Info CPNS Terbaru! 254.173 Formasi Lowongan CPNS 2019 Segera Dibuka

Loading...
Lowongan CPNS 2019 - KemenPAN-RB telah menerbitkan surat tentang pengadaan ASN 2019 untuk Instansi Pusat dan Daerah.

Surat keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut merupakan tahapan rekrutmen ASN untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara dalam mewujudkan penyelenggaraan yang efektif dan efisien.

informasi terbaru penerimaan cpns 2019

Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), formasi lowongan CPNS tahun 2019 ini mencapai 254.173 formasi CPNS.

Baca: SE MenPAN RB tentang Pengadaan ASN 2019

Info CPNS Terbaru


Yakni, terdiri dari 46.425 formasi CPNS pusat dan 207.748 formasi CPNS daerah.

Berdasarkan Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tentang Pengadaan ASN Tahun 2019, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 bagi pemerintah daerah harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan prinsip zero growth, kecuali untuk pemenuhan ASN bidang pelayanan dasar.

Adapun usulan untuk jabatan pelaksana harus berpedoman pada peraturan Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2018 tentang nomenklatur Jabatan Pelaksana, dan untuk Jabatan Fungsional diprioritaskan pada jenjang ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jenjang pemula.

Baca: Contoh Soal SKD Asli CPNS

Sedangkan untuk pemerintah pusat, usulan kebutuhan memperhatikan peta jabatan yang telah ditetapkan PPK, dan jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun tahun 2019, serta kesediaan anggaran untuk latsar bagi CPNS.

Untuk alokasi pegawai, pemerintah pusat mendapat 50 persen untuk CPNS, dan 50 persen untuk PPPK yang diprioritaskan untuk satuan/ unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.

Pengumuman dan pendaftaran CPNS tahun anggaran 2019, kemungkinan besar akan diadakan pada kuartal ke 3, yakni sekitar bulan Oktober 2019.

Penerimaan PPPK


Jika penerimaan cpns dipastikan sekitar paruh kedua tahun 2019, atau kuartal ke-3 yakni pada bulan Oktober 2019, maka pada penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK akan dibuka bulan Juni 2019 atau setelah lebaran (Idul Fitri).

Adapun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K ini adalah pegawai pemerintah non PNS, akan tetapi gaji, maupun tunjangannya setara dengan PNS.

Perbedaannya hanyalah pada tunjangan pensiunnya saja.

Penerimaan PPPK ini masih diutamakan untuk para mantan pegawai honorer K-II yang tidak bisa lagi mengikuti seleksi penerimaan CPNS karena terkendala batasan usia.

Jadi, untuk para mantan tenaga honorer k-2 seperti honorer k-2 guru, penyuluh pertanian yang usianya diatas 35 tahun, dapat mengikuti seleksi penerimaan pegawai pemerintah setara PNS ini.

Baca: Enaknya Jadi PNS

Sebab, persyaratan usia pada seleksi penerimaan PPPK ini yakni maksimal 1 tahun sebelum memasuki usia pensiun, dalam jabatan yang di lamar.

Sebagai contoh, untuk tenaga guru, batas usia pensiun seorang guru adalah 60 tahun.

Jadi, bagi pelamar atau tenaga honorer guru yang berusia 60 tahun kurang 1 tahun (59 tahun), dapat mendaftar pada seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) ini.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Info CPNS Terbaru! 254.173 Formasi Lowongan CPNS 2019 Segera Dibuka"

Posting Komentar

kredit

simulasi kredit

cloud hosting terbaik di indonesia

advokat