Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Simulasi CAT BKN Bentuk Soal HOTS TKP - Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019

Simulasi CAT BKN - Soal TKP atau tes karakteristik pribadi CPNS pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 ini akan mengadopsi soal HOTS atau High Order Thingking Skilss.

Panselnas CPNS 2019 dalam membuat soal TKP bentuk HOTS menggandeng Kemendikbud dan Kemenristekdikti, yang juga merupakan anggota dari Panselnas CPNS.

Penerapan soal HOTS pada ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 ini nantinya akan diterapkan pada 35 soal ujian Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Adapun tujuan dari penerapan soal HOTS pada soal ujian tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 adalah untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan tantangan masa kini.

simulasi cat bkn soal hots tkp cpns 2019

Teruslah membaca postingan ini, karena dibagian akhir kami akan memberikan kepada Anda simulai 70 soal hots tkp cpns 2019.

Simulasi Bentuk Soal HOTS pada Soal TKP CPNS 2019


Sedangkan untuk tingkat kesulitannya sendiri tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal ujian seleksi CPNS pada tahun lalu.

Bentuk soal HOTS ini sendiri telah diterapkan pada soal-soal Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SLTA sederajat serta pada soal penerimaan mahasiswa baru (SBMPTN).

Baca: Kisi kisi Soal SKB CPNS 2019 Berdasarkan Formasi Jabatan

Soal Tes Karakteristik Pribadi atau Soal TKP HOTS ini nantinya akan meminta para peserta ujian seleksi CPNS untuk memilih jawaban yang benar dalam mengadapi suatu kasus di kehidupan sehari-hari.

Jadi bentuk soal tkp hots yang akan diujikan nanti berisi soal-soal yang up to date, yang terkait dengan isu-isu yang sedang hangat terjadi.

Intinya, soal TKP HOTS ini tidak sulit, hanya bentuknya saja yang akan disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Adapun alasan mengapa pemerintah menerapkan Soal HOTS pada soal TKP CPNS 2019 nanti adalah untuk menghasilkan aparatur sipil negara yang siap dengan tantangan dan perubahan jaman serta siap melayani masyarakat.

Salah satu tips dalam menjawab soal TKP adalah dengan jalan menempatkan diri Anda sendiri sebagai Aparatur Sipil Negara atau PNS.

Artinya, ketika Anda menjawab soal TKP, bayangkan bahwa Anda saat ini adalah seorang PNS, maka dengan begitu Anda akan mengerti apa yang diinginkan dari soal-soal TKP CPNS tersebut.

Pada soal TKP atau tes karakteristik pribadi, tidak ada jawaban yang salah, artinya lagi tidak akan ada nilai '0', Namun setiap jawaban akan memiliki bobot nilai yang berbeda-beda, yakni 1 hingga 5.

Baca: Contoh Soal SKB Medis - Formasi Tenaga Kesehatan CPNS 2019

Mengenal Soal HOTS - High Order Thingking Skills


Penerapan bentuk soal HOTS pada 35 soal TKP dalam seleksi nasional penerimaan CPNS tahun 2019 kali ini bertujuan untuk menyaring peserta yang berorientasi melayani.

Soal HOTS atau High Order Thingking Skills adalah soal dengan kemampuan analisa tinggi.

Apa itu Soal HOTS?


HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya.

Jadi memang yang diperlukan adalah kemampuan yang tidak biasa, tidak hanya sekadar mengingat atau menghafal saja.

Soal model HOTS ini mendorong para peserta ujian untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya.

HOTS merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan.

Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, pada tahun 2001, yaitu:
  • Mengingat (remembering)
  • Memahami (understanding)
  • Mengaplikasikan (applying)
  • Menganalisis (analyzing)
  • Mengevaluasi (evaluating)
  • Mencipta (creating)

Tingkatan 1 sd. 3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), sedangkan tingkat 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Simulasi CAT BKN Bentuk Soal HOTS TKP CPNS 2019


Mulai sekarang bekali diri Anda untuk menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 mendatang dengan usaha yang maksimal.

Pelajari terus pembahasan soal-soal cpns di awambicara.id ini agar Anda terbiasa dengan bentuk soal ujian tes cpns, khususnya Tes Karakteristik Pribadi Bentuk Soal HOTS dan lulus serta menjadi PNS.

Dan untuk membantu Anda, berikut kami berikan simulasi 70 Soal HOTS TKP CPNS 2019 cat.

Kami berharap dengan Simulasi CAT BKN CPNS 2019 berupa 70 soal HOTS TKP ini, Anda dapat memahami dan mempunyai gambaran bagaimana bentuk soal HOTS TKP dan sistem ujian seleksi cpns yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dalam seleksi Rekrutmen CPNS 2019 nanti.

Selain itu, kami juga berharap 70 soal hots tkp simulasi cat bkn cpns 2019 ini menjadi tempat Anda dalam berlatih soal cpns untuk memperkaya bank soal cpns Anda.

Simulasi CAT BKN Soal HOTS TKP Online CPNS 2019 ini kami berikan secara GRATIS, dan berisi 70 pertanyaan soal HOTS Tes Karakteristik Pribadi, untuk menilai:
  • Pelayanan publik
  • Sosial budaya
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Profesionalisme
  • Jejaring kerja
  • Integritas diri
  • Semangat berprestasi
  • Kreativitas dan inovasi
  • Orientasi pada pelayanan
  • Orientasi kepada orang lain
  • Kemampuan beradaptasi
  • Kemampuan mengendalikan diri
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  • Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
  • Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.

Baca: Contoh Soal SKB Tenaga Kependidikan - SKB Guru CPNS 2019

Setelah Anda menyelesaikan jawaban simulasi cat bkn soal hots tkp cpns 2019 online ini, akan ditampilkan:
  • Pertanyaan Beserta Jawaban serta bobot nilainya
  • Waktu Pengerjaan Pertanyaan
  • Passing Grade ditetapkan 81% sesuai standar BKN
  • Setelah simulasi selesai dikerjakan, pengulangan dapat dilakukan kapan saja;

Ketentuan penilaian skor jawaban:
  • Total poin jawaban : 350 poin
  • Poin jawaban: 1-5 Poin
  • Tidak ada jawaban salah dan tidak ada nilai 0.


Demikianlah simulasi cat bkn 70 bentuk soal hots tkp cpns 2019 dari kami awambicara.id. Semoga bermanfaat!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

7 komentar untuk "Simulasi CAT BKN Bentuk Soal HOTS TKP - Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019"

  1. Mohon soal tkp disertai jawaban dengan nilai terkecil dan terbesar serta alasannya.saya selalu gagal di tkp, terima kasih atas soal soal yang anda berikan, karena dapat membantu saya berlatih guna mempersiapkam tes berikutnya, semoga anda diberikan rizki yang melimpah dan selalu sukses..

    BalasHapus
  2. Tiu menn ,pusing kepala aq silogisme& ritmatika,

    BalasHapus
  3. ini jawabannya pada bener gak sih? sesuai dengan kunci jawaban dari BKN?? jawabannya kok rata" gak masuk akal semua ya? jadi ragu, kalo ada soal serupa keluar di CPNS masak iya itu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener dr soal2 yg di pelajari dr berbagai sumber rata2 tkp it shrusny jwb tdk ssuai hati qt bener..

      Hapus
  4. pembahasannya min terkait jawaban HOST TKP karena perlu pemahaman bukal hapalan jawaban. soal bisa beda. Terima kasih bantuannya

    BalasHapus