5 Jenis Usaha Sampingan bagi PNS dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

5 Jenis Usaha Sampingan bagi PNS dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

Saya yakin, kita semua pernah memikirkan sebuah peluang usaha, sebuah usaha rumahan, bisnis kecil-kecilan, dengan modal kecil yang menguntungkan dan menjanjikan.
jenis usaha sampingan bagi pns

Karena naluri bertahan hidup, naluri ingin memiliki sesuatu, naluri ingin berkuasa dan sebagainya itu adalah sifat dasar dan fitrahnya manusia.

Jenis Usaha Sampingan PNS


Jadi, hampir bisa dipastikan, semua orang didunia ini pasti memiliki pemikiran, memiliki keinginan untuk berusaha, mempunyai bisnis baik itu skala kecil maupun besar.

Dan tidak terkecuali juga dengan karyawan atau pegawai yang bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi pemerintah - PNS.

Saat ini, sedang hangat-hangatnya berita tentang penerimaan cpns 2018, yang pengumumannya dibuka pada 19 september 2018, dan pendaftarannya sendiri dimulai pada tanggal 26 september 2018 yang lalu.

Dan pada setiap penerimaan CPNS, jumlah pelamar atau peserta yang ingin menjadi abdi negara ini setiap tahunnya semakin meningkat.

Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa PNS adalah sebuah profesi yang sangat diidam-idamkan dinegeri ini.

Banyak hal menyebabkan mengapa PNS bisa menjadi sebuah profesi idaman, profesi yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap lapisan masyarakat kapan pembukaan dan pendaftarannya.

Baca: Merintis Bisnis Startup 

Bisa karena alasan gaji atau penghasilan yang tinggi, dengan semua kemudahan-kemudahan yang didapatkannya.

Mulai dari gaji pokok, tunjangan-tunjangan, kemudahan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh negara, dan lain sebagainya.

Menjadi PNS, dianggap bisa menjamin masa depan, menjamin hari tua, menjamin kesehatan dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak alasan mengapa profesi PNS ini bisa menjadi primadona dan selalu diidam-idamkan masyarakat Indonesia, bisa jadi alasan lainnya adalah karena dengan menjadi PNS memiliki banyak waktu untuk mengembangkan usaha sendiri, usaha atau bisnis kecil-kecilan, bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal terlalu besar.

Iya, karena masih banyak masyarakat yang menganggap pekerjaan PNS itu adalah pekerjaan yang santai.

Dengan jam kerja yang dimulai dari jam 8 pagi hingga jam setengah lima sore, dengan waktu istirahat 1 jam, dan hanya memiliki 5 hari kerja, maka banyak masyarakat yang menganggap bahwa waktu kosong yang dimiliki PNS itu sebenarnya lebih dari jam kerja yang seharusnya.

Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa PNS dapat dengan bebas keluar masuk kantor pada jam-jam kerja tanpa harus takut terkena sanksi atau pemotongan penghasilan/ gaji.

Pendapat ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, memang benar ada beberapa oknum PNS dibeberapa instansi dan pemerintah daerah masih memiliki kedisiplinan yang kurang.

PNS bolos kerja atau PNS yang masuk siang, pulang cepat tapi dengan absensi kehadiran tetap full time.

Beralasan karena mengurus anak, mengurus orang tua, mengantar dan menjemput anak sekolah, dan lain sebagainya.

Karena itulah, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa dengan menjadi PNS maka ia tetap memiliki banyak waktu untuk mengerjakan sesuatu yang lain, atau memiliki sebuah bisnis yang cukup menguntungkan dan menjanjikan.

Selain itu, banyak pula PNS yang memang telah memiliki usaha, baik kecil maupun menengah, sebelum mereka diangkat menjadi PNS.

PNS sekarang tidaklah sama dengan PNS pada beberapa tahun yang lalu.

Dimana jika dulu, tidak peduli didaerah dan instansi mana PNS nya, gaji, tunjangan dan penghasilan lainnya SAMA.

Namun sekarang, tidak demikian, gaji dan tunjangan PNS tergantung dari daerahnya, instansinya, serta kinerja dari PNS itu sendiri.

Jadi PNS yang ada di daerah dengan PNS yang ada dikota besar tentu saja penghasilannya berbeda.

Karena itu pula, PNS yang penghasilannya masih kecil yang biasanya berada didaerah-daerah, ingin meningkatkan taraf hidup mereka dengan menjalankan sebuah usaha rumahan, usaha kecil-kecilan demi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Untuk alasan itu pula, kami dari Awam bicara ingin memberikan kepada Anda, terutama para Calon-calon PNS, atau pun para PNS yang ingin menjalankan sebuah bisnis kecil, sedang ataupun berinventasi pada sebuah usaha besar, untuk menambah penghasilan Anda selain dari menjadi PNS.

Berikut ini adalah Daftar Usaha Sampingan Modal Kecil bagi PNS

1. Bisnis online via Media Sosial, Website atau Blog


Kita sadar bahwa kita sedang hidup dalam dunia serba digital, hidup pada jaman millenial. Jaman dimana semua manusia yang ada dimuka bumi ini sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari Internet.

jenis usaha sampingan pns

Gadget, handphone atau smartphone telah menjadi kebutuhan primer. Rasanya sangat jarang kita menemukan orang yang tidak mengenal apa itu smartphone, gadget, ponsel atau Internet.

Apalagi yang namanya media sosial. Sebut saja facebook, twitter, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya, adalah sebuah media yang menjadi tempat identitas online seseorang.

Dan Anda yang berprofesi sebagai PNS dapat memanfaatkan semua itu untuk berjualan, berdagang atau menawarkan jasa.

Atau Anda dapat membangun sebuah blog atau website dimana Anda dapat menawarkan produk-produk Anda secara online.

Saat ini, pola pikir dan kebiasaan orang telah bergeser. Dulu pembeli harus berinteraksi langsung dengan penjual, agar pembeli bisa melakukan sebuah tawar menawar harga.

Namun sekarang pembeli tidak lagi harus berhadapan dengan penjual, mereka tinggal membandingkan harga dari produk yang sama dari penjual online yang satu dengan penjual online yang lainnya.

Dengan melihat harga termurah, kemudahan-kemudahan yang didapat, discount, layanan purna jual, dan lain sebagainya.

Jadi saat ini cara belanja generasi milenial tidak sama dengan cara belanja generasi sebelumnya.

Jika dulu pembeli biasanya akan menawarkan produk atau barang dagangan dengan harga yang serendah-rendahnya dari penjual, namun sekarang harga murah tidak lagi menjadi sebuah faktor penting ketika mereka ingin membeli sebuah produk/ barang, namun juga dengan melihat faktor-faktor lainnya.

Jadi, jika Anda seorang PNS dan ingin memulai sebuah bisnis kecil atau usaha rumahan yang hanya bermodalkan kecil, berjualan produk secara online bisa menjadi sebuah solusi untuk Anda.

2. Menjadi Blogger


Seorang PNS pastinya sudah terbiasa dengan segala keruwetan dan kerumitan birokrasi di pemerintahan.

jenis usaha sampingan untuk pns

Berkutat dengan tata persuratan, penulisan surat-surat resmi, dan lain sebagainya.

PNS juga tidak bisa lepas dari yang namanya komputer/ laptop.

Selain itu, PNS juga harus memahami segala peraturan perundang-undangan, karena dalam menjalankan tugasnya seorang PNS tidak boleh melenceng atau keluar dari apa yang telah ditetapkan oleh undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan-peraturan intern dari lembaga atau instansi dimana ia bertugas.

Jadi, pekerjaan PNS yang tidak dapat jauh dari komputer, membaca, dan menulis tentu akan mengasah kemampuan mereka dalam membuat sebuah tulisan atau artikel.

Dan kemampuan ini bisa dimanfaatkan PNS dengan menjadi blogger.

Peluang bisnis online dan usaha online ini masih sangat potensial, mengingat pengguna internet di dunia setiap harinya terus bertambah.

Bahkan sampai pada saat ini telah banyak blogger yang membuktikan bahwa dunia online bisa menjadikan sumber penghasilan yang sangat fantastis dalam mendapatkan uang dari internet dengan modal yang sangat kecil.

Di Indonesia sendiri tidak sedikit blogger yang sudah berpenghasilan hingga puluhan juta rupiah perbulan hanya dari mengelola sebuah blog.

Dan ini telah saya telah buktikan sendiri (menjadi PNS dan Blogger).

Ada banyak cara dan metode yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet, yakni:
  • Menjalankan program periklanan (Google Adsense, Mgid, Adnow, Adcenter, Admaven dan lain sebagainya)
  • Bergabung dengan program affiliasi (amazon misalnya)
  • Iklan advertorial (konten review) atau guest post
Ketika Anda ingin memulai sebuah blog dan membangun blog sendiri, ada baiknya Anda memulainya dengan memiliki domain sendiri.

Dengan demikian Anda bisa mulai membangun brand Anda sendiri yang dapat Anda kelola menjadi semakin profesional.

Apalagi jika Anda ngeblog sekaligus berjualan atau menjual produk sendiri secara online.

Sebagai contoh Anda ingin memiliki blog sekaligus blog untuk jualan online Anda, misal: dengan menggunakan blog gratisan dengan nama domain: toko,blogspot,com tentunya tidak terlihat profesional jika dibandingkan dengan nama www,toko,id bukan?

Nah, karena itu, mulai sekarang saatnya anda memikirkan tentang nama domain sebagai brand yang akan anda pilih. Seperti yang dilakukan oleh teman sesama blogger Admin yang juga adalah seorang PNS.

Memiliki Brand sendiri dengan nama umiku, dan dibangunlah blog dengan nama www.umiku.id serta blog untuk jualan di toko.umiku.id .

Terlihat dan terdengar sangat profesional bukan?

Anda tidak perlu khawatir soal harga, saat ini domain beserta hosting untuk menjalankan bisnis online bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau dan berkualitas.

3. Menjalankan Bisnis Musiman


Untuk belajar bisnis, belajar menjalankan sebuah usaha, Anda dapat memulainya dengan menjalankan sebuah bisnis atau usaha musiman.

jenis usaha sampingan bagi pns

Misalnya, Anda dapat berjualan kue-kue kering atau basah saat perayaan hari-hari besar keagamaan, idul fitri, idul adha dan yang lainnya.

Atau Anda bisa berjualan kue, takjil untuk berbuka puasa selama bulan ramadhan.

Dan berbagai macam jenis usaha musiman lainnya yang mungkin hanya ada didaerah Anda saja.

Seperti ditempat Admin, yang mana setiap tahunnya selain perayaan hari-hari besar keagamaan, juga ada perayaan pawai dan karnaval hari kemerdekaan yang berlangsung selama 3 hari.

4. Berjualan Kue


Usaha berjualan kue-kue kering atau basah merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang patut untuk Anda pertimbangkan.

Mengingat potensi keuntungannya yang sangat menjanjikan serta tidak memerlukan modal yang cukup besar.

jenis usaha sampingan yang dijalankan pns

Selain itu, Anda yang berprofesi sebagai PNS dapat menjalankan usaha ini dengan membuat kue atau menjual kue sesuai pesanan.

Jadi tidak ada keharusan untuk Anda membuka sebuah toko fisik, yang membuat Anda harus membuka toko Anda setiap harinya.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan memberikan penawaran pembuatan kue, baik kering atau basah secara online, melalui media sosial atau blog Anda.

Pangsa pasar usaha jualan kue ini cukup besar, karena kebiasaan masyarakat kita yang begitu gemar makan cemilan, serta memiliki banyak sekali hari-hari besar.

5. Menjadi Driver Angkutan Online


Jenis usaha yang satu ini adalah jenis usaha primadona bagi PNS, baik itu PNS dikota-kota besar maupun PNS dikota-kota kecil lainnya.

jenis usaha sampingan pns dengan modal kecil

Selain keuntungan yang cukup menjanjikan, menjadi driver angkutan online juga tidak memerlukan waktu khusus untuk masuk dan pulang kerja.

Anda dapat mengatur kapan Anda harus mulai menjalankan profesi driver online Anda dan kapan Anda harus berhenti dan pulang kerumah.

Yang pasti, profesi driver angkutan online ini banyak dijalani oleh teman-teman seprofesi di tempat/ daerah saya/ admin.

Dan dari yang sering saya dengar ketika mereka bercerita berapa penghasilan yang mereka dapatkan, ternyata sangat menjanjikan dan menggiurkan.

Dimana mereka biasanya mulai beroperasi sepulang kerja, yakni sekitar jam setengah tujuh malam dan berhenti jam 11 malam, mereka dapat membawa pulang keuntungan 200 hingga 400 ribu rupiah permalam.

Itulah tadi, 5 jenis usaha yang bisa dilakukan oleh seorang PNS, tanpa harus mengganggu jam kerja, serta kinerja dari PNS itu sendiri.

Lima jenis usaha dengan modal kecil tersebut dapat dijalani oleh PNS dimana saja, selama peluang usaha serta kesempatan untuk itu masih tetap ada.

Namun satu hal yang pasti, seorang PNS tidak dapat menjalankan atau memililki sebuah perusahaan sendiri. Misalnya memiliki CV, PT ataupun Firma.

Baca juga: PP Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS

Karena seorang PNS memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada negara, dan agar tidak terjadi bentrokan kepentingan pribadi PNS tersebut dengan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Ini waktunya kita!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Saya sangat tertarik dengan "potensi" PNS untuk menjadi blogger.
Menjadi blogger hanya dibutuhkan konsistensi menulis dan posting 2 - 3 artikel per hari sudah cukup untuk sukses dibidang blogging ini.

Ane berharap bisa lebih banyak lagi artikel-artikel yang secara khusus dan lebih mendalam membahas tentang "Peluang Sukses Menjadi Blogger bagi PNS" di sini.

Thanks admin.
Richard

Balas

Terimakasih atas masukannya..sukses selalu

Balas