7 Profesi Berpenghasilan Tinggi untuk Wanita Indonesia

7 Profesi Berpenghasilan Tinggi untuk Wanita Indonesia

Sering dilihat:

Dulu, dunia kerja selalu didominasi oleh pria, dimana kebanyakan wanita hanya menjadi seorang ibu rumah tangga atau kerja rumahan saja.
profesi berpenghasilan tinggi untuk wanita indonesia

Namun lain dulu, lain pula sekarang. Diera milenial ini, baik kamu adam maupun kaum hawa, mempunyai kesempatan yang sama didalam dunia kerja, serta mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

Profesi Berpenghasilan Tinggi untuk Wanita Indonesia


Hal ini dapat dilihat dari banyaknya wanita yang menjadi orang-orang hebat dan pejabat-pejabat tinggi, baik di perusahaan maupun di pemerintahan, dengan penghasilan yang super fantastis.

Tidak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang berpikiran bahwa wanita Indonesia tidak harus mengenyam pendidikan yang tinggi, karena pada akhirnya mereka akan berakhir di dapur juga.

Akan tetapi, pandangan seperti itu sudah mulai terkikis dari kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak sarjana serta ahli-ahli dihampir semua bidang yang ditekuni oleh makhluk yang dinamakan wanita.

Dari beberapa profesi berikut ini, ada yang menjadi favorit bagi wanita Indonesia, namun tidak begitu untuk wanita-wanita diluar negeri.

Wanita Indonesia yang masih memegang teguh kultur dan adat istiadat ketimurannya, masih memilih sebuah profesi yang tidak terlalu membebankan mereka. Dalam hal ini memilih profesi yang bisa membagi waktu antara pekerjaan dan rumah tangga.

Beberapa profesi yang menjanjikan dan penghasilan tinggi berikut ini kurang diminati di Indonesia, namun sangat diminati oleh wanita karier di luar sana.

Berikut ini adalah 7 profesi dengan penghasilan tinggi untuk wanita Indonesia

1. PNS


Yaa, tidak dapat dipungkiri PNS atau Pegawai Negeri Sipil masih menjadi primadona di negeri ini, baik dikalangan pria maupun wanita.

Saat ini profesi abdi negara tidak lagi didominasi oleh kaum pria. Perekrutannya sendiri tidak lagi membeda-bedakan antara pria dan wanita.

Bahkan, dalam hal perekrutan dibeberapa instansi pemerintah, syarat yang diberikan untuk wanita dipermudah.

Misalnya penerimaan CPNS di Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM, dan lain sebagainya memberikan persyaratan fisik yang lebih ringan dibandingkan dengan pelamar pria.

Profesi PNS selain menjanjikan penghasilan yang tetap dan tinggi, dengan berbagai macam tunjangan-tunjangannya juga diberikan kemudahan-kemudahan berupa fasilitas-fasilitas tertentu oleh negara.

Jaminan hari tua, kesehatan dan lain sebagainya yang lebih baik dibandingkan 20 tahun yang lalu.

Maka tidak heran jika setiap rekrutmen penerimaan CPNS selalu dipenuhi oleh ribuan hingga jutaan pelamar, (lihat: tips lulus tes cpns 2018) yang perbandingan antara pelamar wanita dan pria nya hampir sama.

Saat ini, penghasilan yang dihasilkan oleh seorang PNS dengan pangkat terendah bisa bermacam-macam, tergantung dari di instansi mana ia bertugas, yang jika dirata-ratakan, seorang PNS dengan golongan terendah dapat membawa pulang penghasilan sekitar 120jt pertahun.

2. Chief Executive atau CEO


Profesi chief executive atau CEO saat ini masih didominasi oleh para pria, namun bukan berarti wanita tidak dapat mendapatkan pekekrjaan ini.

Sebagai contoh adalah Irene Rosenfeld, seorang CEO wanita di perusahaan makanan nomor 2 terbesar di dunia.

Ia menjabat sebagai CEO sejak tahun 2006 dan memperoleh penghasilan sebesar 21 juta dollar pada tahun 2014.

2. Kesehatan


Profesi yang satu ini memang didominasi oleh wanita. Mulai dari perawat, farmasi, apoteker, dokter dan sebagainya.

Untuk profesi farmasi atau peracik obat, memang kurang populer di Indonesia, namun profesi ini selalu dibutuhkan.

profesi berpenghasilan tinggi untuk wanita indonesia

Begitu juga halnya dengan perawat, saat ini hampir semua perawat yang ada dirumah-rumah sakit atau klinik-klinik selalu didominasi oleh wanita.

Sangat jarang kita mendapati seorang pria berprofesi sebagai perawat. Pria lebih dominan menjadi dokter dibandingkan perawat.

Untuk dokter spesialis dan ahli bedah saat ini lebih banyak didominasi kaum pria. Karena itu kesempatan wanita untuk mendapatkan pekerjaan ini sangatlah besar, sebab banyak profesi dokter spesialis yang diharapkan adalah seorang wanita.

Misalnya, dokter spesialis kandungan. Dokter spesialis kandungan wanita pasti akan mendapatkan banyak sekali pasien, karena kebanyakan wanita yang memeriksakan kandungan dan alat reproduksinya akan lebih leluasa dan terbuka dengan seorang dokter wanita.

Profesi kesehatan ini cukup menjanjikan jika dilihat dari penghasilan yang didapatkannya, pertahun seorang wanita yang berprofesi dibidang kesehatan bisa menghasilkan pendapatan, 120jta hingga 300jt pertahun.

3. Pengacara


Pengacara adalah sebuah profesi yang terbilang cukup keren dan juga menjadi sebuah profesi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, seorang pengacara terkenal dengan gayanya yang nyentrik serta kekinian.

Dan hingga saat ini, profesi ini masihlah didominasi kaum pria. Namun bukan berarti wanita tidak dapat menjadi seorang wanita hebat jika menggeluti profesi ini. Buktinya adalah Elsa Syarief, yang saat ini telah menjadi salah satu pengacara terpandang di negeri ini.

Baru-baru ini ada nama Dea Tunggaesti, wanita cantik yang rela meninggalkan panggung hiburan demi menjadi pengacara handal.

Sekarang ini banyak wanita Indonesia yang menempuh pendidikan Ilmu Hukum agar bisa menjadi pengacara hebat di hari esok.

Untuk penghasilan yang didapatkan dari berprofesi sebagai pengacara tidak dapat ditentukan dengan pasti, sebab penghasilan yang didapatkan seorang pengacara tergantung dari kesepakatan antara ia dan kliennya.

Namun secara umum, penghasilan pengacara bisa mencapai 500jt pertahun.

4. Manajer IT (Teknologi Informasi)


Saat ini, hampir semua sendi kehidupan, tidak terlepas dari yang namanya Teknologi Informasi.

Mulai dari hal-hal yang menyangkut kehidupan sehari-hari dan rumah tangga, hingga sampai pekerjaan-pekerjaan dikantor.

Anda seorang wanita, dan Anda terjun ke dunia IT, maka dapat disimpulkan Anda adalah seorang wanita hebat yang pernah ada.

Bagaimana tidak, pekerjaan ini cukup rumit untuk ditekuni oleh kaum hawa.

Anda harus mengurusi dan mengikuti perkembangan dunia komunikasi dan komputer, dan bahkan juga harus memahami seluk beluk jaringan komputer.

Karena, jika terjadi sebuah error atau kesalahan, maka sistem komputerisasi atau jaringan komputer tidak dapat berjalan.

profesi berpenghasilan tinggi untuk wanita indonesia

Saat ini, profesi dibidang IT adalah sebuah profesi yang cukup membanggakan, karena tidak semua orang bisa dan memahami bidang IT.

Namun di Indonesia sendiri, kemampuan dibidang IT belum begitu dihargai oleh pemerintah, khususnya Anda yang bekerja di bidang IT di instansi-instansi pemerintah.

Di pemerintahan, tenaga dan keahlian Anda dibidang IT sangat diperlukan, namun Anda tidak dapat berharap banyak dari penghasilan yang dihasilkan.

Karena itu, jika Anda menggeluti dunia IT, maka perusahaan-perusahaan BUMN dan Swasta adalah tempat Anda bekerja, karena perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN memberikan penghargaan yang tinggi untuk keahlian Anda dibidang IT.

Anda bisa membawa pulang penghasilan hingga 300jt pertahun.

5. Pengembang Software


Lagi-lagi, pekerjaan dibidang IT yang masuk dalam daftar kami. Dan kali ini adalah profesi sebagai pengembang software.

Anda yang menyukai teknologi informasi dan menyukai bahasa pemograman serta algoritma, maka Anda harus mencoba profesi yang satu ini - Pengembang software.

Pekerjaan ini sebenarnya cukup rumit juga untuk seorang wanita, karena Anda harus mampu mengembangkan software yang semakin bermanfaat bagi pengguna.

Artinya, Anda tidak bisa hanya menghasilkan software baru saja, namun juga harus selalu mengembangkannya, sehingga pengguna benar-benar merasakan kemudahan dan banyak manfaat dari software yang Anda kembangkan.

Namun, jangan salah, profesi yang satu ini sungguh menghasilkan pendapatan yang fantastis. Anda bisa dibayar bahkan hingga mencapai milyaran rupiah pertahunnya.

6. Psikolog


Psikolog secara umum adalah seorang ahli psikologi.

Psikologi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental seseorang.

Di Indonesia sendiri, psikolog secara khusus merujuk pada seorang praktisi psikologi yang telah menempuh pendidikan profesi psikologi.

Psikolog di Indonesia tergabung dalam organisasi profesi bernama Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan wajib memiliki Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang tersendiri sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya, misalnya Psikolog Klinis, Psikolog Pendidikan, dan Psikolog Industri.

Tetapi kata "Psikolog" lebih sering digunakan untuk menyebut Psikolog Klinis, psikolog yang bergerak di bidang kesehatan mental.

Nah, memahami perkembangan mental seseorang tidaklah mudah, dan tugas ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya yakni psikolog.

Untuk menjadi psikolog handal, Anda harus menempuh jenjang pendidikan hingga S2 disertai pengalaman psikologi klinis.

Profesi ini sangat cocok untuk kaum wanita, karena pada dasarnya wanita memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan pria, sehingga (mungkin) akan lebih mudah memahami mental seseorang.

Profesi ini juga termasuk profesi yang berpenghasilan tinggi dalam daftar kami, yakni hingga milyaran rupiah pertahun.

7. Insinyur


Pekerjaan ini hampir mirip dengan pekerjaan pengembang software, yakni seorang teknisi yang kerjanya menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

profesi berpenghasilan tinggi untuk wanita indonesia

Bedanya adalah, jika ahli IT dan pengembang software mengembangkan perangkat lunak yang bekerja dalam sebuah sistem operasi komputer, sedangkan Insinyur membuat atau merancang atau mendesain, menguji hingga meningkatkan sistem kinerja mesin menjadi lebih rumit.

Pekerjaan ini cocoknya bagi sarjana teknik mesin.

Wanita Indonesia Hebat


Sebutan orang yang keren, hebat dan menakjubkan tidak semata-mata diperuntukkan bagi kaum adam saja, akan tetapi juga untuk kaum hawa.

Meskipun bagi kebanyakan Wanita Indonesia yang bekerja dan memperoleh gaji yang besar bukanlah menjadi skala prioritas utama mereka, namun wanita Indonesia juga sangat tangguh dan hebat serta layak untuk diperhitungkan menjadi sosok keren, hebat dan menakjubkan di mata masyarakat Indonesia demi terwujudnya emansipasi wanita.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar