Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jelang Penerimaan CPNS 2019, Siapkan Diri Anda dengan 6 Tips Ampuh Ini

Rencananya, Kemenpan RB akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan Maret 2019 mendatang.

Formasi Penerimaan CPNS 2019 ini tidak sebanyak pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, yang mencapai 238ribu formasi, namun hanya 100ribu formasi.
tips ampuh lulus tes cpns 2019

Penerimaan CPNS 2019 yang akan dibuka pada bulan Maret 2019 ini disampaikan oleh Menteri PAN RB pada saat rapat evaluasi penerimaan CPNS tahun 2018 bersama Komisi II DPR, di Gedung DPR RI, Senayan. (22/1/2019).

Penerimaan CPNS 2019


Dan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, penerimaan CPNS ini selalu ditunggu dan dinanti oleh masyarakat yang ingin mengadu nasib menjadi abdi negara (PNS).

Banyak orang yang tidak tergiur untuk menjadi PNS.

Hampir semua orang terutama para pencari kerja, maupun mereka yang telah bekerja di perusahaan swasta ingin menjadi PNS.

Karena PNS sudah menjadi sebuah impian besar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan banyak keuntungan yang didapat dengan menjadi PNS.

Selain gaji besar, tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, dan penghasilan tambahan lain yang cukup menggiurkan, membuat PNS menjadi profesi primadona di negeri ini.

Belum lagi terbukanya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, dengan mendapatkan beasiswa pendidikan baik didalam negeri maupun di luar negeri.

Namun, seperti yang kita ketahui, untuk menjadi PNS tidaklah mudah, persaingan yang cukup tinggi serta tahapan seleksi yang harus dihadapipun cukup ketat.

Seperti halnya ketika kita ingin bekerja pada posisi yang enak, tentu memerlukan perjuangan yang keras untuk mendapatkannya.

Yang artinya, sebagai salah satu pelamar dari sekian ribu pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lainnya, Anda harus melewati beberapa tahapan seleksi.

Diantaranya, harus mengikuti tahapan seleksi berupa tes akademis, maupun tes kemampuan bidang dan juga tes wawancara.

Apalagi, Anda harus bersaing ketat dengan ribuan bahkan ratusan ribu pelamar CPNS lainnya yang memimpikan hal yang sama dengan Anda, yakni bekerja dan diterima sebagai PNS.

Rencananya, rekrutmen CPNS 2019 ini akan diselenggarakan oleh pemerintah pusat pada bulan Maret 2019 nanti.

Karena itu, mari mulai persiapkan diri Anda dari sekarang untuk ikut seleksi penerimaan CPNS 2019.

Permasalahan apakah Anda lolos dan diterima sebagai PNS atau tidak, semua tergantung dari sejauh mana usaha Anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda, mulai dari lowongan atau formasi CPNS Pusat dan Daerah yang dibuka hingga pada kiat-kiat agar lulus seleksi penerimaan CPNS 2019 nanti.

Tujuan penerimaan CPNS 2019 ini adalah untuk mengisi kekosongan formasi yang tidak terisi pada saat penerimaan CPNS 2018 yang lalu.

Yang mana, banyak peserta yang gagal melampaui passing grade pada seleksi kompetensi dasar (SKD) yang telah ditentukan untuk bisa lolos seleksi pada tahap berikutnya, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).

Kemungkinan besar formasi lowongan untuk CPNS 2019 kali ini tidak jauh berbeda dengan formasi CPNS 2018 yang lalu, yang akan difokuskan di beberapa jabatan teknis dan spesialis.

Bertujuan untuk mendukung pembangunan di daerah-daerah yang tertinggal, sehingga daerah tersebut menjadi lebih maju dan berkembang.

Yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah internasional.

Secara umum, Penerimaan CPNS 2019 kemungkinan akan merekrut kembali posisi-posisi tenaga pendidikan, kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi dan ketahanan pangan.

Prosedur Pendaftaran CPNS 2019


Anda yang telah mengikuti seleksi dan pendaftaran penerimaan CPNS 2018 yang lalu tentu sudah tidak asing lagi dengan prosedur pendaftaran CPNS ini.

Karena prosedur pendaftaran CPNS 2019 yang telah ditetapkan pemerintah, pada dasarnya dari tahun ke tahun relatif sama.

Kalaupun ada perbedaan, paling hanya adanya penambahan informasi terkait prosedur pendaftaran penerimaan CPNS 2019 itu, pastinya akan langsung diumumkan secara langsung oleh pihak BKN, melalui portal resmi mereka.

Jadi, teruslah memantau dan mencari informasi terkini terkait penerimaan CPNS 2019 di portal resmi serta akun media sosial resmi dari BKN.

Apabila semua informasi jadwal penerimaan CPNS 2019 telah diumumkan secara lengkap, maka saatnya Anda mulai bergerak, jangan menunda-nunda waktu untuk mendaftarnya.

Lakukan pendaftaran CPNS sesegera mungkin secara online melalui situs resmi penerimaan CPNS BKN, bukan yang lain.

Persiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Akreditasi dai BAN PT, pas foto, dan lain sebagainya.

Pastinya, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan segala persyaratan yang telah ditentukan, agar pada saat pendaftaran Anda tidak mengalami kendala apapun.

Yang pada akhirnya akan membuat Anda lebih rileks, tenang, serta nyaman dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang nantinya.

Selain, persiapan yang matang dalam hal pendaftaran, Anda juga harus mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik lagi dalam hal menghadapi setiap seleksi kompetensi yang akan dihadapi.

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS 2019


Untuk itu, kami dari Awam Bicara akan memberikan Anda beberapa tips ampuh untuk lulus dan menjadi PNS pada tahun 2019 ini.

Jika Anda gagal dalam seleksi kompetensi dasar maupun seleksi kompetensi bidang pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, bukan berarti itu adalah akhir dari segalanya.

Anda masih bisa mencobanya lagi pada penerimaan CPNS 2019 ini.

1. Mempersiapkan Diri Sedini Mungkin


Bagi Anda yang telah berkali-kali mengikuti seleksi penerimaan CPNS, dan masih belum berhasil, mungkin ada suatu hal yang belum Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Dan apabila penerimaan CPNS 2019 ini adalah kesempatan terakhir Anda dalam mengejar mimpi Anda untuk menjadi PNS, maka sudah saatnya Anda melakukan sesuatu yang lebih dari sebelum-sebelumnya.

Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak lagi mengulur-ulur waktu lama untuk melakukan persiapan segala sesuatnya.

Mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Mulai dari mempersiapkan berkas dan persyaratan, sampai pada mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi kompetensi.

Hal ini pasti akan membantu dan mendukung Anda untuk lolos. Paling tidak, saat pendaftaran dan seleksi berkas pendaftaran, Anda tidak mengalami kendala ataupun hambatan yang berarti.

Terus pantau informasi terkini tentang penerimaan CPNS.

Apabila pemerintah telah membuka dan mengumumkannya, maka tak ada salahnya Anda mulai sejak saat itu juga dan langsung mempersiapkan diri Anda dengan matang.

Seperti pada saat sekarang ini, pemerintah telah membuka kemungkinan akan adanya penerimaan CPNS 2019 pada bulan maret mendatang.

Maka tentu tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri Anda mulai dari sekarang, baik itu untuk berkas dan persyaratan yang harus Anda penuhi, maupun persiapan belajar dalam menghadapi tes seleksi kompetensi CPNS nanti.

Jika Anda ingin lulus tes CPNS, maka jangan pernah Anda menganggap remeh segala sesuatnya, sebab Anda akan bertemu dengan ribuan pesaing lainnya.

2. Melengkapi Dokumen Persyaratan CPNS


Walaupun Anda telah mendaftar pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, tentu tidak ada salahnya Anda mencek kembali, apakah dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS Anda sudah lengkap atau belum.

Jangan sampai pada saat waktu pendaftaran yang biasanya dilakukan secara online tiba, ada dokumen persyaratan Anda yang kurang.

Kondisi ini pastinya akan membuat pendaftaran CPNS Anda terhambat dan tidak menutup kemungkinan Anda bisa langsung gagal di tahap penyeleksian dokumen administrasi.

Selain itu, Anda tidak akan terbebani lagi dengan persyaratan dokumen pendaftaran cpns, sehingga pikiran Anda akan lebih rileks dalam menghadapi tes seleksi kompetensi.

Untuk itu agar masalah kelengkapan dokumen pendaftaran ini tidak menjadi masalah kedepannya, maka perhatikan dokumen-dokumen penting Anda.

Terutama, KTP, Kartu Keluarga, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Akreditasi dai BAN PT, pas foto, dan meterai, serta fotokopi-fotokopi dokumen yang dibutuhkan saat pendaftaran CPNS nanti.

Susun dokumen persyaratan pendaftaran CPNS Anda dengan rapih dan kumpulkan dalam sebuah map, agar tidak tercecer, dan berantakan serta mudah di temukan bila dibutuhkan.

3. Cermat dan Teliti


Setelah semua dokumen pendaftaran CPNS Anda terkumpul dan tersusun rapi, dan pendaftaran CPNS 2019 dibuka, maka cobalah untuk lebih cermat dan teliti saat mengisi formulir pendaftaran CPNS.

Pendaftaran CPNS ini biasanya dilakukan secara online, dan tidak boleh ada kesalahan dalam penginputan formulir.

Karena itu, lakukan pendaftaran CPNS secera cermat dan teliti, jangan terburu-buru.

Setelah pengisian formulir pendaftaran CPNS Anda bisa mencetak hasil pendaftaran atau nomor regestrasinya, yang nantinya digunakan untuk verifikasi dokumen secara faktual, untuk kemudian mendapatkan nomor peserta.

Untuk itu, pastikan kembali bahwa formulir yang Anda isi, sudah terisi dengan lengkap dan data yang digunakan sudah benar, tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

Hal ini perlu dilakukan karena pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan sekali.

4. Belajar Soal-soal Tes CPNS


Setelah semua persiapan awal menghadapi seleksi penerimaan CPNS, yakni berupa persiapan persyaratan dokumen dan seleksi administrasi selesai tanpa kendala yang berarti, kini saatnya Anda mempersiapkan diri Anda menghadapi tes seleksi kompetensi.

Mempersiapkan dokumen penting saat seleksi administrasi CPNS sama pentingnya dengan mempersiapkan diri saat mengikuti tes seleksi kompetensi.

Seleksi kompetensi ini adalah seleksi atau tes berupa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan.

Agar Anda dapat menjawab pertanyaan seleksi kompetensi dengan lancar tanpa adanya hambatan, maka belajar soal-soal CPNS sangat penting untuk Anda lakukan.

Soal-soal CPNS tersebut berisi materi tentang tes wawasan kebangsaan (TWK), yang di antaranya meliputi UUD 45, Pancasila dan sejarah Republik Indonesia.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menguji dan melihat rasa kebangsaan dan nasionalis serta idiologi pancasila para peserta penerimaan CPNS.

Anda bisa belajar soal-soal CPNS yang terdahulu, baik dari buku bank soal CPNS, yang sekarang ini sudah tersedia di toko-toko buku terdekat dikota Anda atau pun bisa Anda dapatkan melalui internet.

Atau Anda bisa melihat artikel kami tentang soal-soal CPNS dan Pembahasannya ini.

5. Mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel)


Anda bisa belajar secara sendiri atau belajar mandiri melalui buku-buku bank soal CPNS, atau melalui internet disitus awambicara ini, Anda juga bisa mengikuti kegiatan bimbingan belajar atau bimbel lulus CPNS.

Menjelang pembukaan dan penerimaan CPNS, banyak tempat kursus yang membuka dan menyediakan bimbel kepada calon pelamar CPNS agar bisa lulus tes seleksi kompetensi dan lulus sebagai PNS.

Melalui bimbel ini, Anda bisa mengukur kemampuan diri Anda sendiri dalam menghadapi tes seleksi kompetensi CPNS.

Dari sini Anda bisa mengukur diri Anda sendiri, dan melihat formasi atau lowonan CPNS yang dibuka yang dapat memberikan Anda peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai PNS.

6. Menjalani Pola Hidup Sehat


Dokumen pendaftaran sudah lengkap, buku bank soal CPNS Anda punya, sudah mendaftar untuk ikut bimbel lulus CPNS.

Belajar secara mandiri untuk menguasai soal-soal tes CPNS juga sudah.

Kini yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan Anda.

Semua persiapan Anda akan sia-sia, entah itu persiapan dokumen, buku bank soal, belajar mandiri soal cpns, dan sebagainya jika pada saat tes seleksi kompetensi penerimaan CPNS Anda sakit.

Semua persiapan-persiapan diatas, akan sia-sia apabila kesehatan diri Anda sendiri tidak diperhatikan dengan baik.
Anda tentu tidak mau jatuh sakit pada saat akan atau sedang mengikuti tes CPNS, bukan?

Karena itu, tidak ada kata terlambat untuk menjalankan pola hidup sehat.

Demi menggapai mimpi menjadi PNS, dan demi kelancaran saat mengikuti seleksi penerimaan CPNS, sebaiknya mulailah menjalani pola hidup sehat.

Pilihlah makanan dan minuman yang baik lagi sehat untuk dikonsumsi, serta imbangi juga dengan olahraga yang teratur.

Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap terjaga dengan baik.

Karena, "Didalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat."

Percayalah Anda Pasti Lulus dan Menjadi PNS


Setelah segala sesuatu nya telah Anda persiapkan dengan matang, telah belajar dengan giat, baik secara mandiri melalui buku bank soal CPNS, maupun dengan mengikuti bimbel, selanjutnya adalah menjalani semua proses seleksi penerimaan CPNS tersebut.

Proses penyeleksian yang harus Anda hadapi dan jalani mulai dari tahap awal hingga ke tahap berikutnya.

Jangan mudah menyerah, apalagi putus asa sebelum mencoba.

Anda tidak akan pernah tahu, apa hasil yang akan Anda dapatkan jika Anda tidak mulai mencobanya.

Masa depan Anda tergantung dari usaha dan perjuangan Anda saat ini.

Yakinlah pada diri Anda sendiri.

Yakinlah bahwa apa yang Anda cita-citakan akan tercapai, apapun itu, termasuk lulus dan menjadi PNS.

Terakhir, dalam setiap usaha, jangan lupa juga untuk berdoa dan meminta kepada Yang Maha Kuasa, agar Anda dapat melalui semua proses seleksi penerimaan CPNS dengan baik dan lancar, serta dapat membuahkan hasil yang baik pula.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Jelang Penerimaan CPNS 2019, Siapkan Diri Anda dengan 6 Tips Ampuh Ini"