Manfaatkan Momen Hari Kemerdekaan dengan Bisnis Sampingan Modal Kecil

loading...
Loading...
"Dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur"

Itulah penggalan alenia kedua Pembukaan UUD 1945.

usaha sampingan di momen hari kemerdekaan 17 agustusan

Kemerdekaan yang diperjuangkan oleh bangsa kita sendiri, yang mengorbankan tidak hanya harta benda, tapi juga jiwa dan raga.

Sekarang kita memasuki bulan Agustus, bulan dimana bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya.

Para pendiri bangsa ini (Founding Father) telah memberikan arah dan tujuan dari bangsa ini, seperti pada penggalan alenia kedua pembukaan UUD 1945 diatas.

Usaha Sampingan Modal Kecil di Momen Hari Kemerdekaan


Menuju negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.

Sekarang tibalah saatnya kita harus benar-benar mengambil sikap terhadap nasib bangsa kita sendiri, begitu juga dengan nasib diri kita sendiri.

Kita tahu bahwa, setiap momen perayaan hari kemerdekaan Indonesia pasti dirayakan oleh segenap rakyat Indonesia dengan meriah.

Banyak sekali kegiatan yang diadakan, mulai di perkotaan hingga kepelosok-pelosok desa.

Mulai dari perkantoran hingga perkumpulan dan komunitas-komunitas kecil di masyarakat.

Seluruh masyarakat Indonesia pastinya akan melakukan berbagai acara dalam merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus ini.

Mulai dari mengadakan acara upacara bendera, perlombaan-perlombaan sampai pada konser musik.

Untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil dan makmur ini, tentu tidak hanya menjadi peranan pemerintah saja, namun menjadi peranan segenap bangsa Indonesia.

Dan tidak ada salahnya jika dalam merayakan hari kemerdekaan ini, kita juga dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kemakmuran kita sendiri.

Dengan menjalankan usaha atau bisnis yang memanfaatkan momen hari kemerdekaan RI 17 Agustus.

Menjelang hari kemerdekaan, biasanya akan ada banyak pernak-pernik yang bertemakan kemerdekaan.

Baik itu dijalan-jalan, pusat-pusat perbelanjaan, diperkantoran, hingga di sekitar rumah kita sendiri.

Nah, untuk menggapai cita-cita bangsa menjadi negara yang makmur, kita bisa mengambil sedikit peran disini. Setidaknya untuk memakmurkan diri kita sendiri.

Mengambil momen hari kemerdekaan sebagai peluang usaha yang tentunya cukup menggiurkan dan menguntungkan.

Istilahnya, mengambil kesempatan hari kemerdekaan 17 agustusan sebagai usaha sampingan dengan menjadi bisnisman musiman untuk menambah penghasilan yang pastinya akan meningkatkan kemakmuran juga.

Berikut ini beberapa ide bisnis atau peluang usaha sampingan yang bisa Anda lakukan menjelang momen hari kemerdekaan RI 17 Agustus nanti.

Baca: Alasan Mengapa Banyak Wanita Memilih Menjadi Wanita Karir

1. Berjualan Umbul-umbul dan Bendera Merah-Putih


Menjelang 17 Agutusan biasanya akan ada pemberitahuan atau himbauan dari pemerintah, khususnya untuk yang rumahnya berada ditepi jalan raya, untuk memasang bendera di depan rumah sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan.

Nah, mereka-mereka ini biasanya akan mencari bendera merah-putih atau umbul-umbul bertema kemerdekaan RI berbahan kain.

Apalagi jika daerah Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan itu, yang tanpa ada himbauan dari pemerintah tetap memasang umbul-umbul dan bendera merah putih didepan rumahnya.

Seperti misalnya didaerah admin, yakni di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki kebiasaan memeriahkan kemerdekaan RI dengan memasang pernak-pernik hari kemerdekaan.

Seperti bendera, umbul-umbul dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu dibeli dengan dana pribadi masyarakat bangka belitung.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Babel setiap momen 17 Agustusan, jangan heran jika didalam gang-gang sempit Anda akan melihat begitu meriahnya, cerah dan berwarna warni yang biasanya didominasi warna merah dan putih menghiasi perkampungan disana.

Tentu saja, berjualan umbul-umbul, bendera merah-putih dan pernak-pernik menarik bertema hari kemerdekaan 17 Agustusan akan banyak menarik pembeli.

Sebab, masih banyak orang yang tidak menyimpan bendera merah-putih kain atau umbul-umbul dirumahnya.

Apalagi jika Anda memiliki keterampilan menjahit, Anda bisa memanfaatkan keterampilan Anda dengan menjahit umbul-umbul atau bendera merah putih untuk kemudian diperdagangkan.

Tentu Anda akan bertanya-tanya, bagaimana dengan modalnya sendiri? Apakah memerlukan modal yang besar atau tidak?

Sebagai ilustrasi saja, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang karena ini hanya bisnis bersifat musiman saja.

Anda bisa mengeluarkan modal bisa sesuai dengan pesanan saja, atau bisa juga untuk beberapa potong umbul-umbul atau bendera merah putih sebagai permulaan.

Misalnya, membeli kain dengan panjang 1 meter seharga Rp25.000, dengan modal 500ribu saja, Anda sudah bisa membuat beberapa bendera merah putih berukuran 1 meter.

Ini jika Anda menjahit sendiri.

Lalu bagaimana jika menjual jadi?

Nah, kalo untuk menjual jadi, ada baiknya Anda mengambil dalam jumlah yang cukup banyak, agar mendapat potongan harga, sehingga Anda bisa menjual dengan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Baca: Panduan Memulai Usaha Rumahan Secara Online Terbaru

2. Berjualan Hiasan dan Pernak pernik Bertema Hari Kemerdekaan 


Saat ini, banyak mall-mall atau pusat-pusat perbelanjaan dan toko-toko yang menghiasi tempat mereka dengan pernak-pernik yang bertema hari kemerdekaan.

Atau perkampungan dan gang-gang sempit yang dihiasi dengan berbagai macam ornamen-ornamen atau hiasan-hiasan yang bertema kemerdekaan.

Yang tentu saja warna merah-putih lah yang paling mendominasi.

Nah, apabila Anda memiliki waktu luang, misalnya di akhir pekan, Anda dapat manfaatkan waktu luang tersebut dengan bisnis berjualan pernak-pernik kemerdekaan.

Pernak-pernik kemerdekaan ini biasanya disukai oleh anak-anak, seperti mainan atau botol-botol plastik yang dihiasi dengan warna merah putih, dan sebagainya.

Untuk membuat bendera plastiknya Anda cukup menyiapkan plastik yang sudah diwarnai dengan warna merah dan putih lalu dan tusukan sate sebagai pegangannya.

Untuk pernak pernik atau ornamen tertentu, seperti dengan menggunakan botol plastik, Anda harus sedikit kreatif, seperti mengkreasikan botol plastik ini ke bentuk bunga atau kipas tangan atau bentuk mainan lain.

Tentu saja modal awal untuk usaha sampingan dihari kemerdekaan ini sangat murah.

Sebagai ilustrasi modalnya Anda cukup membeli plastik bening dengan harga Rp5.000 – Rp10.000 perbungkusnya.

Kuas cat ukuran kecil (Rp15.000), tusuk sate kayu Rp20.000/kg, (cat tembok putih dan merah (Rp56.000 x 2) dan untuk botol plastiknya Anda bisa datang ke pengepul daur ulang botol plastik bekas, dan Anda bisa nego harganya.

Atau bisa juga Anda membeli ke grosir mainan anak-anak biasa, seperti mobil-mobilan, atau mainan untuk perang-perangan, dan kemudian Anda hiasai atau di cat ulang agar lebih menarik lagi dan sesuai dengan tema kemerdekaan.

3. Jualan Minuman dan Makanan


Biasanya, setiap desa atau kelurahan pasti akan merayakan pesta rakyat dalam menyambut hari kemerdekaan 17 Agustusan.

Seperti lomba tarik tambang, makan kerupuk, panjat pinang, balap karung, dan lain sebagainya.

Nah, setiap acara pesta rakyat seperti ini, biasanya akan penuh dengan keramaian, dan Anda bisa memanfaatkan keramaian ini dengan berjualan makanan dan minuman segar.

Karena bulan Agustus biasanya bertepatan dengan musim kemarau, maka minuman dingin dan segara seperti aneka jenis es, seperti es buah, atau es krim dan jus akan lebih menarik banyak pembeli.

Apalagi daerah Anda seperti daerah atau tempat admin sekarang, yakni di Bangka Belitung.

Setiap 17 agustusan, di bangka belitung pasti ada acara pawai.

Mulai dari pawai baris berbaris yang diikuti seluruh elemen masyarakat, mulai dari sekolah (SD s.d SMA), kampus, instansi-instansi pemerintah, swasta, hingga masyarakat umumnya.

Hingga pawai karnaval yang juga sama, diikuti oleh seluruh elemen masyarakat bangka belitung.

Biasanya untuk perayaan pawai 17 agustusan di bangka belitung ini, berlangsung selama tiga (3) hari berturut-turut.

Hari pertama biasanya pawai baris berbaris, hari kedua pawai kendaraan hias, dan hari ketiga pawai karnaval.

Beruntunglah bagi yang tinggal di Bangka Belitung, begitu banyak acara dan meriah setiap perayaan 17 agustusan.

4. Jasa Percetakan


Bisnis sampingan di momen perayaan hari kemerdekaan 17 agustusan lainnya adalah bisnis atau usaha percetakan.

Baik itu untuk percetakan spanduk atau cetak umbul-umbul.

Cetak umbul-umbul dan spanduk ini tidak hanya dipesan oleh instansi-instansi pemerintah saja, namun juga pihak perusahaan swasta bahkan sampai lingkup RT/ RW.

Perkiraan ilustrasi modal untuk memulai bisnis ini adalah kain (Rp35-40 ribu/ meter), biaya sablon Rp20.000 – Rp50.000/ umbul-umbul dan spanduk (bisa lebih murah).

Tiang dari kayu harga satuan Rp15 – 30 ribu/ satuan.

Untuk umbul-umbul biasanya tidak perlu desain yang terlau detail dan sulit, jadi biar lebih hemat akan lebih baik jika Anda mendesain sendiri gambarnya dan tidak usah menyewa jasa untuk desain.

Baca: Ide Bisnis Tanpa Modal

5. Kaos Bertemakan Kemerdekaan


Nah, untuk bisnis atau usaha sampingan di momen hari kemerdekaan 17 Agustusan yang satu ini khusus untuk yang memiliki keterampilan dan hobi menggambar atau desain.

Anda bisa memanfaatkan momentum hari kemerdekaan 17 agustusan dengan menggambar atau mendesain dan menjual kaos yang bertemakan hari kemerdekaan.

Adapun keuntungan yang akan Anda dapatkan dari usaha sampingan ini adalah bisa menjadi usaha atau bisnis jangka panjang Anda pada akhirnya, bukan hanya usaha musiman.

Terutama jika ternyata peminat dan pembeli kaos hasil gambar atau desain Anda banyak yang menyukainya.

Cara memasarkannya sendiri, bisa Anda mulai dari orang-orang terdekat Anda, seperti teman kantor atau teman kuliah sebagai permulaan.

Atau bisa juga secara online untuk memperluas pangsa pasar.

Anda juga bisa mendatangi dan melobi perkumpulan atau organisasi-organisasi yang ada dikota Anda, seperti misalnya instansi pemerintah, swasta, organisasi kepemudaan, karang taruna sampai dengan organisasi klub-klub pecinta mobil, motor dan lain sebagainya.

Karena biasanya organisasi atau perkumpulan-perkumpulan ini biasanya akan membuat kaos seragam dalam rangka merayakan hari kemerdekaan RI.

Memang, modal awal untuk jenis usaha samingan ini agak lebih mahal.

Jadi, akan lebih baik Anda memulainya dengan melakukan perhitungan dan perencanaan awal, terutama di modal terlebih dahulu.

Misalnya, dengan menawarkannya terlebih dahulu, dan jika sudah ada pesanan baru kemudian Anda buat dan perhitungkan modalnya.

Usaha sampingan modal kecil untuk memanfaatkan momen hari-hari besar tertentu bisa dikatakan sebagai usaha atau bisnis musiman.

Tapi jangan salah, banyak pengusaha-pengusaha yang sukses memulai bisnisnya dari usaha-usaha sampingan yang musiman ini.

Baca: Langkah Sederhana Menjadi Orang Sukses dan Kaya Raya

Karena, dari sinilah kebanyakan mereka berani memulai untuk berbisnis, dan belajar berbisnis.

Yang pada akhirnya membuka cakrawala dan wawasan mereka seperti apa menjalankan sebuah bisnis atau usaha tersebut.

Jadi, jangan ragu untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, terutama ketika momen-momen hari besar datang.

Saat ini adalah momen hari besar Kemerdekaan RI, 17 Agustusan, maka manfaatkan momen kemerdekaan ini sebagai awalnya.

Dengan menjadi pengusaha atau bisnisman, berarti Anda telah membuka lapangan pekerjaan, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi makmur.

Sehingga, Andapun ikut andil dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yakni bangsa yang adil dan makmur, sebagaimana bunyi alenia kedua pembukaan UUD 1945.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaatkan Momen Hari Kemerdekaan dengan Bisnis Sampingan Modal Kecil"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum