Benarkah Kecanduan Nonton Drama Korea - Drakor Bikin Malas?

Loading...
Alur cerita drama Korea (drakor) yang menarik dan selalu bikin penasaran penontonnya, membuat serial drama Korea tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan tempat dihati masyarakat kita.

Drama Korea yang banyak mengangkat kisah romantisme percintaan, kerjaan, hingga mengangkat cerita fantasi, semuanya memang sangat menarik untuk disaksikan dan disukai banyak orang.

benarkah kecanduan drama korea bikin malas?

Ditambah lagi, wajah nan menawan para pemainnya juga telah menjadi daya tarik lain yang tak bisa dikesampingkan.

Memang, tidak dapat dipungkiri drama Korea yang selama ini dihasilkan oleh para sineas-sineas Korea, sangat berbeda dengan jenis serial drama yang pernah mengisi layar kaca di tanah air.

Misalnya serial drama telenovela dari amerika latin dulu, ataupun sinetron dalam negeri khususnya sinetron-sinetron percintaan saat ini, sedikit "menjijikkan" untuk disaksikan.

Kecanduan Drama Korea


Sineas-sineas Korea memiliki kemampuan yang sangat apik dalam mengemas tayangan drama mereka (drakor), hingga tidak mengherankan jika banyak dari drama mereka yang sukses di pasaran, bahkan sukses di pasaran dunia.

Anda yang saat ini salah satu dari sekian banyak penggemar drakor, mungkin telah memiliki sederet serial drama Korea favorit, dan film Korea favorit sendiri.

Bahkan mungkin telah memiliki sederet nama artis drakor favorit yang akan selalu ditunggu informasi terkininya.

Menunggu daftar drama Korea terbaru dari artis-artis Korea Anda, serta menunggu film dan serial drama Korea terbaru dari mereka.

Seperti, mungkin salah satunya adalah aktor Korea Song Joong-Ki dengan drama Korea terbarunya Asadal Chronicles/ Arthdal Chronicles.

Menonton drama Korea terbaru serta selalu mengikuti episode-episode terbarunya, tentu akan menyita banyak waktu-waktu Anda yang berharga.

Untuk Anda yang dapat mengontrol diri, memiliki kedisiplinan yang tinggi, serta memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur porsi waktu menonton drama Korea, hal ini mungkin tidaklah menjadi masalah untuk Anda.

Namun bagaimana dengan mereka yang tidak terbiasa, tidak memiliki kemampuan mengontrol diri, serta sulit untuk menahan godaan melanjutkan menonton episode-episode terbaru dari drama Korea tersebut?

Maka dapat dipastikan mereka sudah kecanduan drakor/ drama Korea.

Jika memang sudah begini, apa yang harus dilakukan? dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah kecanduan drakor ini?

Akibat Kecanduan Menonton Drama Korea


Pada umumnya, kecanduan yang terjadi pada diri kita itu tidak kita sadari, dan ini juga berlaku untuk seseorang yang kecanduan drakor.

Bahkan, jika telah ada dalam tahap kecanduan yang parah, maka drakor ini tidak saja membuat Anda menjadi malas, bahkan dapat membuat produktifias Anda menurun dengan drastis.

Coba Anda pikirkan! Apa yang akan terjadi jika sepanjang hari atau bahkan sepanjang malam Anda hanya menghabiskan waktu untuk menonton berbagai seri drakor saja.

Memang benar, berbagai cerita yang menarik dalam drakor kerap kali membuat orang tidak dapat berhenti untuk lanjut menontonnya, walaupun sudah berjam-jam.

Bahkan tidak sedikit dari penggemar drakor menghabiskan satu serial drama Korea yang memiliki belasan episode hingga tamatnya, selesai ditonton hanya dalam waktu 2 hingga 3 kali tonton saja.

Selesai episode 1 langsung lanjut episode ke-2, karena masih penasaran (dan memang akan selalu membuat kita penasaran) dilanjut lagi hingga episode-episode berikutnya.

Sehingga tanpa terasa, drama Korea yang satu episode nya memiliki durasi 40-50 menit (tanpa jeda iklan) sekali tonton dapat menyelesaikan 5 hingga 7 episode.

Bayangkan, berapa jam waktu yang dihabiskan untuk menyaksikan drakor tersebut?

(Lihat: Fakta-fakta Menarik Seputar Drama Korea)

Artinya, Anda yang menghabiskan 5 episode drakor sekali tonton, sudah menghabiskan waktu 4 hingga 5 jam waktu Anda di depan laptop atau tv, hanya untuk menikmati drakor kesukaan Anda.

Dan apabila hal ini Anda lakukan sepanjang minggu atau bahkan sepanjang bulan, maka sudah barang tentu berbagai aktifitas Anda yang lainnya juga akan terganggu.

Bahkan bukan suatu hal yang mustahil, Anda lupa akan semua aktifitas-aktifitas Anda yang lainnya.

Sebagi informasi untuk Anda, berikut ini kami sampaikan beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh kecanduan drama Korea.

1. Kurang Tidur


Menonton drakor hingga berjam-jam hingga lupa waktu membuat waktu tidur pun menjadi berantakan.

Kondisi seperti ini menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para pecandu drakor.

Tak hanya siang hari, waktu tengah malam hingga pagi juga selalu dihabiskan dengan menonton drakor.

Apalagi dibulan puasa ini, menonton drama korea bisa menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Keadaan ini akan membuat Anda kurang tidur dan istirahat, meskipun pada dasarnya telah begitu lelah karena tetap memaksa mata untuk menonton drakor dalam durasi yang sangat panjang.

Cara menonton drama Korea seperti ini, akan membuat Anda terlihat memiliki “mata panda” yang akan menghiasi wajah Anda sepanjang hari.

Dan tidak hanya itu saja, menonton drama Korea dalam durasi yang panjang juga bisa membuat Anda mengalami kelelahan, gangguan kesehatan terutama gangguan penglihatan.

2. Aktifitas yang Berantakan


Apabila Anda sepanjang malam hanya menonton dan menonton drakor saja, maka bisa dipastikan Anda akan kurang tidur.

Akan tetapi, mungkin saja tidak menjadi masalah jika hal ini terjadi sesekali saja atau setidaknya hanya di akhir pekan, di mana Anda akan libur keesokan harinya.

Namun jika Anda menonton drama Korea ini hampir setiap malam, maka sudah pasti keesokan harinya berbagai aktifitas Anda akan berantakan dan tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Anda akan bangun kesiangan, tidak menyelesaikan pekerjaan dirumah, mengantuk di sekolah atau dikantor akan menjadi rutinitas harian yang selalu mengiringi hari-hari Anda sepanjang minggu.

3. Tidak Produktif


Ketika Anda kelelahan dan mengantuk karena kebanyakan begadang untuk menonton drakor, maka otak Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Tingkat konsentrasi Anda untuk menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan, akan menurun.

Meskipun pada dasarnya tugas-tugas tersebut tidaklah terlalu sulit untuk diselesaikan.

Produktifitas Anda sudah pasti akan menurun. Bahkan tidak hanya itu saja, kesehatan Anda juga tidak akan terjaga dengan baik.

Akibat sering begadang, kelelahan dan kurang tidur, tubuh akan lebih rentan terhadap berbagai gangguan penyakit.

4. Melewatkan Momen Berharga dan Kebersamaan dengan Orang Terdekat


Kesibukan Anda menonton drakor dan tenggelam di dalam alur ceritanya yang menarik, akan membuat Anda menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kamar.

Mendekam didalam kamar, tidak keluar dan menemui orang-orang terdekat (keluarga dan teman-teman) untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

Bayangkan, berapa banyak momen berharga yang bisa membuat Anda bahagia dengan orang-orang terdekat yang telah terlewatkan akibat menonton drakor ini?

Ada banyak dampak buruk yang terjadi akibat kecanduan drama Korea.

Keempat dampak buruk kecanduan drakor di atas tentu akan sangat merugikan diri Anda sendiri dan juga orang-orang terdekat Anda.

Karena itu, sangat penting untuk memahami serta mengatasi kecanduan ini dengan baik sejak dini, agar Anda tidak tenggelam terlalu dalam dengan berbagai genre drama Korea yang selalu menjadi favorit Anda.

Dalam hidup ini ada banyak hal lain yang lebih berguna dan bisa dilakukan untuk kehidupan kita, selain dari menonton drakor saja.

Baca: Baeksang Arts Awards 2019

Solusi Kecanduan Drama Korea


Kecanduan drakor ini tidak dapat Anda pandang sepele, sebab sudah banyak berita mengenai dampak buruk dari kecanduan drakor ini.

Ada yang meninggal karena terkena serangan jantung akibat kelamaan menonton drakor, dan lain sebagainya.

Karena itu, kecanduan drakor ini harus segera Anda sadari, dan sedini mungkin diatasi.

Nah, untuk mengatasi kecanduan drakor, Anda bisa melakukan berbagai perubahan di dalam aktifitas dan kebiasaan harian Anda.

Hal ini memang tidaklah mudah apalagi jika Anda sudah kecanduan parah, namun tentunya masih bisa dilakukan secara bertahap.

Bagaimanapun juga, Anda harus bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, melakukan hal-hal yang bermanfaat, daripada sekedar menghabiskan waktumu untuk menonton drama Korea.

Simak beberapa solusi kecanduan drakor berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecanduan drakor dan menjadikan Anda lebih produktif.

1. Bulatkan Tekad untuk Berubah


Pahami dan sadar berbagai dampak buruk dari kecanduan drakor dan bulatkan tekat Anda untuk berubah.

Pahami dan sadari dampak buruk dari drakor ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan agar Anda lebih mudah dalam mengatasi kecanduan menonton drakor itu sendiri.

Cobalah untuk meluangkan waktu  Anda untuk berpikir dan melihat kembali apa saja yang telah Anda lakukan.

Melihat kembali apa saja yang telah Anda lewatkan selama ini.

Sehingga dengan begitu Anda bisa memahami dan menimbang dengan baik apa yang Anda butuhkan untuk mengatasi masalah kecanduan drakor ini.

Kemudian, setelah Anda memahami dan menyadarinya, kini saatnya Anda untuk memiliki tekad yang besar untuk berubah.

Yang mana jika memang Anda menyadarinya dan benar-benar ingin memperbaiki diri ke depannya, maka Anda pasti penyesalan dan pada akhirnya Anda akan membulatkan tekat untuk berubah.

2. Hindari Berbagai Informasi Mengenai Drakor


Jika diturut-turut, setiap tahunnya, bahkan mungkin hanya hitungan bulan, ada banyak drama Korea terbaru yang rilis/ tayang.

Dan informasi ini akan sangat mudah Anda temui, baik di internet maupun di televisi.

Untuk mengurangi dan menghilangkan kecanduan drakor ini, mulailah membatasi diri Anda dari berbagai informasi terkait drama Korea.

Sehingga Anda dapat mengurangi dan menahan diri untuk selalu mengikuti perkembangan drakor melalui internet.

Unfollow berbagai akun yang terkait dengan drakor, termasuk akun-akun media sosial artis-artis favorit Korea Anda.

Hapus daftar situs streaming online drama Korea dari bookmark browser Anda.

Unsubscribes channel-channel YouTube yang biasa Anda kunjungi untuk menonton dan mendownload drama-drama Korea favorit Anda.

3. Lakukan Aktifitas Lain yang Lebih Bermanfaat


Kesibukan adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk melupakan sesuatu, tidak terkecuali drama Korea.

Jika selama ini Anda hanya sibuk menonton drakor-drakor terbaru dan mengabaikan hal lainnya, maka mulai dari sekarang, cobalah untuk melakukan hal yang sebaliknya.

Mulailah untuk menyibukkan diri Anda untuk melakukan berbagai hal yang menarik dan lebih bermanfaat lainnya.

Sehingga Anda bisa mengabaikan drakor dan tidak lagi fokus untuk lanjut menonton episode-episode berikutnya.

Seperti misalnya sibuk dengan hobi Anda atau bahkan mungkin melakukan aktifitas baru yang lebih memberikan tantangan yang selama ini belum sempat Anda coba.

4. Batasi Jadwal Menonton Drama Korea


Anda tidak harus benar-benar meninggalkan drama Korea, jika memang Anda terhibur dengannya.

Tidak perlu melakukan tindakan yang ekstrim dan sama sekali alergi terhadap drakor.

Karena cara seperti ini bukan malah memberikan dampak yang baik, malah akan membuat Anda sulit untuk melupakannya.

Keinginan, usaha dan tekad yang bulat untuk lepas dari kacanduan drakor memang baik, namun tetaplah untuk memberikan waktu pada diri Anda sendiri dalam menikmati hal-hal yang Anda sukai seperti menonton drama Korea ini.

Caranya dengan meluangkan waktu yang tepat untuk menikmati drakor, yakni tetap dengan batasan-batasan serta disiplin pada jadwal yang telah Anda tentukan.

Anda dapat mengatur waktu menonton drama Korea dan menahan diri agar tidak penasaran untuk terus melanjutkan hingga berepisode-episode.

Luangkan waktu Anda selama 1 hingga 2 jam di akhir pekan atau waktu libur misalnya.

Baca: Drama Korea Rating Tinggi Sepanjang Masa

Drakor telah menjadi salah satu hal yang bisa membuat orang kecanduan untuk terus mengikutinya, seperti halnya games dan media sosial.

Jika Anda adalah salah satu dari penikmat drakor yang telah kecanduan, maka kini saatnya Anda berubah, dan segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya, agar Anda bisa lebih produktif lagi.

Jadilah penggemar drama Korea yang bijak, yang mana Anda dapat mengatur jadwal dan waktu dengan sangat baik, sehingga hobi Anda dalam menonton drama Korea tidak menjadi sebuah kecanduan yang akut.

Yang dapat membuat Anda kehilangan banyak waktu yang berharga bersama orang-orang terdekat Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Kecanduan Nonton Drama Korea - Drakor Bikin Malas?"

Posting Komentar

Contoh Soal CPNS, PPPK, Psikotes dan SNMPTN

Belajar hukum, Bahasa Inggris, Blog dan Bisnis

Informasi Lowongan Kerja, Lifestyle, Teknologi dan Otomotif

Tata Persuratan dan Do It Yourself