Mudik 2019 - Barang-barang Ini Wajib Ada Saat Mudik dengan Mobil Pribadi

loading...
Loading...
Mudik 2019 - Tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan seperti hari raya lebaran Idul Fitri yakni tradisi mudik.

Tradisi mudik ini selain untuk tetap menjalin tali silaturahmi, juga sebagai momen untuk sowan kepada orang tua dikampung halaman.

Tradisi mudik ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga terjadi di beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim lainnya, seperti Bangladesh.

barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Bagi para perantauan atau pekerja migran, mudik dan berkumpul bersama sanak-saudara untuk menikmati momen kebersamaan hari Raya Idul Fitri adalah saat-saat yang paling dinanti-nantikan.

Kini, mudik dengan kendaraan mobil pribadi semakin menjadi pilihan utama para pemudik.

Apalagi bagi mereka yang telah berkeluarga, mudik dengan mobil pribadi menjadi alat transportasi yang paling diminati.

Selain iut, jika dilihat dari sisi keuangan, mudik dengan kendaraan mobil pribadi ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli dengan tiket transportasi umum.

Apalagi sekarang, tiket transportasi umum seperti pesawat terbang harganya luar biasa tinggi.

Mengalami kenaikan hingga berkali-kali lipat dari harga normal.

Namun, di sisi lainnya, mudik dengan mobil pribadi juga memiliki beberapa risiko, seperti tingkat stres yang cukup tinggi karena menghadapi macet yang panjang akibat padatnya arus mudik lebaran.

Belum lagi resiko keselamatan dalam berkendara, dan masih banyak lagi resiko-resiko lain yang akan dihadapi ketika kita mudik dengan kendaraan mobil pribadi.

Untuk mengurangi resiko stres diperjalanan dan untuk menghindari kemacetan panjang saat arus mudik, tidak sedikit orang yang memilih untuk mudik jauh-jauh hari sebelum lebaran.

Baca juga: Tips Mudik Aman dengan Mobil Pribadi

Benda yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran


Bahkan ada yang mudik pasca Lebaran, pas hari H atau hari ke-2 lebaran dengan kendaraan mobil pribadi.

Nah, agar mudik tahun ini terasa lebih nyaman dan terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menyiapkan segala hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum berangkat mudik dengan mobil pribadi.

Menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik Anda.

Berikut ini, kami berikan daftar benda dan barang penting dan wajib ada di mobil ketika Anda memutuskan untuk pulang mudik bersama keluarga dengan mobil pribadi.

Barang apa saja yang mesti ada dalam mobil ketika mudik lebaran? Simak daftar barang penting yang wajib ada dimobil ketika mudik lebaran berikut ini:

1. Dongkrak dan Ban Serep


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Kedua benda ini yakni dongkrak dan ban serep saling berhubungan dan saling membutuhkan.

Sebab, ban serep tidak akan berguna jika tidak ada dongkrak, pun begitu sebaliknya dongkrak hanya dapat digunakan ketika kita akan mengganti ban mobil yang bocor atau kempes dengan ban serep.

Jadi, pastikan bahwa kedua benda penting ini ada di mobil ketika Anda memutuskan untuk pulang mudik bersama keluarga dengan mobil pribadi.

Sebagai bentuk berjaga-jaga ketika Anda mengalami pecah ban atau bocor ban selama perjalanan mudik Anda.

2. Toolkit


Toolkit sama halnya dengan Ban serep dan dongkrak.

Penting dan harus ada dimobil ketika kita melakukan suatu perjalanan jauh, seperti perjalanan mudik lebaran misalnya.

Toolkit ini akan sangat Anda butuhkan ketika mobil mengalami masalah di tengah perjalanan mudik Anda.

Untuk itu, pilihlah toolklit yang sesuai dengan tipe mobil yang Anda gunakan.

Baca juga: Fakta Unik Tentang Lebaran Idul Fitri di Indonesia

3. Charger Mobil


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Masyarakat digital tidak pernah bisa lepas dari smartphone atau gadget nya.

Dan Smartphone serta gadget tidak pernah lepas dari charger.

Gadget dan smartphone yang beredar dipasaran saat ini, telah memiliki fitur-fitur canggih seperti GPS atau lokasi, yang rata-rata fitur canggih tersebut memerlukan daya baterai yang lebih besar, sehingga baterai HP cepat terkuras habis.

Karena itulah, charger atau colokan listrik di dalam mobil menjadi satu barang yang wajib ada saat Anda mudik menggunakan mobil pribadi.

4. GPS - Peta Digital - Maps


Mobil-mobil terbaru dan kelas menengah keatas biasanya telah dilengkapi dengan fitur GPS atau alat navigasi.

Namun, jika mobil Anda tidak dilengkapi dengan alat navigasi atau GPS, kita bisa menggunakan aplikasi peta digital, MAPS atau GPS yang ada di smartphone/ Gadget Anda.

Seperti misalnya aplikasi Google Maps atau Waze, yang dapat memberikan petunjuk arah serta informasi keadaan lalu lintas secara real time untuk Anda.

Sehingga peralatan ini akan sangat membantu selama perjalanan mudik lebaran Anda.

Barang yang wajib ada di mobil ketika mudik dengan mobil pribadi berupa aplikasi peta digital/ gps/ maps dari smartphone ini erat kaitannya dengan Charger Mobil diatas.

Saling membutuhkan satu sama lainnya. Sebab, aplikasi gps, maps atau peta digital juga merupakan aplikasi yang menguras baterai cukup besar.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar Bus Mudik Gratis 2019

5. Kotak P3K


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Kotak P3K ini sebenarnya tidak hanya wajib ada dimobil ketika mudik saja. Namun sebenarnya memang harus dan wajib selalu ada dimobil, tidak hanya saat mudik saja.

Bahkan, apabila ada razia dari kepolisian dan ternyata mobil pribadi kita tidak dilengkapi dengan kotak P3K, maka kita pasti di tilang, karena telah melanggar salah satu pasal yang ada didalam undang-undang lalu lintas jalan.

Selain itu, obat-obatan adalah hal terpenting yang memang harus ada dalam mobil Anda.

Apalagi, jika Anda pulang mudik dengan mobil pribadi dengan anak kecil, maka persediaan obat-obatan P3K seperti minyak kayu putih, balsem bayi, lotion nyamuk, perban, betadine hingga termometer adalah hal yang wajib Anda bawa sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak terduga.

6. Kunci Setir


Ketika musim mudik lebaran tiba, bagi sebagian besar pelaku kejahatan, saat mudik adalah momen yang pas untuk melakukan aksi kejahatan mereka.

Kita sebagai pengguna jalan, dan salah satu pemudik yang memadati ruas jalan arus mudik tidak akan pernah tahu, situasi jalan atau daerah yang akan kita singgahi.

Memang benar, sepanjang jalan jalur mudik dalam setiap beberapa kilometer pasti ada pihak keamanan yang bertugas, baik itu dari kepolisian maupun tni dan pemerintah daerah.

Walaupun beberapa tempat yang kita lalui atau kunjungi tersebut tergolong aman, namun apa yang akan terjadi, dan apa yang akan menimpa kita, kita tidak akan pernah tahu.

Jadi, untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi, maka tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan segala hal yang dapat membuat kita menjadi lebih aman.

Seperti misalnya pencurian mobil yang memang sering kali terjadi selama musim mudik lebaran tiba.

Maka dengan membawa kunci setir mobil ini, dan menggunakannya ketika singgah untuk beristirahat selama perjalanan dan ketika tiba di tempat tujuan membuat semua kemungkinan resiko kecurian mobil semakin kecil.

7. Kabel Jumper


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Untuk alat yang satu ini sering kali diabaikan oleh kita. Padahal, alat ini adalah alat yang wajib ada dimobil, ketika kita melakukan sebuah perjalanan jauh, seperti mudik lebaran ini.

Alat ini berfungsi sebagai penghubung aliran listrik ke aki mobil ketika mobil kita mengalami mati mendadak karena kehabisan aki di tengah perjalanan.

Kabel jumper ini dapat kita gunakan ketika mobil pribadi kita mengalami kehabisan aki, dengan meminta bantuan mobil lain, atau istilahnya “meminjam” listrik dari mobil lain, untuk menghidupkan mobil kita.

Apalagi, jika mobil yang kita gunakan mobil bertransmisi otomatis, kabel jumper ini wajib ada, sebab mobil matik tidak dapat di dorong ketika mogok, tidak seperti mobil bertransmisi manual.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar Angkutan Motor Gratis Mudik Lebaran 2019

8. Jerigen dan Pompa Penyedot Bensin


Sebenarnya kedua alat ini tidak terlalu begitu wajib untuk ada dimobil ketika mudik lebaran, namun tidak ada salahnya untuk kita siapkan ketika akan mudik lebaran dengan mobil pribadi.

Terutama bagi Anda yang akan berkendara dengan jarak jauh, misalnya mudik lebaran melalui lintas jawa hingga lintas sumatera.

Dengan adanya jerigen dan pompa penyedot bensin ini akan membuat Anda tidak perlu takut kehabisan bensin selama perjalanan.

Karena Anda bisa menggunakan jerigen untuk diisi bahan bakar cadangan, sehingga perjalanan mudik Anda lancar dan sebagai antisipasi jika sulit menemukan SPBU atau pom bensin.

9. Roof Box


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Jika mudik lebaran dengan mobil pribadi adalah merupakan rutinitas tahunan Anda, maka roof box ini wajib dimiliki di mobil Anda.

Roof Box ini biasanya di taruh di atap mobil, yang berfungsi sebagai bagasi tambahan di mobil Anda, tanpa mengurangi kenyamanan saat mudik.

10. Tempat Sampah


Satu lagi yang wajib ada dimobil ketika Anda melakukan perjalanan mudik lebaran, tempat sampah untuk mobil.

Jangan lupa menyertakan benda satu ini di dalam mobil Anda, sebab selama perjalanan mudik yang memakan waktu berjam-jam dijalan itu akan menyisakan banyak sampah, seperti bekas bungkus permen, makanan atau botol minuman.


Sehingga akan membuat perjalanan mudik lebaran Anda menjadi semakin tidak nyaman.

Oleh sebab itu, selalu sediakan tempat sampah di dalam mobil Anda, atau jika tidak ingin repot Anda bisa menyediakan kantong plastik khusus sebagai gantinya.

Adanya tempat sampah dalam mobil Anda tidak hanya berguna menjaga kebersihan mobil Anda, namun juga menghindarkan Anda dan keluarga Anda dari semut atau serangga sejenis lainnya.

Baca juga: Panduan Membeli Mobil Avanza Second

11. Parfum Mobil


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Mobil yang diisi oleh banyak penumpang, makanan dan minuman, tentu akan menimbulkan bau yang tidak sedap didalam mobil.

Dan bau yang tidak sedap di dalam mobil ini tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan selama perjalanan mudik dengan mobil pribadi Anda.

Oleh karena itu selain menyediakan tempat sampah, untuk mengantisipasi bau tidak sedap didalam mobil, Anda juga dapat memanfaatkan parfum mobil yang dapat menghilangkan bau tidak sedap selama perjalanan mudik Anda.

12. Kumpulan Musik/ MP3 Pilihan


Kami rasa saat ini, tidak ada lagi mobil yang tidak memiliki media hiburan didalam mobilnya.

Hampir semua jenis mobil, pasti telah memiliki media hiburan seperti pemutar musik digital atau head unit mobil.

Selama perjalanan mudik, kemacetan adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari.

Kemacetan yang membuat kita jenuh dan stres selama perjalanan, dan mendengarkan musik adalah salah satu cara mengatasinya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya Anda mendownload musik favorit Anda dan keluarga untuk disimpan di CD, flashdisk, atau SDCard.

Sehingga, ketika dalam perjalanan, untuk mengurangi stres akibat macet, Anda dapet memutar lagu pilihan Anda sendiri dan Anda sekeluarga dapat terhibur.

13. Uang Cash/ Tunai


barang yang wajib ada di mobil saat mudik lebaran

Coba Anda bayangkan sebuah skenario yakni dimana Anda dan keluarga terjebak pada sebuah kemacetan yang parah, dan Anda tidak memiliki uang tunai yang cukup, serta pada saat itu air minum dan makanan telah habis.

Dan pada saat itu, hanya ada pedagang asongan, yang berjualan keliling sepanjang jalan dikala macet.

Mungkinkah Anda membeli makanan dan minuman dari pedagang keliling tadi dengan kartu debit atau kredit? Tidak bukan!

Jadi, uang tunai yang cukup sangat penting untuk Anda persiapkan selama Anda melakukan perjalanan mudik pulang kekampung halaman dengan keluarga menggunakan kendaraan mobil pribadi.

Selain itu, dalam perjalanan mudik, uang tunai juga sangat diperlukan untuk membayar uang parkir, WC umum atau untuk diberikan kepada pengamen selama perjalanan mudik Anda. 

Itulah tadi, 13 barang yang wajib ada di mobil ketika Anda memutuskan untuk mudik tahun ini dengan mobil pribadi.

Sebelum Anda berangkat mudik, ada baiknya Anda membuat daftar dan menulisnya serta mengkroscek barang-barang yang akan Anda bawa, serta memastikan tak ada satu pun yang tertinggal.

Selamat menjalankan ibadah puasa, dan selamat lebaran Idul Fitri 1440 H. Untuk Sobat Awam Bicara yang akan mudik dengan mobil pribadi, utamakan keselamatan dan kenyamanan selama diperjalanan. Terimakasih!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mudik 2019 - Barang-barang Ini Wajib Ada Saat Mudik dengan Mobil Pribadi"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum