Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Bekerja di Perusahaan BUMN

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Bekerja di Perusahaan BUMN

Sebenarnya, tidak hanya PNS saja yang menjadi idaman dan primadona para pencari kerja di negeri ini.
alasan mengapa banyak orang ingin bekerja di bumn

Banyak orang, khususnya yang fresh graduates atau baru lulus dari perguruan tinggi, bermimpi bisa bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Alasan Mengapa Ingin Bekerja di BUMN 


Apalagi sejak dulu sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa menjadi PNS ataupun pegawai BUMN itu dapat memberikan jaminan kesejahteraan bagi pegawainya.

Selain Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau PNS, bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), adalah sebuah impian para pencari kerja yang menginginkan tidak hanya gaji tinggi namun juga masa pensiun yang terjamin.

Baca: Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Maka tidak heran, jika setiap lowongan kerja baik penerimaan CPNS maupun penerimaan pegawai perusahaan pelat merah ini selalu diserbu para pencari kerja, dan itu mungkin termasuk Anda juga.

Hampir setiap tahun, bahkan setiap saat ada saja BUMN yang membuka lowongan kerja, baik melalui situs resmi maupun saat ada bursa kerja yang digelar di berbagai kota.

Untuk menjaring putra putri terbaik bangsa yang memiliki keterampilan, kemampuan dan keahlian pada posisi-posisi yang dibutuhkan.

Perlu Anda ketahui, pada saat ini ada sekitar 115 BUMN pada akhir tahun 2017, yang mana jumlah tersebut menurun dibandingkan pada tahun 2016, yakni ada 118 BUMN.

jumlah perusahaan bumn saat ini
Sumber foto: Kementerian BUMN

Nah, jika Anda adalah salah satu dari sekian juta pencari kerja yang menunggu lowongan dari BUMN-BUMN tersebut, jangan pernah ketinggalan untuk terus memantau mereka.

Baik melalui website resmi maupun dari bursa-bursa kerja yang ada di kota Anda.

Sebab, para peminat lowongan kerja BUMN ini hampir sama banyaknya dengan pelamar CPNS, bisa mencapai jutaan orang.
Karenanya Anda harus bersaing dengan pencari kerja lain yang juga memiliki tujuan yang sama, yakni bekerja di perusahaan pelat merah - BUMN. 

Kita tidak akan membicarakan tentang seleksi atau alasan mengapa orang ingin bekerja sebagai PNS, karena saat ini penerimaan CPNS 2018 sudah selesai, dan sekarang sedang memasuki tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Jadi apa yang membuat BUMN selalu dipadati oleh para pencari kerja? berikut alasannya.

Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Bekerja di Perusahaan BUMN


1. Gaji Tinggi


Gaji, pastinya yang menjadi alasan utama mengapa orang ingin bekerja dan berkarier di BUMN.

Sebab gaji yang ditawarkan oleh hampir semua BUMN yang ada sangat tinggi.

Bahkan untuk Anda yang baru lulus dari perguruan tinggi atau fresh graduate.

Anda bisa menerima gaji antara 4 hingga 7 jutaan rupiah perbulannya.

Makanya banyak pencari kerja yang mengincar BUMN untuk memulai karier mereka.

2. Tunjangan, Asuransi, dan Bonus


Pertimbangan kedua mengapa banyak orang ingin menjadi karyawan BUMN selain gaji adalah fasilitas tunjangan, asuransi, dan bonusnya.

Untuk yang sudah berkeluarga, semua anggota keluarga Anda baik itu istri/ suami dan anak-anak Anda akan ditanggung asuransi kesehatannya.

Sehingga dengan adanya fasilitas asuransi ini, maka Anda akan merasa aman dan tentram ketika bekerja.

Selain itu, untuk gaji ke-13 dan 14 (tunjangan hari raya), ternyata juga diterima oleh karyawan BUMN, tidak hanya untuk para Pegawai Negeri Sipil saja.

Bonus atas kinerja dan prestasi yang bagus akan Anda terima hingga berkali-kali lipat dari gaji. Ditambah lagi kalau kamu dinas ke luar kota atau ke luar negeri, seluruh biaya ditanggung perusahaan.

Dan ada satu hal yang diterima oleh karyawan BUMN, namun tidak diterima oleh PNS, yakni tunjangan cuti.

PNS ketika mengambil cuti tahunan, jangankan untuk mendapatkan uang cuti, disetujui untuk cuti saja susah, sedangkan karyawan BUMN, setiap tahunnya malah dianjurkan untuk cuti, bahkan agak sedikit dipaksakan, dan kelebihan lainnya mereka mendapatkan uang cuti.

3. Jenjang Karier yang Menjanjikan


Setiap pekerjaan, terutama jika kita bekerja untuk orang lain ataupun perusahaan dan negara, pasti memiliki jenjang karier.

Sepeti diperusahaan dan instansi pemerintah, BUMN juga menawarkan jenjang karier yang jelas dan akan tentunya juga diikuti dengan kenaikan gaji.

Yang artinya jika jabatan Anda di BUMN naik, maka otomatis gaji, tunjangan dan asuransi serta bonus pun ikut naik.

Gaji tinggi, karier cemerlang, keluarga terjamin, siapa yang menolak, iya kan?

4. Jaminan Masa Depan


Seperti hal nya juga PNS, BUMN juga menawarkan jaminan hari tua.

Dana pensiun ini biasanya dikelola oleh lembaga dana pensiun milik perusahaan BUMN itu juga.

Program pensiun ini sangat bermanfaat ketika Anda memasuki masa pensiun.

Selain mendapat pesangon dalam jumlah besar dan hanya satu kali, pegawai BUMN juga akan tetap menerima tunjangan pensiun setiap bulannya meski jumlah yang diterima lebih kecil dibandingkan dengan PNS.

5. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)


Ada banyak alasan mengapa banyak orang ingin bekerja di perusahaan-perusahaan berplat merah ini.

Gaji tinggi, tunjangan-tunjangan, asuransi serta bonus-bonus yang diberikan, karyawan BUMN juga diberikan kemudahan untuk memiliki rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga rendah dari perusahaan.

Anda bahkan dapat mencicil angsuran kredit rumah tersebut ke perusahaan dengan sistem potong gaji.

6. Melanjutkan Pendidikan


Perusahaan BUMN, tidak hanya mementingkan keuntungan yang didapat, namun juga memiliki perhatian khusus untuk jenjang karier dan pendidikan karyawannya.

Karena itu, perusaahaan-perusahaan BUMN juga memberikan beasiswa bagi karyawannya yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, S2 dan S3 misalnya.

Bahkan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3 ini tidak hanya berlaku untuk universitas-universitas di dalam negeri, namun juga diluar negeri.

Semua alasan yang telah kami sebutkan tadi, pada dasarnya adalah tentang jaminan kesejahteraan lah yang menjadi sebab mengapa banyak orang ingin bekerja sebagai karyawan BUMN.

Lihat: Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar

Saat ini, tingkat pengangguran sangat tinggi, bahkan untuk yang berpendidikan Sarjana (S1) sekalipun. Karena itu selalulah kepo-in website-website resmi dari BUMN-BUMN yang menjadi favorit Anda.

Sehingga Anda dapat mempersiapkan diri ketika perusahaan BUMN tersebut membuka lowongan untuk menyeleksi karyawan-karyawan baru.

Jadi, Anda tidak akan khawatir lagi dengan masa depan suram.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar