Tips Liburan Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga dengan Mobil Pribadi

Ketika Anda memutuskan untuk liburan akhir tahun bersama keluarga, tentunya Anda sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik sebelum Anda pergi.

Mulai dari menentukan apa saja yang harus dibawa, menentukan hari dan tanggal keberangkatan, menentukan hotel atau tempat menginap keluarga Anda selama liburan, serta menentukan tempat wisata apa saja yang akan keluarga Anda kunjungi.

Dan yang paling penting adalah menentukan alat transportasi apa yang akan Anda pilih. Apakah Anda akan membawa kendaraan pribadi sebagai alat transportasinya, atau tidak.
liburan bersama keluarga dengan mobil pribadi

Jika Anda membawa kendaraan atau mobil pribadi sebagai alat transportasinya tentu akan menjadi sebuah momen liburan akhir tahun yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga Anda.

Namun, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ketika Anda memutuskan untuk berlibur akhir tahun bersama seluruh anggota keluarga dengan membawa mobil pribadi.

Jangan sampai momen liburan akhir tahun Anda hancur hanya karena Anda kurang mempersiapkan diri dan kendaraan Anda ketika akan pergi liburan akhir tahun bersama keluarga Anda.

Alih-alih akan mendapatkan momen dan kenangan berharga selama perjalanan liburan akhir tahun dengan mobil pribadi, Anda malah mendapatkan musibah.

Tips Liburan Bersama Keluarga dengan Mobil Pribadi


Sebelum tiba waktu untuk pergi berlibur, keceriaan dan kebahagiaan pasti sudah terpancar dari seluruh anggota keluarga Anda.

Karena itu, jangan sampai hal itu membuat Anda lengah dalam mempersiapkan diri dan yang terpenting mempersiapkan kondisi kendaraan/ mobil Anda yang akan dibawa untuk liburan akhir tahun bersama keluarga.

Kerjasama antar anggota keluarga sangat penting, ketika Anda dan keluarga mempersiapkan segala kebutuhan liburan akhir tahun keluarga Anda.

tips liburan bersama keluarga dengan mobil pribadi

Jangan sampai perencanaan liburan keluarga Anda menghadapi kendala-kendala yang berarti. Entah itu kendaraan Anda mogok dijalan, atau ada barang yang ketinggalan, dan lain sebagainya.

Peran Anda dan pasangan Anda sebagai orang tua disini sangat diperlukan, sebagai problem solving, yang juga nantinya akan menjadi inspirasi bagi anak-anak Anda dikemudian hari.

Anak-anak akan melihat bagaimana orangtua mereka menjadi perencana dan pemecah masalah yang dapat diandalkan.

Membawa kendaraan atau mobil pribadi untuk liburan akhir tahun bersama keluarga tidak hanya akan memberikan kenangan perjalanan liburan yang indah dan berharga, namun juga akan menghemat biaya dan mempersingkat waktu perjalanan Anda.

Dengan membawa mobil pribadi untuk liburan akhir tahun bersama keluarga, tentunya tidak akan merepotkan Anda untuk berpindah moda transportasi atau menyewa kendaraan ketika tiba ditempat tujuan.

Anda bisa pergi ketempat-tempat wisata mana saja, dari objek wisata yang satu dengan yang lainnya, atau mungkin hanya sekedar ingin mengitari daerah sekitar ditempat tujuan liburan keluarga Anda sesuka hati Anda, dikarenakan Anda membawa kendaraan sendiri.

Namun sekali lagi, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan ketika Anda memutuskan untuk berlibur akhir tahun bersama keluarga dengan membawa mobil pribadi ini. Apa saja itu? Berikut ini tips liburan bersama keluarga dengan mobil pribadi.

Perhatikan Kondisi Mobil 


Pertama kali yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum berlibur akhir tahun bersama keluarga dengan mobil pribadi adalah membawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan service dan pengecekan kondisi dan kesehatan mobil pribadi Anda.

Dalam hal ini Anda ingin membawa mobil pribadi untuk mengajak keluarga Anda pergi liburan akhir tahun, yang artinya Anda akan menjalani suatu perjalanan jauh, maka kondisi dan kesiapan mobil Anda benar-benar harus menjadi perhatian utama Anda.

Perhatikan kesehatan dan kondisi rem, kondisi mesin, kondisi kelistrikan mobil, kaki-kaki mobil, ban, lampu-lampu mobil, mengganti oli mobil dan lain sebagainya.

Apalagi setiap akhir tahun adalah saat musim hujan, maka Anda benar-benar harus memperhatikan cara mengendarai mobil ketika hujan.

Intinya adalah Anda harus memperhatikan kondisi dan kesehatan mobil pribadi Anda dalam keadaan prima.

Jangan sampai Anda memaksakan diri, dengan membawa mobil yang kondisinya kurang baik.

cek kondisi mobil ketika akan liburan bersama keluarga

Sebab disini, Anda membawa seluruh anggota keluarga Anda, dan tujuan Anda adalah untuk berlibur, refreshing, bersenang-senang dengan seluruh anggota keluarga Anda.

Jadi jika Anda tetap memaksakan diri membawa mobil yang kesehatannya tidak baik, maka bukan tidak mungkin akan berakibat fatal pada perjalanan liburan keluarga Anda.

Alih-alih Anda akan mendapati kesenangan dan hiburan selama liburan, Anda malah mendapat kesedihan karena musibah.

Karena itu, sangat dianjurkan, apabila perlu WAJIB bagi Anda untuk melakukan servis terlebih dahulu mobil Anda secara keseluruhan sebelum Anda dan keluarga pergi melancong.

Bawa Barang Seperlunya, Jangan Melebihi Kapasitas


Sekali lagi, Anda berencana liburan akhir tahun bersama keluarga dengan membawa mobil pribadi, jadi sudah barang tentu Anda bisa memilah mana barang yang harus dibawa dan mana yang tidak.

Memastikan barang bawaan yang penting-penting saja untuk dibawa selama liburan akhir tahun bersama keluarga, harus menjadi perhatian Anda.

Sebab Anda membawa mobil pribadi sendiri untuk sebuah perjalanan jauh, jadi jangan sampai mobil Anda kelebihan muatan supaya perjalanan Anda aman dan nyaman.

Sedapat mungkin, Anda harus bisa mengatur barang bawaan yang sedemikian rupa, sehingga kondisi didalam mobil menjadi lebih lapang dan nyaman.

Karena bisa saja selama perjalanan agar anak-anak Anda tidak capek, bisa sambil istirahat dan tidur didalam mobil dengan nyaman.

Pastikan juga, mobil pribadi yang Anda bawa adalah mobil penumpang, yakni mobil yang memang diperuntukkan oleh 4-7 penumpang.

Misalnya, mobil sedan hanya untuk 4-5 penumpang, dan mobil MPV atau mobil keluarga sampai dengan 7 penumpang.

Jangan sampai Anda membawa 6-7 penumpang dengan menggunakan mobil sedan, ini tentu selain melanggar aturan dan berbahaya, juga akan membuat perjalanan liburan keluarga Anda tidak nyaman.

Semua demi kenyamanan Anda dan keluarga seperjalanan Anda di mobil.

Tidak berdesak-desakan dan sumpek oleh penumpang dan barang bawaan, juga akan mengurangi resiko yang mungkin saja bisa berakibat buruk pada laju kendaraan Anda.

Sebab, mobil yang membawa penumpang atau kelebihan barang bawaan akan membuat kaki-kaki dan suspensi mobil serta ban mobil menerima beban yang berlebihan.

Sehingga akan membahayakan Anda dan keluarga Anda selama di perjalanan.

Perhatikan Kondisi dan Kesehatan Tubuh Anda


Anda sedang melakukan sebuah perjalanan wisata bersama keluarga untuk mengisi liburan akhir tahun keluarga Anda.

Yang mana pada akhir tahun biasanya bertepatan dengan musim hujan.

Jadi, selain kondisi kesehatan mobil, kondisi dan kesehatan Anda sebagai sopir mobil pun harus Anda perhatikan.

Sebelum perjalanan liburan akhir tahun bersama keluarga Anda lakukan, ada baiknya Anda tetap menjaga kondisi tubuh Anda.

Jangan sampai Anda memaksakan diri mengendari mobil dengan membawa seluruh anggota keluarga Anda dalam sebuah perjalanan jauh, dalam keadaan badan kurang fit.

Kondisi tubuh yang kurang fit, akan berdampak pada cara Anda menyetir mobil. Konsentrasi Anda dalam memperhatikan keadaan jalan dan lalu lintas akan berkurang.

Anda akan kurang fokus dalam mengendarai mobil ketika keadaan tubuh Anda tidak fit.

Karena itu, jagalah kesehatan Anda sebelum waktu perjalan liburan akhir tahun keluarga Anda tiba. Makan-makanan yang sehat dan bergizi.

Atur dan jaga pola makan dan tidur Anda. Jangan sampai Anda sering bergadang yang menyebabkan Anda kurang tidur.

Anda sedang berencana membahagiakan keluarga Anda. Berencana memberikan sebuah cerita dan kenangan indah yang berharga yang tidak akan terlupakan oleh seluruh Anggota keluarga Anda.

Jadi, Anda benar-benar harus menjaga kondisi dan kesehatan tubuh Anda, dengan menjaga pola makan dan menjaga pola tidur Anda.

Dan jika diperlukan minumlah suplement peningkat daya tahan tubuh, apalagi disaat-saat musim pancaroba atau memasuki musim hujan.

Perhatikan Cara Anda Menyetir Mobil


Ini masih berkaitan dengan kondisi dan kesehatan mobil serta tubuh Anda. Jika kondisi tubuh dan kendaraan Anda dalam keadaaan prima, maka cara Anda menyetir mobil pun akan menjadi lebih prima lagi.

Selain itu, cara Anda menyetir mobil juga berkaitan dengan jalan yang akan Anda tempuh. Yang erat kaitannya dengan daerah wisata yang menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga Anda.

Keadaan jalan yang Anda tempuh ketika menuju daerah yang memiliki tempat wisata pantai, tentu akan berbeda dengan keadaan jalan ketika Anda menuju tempat wisata pegunungan.

Atau Anda berencana untuk liburan akhir tahun dengan mengunjungi kota-kota besar, yang memiliki hiburan tahun baru serta wahan-wahana wisata yang meriah ketika menyambut tahun baru.

Jadi, Anda harus memahami perjalanan yang akan Anda tempuh nanti, misalnya Anda berencana untuk mengunjungi pantai pangandaran, yang artinya Anda akan melewati jalan raya, jalan tol dan jalan yang memiliki tikungan tajam.

Atau Anda berencana untuk pergi ke puncak - Bogor. Ini artinya Anda akan melalui dan menempuh perjalanan yang medan jalan menanjak ketika berangkat dan menurun ketika Anda jalan pulang.

Dan jika Anda berlibur dikota-kota besar, Anda harus hafal jalan ketika menyusuri jalan perkotaan itu.

Hafal mana jalan satu arah, mana jalan yang tidak boleh dilalui, kapan harus berbelok dan lain sebagainya.

Gunakan Aplikasi Maps atau Peta Digital


Masih juga berkaitan dengan cara Anda menyetir mobil. Ketika Anda melakukan sebuah perjalanan jauh untuk pergi berlibur bersama keluarga, kebanyakan dari kita tentunya tidak hafal jalan.

Akan tetapi kita patut bersyukur, sekarang kita hidup dijaman milenial, sehingga tidak ada lagi istilah sesat dijalan. Apalagi tersesat dijalan ketika berpelesir/ traveling.

Saat ini, semua kota-kota besar, tempat tujuan wisata, telah terdata dengan lengkap dan akurat didalam aplikasi maps/ peta, baik itu untuk perangkat Android maupun iOS.

Dengan aplikasi maps atau peta digital ini, kita dapat dengan mudah menemukan jalur atau jalan yang tepat untuk sampai disuatu tempat wisata.

Bahkan, tidak hanya itu, kita bahkan mengetahui jalan mana yang bisa dilalui dengan lancar dan jalan mana yang sedang mengalami kemacetan.

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa Anda coba dan gunakan ketika Anda melakukan suatu perjalan wisata dengan keluarga Anda, seperti:

Aplikasi Maps - Peta Digital


- Google Maps
- Waze
- Maps.me
- ViewRanger
- HERE WeGo
- MapQuest
- Polaris Ride Command
- Scout GPS Link
- Map Factor

Dengan aplikasi maps ini perjalanan Anda akan terasa lebih mudah dan nyaman, sehingga ketika Anda tidak tahu jalan, Anda tidak perlu berhenti terlebih dahulu dan bertanya pada orang lain yang Anda temui di jalan.

gunakan aplikasi maps untuk perjalanan liburan keluarga

Jikapun ternyata smartphone Anda tidak mendapatkan sinyal dari jaringan GSM/ seluler, Anda bisa mendownload peta untuk dapat Anda gunakan secara offline.

Atau jika memang semua sudah tidak memungkinkan lagi, terpaksa Anda menggunakan cara konvensional, yakni bertanya pada penduduk sekitar.

Perhatikan Bawaan Perbekalan Anda


Ketika Anda menempuh suatu perjalanan jauh, yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah membawa perbekalan yang cukup.

Yang dimaksud dengan membawa perbekalan disini adalah perbekalan makanan dan makanan ringan (snack) serta perbekalan uang tunai.

Perbekalan makanan dan snack ini untuk perbekalan makanan selama perjalanan Anda.

Sehingga jika ternyata selama perjalanan, sudah memasuki waktu makan siang, atau malam, namun warung makan masih jauh maka Anda bisa makan dari perbekalan makanan dan snack yang telah Anda siapkan.

Sementara itu, perbekalan uang cash/ tunai diperuntukkan sebagai persiapan dan jaga-jaga, atas keperluan-keperluan yang memerlukan uang tunai.

Seperti misalnya membayar tambal ban apabila ban mobil Anda bocor, membayar tiket masuk tempat wisata, atau membayar tiket parkir.

Jangan mentang-mentang karena Anda sudah terbiasa bertransaksi non tunai yakni dengan menggesek kartu debet atau kredit kredit, Anda tidak memegang uang tunai sepeser pun.

Memang saat ini penggunaan uang cash sebagai transaksi sudah mulai berkurang. Apalagi dengan adanya dompet-dompet online, yang mana pembayarannya hanya dengan scan barcode seperti Sakuku dari BCA, OVO, dompet digital DANA, dan lain sebagainya.

Pastikan Bahan Bakar dan e-toll Anda dalam Jumlah Aman


Isi dengan penuh bahan bakar mobil Anda sebelum Anda dan keluarga berangkat untuk berlibur di akhir tahun ini agar nanti mobil Anda tidak mogok ditengah jalan.

Apalagi ketika memasuki jalan tol, yang mana SPBU atau stasiun pengisian bahan bakar baru ada di rest-rest area yang tersedia, yang jaraknya bisa berkilo-kilo antara rest area yang satu dengan yang lainnya.

persiapkan e-toll saat liburan dengan mobil pribadi

Hindari menunda-nunda untuk mengisi bahan bakar mobil Anda. Misalnya, bahan bakar mobil Anda tinggal setengahnya, karena Anda pikir bahwa masih ada setengahnya lagi, lalu Anda menunda untuk mengisinya.

Maka tidak menutup kemungkinan Anda akan lupa atau lalai, atau bahkan Anda akan kehabisan bahan bakar ketika Anda tiba ditempat tujuan wisata keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga harus memastikan e-money atau e-toll Anda cukup untuk membayar tol, ketika Anda menempuh perjalanan melalui jalan tol.

Karena saat ini tidak ada lagi gerbang tol yang menerima pembayaran dengan uang cash/ tunai. Semua gerbang tol saat ini telah menggunakan pembayaran non tunai atau dengan menggunakan kartu e-toll atau e-money.

Keselamatan dalam Perjalanan adalah yang Utama


Dari semua tips yang telah kami berikan diatas, yang paling penting dan utama untuk menjadi perhatian Anda adalah Keselamatan.

Kondisi dan kesehatan mobil serta tubuh, cara menyetir mobil, alat atau tools dan aplikasi yang digunakan serta kelengkapan-kelengkapan lain selama perjalanan tidak akan ada gunanya, jika Anda mengendarai mobil tanpa memperhatikan keselamatan Anda dan keluarga Anda.

Karena itu, selalu utamakan keselamatan diri Anda dan keluarga Anda selama perjalanan liburan akhir tahun Anda dan keluarga.

Perhatikan dan patuhi segala rambu-rambu lalu lintas, berkendara sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta cari aman ketika berkendara.

Jangan menyetir mobil yang dapat membahayakan Anda dan juga orang lain, seperti kecepatan yang melampaui batas yang ditentukan, melanggar rambu lalu lintas, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan sebagainya.

Ketika Anda lelah dan mengantuk, maka beristirahatlah, jangan memaksakan diri, jika memang Anda benar-benar letih dan mengantuk.

Sekali lagi keselamatan adalah yang utama, jadi apabila ada sedikit saja kendala yang Anda hadapi selama perjalanan liburan bersama keluarga dengan mobil pribadi Anda, maka menepilah. Selamat liburan tahun baru!
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Liburan Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga dengan Mobil Pribadi"

Posting Komentar

Contoh Soal CPNS, PPPK, Psikotes dan SNMPTN

Belajar hukum, Bahasa Inggris, Blog dan Bisnis

Informasi Lowongan Kerja, Lifestyle, Teknologi dan Otomotif

Tata Persuratan dan Do It Yourself