Belajar SEO - Pengertian dan Istilah-istilah yang Ada dalam SEO

Belajar SEO - Pengertian dan Istilah-istilah yang Ada dalam SEO

Sering dilihat:

Dalam dunia Internet Marketing (bisnis online), SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk secara online, baik produk jasa maupun barang.

Belajar SEO (Search Engine Optimization)


Apalagi untuk para blogger, yang tugas atau kerjanya "hanya" memberikan informasi-informasi sesuai dengan niche atau tema blog yang mereka pilih.
belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Karena tujuan dasar SEO adalah terkait dengan posisi atau peringkat situs web dan blog di search engine.

Yakni untuk membuat dan/ atau meningkatkan posisi, peringkat atau ranking blog dan situs web atau postingan di halaman pertama hasil pencarian search engine.


Singkat kata, SEO bertujuan untuk membuat situs web atau blog berada di halaman pertama atau berada di peringkat paling atas hasil pencarian Search Engine.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)


Dari tujuan dasar SEO tersebut diatas, dapat kita ketahui bahwa maksud atau tujuan utamanya adalah demi untuk mendapatkan pengunjung (trafik).

Artinya, semakin baik posisi situs web/ blog di peringkat hasil penelusuran search engine maka akan semakin besar kemungkinan situs web/ blog dilihat pengunjung yang pada akhirnya akan meningkatkan trafik web/blog.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Setelah memahami maksud dan tujuan dasar dari SEO, maka jelas SEO memiliki banyak manfaat dalam perkembangan situs web/ blog kita.

Sehingga mau tidak mau sebagai blogger, apalagi blogger pemula kita harus belajar, memahami, dan menerapkan setiap praktik terbaik demi untuk mengembangkan situs web/ blog serta meningkatkan pengunjung (trafik) kita.

Dalam dunia SEO Anda tidak harus menjadi seorang pakar SEO professional, seperti halnya saya yang hanya seorang blogger pemula dan masih harus banyak belajar dalam dunia blogging dan Internet Marketing.

Namun bukan berarti kita harus minder dan malu dalam mempraktekkannya, karena SEO bukanlah sebuah keahlian mewah yang hanya boleh dipelajari oleh pegiat dunia Internet Marketing saja.

Artikel ini saya buat, bukan mengindikasikan bahwa saya adalah seorang yang ahli dibidang SEO, saya membuat artikel ini semata-mata sebagai bahan pembelajaran untuk saya sendiri.

Dan juga sebagai catatan study kasus yang saya lakukan dalam menerapkan praktik-praktik dasar SEO yang sedang saya pelajari.

Karena pada prinsipnya, belajar sambil praktik adalah cara terbaik didalam memahami suatu bidang ilmu.

Jadi sebelum anda berpikir bahwa saya terlalu berani atau tidak sadar diri dengan membuat sebuah artikel postingan tentang SEO saya pastikan bahwa semua ini adalah cara saya dalam mempraktekkan dan mempelajari serta menerapkan study kasus dalam pembelajaran teknik dasar SEO yang saya pahami.

Sebagai dasar dari pembelajaran teknik dasar SEO ini, saya membuat catatan khusus mengenai pengertian dan istilah-istilah yang ada didalam ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Istilah-istilah SEO (Search Engine Optimization)


Mulanya, selama saya belajar ngeblog dan Internet Marketing apalagi ketika saya mulai menemukan kata Search Engine Optimation (SEO).

Saya mengelami banyak sekali hambatan-hambatan, karena saat itu, saya tidak memahami dengan baik arti dan makna dari beberapa istilah dalam SEO itu sendiri.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

Daftar istilah SEO yang saya buat ini bisa menjadi panduan dasar bagi saya dan Anda juga yang sama-sama belajar seperti saya (blogger pemula).

Sekaligus "me-refresh" wawasan tentang SEO bagi yang sudah akrab dengan istilah-istilah penting di dunia blogging, Internet Marketing dan desain konten website.

Anda bisa menuju langsung kedalam istilah SEO yang Anda cari dengan jalan menekan tombol CTRL + F pada keyboard, lalu mengetikkan kata istilah SEO yang Anda cari.

Berikut ini adalah daftar istilah-istilah dalam SEO.

Keyword Research atau Riset Keyword


Riset keyword adalah proses dimana kita mencari kata kunci yang tepat untuk setiap konten yang kita hasilkan dan menjadikannya target untuk dioptimasi.

Yaitu dengan memilih keyword yang memiliki hasil pencarian tinggi dengan tingkat persiangan serendah mungkin.

Riset keyword ini bisa dikatakan sebagai bagian terawal dari SEO dan bisa sangat mempengaruhi hasil rank halaman situs web/ blog kita nantinya.

Sebagai contoh, jika anda baru memiliki sebuah blog, dan Anda memilih keyword yang tingkat persaingannya medium keatas, maka ini bisa dikatakan sebagai sebuah kesalahan yang sangat besar.

Karena peluang blog Anda yang masih baru tersebut untuk berhasil masuk dalam halaman hasil pencarian Search Engine hampir tidak ada karena persaingan kata kunci tersebut terlalu kuat.

Long Tail Keyword 


Long tail Keyword adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar dalam merangking sebuah halaman blog di hasil search engine menjadi lebih mudah karena biasanya long tail keyword ini tingkat persaingan lebih rendah.

SEO Onpage


SEO Onpage adalah cara kita mengoptimalkan situs web/ blog untuk search engine didalam halaman atau situs web/ blog itu sendiri.

Adapun didalam SEO Onpage terdapat istilah-istilah SEO Onpage lainnya, yakni:

1. Title Tag 

Adalah kode yang mengatur tampilan judul halaman di bagian tab browser, biasanya kode ini diletakkan dibawah kode <head>.

2. Meta Description 

Meta description adalah meta yang menampilkan teks kalimat deskripsi pada halaman hasil pencarian google.

3. Relevansi 

Relevansi adalah tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine.

4. Permalink 

Permalink adalah url yang ada setelah url homepage, misalnya https://www.awambicara.id/2017/12/strategi-seo-dasar.html, yang berwarna merah adalah permalink.

5. Tag Heading

Tag Heading adalah pemberian tag pada teks/ kalimat untuk memberitahukan kepada pengguna/ user ataupun robot Google bahwa teks/ kalimat ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.

6. Bold, Italic, Underline

Adalah teknik penulisan konten atau artikel dengan menggunakan format Text Bold, Italic dan Underline.

Gunanya adalah untuk mempercepat artikel terindex Search Engine. Format text ini dapat membantu meningkatkan kualitas SEO Onpage situs web/ blog karena membantu user lebih nyaman dan tertarik ketika membaca artikel yang dibuat.

Bold adalah membuat teks menjadi tercetak tebal, Italic - membuat teks dicetak miring, dan Underline menggaris bawahi teks/ kalimat, yang biasanya dilakukan pada kata kunci yang menjadi target optimasi.

7. Alt Text

Alt Text adalah teks alternatif yang memiliki fungsi untuk memberitahu search engine pada suatu image/ gambar. Alt text memiliki peranan penting untuk memunculkan blog atau website di google image.

8. Anchor Text

Anchor text merupakan sebuah teks atau tulisan yang terdapat pada sebuah halaman blog atau website, dimana pada teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang bisa di klik dan mengarah ke sebuah halaman.

9. Internal Link

Internal link adalah istilah yang menyatakan bahwa dimana sebuah teks/ kalimat ditautkan atau diberikan link yang menuju halaman/ konten lain di situs web/ blog yang sama.

10. Redirect 301

Ini merupakan teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO.

Adapun maksud dari pemakaian teknik ini adalah untuk menjaga URL yang telah atau sedang di optimasi tidak terkena penalti dari google.

Secara umum, redirect 301 adalah mengalihkan secara permanen URL lama ke URL baru atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL tersebut (asal) akan diarahkan ke URL yang baru.

11. Pagespeed Insights

PageSpeed Insights adalah alat untuk mengukur kinerja laman (kecepatan laman) untuk perangkat seluler dan perangkat desktop. Alat ini mengambil URL dua kali, yang satu untuk pengguna seluler, dan yang satunya lagi untuk pengguna desktop.

Untuk blogger biasanya dibedakan dengan contoh: https://www.awambicara.id/?m=1 (untuk seluler) dan https://www.awambicara.id/ (untuk desktop).

12. Accelerated Mobile Pages (AMP) 

Adalah salah satu proyek Google yang dikembangkan untuk tujuan mempercepat kinerja suatu website/ blog agar dapat menampilkan setiap halaman dengan cepat.

AMP bukan saja dirancang untuk tampilan laman blog/ situs web dan loading cepat saja, namun memiliki dampak yang sangat baik untuk SEO, karena baru-baru ini Google telah mengupdate algoritma nya yang memasukkan faktor kecepatan situs web di versi seluler menjadi salah satu faktor peringkat situs web/ blog.

SEO Offpage


SEO Offpage adalah sebuah cara optimisasi SEO yang dilakukan di luar laman situs web/ blog.

Dalam membangun SEO Off Page dikenal dengan dua bentuk SEO, yakni pertama WhiteHat SEO yang artinya optimasi diluar laman situs web/ blog dilakukan secara alami (Natural) dan sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google.

Kedua BlackHat SEO, artinya menjalankan tindakan optimasi SEO Off Page dengan cara melanggar peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan Google Search Engine, serta membahayakan situs web/ blog.

Istilah-istilah dalam Offpage SEO 


1. Social Media 

Merupakan media untuk membagi bermacam-macam hal, seperti status, foto, artikel atau link artikel.

Untuk memperkenalkan blog atau artikel terbaru, blogger biasanya menggunakan social media untuk membagikan artikel terbarunya ke berbagai platform social media, seperti: Google+, Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin, StumbleUpon, dan sebagainya.

Blogger yang selalu membagi artikelnya ke berbagai social media memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine.

2. PBN - Private Blog Network

PBN atau Private Blog Network adalah sekumpulan situs web/ blog milik sendiri atau milik orang lain yang tujuannya adalah untuk memberi backlink ke blog utama (kita) dalam usaha meningkatkan ranking blog tersebut pada hasil penelusuran Search Engine.

3. Dofollow 

Adalah jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.

4. Nofollow 

Adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.

5. Link Building

Adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog utama kita.

6. Backlink

Adalah istilah dimana tautan atau link dari blog lain yang mengarah ke blog kita.

7. Footprint 

Footprint adalah catatan kaki yang dimasukkan ke query pencarian google untuk mencari blog-blog yang dijadikan tempat menanam backlink.

8. Outbound Link 

Outbound Link adalah link keluar yang ada di sebuah halaman ke halaman yang lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di tempat yang minim Outbound link.

9. Reciprocal link

Reciprocal link adalah Pertukaran Link yang dilakukan oleh dua buah situs web/ blog dimana fungsinya agar bisa mendapatkan trafik yang menguntungkan diantara kedua belah pihak.

10. Social Bookmark

Social bookmark adalah sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting. Social Bookmark adalah situs yang memperbolehkan kita mempublish dan mem-bookmark artikel/ konten blog kita.

11. Blog Comment 

Blog comment adalah teknik mencari backlink dengan berkomentar pada situs atau blog orang lain.

Istilah-istilah umum lain dalam dunia SEO


1. SERP

Serp merupakan sebuah singkatan dari "Search Engine Results Page" atau jika di Indonesia kan artinya yakni "halaman hasil penelusuran search engine".

2. Crawling

Crawling adalah sebuah proses ketika Googlebot (Robot Google Search Engine) merayapi sebuah situs dan menemukan konten baru di website atau blog, lalu kemudian konten tersebut akan ditambahkan agar dapat terindeks oleh Google.

Semakin sering situs tersebut di crawl oleh google, maka semakin bagus blog itu di mata google.

3. Domain Authority (DA)

Sebuah metrik atau nilai yang dipakai oleh MOZ untuk memprediksi seberapa kuat otoritas sebuah nama domain. Secara umum, Domain Authority (DA) mempunyai perhitungan sendiri seperti jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks google, dan lain-lain.

4. Page Authority (PA)

Page authority (PA) adalah sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman situs web/ blog.

Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman hasil penelusuran search engine.

Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih banyak faktor-faktor lainnya.

5. Google analytics (GA)

Google analytics adalah Layanan google untuk mengukur dan menganalisa perilaku pengunjung/ user pada sebuah situs web/ blog.

belajar seo - pengertian dan istilah-istilah seo

6. Bounce Rate - Rasio Pentalan

Bounce rate atau istilah Indonesianya adalah "Rasio Pentalan" istilah yakni nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa lama seorang user mengunjungi dan berinteraksi dalam sebuah halaman situs web/ blog kita.

Bounce rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin bagus sebuah situs web/ blog.

Sebagai contoh bounce rate blog awambicara ini adalah 61.40% artinya, jika ada 100 pengunjung, maka ada sekitar 61 orang/ user yang langsung meninggakan website/ blog tanpa membuka artikel lain. Website dianggap berkualitas jika bounche ratenya dibawah 50%.

7. Broken Link

Broken link adalah Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan (error 404).

8. Link Juice

Kata ini dipopulerkan oleh seorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut Greg, link juice adalah sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website/ blog, dimana link tersebut mempunyai peran dalam meningkatkan website yang sedang dioptimasi.

Adapun tolak ukur link juice itu sendiri dapat dilihat dari seberapa populer website tempat link blog/ web kita ditanam.

9. Honeymoon 

Honeymoon adalah istilah untuk menggambarkan sebuah situs web atau blog yang bisa langsung berada di halaman satu google hanya dalam beberapa saat saja, dan jika tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya bisa saja akan berubah.

10. Whitehat SEO

Whitehat SEO ini kebalikan dari Blackhat SEO, yakni sebuah teknik optimasi hasil pencarian search engine yang sesuai dengan pedoman kebijakan dari penyedia search engine seperti Google, Bing, Duckduckgo, yahoo, dan sebagainya.

Jika teknik Whitehat SEO yang diterapkan dalam optimasi blog, maka segala bentuk update algoritma terbaru tidak akan memberikan dampak buruk apa-apa terhadap blog, bahkan bisa meningkatkan hasil atau rangking search engine.

11. Blackhat SEO

Blackhat SEO adalah sebuah teknik optimasi hasil pencarian search engine yang bertentangan pedoman di google.

Teknik ini biasanya dapat meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melakukan update algoritma maka website atau blog tersebut pasti akan terkena dampak dan bahkan bisa sampai pada tahap paling ditakuti setiap blogger "penalti" dari Google.

Istilah-istilah dalam Blackhat SEO


1. Hidden Text 

Adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.

2. Cloacking 

Adalah teknik yang membuat search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini adalah yang paling berat hukumannya jika diketahui oleh google, yaitu deindex.

3. Penumpukan kata kunci/ keyword 

Adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman psotingan agar kata kuncinya dapat dicerna oleh google search engine.

4. Link spam 

Adalah menanam backlink di sembarangan tempat, misalnya sering berkomentar spam diblog-blog lain, membuat thread diforum dan menanamkan backlink yang tidak relevan.

Link spam ini termasuk blackhat SEO, karena google menganggap link spam, baik komentar-komentar spam, atau berada diforum-forum hanya untuk menyepam, akan mengurangi kenyamanan pengunjung pada sebuah halaman situs web/ blog.

Istilah-istilah SEO dan Algoritma Google


1. Google Dance

Google dance adalah sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Jadi jangan heran jika website anda jumlah visitornya tiba-tiba turun dan jangan langsung men-judge website anda terkena penalti.

2. Google Pagerank

Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah situs web/ blog, dimana nilai tersebut mempunyai arti tentang seberapa penting website anda dari sudut pandang Google. Saat ini Google tidak lagi memberikan metrik atau nilai Pagerank terhadap sebuah situs/ blog.

3. Google Panda

Sebuah nama algoritma google yang dibuat agar dapat menampilkan blog atau website yang berkualitas, memiliki konten yang original dan bukan hasil "copas" atau copy-paste. Pada intinya algoritma yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas konten yang anda buat di website atau blog.

4. Google Penguin

Sebuah algoritma yang dirancang oleh Google untuk memberikan penalti kepada web atau blog yang terbukti melakukan pelanggaran aturan kebijakan Google untuk memanipulasi SERP.

Contohnya adalah dengan melakukan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, dan masih banyak lagi.

5. Google Hummingbird

Algoritma Google Hummingbird digunakan untuk membantu Google menafsirkan hasil penulusuran mereka dengan lebih baik lagi, yakni memberikan hasil yang paling sesuai dan relevan dengan maksud dan keinginan user.

6. Google Pigeon

Algoritma Google Pigeon diluncurkan pada tahun 2014, yang menyasar pada optimasi search engine (SEO) on-page dan off-page.

Algoritma Pigeon memengaruhi hasil penelusuran di mana lokasi user memiliki peranan penting. Praktek terbaik untuk memulai teknik SEO off-page adalah dengan jalan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat.

Sehingga, akan banyak direkomendasikan oleh situs-situs web lainnya. Maka akan terciptalah backlink yang natural. Dimana backlink alami adalah merupakan salah satu optimasi SEO off-page.

7. Mobilegeddon

Update Algoritma Seluler Google atau yang disebut dengan Algoritma Mobilegeddon untuk memastikan peringkat teratas yang sesuai untuk hasil penelusuran versi seluler.

Sedangkan untuk situs web/ blog yang tidak memberikan pengalaman pengguna yang baik dalam versi mobile/ seluler akan disaring dari hasil SERP atau mengalami penurunan peringkat hasil penelusuran secara signifikan.

8. Google RankBrain

Yang merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik kueri, dan menyajikan hasil pencarian yang paling sesuai untuk menjawab pertanyaan tersebut.

9. Google Possum

Pembaruan atau update ini memastikan bahwa hasil lokal yang bervariasi lebih banyak tergantung pada lokasi user.

Semakin dekat user dengan alamat bisnis/ situs web/ blog, semakin besar pula kemungkinan user untuk melihatnya dihalaman pertama hasil penelusuran google.

10. Google Fred

Algoritma ini menyasar situs blog/ web yang miskin konten, lebih mengarah kepada affaliates serta yang hanya fokus pada pengiklanan saja.

Fred menargetkan situs web/ blog yang melanggar pedoman webmaster Google.

11. Speed Update for Mobile Search

Terhitung mulai tanggal 9 Juli 2018, Update Algoritma Kecepatan Halaman untuk Mobile Search - "Google Speed Update for Mobile Search" kini menjadi salah satu faktor dari 200 lebih faktor yang digunakan google dalam memberi peringkat terhadap suatu situs/ blog.

Selengkapnya mengenai update algorimta Google terbaru silahkan lihat di 9+1 Update Mayor Algoritma Google Search Engine 2011-2018.

12. Google Sandbox

Sandbox adalah waktu yang diperlukan sebuah situs untuk mencari dan mendapatkan kembali kepercayaan Google search engine karena sudah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google search engine.

Google Sandbox adalah sebuah penalti atau hukuman yang diberikan oleh google terhadap sebuah situs web/ blog atau hanya pada satu halaman situs web/ blog, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP.

Hal ini jelas akan sangat merugikan karena situs web/ blog yang terkena Google Sandbox tidak akan mendapatkan trafik dengan kata kunci yang pernah di optimasikan.

Banyak blogger berpendapat bahwa Google Sandbox ini hanyalah sebuah mitor, namun walaupun demikian ada baiknya kita tetap pada jalur yang benar, yakni mempraktekkan Whitehat SEO, bukannya Blackhat SEO.

Jika ada tambahan istilah-istilah SEO yang lain, silahkan bagikan di kolom komentar dibawah. Terimakasih
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar