik itu swasta, BUMN terlebih lagi penerimaan CPNS, pasti ada yang namanya seleksi Administrasi.

Seleksi Administrasi ini biasanya dalam bentuk berupa pengecekan kelengkapan berkas sesuai formasi yang dilamar, serta persyaratan awal saat pendaftaran.

Apalagi untuk penerimaan CPNS 2018 ini, seleksi administrasi dilakukan secara online, dan terintegrasi dalam satu portal saja, yakni sscn bkn go id.

Karena itu, ketelitian dan kecermatan Anda dalam mengisi setiap persyaratan dasar saat pendaftaran menjadi faktor penting agar Anda lulus tahap seleksi administrasi ini.

Berkaca pada penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, banyak pelamar yang kurang teliti atau bisa dikatakan teledor dan nekad dalam mendaftar.

Padahal ada persyaratan yang tidak terpenuhi atau terlewatkan, atau bahkan salah dalam mengisinya.

Misal, contoh kasus penerimaan CPNS pada tahun 2017 yang lalu, dimana penerimaan CPNS dari instansi Kemenpan RB, ada 1.600 pendaftar, dan hanya 108 yang memenuhi seleksi administrasi, dan pada instansi Kemendikbud, dari 114.000 pelamar yang mengirim berkas, hanya 54.000 an saja yang lolos seleksi administrasi.

Jadi sekali lagi, jika Anda berharap untuk diterima dan diangkat sebagai PNS, jangan pernah menganggap remeh seleksi administrasi ini.

Karena tahapan awal untuk diterima sebagai PNS adalah lulus seleksi administrasi.

Anda tidak akan pernah mengetahui kemampuan Anda dalam menjawab semua bentuk soal cpns 2018 yang akan diujikan nanti, karena Anda tidak akan sampai pada tahapan seleksi kompetensi dasar jika Anda gagal dalam seleksi Administrasi.

Awambicara kali ini akan menjelaskan mengapa banyak pelamar yang gagal dalam seleksi Administrasi, khususnya dalam penerimaan CPNS 2018 ini.

Tujuannya adalah agar Anda tidak merasakan pahitnya gagal seleksi administrasi serta Agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama yang dilakukan pelamar CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Baiklah, kita kembali pada masalah penyebab kegagalan pelamar CPNS dalam tahap seleksi administrasi.

Teliti dan Cermati Segala Prosedur Pendaftaran CPNS 2018 


Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan secara seksama ketika Anda mengikuti seleksi Penerimaan CPNS 2018.

Jika Anda berharap untuk lolos tes administrasi maka Anda harus teliti dan cermat saat pendaftaran CPNS 2018 nanti.

Jangan sampai Anda melakukan beberapa kesalahan yang cukup sepele ini sehingga membuat Anda gagal ikut tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018.

Sekali lagi kami ingatkan! Ketelitian dan kecermatan saat melakukan pendaftaran CPNS 2018 menjadi poin penting agar Anda lolos seleksi administrasi.

Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Penerimaan CPNS 2018 perlu diperhatikan dengan seksama agar Anda lolos ke tahap selanjutnya.

1. Nomor KTP


Yang harus Anda perhatikan saat pendaftaran nanti, Anda harus memastikan bahwa nomor KTP yang ditulis saat pendaftaran sesuai dengan KTP yang Anda lampirkan.

Jangan sampai terjadi kesalahan penginputan nomor KTP, karena jika Anda salah satu angka saja, bisa menjadi penyebab gugurnya Anda di seleksi administrasi CPNS 2018 nanti.

2. Kecocokan Nama


Kesesuaian dan kecocokan nama pada saat Anda mendaftar juga sama halnya dengan saat Anda menginput Nomor KTP. Patokan yang digunakan adalah nama yang sesuai dengan KTP.

Apabila ternyata terjadi ketidaksesuaian, maka maka panitia akan memeriksanya ke ijazah Anda, dan jika ternyata semuanya berbeda, jangan harap Anda lolos seleksi administrasi CPNS 2018.

Karena itu, ingat! Jangan sampai Anda ceroboh saat memasukkan nama Anda saat pendaftaran CPNS 2018.

Nama harus ditulis lengkap sesuai dengan apa yang tertulis di KTP.

3. Batasan Usia


Batasan usia yang menjadi syarat pendaftaran CPNS juga harus mendapatkan perhatian Anda. Usia tidak boleh melebihi batas per tanggal yang telah ditetapkan.

Karena itu, jika usia Anda melebihi batas, maka sudah dapat dipastikan Anda tidak akan lolos tes administrasi.

4. Kualifikasi Pendidikan


Sekali lagi, Anda harus benar-benar yakin dengan formasi yang menjadi pilihan Anda. Setelah yakin, Anda harus benar-benar memperhatikan jurusan yang dibutuhkan pada formasi tersebut.

Jangan sampai Anda nekat mendaftar pada formasi yang jurusan pendidikannya tidak sesuai dengan jurusan pendidikan Anda.

Karena, jika formasi yang Anda daftarkan tidak membutuhkan jurusan yang Anda miliki, maka jelas saja Anda tidak akan lolos seleksi administrasi.

Ingat! teliti dan cermat.

5. Nomor Ijazah


Kedengarannya sepele, namun kesalahan memasukkan nomor ijazah bisa membuat Anda gagal menjadi PNS sebelum Anda mengikuti tes atau ujian soal cpns 2018.

Sebagai informasi, kesalahan mengisi nomor ijazah saat pendaftaran ini, hampir 30 persen terjadi pada pendaftaran penerimaan cpns pada tahun 2017 yang lalu.

Conoth, nomor Ijazah yang tertera yang iasanya di kiri atas Ijazah adalah PNS-23022017.

Maka semua nomor tersebut harus ditulis lengkap. Jika ada saja ketidaksesuaian, maka panitia berhak untuk menggugurkan Anda.

6. Tanggal Ijazah


Sama halnya seperti nomor ijazah, tanggal ijazah juga merupakan hal yang vital. Banyak pelamar keliru ketika memasukkan tanggal ijazah.

Tanggal Ijazah yang dimaksud adalah tanggal diberikannya kelulusan, bukan tanggal yudisium atau tanggal lulus. INGAT ITU!

Dari 6 kesalahan saat pendaftaran yang biasanya terjadi diatas, Anda sebagai salah satu dari sekian juta pelamar CPNS 2018 ada baiknya benar-benar teliti dan cermat saat melakukan pendaftaran CPNS 2018 nanti.

Tips Agar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018


Karena itu, untuk menghindari kesalahan konyol seperti tersebut diatas, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips dari kami agar Anda dapat lolos seleksi administrasi cpns 2018 nanti.

Kembali ke masalah gagal dalam seleksi administrasi, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan secara seksama ketika Anda melakukan pendaftaran CPNS 2018:

1. Penerimaan CPNS 2018 telah resmi dibuka, maka baiknya Anda memperhatikan Instansi masing-masing yang membuka penerimaan CPNS.

Setiap Instansi memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Memang secara umum persyaratan pendaftarannya sama, namun untuk beberapa instansi memiliki persyaratan khusus yang tidak ada atau tidak diterapkan pada instansi lain.

Maka ada baiknya Anda membaca dan memperhatikan secara teliti persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing instansi.

2. Baca secara teliti dan seksama keseluruhan persyaratan dan ketentuannya dengan baik-baik, berulang dan teliti.

Sebelum Anda menentukan formasi yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda meneliti dan memeriksa secara seksama seluruh persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan secara baik, berulang dan teliti.

3. Fokus membaca pada bagian Formasi, jangan sampai Anda salah ambil formasi yang tidak ada jurusan Anda

Contoh kasus yakni pada jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika, keduanya adalah hal yang jelas berbeda. Yang mana yang satu adalah Matematika murni, sedangkan yang satu lagi diberi kemampuan pedagogik, sehingga memiliki kemampuan untuk memberikan pengajaran.

Apabila yang dibutuhkan adalah Matematika, jurusan Pendidikan jelas-jelas pasti akan gugur pada tahap ini, dan sebaliknya.

Begitu juga pada kasus Hukum Perdata dan Pidana, jurusan Ilmu Hukum bisa mendaftar, namun jurusan yang bidang konsentrasinya terlalu jauh, misalnya Hukum Keluarga akan gugur pada tahap ini.

4. Persiapkan bahan-bahan pendaftaran yang diminta, baik dalam bentuk fotocopy atau yang sudah di scan untuk daftar online.

Setelah Anda memantapkan pilihan pada satu formasi dan instansi, maka yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan persyaratannya baik berupa softcopy maupun hardcopy berupa fotocopynya.

5. Baca dulu FAQ (Frequent Ask Question) nya supaya jika ada kendala Anda sudah mengetahui cara mengatasinya.

Setelah semua dirasa siap, ada baiknya Anda membaca pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam FAQ website resmi pendaftaran cpns 2018, yakni sscn.

Karena disana telah ada beberapa kiat dan tips yang harus Anda lakukan jika nanti anda menghadapi suatu masalah dalam hal pendaftaran.

6. Siapkan koneksi Internet

Sadarlah bahwa, yang mendaftar dan melamar menjadi CPNS itu tidak hanya Anda saja. Ada ratusan ribu orang yang ingin mendaftar. Jika Anda buka website  sscn.bkn.go.id pada jam-jam sibuk, maka sudah dapat dipastikan akan lemot karena biasanya servernya down atau kelebihan akses.

Cobalah untuk mendaftarkan pada waktu malam hari, terutama tengah malam atau disubuh hari. Cari tempat yang koneksi internetnya cepat, atau gunakan internet indihome punya tetangga, atau keluarga yang lain yang sudah berlangganan.

7. Check and Re-Check berkali-kali sebelum Anda men-submit data Anda secara online, dan sebelum Anda mengirimkan berkas.

Anda tidak akan pernah lulus dan menjadi PNS jika Anda gagal dalam tahapan awal penerimaan CPNS 2018, yakni seleksi administrasi.

Bahkan, Anda tidak akan pernah tahu kemampuan Anda dalam menjawab dan menyelesaikan soal-soal tes cpns 2018 nantinya, yakni pada tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Karena itu, sekali lagi kami ingatkan, persiapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Selalu baca, cermati dan teliti dengan baik semua prasyarat yang telah ditentukan oleh setiap instansi penerima cpns 2018.

Selamat berjuang, semoga Anda dapat segera bergabung dengan kami di Korps Pegawai Negeri Sipil Indonesia.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar