Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Error 'This copy of Windows is not Genuine'

“This copy of Windows is not genuine” adalah salah satu kesalahan paling umum ditemukan dalam sistem operasi Windows.

cara memperbaiki this copy of windows is not genuine

Akibat kesalahan ini, wallpaper desktop yang Anda atur akan diubah menjadi layar hitam. Masa pakai baterai akan berkurang karena pesan ini akan terus muncul di laptop, dan banyak lagi masalah lainnya.

Mengatasi Error This copy of Windows is not Genuine

Beberapa fitur Windows 10 tidak akan berfungsi lagi kecuali Anda menghapus pesan ini.

Peringatan ini bisa sangat mengganggu, terutama saat bekerja dengan hal-hal penting dan peringatan ini muncul secara berkala.

Namun, Anda masih dapat melakukan hal-hal lain di PC Anda, seperti menyelesaikan pekerjaan Anda dan menggunakan komputer seperti sebelumnya.

Alasan utama komputer Anda menampilkan kesalahan ini adalah karena Anda tidak mengaktifkan lisensi Windows Anda setelah masa percobaan habis.

Anda juga dapat menerima kesalahan ini karena lisensi sistem operasi Windows yang Anda gunakan telah kedaluwarsa, diblokir atau tidak resmi.

Selain itu, jika Anda membagikan lisensi Windows kepada orang lain, seperti teman atau anggota keluarga yang lain, Microsoft juga dapat memblokir lisensi Anda.

Hal ini, dikarenakan satu lisensi digunakan dalam banyak komputer, atau Anda terlalu sering mengaktifkan lisensi yang sama.

Jika Anda melihat kesalahan ini pada komputer Windows Anda, postingan awam bicara kali ini akan memberikan Anda cara bagaimana memperbaikinya.

"Windows is not genuine": Berikut cara menghapus peringatan ini

Cara 1: Gunakan perintah RSOP

Anda dapat mencoba untuk memecahkan kesalahan yang dihasilkan pada layar Windows Anda melalui metode RSOP.

RSOP adalah singkatan dari Resultant Set of Policy Window, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tekan tombol Windows dan R dari keyboard untuk membuka jendela Run

2. Ketik rsop.msc dan tekan tombol Enter

memperbaiki error this copy of windows is not genuine

3. Arahkan ke Windows settings, klik pada Security system dan kemudian pergi ke System services

memperbaiki error this copy of windows is not genuine

4. Carilah layanan Plug and play, kemudian klik kanan pada itu dan kemudian mulai mencari Startup dan kemudian klik pada Automatic

memperbaiki error this copy of windows is not genuine

5. Tekan tombol Windows dan R seperti pada langkah pertama, kemudian ketik atau copy dan paste perintah ini: gpupdate/force kedalam kotak Run

memperbaiki error this copy of windows is not genuine

6. Restart Komputer Anda

Cara 2: Gunakan perintah SLMGR-REARM

Dengan menggunakan Command Prompt dan perintah sederhana ini, Anda dapat memperbaiki masalah ini di Windows 32-bit dan 64-bit, dan di semua versi sistem operasi Windows:

1. Jalankan Command Prompt sebagai administrator dengan mengklik Start, ketik cmd di kotak pencarian dan kemudian klik kanan pada Command prompt dan pilih Run as administrator


Cara Memperbaiki Error 'This copy of Windows is not Genuine'

2. Ketik SLMGR–REARM atau SLMGR /REARM

Cara Memperbaiki Error 'This copy of Windows is not Genuine'

3. Anda akan melihat jendela konfirmasi, klik OK dan restart komputer Anda

Catatan: SLMGR adalah alat manajemen lisensi peranti lunak Windows. Perintah REARM akan mengatur ulang status lisensi mesin.

Solusi 3: Periksa apakah lisensi Anda benar-benar sah dan resmi

Jika Anda merasa telah membeli lisensi yang asli, dan ternyata lisensi tersebut palsu, maka Anda dapat melaporkan masalah ini kepada Microsoft, laporkan perangkat lunak palsu yang telah Anda dapatkan dan lihat apa yang akan terjadi.

Anda juga harus menghubungi vendor Anda karena dukungan Microsoft dalam banyak kasus hanya akan membantu Anda menyelesaikan masalah ketika Anda membeli OS Windows dari toko Microsoft.

Solusi 4: Jalankan Microsoft Genuine Advance Tool Diagnostic

Tool bantu Microsoft Genuine Advantage menyediakan informasi terperinci tentang komponen dan pengaturan Microsoft Genuine Advantage yang saat ini ada di sistem Anda.

Anda dapat mendiagnosis dan secara otomatis dapat menyelesaikan masalah "Windows is not genuine".

Jalankan tool ini, salin temuannya ke clipboard Anda dan kemudian kirimkan permintaan dukungan teknis Windows asli ke Microsoft.

Download tool ini, jalankan MGADiag.exe dan klik Lanjutkan untuk hasil pemeriksaan.

Akan ada beberapa informasi yang berguna seperti Status Validasi yang mungkin memberi tahu Anda apakah produk key tersebut sah atau tidak.

Atau apakah produk key tersebut masuk daftar hitam microsoft.

Anda mungkin juga akan diberitahu jika file LegitCheckControl.dll telah dirusak dalam hal ini mungkin ada beberapa bentuk kesalahan pada saat instalasi Windows Anda yang telah terdeteksi. Jika ada masalah yang dapat diperbaiki tool ini, klik tombol Resolve.

Solusi 5: Hapus Update KB971033 jika Anda menggunakan Windows7

Pembaruan KB971033 dapat menjadi sumber masalah jika Anda menggunakan Windows 7.

Jika Anda mendapatkan pesan "Windows is not genuine" - "Salinan Windows ini tidak asli", maka ini berarti bahwa Windows memiliki file yang diperbarui yang mampu mendeteksi sistem operasi Windows Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk menghapus pembaruan KB971033 untuk menyelesaikan masalah ini.
  1. Buka Control Panel
  2. Pergi ke Windows update section
  3. Klik View installed updates
  4. Setelah semua instalasi update diloading, cari update KB971033 dan uninstall
  5. Restart your computer

Solusi 6: Turn-off Automatic Update (Matikan Pembaruan Otomatis)

Untuk memastikan bahwa pesan "Windows is not genuine" tidak kembali lagi, pastikan Anda mematikan Windows Automatic Updates.

Untuk mematikan Windows Automatic Update, Anda harus:
  • Buka Control panel dari Start button
  • Pergi ke Windows update option
  • Klik Install Updates Automatically option dan select Never check for updates (Not Recommended)
  • Klik Apply to change the setting dan restart komputer Anda
Catatan: Komputer Anda sekarang tidak pernah mendapatkan peringatan kesalahan ini lagi. Namun, Anda tidak dapat memutakhirkan Windows Anda ke versi terbaru untuk memperbaiki bug atau mendapatkan fitur baru.

Secara keseluruhan, kami berharap metode yang dijelaskan di atas benar-benar dapat membantu Anda memperbaiki pesan kesalahan yang menyatakan bahwa salinan Windows Anda tidak asli/ Windows is not genuine.

Memang Ada banyak metode lain yang dapat Anda terapkan, namun kebanyakan tidak mudah untuk diikuti. Selain itu juga, untuk menghindari masalah seperti itu, Anda seharusnya tidak mendukung dan menginstal Windows OS versi bajakan, dan sebaiknya Anda membeli Lisensi Resmi dari Microsoft.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

2 komentar untuk "Cara Memperbaiki Error 'This copy of Windows is not Genuine'"