Panduan Membeli Mobil Avanza Bekas/ Second

loading...
Loading...
Ingin beli mobil Toyota Avanza Second? Cek panduan memilih mobil Avanza bekas Berikut!

Toyota Avanza adalah mobil segmen MPV dan merupakan salah satu mobil keluarga yang paling banyak kita temukan di jalanan.
panduan memilih dan membeli mobil avanza bekas-second

Mobil yang sering juga disebut sebagai mobil satu juta umat ini sangat populer dan menjadi kebanggaan keluarga Indonesia.

Mobil yang telah mengaspal diseluruh pelosok nusantara sejak 15 tahun yang lalu ini, masih banyak peminatnya, walaupun kini telah hadir mobil-mobil segmen MPV sejenis dari merek lain.

Lihat: Penyebab Kopling Mobil Cepat Rusak dan Aus

Panduan Memilih Mobil Avanza Second


Totoya Avanza, walaupun sudah cukup lama diluncurkan sekitar tahun 2004 silam, hingga saat ini masih diburu dan memiliki pangsa pasar yang besar.

Bahkan di pasar mobil bekas sendiri, Avanza termasuk salah satu tipe mobil yang sangat mudah ditemukan.

Kepopulerannya tidak lain karena mobil ini dikenal tangguh, awet, dan memiliki harga yang relatif terjangkau.

Apalagi dengan didukung oleh jaringan bengkel resminya yang luas, semakin membuat pemilik mobil Toyoya Avanza tidak mengkhawatirkan soal penanganan kerusakan dan penggantian suku cadang.

Iya, Toyota Avanza, mobil sejuta umat yang paling laris ini memang tidak ada matinya.

Merajai pangsa pasar segmen MPV di Indonesia, maka tidak salah jika mobil Avanza ini menjadi produk kebanggaan Toyota.

Kami berani mengatakan mobil Avanza ini merajai pangsa pasar mobil di Indonesia, karena memang jumlah penjualan yang cukup tinggi.

Hal ini bisa dibuktikan dengan mudah, yakni saat Anda berkendara di jalanan Indonesia, apalagi di jalan tol, Anda dapat dengan mudah menemukan jenis mobil yang satu ini.

Bahkan, ketika Anda mendahuluinya, maka Anda akan bertemu kembali dengan mobil Avanza yang lainnya didepan Anda.

Hingga saat ini, peminat mobil sejuta umat ini masih sangat stabil.

Meskipun telah hadir beberapa produk baru dari merek lain yang muncul sebagai pesaingnya, seperti Ertiga dari Suzuki, Mobilio dan BRV dari Honda, serta Expander dari Mitshubisi yang sedikit bisa menyusul kepopuleran mobil kebanggaan Toyota ini.

Toyota secara konsistes terus menerus melakukan penyegaran dan pengembangan untuk produk toyota Avanza ini, sehingga membuat konsumennya masih tetap setia dengan produk ini.

Sebagai informasi untuk Anda, harga mobil bekas Avanza 1.300 CC tipe G Metik, keluaran tahun 2013 saja masih dibanderol dengan harga 165 juta rupiah.

Untuk harga mobil segmen MPV second, harga tersebut masih cukup tinggi.

Avanza Sebagai Mobil Taxi Online


Mobil Avanza memiliki kapasitas yang cukup besar dengan 3 baris tetap duduk dan mampu membawa 8 penumpang maka tak heran jika mobil ini sangat cocok di jadikan sebagai taxi online.

Menjamurnya bisnis driver taxi online adalah salah satu alasan mengapa Toyota Avanza semakin dicari, karena memiliki daya tampung penumpang yang cukup luas.

Selain itu, mobil keluarga ini juga menjadi salah satu mobil yang digunakan oleh keluarga Indonesia untuk pulang mudik dikala liburan atau libur hari-hari besar keagamaan.

Tips Membeli Mobil Avanza Second


Memilih dan membeli mobil second Avanza sebetulnya cukup mudah, yang pertama adalah pastikan bahwa mobil tersebut tidak pernah mengalami kebanjiran.

Anda bisa mengecek apakah mobil tersebut pernah kebanjiran atau tidak dengan melihat kebagian bawah kursi depan mobil.

Jika mobil tersebut pernah mengalami kebanjiran, biasanya ada sisa-sia lumpur atau karat disana.

Selain itu, Anda bisa mencoba memeriksa bagian dibawah karpet mobil, dengan menariknya dan memeriksa apakah ada karat atau tidak.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari dan ingin membeli mobil bekas Toyota Avanza, berikut ini kami kumpulkan tips-tips lengkap mencari mobil bekas Toyota Avanza.

Lihat: Plus Minus Membeli Mobil Baru dan Bekas

1. Memeriksa Kaki-Kaki Mobil Avanza Bekas


Jika Anda terkendala dengan anggaran atau budget, biasanya akan mencari mobil Avanza untuk unit atau type lawas, atau yang sudah agak tua serta memiliki kilometer yang tinggi.

Karena itu, yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah memastikan kaki-kaki mobil dalam keadaan sehat.

Sebagai informasi, mobil Avanza ini banyak dijadikan sebagai kendaraan rental dan operasional, sehingga bisa saja digunakan oleh tipe orang yang asa-asalan dalam mengemudi.

Selain itu, lihat juga sistem power steering electric serta bannya.

Untuk melihat masalah yang ada pada kaki-kaki mobil, Anda bisa menjadikan kondisi ban sebagai patokan.

2. Melakukan Test Drive Mobil Avanza Bekas


Melakukan test drive tidak hanya untuk mencari dan membeli mobil bekas Avanza saja, namun juga harus dilakukan untuk jenis, type dan merek mobil bekas yang lainnya.

Artinya, test drive ini adalah hal yang wajib Anda lakukan ketika Anda mencari dan memilih mobil bekas.

Karena pada saat test drive, inilah Anda dapat memperhatikan, merasakan apakah ada hal yang aneh atau yang salah pada mobil tersebut.

Anda bisa memperhatikan dan mendengar dengan saksama apakah ada suara aneh yang terdengar, terutama ketika Anda berbelok, atau melintasi jalan yang bergunduk atau berlubang.

Selain itu Anda juga bisa menilai dan merasakan kenyamanan ketika Anda mengendarainya dari setir mobil ketika sedang melaju.

Dan yang paling penting untuk diperhatikan adalah adalah respons dan aktivitas ban belakang, rasakan jika terjadi keganjilan.

3. Memeriksa Kondisi Mesin Mobil Avanza Bekas


Mobil Avanza bekas lawas atau yang telah memiliki kilometer yang tinggi, tentu akan berdampak pada performa mesinnya.

Karena itu, pastikan untuk mengecek kondisi dan keadaan mesin, apakah ada ada kebocoran cairan di area sekitar mesin atau tidak.

Selain itu, perhatikan dan lihat juga apakah ada cairan yang berada di sekitar ruang mesin, seperti oli, minyak rem, minyak kopling, serta radiatornya.

Apabila Anda menemukan jejak penambahan cairan atau jumlah cairan yang berkurang, itu artinya ada masalah pada sistemnya.

4. Meminta Buku Riwayat Servis Mobil Avanza Bekas


Mobil yang terawat dengan baik biasanya akan tercatat pada buku riwayat service nya.

Buku riwayat servis yang terisi secara berkala dan teratur menunjukkan ketelatenan pemilik mobil Avanza sebelumnya dalam merawat mobil.

Apalagi jika semua servis terhadap mobil tersebut dilakukan di bengkel resmi Avanza, maka Anda akan dengan sangat mudah mengecek riwayat servis mobil Avanza bekas tersebut.

Karena semua riwayat servis, penggantian sparepart, semua telah tercatat secara komputerisasi dibengkel resmi Toyota.

Untuk itu, pastikan Anda meminta buku riwayat servis mobil sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak.

Sebab, penilaian dari buku riwayat servis akan lebih objektif ketimbang penilaian yang disampaikan oleh bagian penjualan gerai mobil bekas.

5. Memeriksa Kabin Mobil Avanza Bekas


Berhubung mobil Avanza adalah mobil bertipe MPV (Multi-Purpose Vehicle), yang biasanya sering digunakan untuk mengangkut penumpang dan bawaan dalam jumlah yang banyak, maka jangan lupa pula untuk mengecek kondisi kabinnya.

Periksa dan inspeksi apakah panel pintu, dasbor, jok/ bangku, dan interior secara keseluruhan masih minim kerusakan seperti baret, sobek, atau kotor.

Jika diperhatikan sih memang terlihat tidak terlalu penting, namun jika hal ini Anda periksa juga maka Anda akan dapat menghemat biaya untuk merapikan interior mobil Avanza bekas Anda.

6. Memeriksa AC Mobil Avanza Bekas


Tidak peduli Anda mau tinggal didaerah panas seperti di ibukota Jakarta atau didaerah pesisir pantai, atau didaerah dingin seperti daerah pegunungan, Anda harus memeriksa performa AC unit Avanza yang Anda ingin beli.

Periksa blower depan dan belakang apakah masih menghasilkan udara dingin yang wajar atau tidak.

Lihat: Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

7. Memilih Tipe Mobil Avanza Bekas


Untuk mobil Toyota Avanza, ada beberapa tipe yang bisa Anda pilih.

Anda bisa memilih dengan lebih melihat kapasitas mesin, atau bisa juga melihat dari kelengkapak fitur-fitur yang ditawarkan.

Untuk kapasitas mesinnya sendiri, mobil Avanza memiliki dua tipe pilihan mesin yakni 1.300 cc dan 1.500 cc.

Sedangkan untuk trim utamanya ada tiga pilihan, yakni tipe E, G, dan Veloz.

Jika Anda tinggal dikota-kota besar, atau daerah yang tingkat lalu lintasnya padat, maka mobil Avanza bertipe trim G dengan kapasitas mesin 1.300 cc adalah pilihan yang paling pas untuk Anda.

Memiliki mesin yang kecil membuatnya irit bahan bakar, serta fitur yang cukup lengkap.

Akan tetapi, jika Anda lebih sering melakukan perjalanan jauh dan memiliki fitur yang canggih, maka Avanza Veloz bermesin 1.500 cc adalah unit yang ideal untuk Anda.

Selain itu, harga jual kembali untuk tipe-tipe ini juga masih relatif tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan pribadi ataupun sebagai kendaraan taxi online.

Dari semua cara melihat dan mengecek keadaan mobil bekas Avanza akan lebih mudah, jika Anda mencari penjual mobil Avanza bekas ke dealer resmi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut secara keseluruhan.

Agar lebih meyakinkan Anda bahwa kondisi mobil tersebut masih dalam keadaan prima.

Pastikan kondisi mobil Avanza second yang ingin Anda beli dalam kondisi prima, sebelum Anda membeli mobil second tersebut.

Bagaimana, sudah cukup lengkap infonya? sudah menemukan mobil Avanza second yang ideal?

Jika iya, maka jangan ragu dan mulailah menyiapkan budget Anda untuk membawa pulang kendaraan impian Anda.

Selamat berburu Avanza second!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Membeli Mobil Avanza Bekas/ Second"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum