Mau Jadi Pengusaha Tanpa Modal? Bisa! Berikut Daftar Ide Bisnisnya

loading...
Loading...
Modal selalu menjadi alasan utama yang membuat kita enggan memulai sebuah usaha/ bisnis.

Hampir semua orang beranggapan bahwa semua bisnis membutuhkan modal. Namun sebenarnya tidaklah demikian.
ide bisnis tanpa modal

Ada beberapa bisnis yang dapat Anda jalani dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sama sekali.

Terdengar mustahil memang, apalagi dijaman sekarang, apapun harus menggunakan uang. Untuk buang air kecil di wc umum juga kita harus mengeluarkan uang.

Apalagi untuk hidup layak, kita membutuhkan banyak uang untuk itu.

Setiap harinya hampir semua kebutuhan pokok semakin meningkat. BBM, Sembako, listrik, sampai hal-hal yang terkecilpun semakin naik.

Sedangkan disisi lain, gaji tidak naik-naik, sehingga membuat hasil dari kita bekerja semakin terasa sangat tidak cukup, dan terasa cepat habisnya.

Karena itu, banyak orang yang mulai berpikir untuk mencari usaha sampingan walaupun saat ini ia berstatus sebagai pegawai atau karyawan.

Ide Bisnis Tanpa Modal


Apapun akan kita lakukan agar dapat hidup layak.

Dapat membayar tagihan-tagihan bulanan tepat waktu dan lancar. Dapat membayar biaya pendidikan anak, ataupun hanya sebagai penghasilan tambahan untuk hiburan keluarga.

Akan tetapi, seperti yang telah kami katakan diawal postingan ini, kendala utama yang biasanya dihadapi ketika akan memulai usaha sampingan adalah tidak ada modal.

Pola pikir kita yang terbentuk saat ini adalah; bahwa untuk memulai sebuah bisnis hingga bisa meraih kesuksesan, dibutuhkan modal yang cukup besar.

Pola pikir seperti ini tidaklah salah, akan tetapi tidak juga sepenuhnya benar.

Apalagi diera digital saat ini. Banyak bisnis yang dapat kita mulai hanya dengan modal sedikit, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Baik itu sebagai penghasilan utama, atau hanya sekedar sebagai penghasilan tambahan.

Sekarang Anda "sangat" bisa sekali memulai sebuah bisnis tanpa perlu modal sepeserpun.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjadi lebih kreatif, memiliki mimpi dan ide yang besar, serta keinginan kuat serta konsisten dalam melakukannya.

Sekarang, cobalah Anda mulai dengan melihat dan mempelajari lingkungan terdekat Anda.

Lingkungan tempat tinggal, lingkungan pekerjaan, teman-teman sepergaulan serta lingkungan keluarga besar Anda sendiri.

Perhatikan dan pelajari apa yang ada disana, dan mulai kumpulkan kebiasaan-kebiasaan masyarakat sekitar, rekan kerja, teman sepergaulan atau bahkan dalam keluarga besar Anda sendiri.

Anda PASTI akan menemukan ide bisnis yang dapat Anda kembangkan.

Sebagai contoh dari hal yang terkecil saja, Anda pasti melihat orang-orang disekitar Anda tidak pernah lepas dari gadget nya.

Jika Anda jeli melihat peluang, Anda pasti akan mendapatkan ide bisnis dari sana.

Gadget, smartphone, Internet, sosial media adalah sebuah perkembangan teknologi yang telah merubah gaya hidup, serta keadaan sosial masyarakat dunia saat ini.

Anda bisa menjadikan perkembangan dan perangkat teknologi informasi tersebut menjadi sebuah ladang bisnis tanpa modal yang menggiurkan.

Banyak hal yang bisa Anda jadikan ide untuk memulai bisnis diera digital ini.

Dan untuk membantu Anda memikirkan dan mengembangkannya serta mulai jadi pengusaha, kami akan memberikan Anda beberapa ide bisnis yang bisa Anda mulai tanpa modal tersebut.

Daftar Ide Bisnis yang Tidak Memerlukan Modal


daftar bisnis yang tidak memerlukan modal

1. Bisnis di Bidang Jasa


Bisnis di bidang jasa ini jika orientasinya adalah memulainya tanpa modal, maka yang dilakukan disini adalah bisnis jasa atau pelayanan.

Bisnis tanpa modal di bidang jasa ini termasuk ide bisnis klasik yang kami kira siapapun bisa memikirkannya.

Karena sudah barang tentu, kebanyakan bisnis tanpa modal di bidang jasa ini lebih kepada usaha memberikan layanan jasa kepada pelanggan.

Sehingga yang dibutuhkan disini adalah keterampilan atau skill kita. Jadi sudah pasti tentunya dapat dimulai tanpa modal.

Selain keterampilan atau skil, kepuasan pelanggan serta koneksi yang terjalin adalah faktor penting lainnya yang dapat membuat bisnis tanpa modal ini berkembang dan sukses.

Banyak sekali ide bisnis yang bergerak di bidang jasa ini yang dapat Anda kembangkan, seperti bisnis penyalur asisten rumah tangga, bisnis perbaikan alat elektronik, komputer, HP, dll, bisnis jasa bor air, bisnis jasa les privat (pelajaran sekolah, musik) dan sebagainya (lihat: 31 Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil).

Contoh jasa penyalur asisten rumah tangga, dalam bisnis jasa ini, Anda hanya perlu mengenal dan mempercayai orang lokal, yang membutuhkan asisten rumah tangga dan orang yang membutuhkan pekerjaan sebagai asisten rumah tangga.

Sebagai karyawan atau pegawai tentu tidak susah lagi bagi Anda untuk mencari orang yang ingin mempekerjakan asisten rumah tangga.

Dan didalam lingkungan tempat tinggal Anda, tentu tidak susah juga untuk mencari orang yang ingin bekerja sebagai asisten rumah tangga, baik itu Anda cari sendiri ataupun dari teman dan keluarga Anda sendiri.

Anda cukup menjadi perantara saja, dan mendapatkan komisi dari menyalur tenaga asisten rumah tangga tersebut.

Bisnis ini dapat Anda kerjakan tanpa harus terikat waktu.

Kunci utama kesuksesan bisnis dibidang jasa ini adalah kepuasan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang puas, maka bersiaplah untuk sukses di bisnis ini.

2. Dropshipper/ Reseller


Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini.

Namun untuk yang belum tau apa itu dropshipper atau reseller, ada baiknya Anda melihat postingan kami sebelumnya, "Mengenal Istilah-istilah Jual Beli Online".

Kami yakin, Anda pasti pernah bertransaksi secara online, atau berbelanja online, sehingga sudah cukup akrab dengan kedua istilah tersebut.

Sederhananya dropshipper atau reseller adalah orang yang menjual produk orang lain.

Memulai bisnis sebagai reseller atau dropshipper sangat mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau modal untuk memproduksi atau menyediakan stok barang untuk dijual secara online.

Pekerjaan dropshipper ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyampaikan dan meneruskan pesanan pembeli kepada produsen.

Poin penting untuk sukses dibisnis ini adalah bagaimana cara Anda menemukan produsen yang tepat, yakni produsen yang memiliki produk yang dijual secara online berkualitas baik, serta mencari pembeli online yang banyak dan setia.

Penghasilan dari menjadi dropshipper ini tidak dapat Anda anggap remeh, jika Anda beruntung dan mendapatkan pelanggan setia dalam jumlah banyak, hasil yang Anda dapatkan juga sangat besar.

Intinya, jika Anda berbakat menjadi pedagang, Anda bisa mulai memikirkan ide bisnis dropshipper atau reseller ini.

3. Menjadi Penulis Lepas


Menulis bagi kebanyakan orang adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Anda yang menyukai dunia literasi dan memiliki keterampilan menulis, maka keterampilan ini dapat Anda jadikan ide untuk memulai sebuah bisnis yang tanpa modal sama sekali.

Cukup memiliki bakat menulis, dan seperangkat komputer atau laptop, Anda sudah bisa menjadi penulis.

Saat ini, ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan penulis lepas untuk menulis artikel di situs web mereka.

Dan tidak sedikit pula blogger yang menerima artikel dari para penulis-penulis lepas untuk mengisi konten blog nya.

Selain itu, pekerjaan ini cukup nyaman dilakukan, karena Anda jika Anda karyawan atau pegawai, Anda dapat mengerjakan ini disela-sela waktu laung Anda, dan bahkan dapat Anda kerjakan dimana saja.

Sehingga pekerjaan lain atau pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu.

Bisnis tanpa modal dengan menjadi penulis lepas ini memang terlihat bisnis kacangan, remeh. Namun salah! penghasilan yang Anda dapatkan dari bisnis tanpa modal ini tidak dapat Anda anggap remeh.

Jika Anda sudah cukup dikenal dan tulisan Anda banyak dibutuhkan oleh perusahaan media (web) atau blogger, Anda bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.

Misalnya, Anda dapat menghasilkan satu artikel berisi 500 sd 2000 kata, maka Anda bisa mengantongi 50 hingga 100ribu rupiah.

Bayangkan jika Anda dapat menghasilkan 5 artikel saja dalam sehari, maka dalam sebulan Anda akan mengantongi paling tidak 10 hingga 20 juta rupiah.

Pekerjaan ini tentu akan sangat menyenangkan, apalagi Anda memang orang yang gemar dan terampil dalam menulis.

4. Menjadi Blogger atau YouTuber


Memulai bisnis ini selain tidak memerlukan modal, namun juga cukup menyenangkan. Apalagi konten yang Anda bagikan adalah hobi atau kesenangan Anda sendiri.

Mulanya blogger atau YouTuber ini dijalankan hanya sebagai hobi yang menyenangkan. Namun ternyata dari blog dan video YouTube ini dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang fantastis.

Anda bahkan bisa menjalankan bisnis ini secara bersamaan, menjadi blogger dan youtuber sekaligus.

Karena pada dasarnya yang dibagikan disini adalah konten.

Dimana saat ini, diera digital ini, masyarakat haus akan konten.

Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak memerlukan modal sama sekali, karena untuk terdaftar sebagai blogger atau youtuber, semuanya gratis.

Cukup memiliki akun google, kemudian buat blog Anda sendiri di blogger.com atau buat channel youtube Anda sendiri.

Jika Anda hobi traveling, maka mulailah menulis pengalaman traveling Anda di blog, atau bagikan video pengalaman traveling Anda dalam channel youtube Anda.

Jika Anda hobi kuliner, maka ceritakan pengalaman-pengalaman kuliner Anda diblog, atau bagikan video pengalaman Anda merasakan kuliner baru atau video Anda membuat makanan.

Sekilas bisnis menjadi blogger atau youtuber ini terlihat membuang-buang waktu dan uang, bukannya menghasilkan uang.

Jangan salah, ketika blog atau channel youtube Anda telah memiliki banyak pengunjung dan subscriber setiap harinya, bukan tidak mungkin ada banyak perusahaan-perusahaan besar akan menjadikan blog atau channel youtube Anda untuk dijadikan media promosi produk mereka.

Atau jikapun tidak ada perusahaan besar yang menawarkan diri untuk memasangkan iklan di blog/ channel youtube Anda, maka Anda dapat menjadi mitra atau partner google, baik itu mitra google adsense untuk blog dan mitra youtube adsense.

Dengan menjadi partner/ mitra atau publisher Google AdSense/ YouTube AdSense maka setiap kali ada yang melihat artikel dalam blog Anda, atau ada yang menonton video dichannel youtube yang Anda kelola, maka pundi-pundi uang akan mengalir kerekening Anda.

Singkatnya, untuk menjalankan bisnis menjadi blogger atau youtuber ini, Anda cukup mengupdate artikel diblog Anda dengan konten-konten yang bermanfaat dan menyenangkan, serta mengupload video-video terbaru di channel youtube Anda.

Selain Anda bisa menyalurkan hobi dan kesenangan, Anda juga akan mendapatkan uang, menyenangkan bukan?

Untuk memulai bagaimana menjadi blogger dan menghasilkan uang dari blog silahkan lihat tautan ini "Langkah-langkah Membuat Blog Sendiri".

Untuk memulai bagaimana menjadi youtuber dan menghasilkan uang secara online dari youtube, silahkan klik dan ikuti tautan ini "Menghasilkan Uang Secara Online dari Yotube".

Ada banyak sekali ide bisnis tanpa modal yang dapat Anda temui dan kembangkan diera digital, era milenial ini.

Empat pilihan ide di atas adalah sebagai pembuka pemikiran Anda saja.

Dari keempat bisnis tanpa modal diatas, dapat Anda kembangkan lagi menurut keahlian, minat dan bakat Anda sendiri.

Selain itu, keempat bisnis diatas adalah jenis atau ide bisnis yang tidak pernah lekang oleh waktu, dan sedang digandrungi oleh para generasi milenial saat ini.

Jadi, memulai bisnis diatas tidak perlu modal besar bukan?

Bahkan menurut kami, keempat bisnis diatas bisa dimulai tanpa modal sama sekali.

Kami tidak akan memberikan contoh orang-orang sukses yang sudah menjalankan keempat bisnis diatas.

daftar ide usaha kecil tanpa modal

Jika ukuran kesuksesannya adalah mendapatkan penghasilan tambahan, maka sebagai Admin dari blog Awam Bicara ini, maka saya berani mengatakan bahwa saya pun telah sukses menjalankan bisnis tanpa modal ini.

Terutama menjalankan bisnis tanpa modal dengan menjadi blogger.

Profesi saya dalam dunia nyata adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan bisnis atau usaha sampingan saya untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menjadi admin awam bicara (blogger).

Anda mungkin bertanya, memangnya sudah berapa besar yang saya hasilkan dari bisnis sampingan tanpa modal sebagai blogger ini?

Jawabannya, silahkan lihat tautan ini "Cara Menghasilkan Uang Secara Online untuk Awam".

Contoh orang-orang sukses lainnya yang menjalankan bisnis-bisnis tanpa modal di atas banyak sekali, cukup ketikkan "blogger sukses indonesia" di Google.

Maka Anda akan melihat betapa banyak orang-orang sukses dari usaha yang awalnya hanyalah sekedar hobi dan kesenangan ini.

Kalau saya dan mereka bisa, maka Anda juga pasti bisa. Selamat mencoba!
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mau Jadi Pengusaha Tanpa Modal? Bisa! Berikut Daftar Ide Bisnisnya"

Posting Komentar

kredit

simulasi kredit

cloud hosting terbaik

cloud hosting terbaik di indonesia

advokat