Ini Dia 6 Manfaat Slip Gaji yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia 6 Manfaat Slip Gaji yang Harus Anda Ketahui

Sering dilihat:

Karyawan atau pegawai, baik itu karyawan swasta, BUMN maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS), pasti menerima slip gaji setiap bulannya.

Slip gaji adalah bukti otentik yang berisi tentang besaran gaji atau sejumlah penghasilan yang diterima oleh seorang pegawai atau karyawan.
manfaat dan kegunaan serta fungsi dari slip gaji

Bukti resmi ini dikeluarkan untuk setiap bulannya oleh perusahaan atau instansi dimana karyawan/ pegawai itu bekerja.

Manfaat Slip Gaji


Didalam slip gaji tersebut biasanya berisi dengan jumlah atau nominal-nominal tertentu yang dijelaskan secara rinci atau hanya sekedar rangkuman saja, tergantung kebijakan dari perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja.

Terkait dengan gaji pokok, tunjangan-tunjangan atau tambahan gaji, serta potongan-potongan gaji seperti potongan pajak, sampai potongan pinjaman/ kredit bank.

Lihat: Surat Pengakuan Utang Dibawah Tangan dan Secara Notariil

Slip gaji ini tetap diterbitkan oleh perusahaan/ instansi dimana karyawan/ pegawai tersebut bekerja tanpa harus diminta oleh karyawan/ pegawai yang bersangkutan untuk setiap bulannya, baik yang isinya terperinci maupun hanya sekedar rangkumannya saja.

Selain itu, karyawan/ pegawai juga bisa meminta untuk diterbitkan atau dibuatkan slip gaji oleh perusahaan/ instansi sewaktu-waktu jika dibutuhkan oleh karyawan/ pegawai tersebut.

Fungsi Slip Gaji


Secara umum, slip gaji berfungsi sebagai bukti otentik, atau bukti resmi baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan tentang besaran penghasilan yang diterima karyawan/ pegawai dan besaran pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan/ instansi (negara).

Fungsi Slip Gaji Bagi Perusahaan


Secara khusus, bagi perusahaan/ instansi (negara) slip gaji berfungsi sebagai catatan, nota, atau dokumentasi atas pengeluaran dana perusahaan (cost) untuk gaji atau upah karyawan/ pegawai.

Yakni berfungsi sebagai bukti resmi bahwa perusahaan atau instansi (negara) telah mengeluarkan sejumlah dana (uang) untuk memenuhi kewajibannya kepada karyawan/ pegawai yang terkait dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak dari karyawan/ pegawai tersebut.

Fungsi Slip Gaji Bagi Karyawan/ Pegawai


Sedangkan untuk karyawan/ pegawai secara khusus slip gaji berfungsi sebagai bukti otentik mengenai mengenai kejelasan pembayaran gaji dari perusahaan/ instansi tersebut.

Yakni berfungsi sebagai bukti resmi untuk dipegang dan diketahui oleh karyawan/ pegawai mengenai kewajiban perusahaan/ instansi (negara) sebagai informasi yang berisi sejumlah nominal bersih yang diterimanya, setelah dipotong dengan pajak dan potongan-potongan resmi lainnya.

Manfaat dan Kegunaan Slip Gaji untuk Karyawan/ Pegawai


Selain manfaat dan fungsi seperti yang telah saya sebutkan diatas, masih banyak manfaat lain dari slip gaji yang bisa Anda (karyawan/ pegawai) gunakan terkait dengan slip gaji tersebut.

Berikut ini, saya akan memberikan 6 manfaat dan kegunaan dari slip gaji dari pengalaman pribadi saya, yang mungkin bisa juga Anda manfaatkan dan gunakan.

1. Mengajukan Kredit Bank Tanpa Agunan


Untuk manfaat dan kegunaan pertama dari slip gaji ini mungkin telah menjadi sebuah pengetahuan umum yang telah sering kita dengar atau bahkan mungkin telah kita lakukan.

Pihak bank, terutama bank yang menjadi tempat rekening penerimaan gaji karywan/ pegawai biasanya pasti memiliki atau memberikan sebuah program kredit tanpa agunan bagi karyawan/ pegawai tersebut.

Lihat: Prosedur Eksekusi Perjanjian Kredit dengan Jaminan Fidusia

Selain itu, slip gaji juga menjadi standart yang telah ditetapkan bank terhadap orang-orang yang ingin mengajukan kredit.

Jika karyawan/ pegawai ingin mengajukan pinjaman/ kredit ke bank yang rekening gaji nya juga melalui bank tersebut, biasanya dapat mengajukan kredit tanpa agunan dengan hanya melampirkan slip gaji sebagai dasar pengajuan kredit tanpa agunannya.

Hal ini juga berlaku bagi karyawan/ pegawai yang ingin mengajukan kredit dengan agunan, ditempat atau bank lain.

Artinya slip gaji adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh karyawan/ pegawai dalam pengajuan pinjaman/ kredit.

Slip gaji ini berfungsi sebagai informasi bagi pemberi pemberi kredit (bank) dalam hal menentukan kesesuaian dan kemampuan membayar dari pemohon pinjaman (karyawan/ pegawai) tersebut.

Slip gaji tersebut harus disertakan didalam formulir pengajuan kredit, baik tanpa agunan maupun dengan agunan yang diisi dan diajukan oleh pemohon pinjaman/ kredit (karyawan/ pegawai).

Bagitu juga dengan pengajuan kredit kepemilikan rumah (KPR), sejumlah nominal yang tertera di slip gaji, sangat mempengaruhi dan menjadi penilaian dan persetujuan Bank terhadap kredit yang kita ajukan.

2. Mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)


Memiliki tempat tinggal sendiri adalah menjadi impian semua orang.

Akan tetapi, bagi seorang karyawan/ pegawai sebuah rumah bisa menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dimiliki, apalagi dimiliki dengan cara membeli secara tunai/ cash.

Karena itu, memiliki rumah dengan jalan mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bagi seorang karyawan/ pegawai adalah salah satu cara yang sangat mungkin untuk dilakukan.

Sebagai karywan/ pegawai Anda bisa mewujudkan impian Anda memiliki rumah idaman dengan mengajukan KPR.

Dan slip gaji adalah salah satu syarat utama yang harus Anda penuhi ketika mengajukan KPR.

Slip gaji bisa menjadi faktor penentu, apakah pengajuan kredit kepemilikan rumah Anda disetujui atau tidak oleh pihak bank (pemberi kredit).

Karena melalui slip gaji inilah pihak bank penyedia KPR akan menganalisa kemampuan Anda dalam membayar cicilan rumah untuk setiap bulannya.

Besaran cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya setidaknya atau tidak melebihi sepertiga (1/3) dari sejumlah nominal gaji bersih yang Anda terima yang tertera pada slip gaji Anda.

Atau slip gaji Anda setidaknya harus memiliki nilai tiga kali lipat lebih besar dari cicilan per bulannya.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan besaran cicilan bulanan yang Anda ambil yang biasanya terkait juga dengan uang muka (DP) dan tenor yang Anda ambil dengan jumlah gaji yang Anda terima yang tertera di dalam slip gaji.

Misalnya, jika gaji bersih yang Anda terima dan tertera didalam slip gaji adalah sebesar 10juta rupiah, maka Anda harus memilih KPR yang cicilan bulanannya paling besar 3,3 juta rupiah.

3. Mengajukan Kredit Motor/ Mobil


Hampir sama dengan pengajuan KPR, kegunaan lain dari slip gaji yang bisa Anda manfaatkan adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua (motor) maupun roda empat (mobil).

Ketika Anda mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor, pihak pemberi kredit, dalam hal ini leasing dengan perjanjian fidusia, pasti mempersyaratkan kelengkapan slip gaji.

Entah itu untuk kepemilikan kendaraan bermotor, mobil bekas maupun mobil baru, jika dilakukan dengan perjanjian fidusia (leasing) atau kredit pasti harus menyertakan slip gaji dalam pengajuannya.

Perbedaan antara kredit kepemilikan kendaraan bermotor dan kredit kepemilikian rumah hunian, terletak pada harga, tenor, uang muka (DP) dan cicilannya yang lebih rendah dari pada cicilan rumah.

Akan tetapi, tentu saja kondisi kendaraan yang baru atau bekas, type, serta merk kendaraan juga sangat mempengaruhi besaran jumlah cicilan bulanan yang akan Anda bayar.

4. Mengajukan Kredit Barang dan Alat Elektronik


Saat ini, kita hidup diera yang banyak memberikan kemudahan-kemudahan dalam setiap sendi kehidupan kita.

Tidak terkecuali kemudahan dalam kepemilikan alat-alat elektronik.

Kebutuhan dan keinginan untuk memiliki barang-barang elektronik biasanya sering kali kita kesampingkan, karena kita harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih utama/ prioritas.

Karena itulah, banyak dari kita yang memanfaatkan jasa perusahaan-perusahaan leasing yang memberikan kredit kepemilikan barang dan alat-alat elektronik.

Kepemilikan barang dan alat-alat elektronik dengan memanfaatkan jasa perusahaan pemberi kredit barang elektronik (leasing) ini selain mudah, cicilan bulanannya juga sangat kecil.

Paling tidak, lebih kecil dari pada kepemilikan kendaraan bermotor roda dua.

Hal inilah yang membuat sebagian dari kita lebih memilih memiliki barang dan alat-alat elektronik dengan jalan kredit.

Perusahaan-perusahaan pembiayaan kepemilikan barang dan alat-alat elektronik seperti KreditPlus, FIF, ADIRA dan sebagainya telah menjadi pilihan masyarakat kita untuk memiliki alat-alat elektronik secara kredit.

Dan salah satu syarat yang wajib kita penuhi untuk pengajuan kredit kepemilikan barang-barang elektronik ini adalah adanya slip gaji dari pemohon kredit.

Slip gaji ini gunanya sama dengan kredit atau pinjaman-pinjaman seperti diatas, yakni sebagai bahan bagi perusahaan jasa pembiayaan (leasing) untuk menilai dan mempertimbangkan kemampuan Anda membayar cicilan kredit alat-alat elektronik tersebut setiap bulannya.

Selain itu, slip gaji juga sangat mempengaruhi tenor atau jangka waktu lamanya cicilan yang Anda ambil nanti.

5. Mengajukan Kredit Dana Cepat


Ada kalanya kita membutuhkan dana dalam jumlah tertentu, yang biasanya tidak terlalu besar, namun dalam waktu yang sangat cepat.

Artinya, kita membutuhkan sejumlah dana yang mendesak.

Mengajukan kredit dana cepat merupakan sebuah solusi tercepat untuk mendapatkan bantuan dana berupa uang yang mendesak.

Karena selain proses pengajuan yang sangat mudah juga dapat cair dengan cepat.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengajukan kredit dana cepat, yang biasanya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek.

Entah itu untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek yang konsumtif, yang biasanya sering dilakukan oleh para generasi millennial.

Dan seringkali karenanya tidak sedikit anak muda, generasi milenial yang saat ini ber usia 20an mengalami kondisi keuangan yang buruk.

Dana cepat ini biasanya tidak membutuhkan agunan/ jaminan, sebab nilai kredit yang diajukan juga biasanya tidak bisa dalam jumlah besar.

Namun, tetap seperti halnya kredit dan pinjaman-pinjaman lainnya, pasti dan selalu mensyaratkan slip gaji dalam pengajuannya.

6. Menjadi Referensi untuk Melamar Pekerjaan Baru 


Untuk kegunaan dari slip gaji yang terakhir ini, mungkin tidak banyak yang mengetahuinya.

Ketika kita melamar pada sebuah pekerjaan baru, sering kali pada sesi wawancara kita ditanyakan tentang berapa besar gaji yang ingin kita terima.

Dan slip gaji dari perusahaan lama tempat kita bekerja bisa menjadi referensi bagi perusahaan baru dalam menentukan besaran gaji yang akan kita terima di perusahaan mereka.

Slip gaji yang menjadi referensi bagi perusahaan baru tempat kita melamar pekerjaan tersebut, akan menjadi bahan sebagai pertimbangan bagi perusahaan baru ketika menawar gaji untuk kita.

Slip gaji ini menjadi bukti otentik dan bukti resmi tentang valid tidaknya data kita bagi perusahaan baru tempat kita melamar, serta untuk memastikan agar kita tidak digaji lebih kecil dari perusahaan lama.

Karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin pindah kerja (untuk alasan apapun) memberikan informasi yang benar tentang besaran gaji yang Anda terima ditempat lama.

Lihat: BUMN Idaman Para Pencari Kerja

Itulah tadi enam manfaat dan kegunaan slip gaji yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!
Loading...
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar