Biar Gak Kudet, Kenali Istilah Jual Beli dalam Dunia Online Shop Berikut!

loading...
Loading...
Mulanya, dunia online shop adalah gaya hidup-lifestyle para generasi milenial.

Online shop atau toko online, adalah sistem jual beli atau perdagangan yang dijalankan dalam dunia maya atau Internet.
istilah-istilah jual beli online dan artinya

Namun dalam perkembangannya dewasa ini, jual beli online telah digemari dan menjadi favorit berbagai lapisan masyarakat.

Lihat: Merintis Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Karena didunia yang serba cepat dan digital ini, masyarakat dituntut untuk bekerja lebih cepat, praktis, hemat waktu dan tenaga.

Bagitu pula dalam hal perdagangan atau jual beli.

Mengenal Arti dari Istilah-istilah Jual Beli Online Shop 


Perdagangan online ini digemari karena sistem jual beli nya dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun. Yang dibutuhkan hanyalah sambungan internet, komputer atau HP/ Ponsel.

Situs jual beli online saat ini cukup banyak, sebut saja tokopedia, bukalapak, blibli, olx, dan sebagainya.

Cara kerjanyapun cukup mudah, yakni:

Bagi pembeli, hanya melalui ponsel pintar mencari dan melihat barang yang ingin dibeli, transfer pembayaran, dan menunggu barang yang dibeli datang.

Bagi penjual, juga bisa dengan hanya menggunakan ponsel pintarnya, ataupun perangkat komputer/ laptop, ambil foto barang yang ingin dijual, kasih deskripsi atau keterangan, tentukan harga kemudian upload, selesai.

Semudah itu.

Seiring perkembangan bisnis jual beli online (online shop), seperti halnya dalam dunia nyata, berkembang pula bahasa-bahasa baru, atau istilah-istilah baru dalam dunia online shop.

Istilah-istilah jual beli online ini bahkan mungkin jarang kita dengar sebelumnya.

Hal ini dapat membuat banyak orang awam kebingungan mengenal istilah atau bahasa yang seringkali digunakan oleh para penjual dan pembeli online.

Nah, agar tidak kudet (kurang update) dan Anda masih awam dalam hal bertransaksi online serta masih belum memahami arti dari istilah-istilah jual beli online yang sering digunakan di dunia online shop ini..,

Berikut ini telah kami kumpulkan beberapa daftar istilah-istilah dalam dunia maya, ketika bertransaksi jual beli online, beserta artinya.

Istilah-istilah Jual Beli Online dan Artinya


Bagian I

Pada bagian pertama ini kami akan memberikan istilah jual beli online yang paling sering digunakan beserta arti dan penjelasannya.

istilah-istilah online shop dan artinya


1. Buyer

Arti buyer dalam online shop atau jual beli online adalah pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang secara online.

2. Seller

Arti seller dalam online shop atau jual beli online adalah kebalikan dari Buyer/ pembeli yakni penjual. Seller merupakan pemilik online shop atau orang yang menjual barang secara online. Buyer disini bisa saja orang yang langsung menjual barang secara online, bisa juga orang yang hanya menjadi dropshiper.

3. COD (Cash On Delivery)

Arti COD dalam online shop atau jual beli online adalah singkatan dari Cash On Delivery, yang jika di Indonesiakan artinya "Bayar ditempat", yakni transaksi jual beli online dimana pembeli akan membayar barang yang dibeli secara online pada saat barang sampai.

Juga bisa untuk transaksi jual beli dimana penjual dan pembeli berjanji untuk bertemu disuatu tempat untuk cek barang dan melakukan pembayaran.

4. PO (Pre Order)

Arti PO dalam online shop atau jual beli online adalah proses jual beli online dimana terlebih dahulu dilakukan pemesanan suatu barang.

Yang mana posisi barang yang diperdagangkan secara online tersebut akan dipesankan atau dibuat terlebih dahulu oleh seller, dan pembeli membayar terlebih dahulu, baru kemudian seller akan memesankan atau membuatkan barang yang dipesan oleh pembeli.

5. Reseller

Arti reseller dalam online shop adalah orang yang menjual barang milik orang lain kepada pelanggannya. Istilah lain dari Reseller adalah calon yang menjual kembali barang yang sudah ia beli.

6. Ready Stock

Arti ready stock dalam online shop adalah bahwa stock barang yang dijual secara online tersedia untuk dipesan oleh calon pembeli.

7. Sold Out

Arti sold out dalam online shop adalah sebuah pernyataan bahwa kondisi barang sudah habis terjual. Artinya saat ini tidak tersedia lagi.

8. Return

Arti return dalam online shop adalah mengembalikan. Yakni dilakukan ketika seseorang (pembeli) menerima barang yang cacat ketika membeli sebuah barang. Pembeli dapat melakukan return atau pengembalian kepada si penjual atau menukarnya.

7. Refund

Arti refund dalam online shop adalah membatalkan transaksi jual beli online, yang telah disepakati dan si penjual mengembalikan dana/ uang yang telah ditransfer pembeli kepada penjual.

Refund biasanya dilakukan apabila ada kesalahan teknis seperti pembeli tidak menanyakan terlebih dahulu apakah barang ready stock atau tidak, dan penjualnya sendiri lupa untuk mengganti posisi barang sold out, sehingga pembeli terlanjur mentransfer sejumlah uang, dan ternyata stok barang kosong, sehingga pihak pembeli dapat meminta refund atau pengembalian uang.

8. Testimoni

Arti testimoni dalam online shop adalah pernyataan dari pembeli mengenai produk ataupun jasa yang dijual secara online oleh penjual.

Fungsi dari testimoni ini adalah untuk meyakinkan pelanggan lain mengenai barang atau jasa yang diperjual belikan.

9. Trusted Seller

Arti trusted seller dalam online shop adalah penjual yang terpercaya.

Ini adalah suatu pengakuan oleh banyak orang (pembeli) terhadap si penjual, bahwa si penjual adalah penjual online yang terpercaya.

10. DP (Down Payment)

Arti DP dalam online shop adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, namun jumlah yang dibayarkan/ transfer tidak sepenuhnya, bisa setengah, seperempat, dari harga beli, tergantung pernjanjian antara penjual dan pembeli ataupun nilai DP yang telah ditentukan penjual.

Lihat: Barang yang Laris di Jual Secara Online Saat Ini

Dalam dunia online shop atau jual beli online, sistem DP ini biasanya digunakan untuk jual beli online barang Pre Order.

11. FP (Full Payment)

Arti FP atau Full Payment dalam online shop merupakan kebalikan dari DP, yang mana pembeli akan melakukan pembayaran secara total terhadap harga yang ditentukan.

12. Dropship

Arti Dropship dalam online shop, hampir sama dengan Reseller. Perbedaan utamanya adalah jika dropship merupakan seseorang yang menjual suatu produk dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku seller atau si penjual.

13. Ongkir

Arti Ongkir dalam online shop adalah singkatan dari ongkos kirim yakni biaya tambahan yang akan dikenakan oleh pembeli untuk jasa pengiriman barang.

14. Wishlist

Arti wishlist dalam online shop adalah daftar barang yang dijual online yang baru menjadi keinginan pembeli, namun belum dibeli atau terjadi transaksi.

Ini dimaksudkan agar, si pembeli tidak lupa atau kebingungan mencari kembali produk yang ingin dibelinya, dengan melihatnya di wishlist atau daftar keinginan si pembeli.

15. WTS (Want to sell)

Arti WTS dalam online shop biasa digunakan oleh para penjual yang menawarkan barangnya pada calon pembeli, dilengkapi dengan spesifikasi dan harga barang yang ingin dijual.

16.  WTB (want to buy)

Sementara itu, arti WTB dalam online shop digunakan oleh pembeli yang menginginkan satu jenis barang kepada para penjual.

17. PM (Private message)

Arti PM dalam online shop atau pesan pribadi adalah chat pribadi atau berbalas pesan antara penjual dan pembeli mengenai barang yang akan diperjual belikan.

Pesan pribadi antara penjual dan pembeli ini biasanya membahas tentang kualitas barang, kelengkapan, kelebihan, serta potongan harga.

18. OEM (Original Equipment Manufacture)

Arti OEM dalam online shop ini sering kali digunakan untuk menjelaskan bahwa barang yang akan dijual merupakan barang original dari pabrik, namun dalam kemasan yang tidak terlalu bagus.

Barang OEM ini biasanya dalam bentuk suku cadang dari produk asli yang sudah tidak terpakai.

19. PnP (Plug and play)

Arti PnP dalam online shop adalah barang yang diperjual belikan secara online yang dapat langsung dipakai oleh pembeli.

Artinya, barang yang dibeli tersebut pas atau sesuai dengan aslinya, tinggal pasang saja.

Misalnya, pembeli ingin mengganti power windows mobil avanza lawas nya (non vvti), yang rusak, kemudian ada istilah PnP ini, artinya barang yang dibeli untuk mengganti suku cadang avanza lawasnya tadi tinggal pasang saja, cocok dan pas untuk digunakan.

Sistem ini dimaksudkan agar pembeli dapat langsung mencoba dan menggunakan barang barunya dan meminimalisir penipuan yang dapat dilakukan penjual.

20. BNIB (Brand new in box)

Arti BNIB dalam online shop dipergunakan untuk barang yang baru dibuka dari kemasan aslinya atau bahkan belum pernah dibuka sama sekali.

Istilah ini dipakai agar calon pembeli yakin bahwa barang yang diperjualbelikan adalah barang baru, bukan barang bekas.

21. TS (Thread starter)

Arti TS dalam online shop ini hampir mirip dengan TS dalam forum-forum online.

Yakni disematkan kepada orang yang pertama kali membuat promosi penjualan barang yang dipasang di iklan jual beli online.
TS dalam online shop artinya sama dengan penjual dalam transaksi jual beli online.

22. No afgan

Arti No Afgan dalam online shop ini adalah penegasan kepada pembeli agar tidak menawarkan barang yang dijual oleh penjual terlalu jauh dari harga yang telah ditetapkan.

Istilah No Afgan ini disadur dari lagu "Sadis" yang dinyanyikan oleh Afgan.

Artinya, jangan terlalu "Sadis" menawarkan barang yang dijual secara online, yakni menawarkannya terlalu jauh dari harga awal barang tersebut.

23. Newbie

Arti Newbie dalam online shop adalah sebuah pernyataan bahwa penjual atau pembeli merupakan pendatang baru di dunia online shop, dan masih harus banyak belajar.

24. Rekber (Rekening Bersama)

Arti Rekber dalam online shop merupakan singkatan dari rekening bersama.

Yakni rekening pihak keketiga yang menjadi penengah antara penjual dan pembeli

25. WS (Wholesale)

Arti WS dalam online shop adalah melayani penjualan grosir. Yakni toko/ penjual online tersebut bersedia menjadi distributor yang melayani pembelanjaan barang untuk para reseller atau pengecer.

26. Palkor 

Arti Palkor dalam online shop ini adalah singkatan dari Pala Korengan, ungkapan yang rada-rada marah dan kesal, yakni berupa sebutan untuk pembeli norak yang biasanya banyak nanya, seakan-akan setuju dengan harga dan spek namun ketika sudah deal tidak muncul atau susah dihubungi.

27. Pernando

Arti Pernando dalam online shop ini adalah merupakan singkatan dari Persatuan Nanya Doang.

Hampir mirip artinya dengan Palkor, namun disini merupakan perkumpulannya. Jadi Pernando ini adalah kumpulan dari Palkor.

Banyak nanya tapi gak jadi transaksi.

28. BPJS

Arti BPJS dalam online shop adalah singkatan dari Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita.

Yakni istilah jual beli online bagi pembeli yang banyak nawar untuk barang-barang yang mahal dan asli, namun gak jadi beli.

29. No Rossa

Arti No Rossa dalam online shop ini hampir sama dengan No Afgan.

Istilah online shop No Rossa ini juga di ambil dari lagu "Tega" yang dipopulerkan oleh penyanyi Rossa.

Artinya barang boleh ditawar tapi jangan terlalu rendah. Teganya dikau!

30. KW 

Arti KW dalam online shop adalah tentang kualitas barang yang dijual secara online.

KW ini biasanya sebutan untuk barang palsu, namun memiliki kemiripan sama dengan yang aslinya.

Kemiripan kualitas dengan produk aslinya ini biasanya ditentukan dengan angka atau nilai.

Seperti KW1 yang artinya memiliki nilai kemiripan hampir sama dengan kualitas barang asli (ORI), KW2 menunjukkan kemiripan dengan aslinya yang mulai jauh. KW3 menunjukkan kemiripan dengan aslinya semakin jauh.

Sedangkan untuk menunjukkan nilai kualitas yang hampir mirip atau bahkan hampir sama dengan aslinya (ORI) disebut dengan istilah KW Super.

Sebenarnya istilah ini untuk membedakan dengan KW-KW biasa tadi, seperti KW1, KW2 dst.

Namun pada kenyataannya tidak ada ukuran pasti tentang kualitasnya sendiri, terkadang hanya bentuknya saja mirip.

31. Refurbis/ Refurbished

Istilah Refurbis atau Refurbished dalam online shop adalah istilah untuk barang-barang elektronik seperti ponsel, tablet, gadget, laptop dan sejenisnya yang stok lama/ merupakan barang lama tapi diproduksi ulang oleh pabrik.

32. Up

Arti Up dalam online shop biasanya digunakan untuk membuat postingan barang yang dijual naik keposisi teratas agar bisa dilihat sebagai barang yang dijual hari ini.

Karena thread atau postingan barang dagangan akan tenggelam/ tergeser kebawah apabila banyak barang lain baru lain yang diposting.

Dengan UP  (mengetik/ menilisUP) tujuannya adalah agar barang yang masih ada dan belum laku, dapat dibaca oleh pembeli yang online pada saat itu.

Up ini biasanya digunakan oleh penjual-penjual online di forum-forum jual beli, baik melalui media sosial (Facebook, Instagram) maupun situs forum jual beli seperti KasKus.

33. Bata - Lempar Bata

Istilah jual beli online Bata - Lempar Bata ini merupakan reputasi buruk yang diberikan kepada seller/ penjual.

Misalnya dengan nilai yang rendah, dst.  Tergantung dari sistem penilaian transaksi pada masing-masing tempat jualan online.

Arti Istilah-istilah dalam Online Shop


Bagian II

Pada bagian kedua ini istilah-istilah jual beli online dalam dunia online shop yang umum lainnya yang terkadang sering muncul dan digunakan penjual dan pembeli online beserta artinya.

arti istilah-istilah online shop


  1. IDR = Indonesian rupiah
  2. PKH = Pos Kilat Khusus
  3. Price = Harga produk dan barang
  4. On Model = Warna sesuai gambar atau sesuai pesanan
  5. Up to = Sampai dengan, biasanya saat diskon atau great sale
  6. Fast Response = Menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat
  7. Slow Respon = Lama menjawab pertanyaan pelanggan
  8. Nego = Tawar menawar
  9. FREE = Gratis
  10. Sis / Sista = Sebutan untuk pembeli/ penjual shopping online (wanita)
  11. Agan = Singkatan dari Juragan, sebutan untuk penjual/ pembeli (pria)
  12. K = Kilo/ ribu, yakni penyingkatan nilai dalam ribuan, biasanya untuk harga
  13. Available  = Tersedia
  14. WA   = WhatsApp
  15. Booked = Sudah dibooking (dipesan)
  16. Keep/ Booking = Disimpan sebelum pembayaran
  17. Item/ pcs = Jumlah barang
  18. Price List = Keterangan/ daftar harga
  19. SCDD = Siapa Cepat Dia Dapat
  20. TRF / TF /XFR  = Transfer pembayaran
  21. Paypal = Sistem pembayaran dengan rek online paypal
  22. WU = Western Union (pembayaran semacam wesel di luar negeri)
  23. Estimasi = Perkiraan barang sampai
  24. Express = Jasa pengiriman barang 1-2 hari
  25. ONS = One night service (jasa pengiriman cepat dalam 1 hari)
  26. Reguler = Jasa pengiriman barang biasa (2-4 hari)
  27. Sale = Diskon tertentu disaat tertentu
  28. Pick up = Barang dijemput kurir ekspedisi
  29. CSO  = Customer service ofiicer / yang melayani pesanan
  30. Diskon = Potongan harga
  31. Hit & Run = Barang sudah dipesan tetapi tidak ada konfirmasi pembayaran
  32. Bid and Run = Setelah menawar, tidak ada kabar lagi
  33. Katalog = Buku/ flyer/ daftar jenis produk berikut keterangan harga
  34. Reject = Barang cacat (sering kali dijual murah)
  35. Japri  = Jaringan Pribadi. (berhubungn secara pribadi via SMS, BBM)
  36. Harga Retail = Harga eceran
  37. Harga Distro = Harga borongan dengan diskon besar
  38. CLBK = Chat Lama Beli Kagak.
  39. PHP = Pemberi Harapan Palsu, pembeli yang janji transfer, tapi gak transfer-transfer
  40. Harga Grosir = Harga borongan dengan diskon tertentu
  41. LBA  = Luar batas antar (Untuk kiriman di luar kota besar)
  42. WApri = Jaringan Pribadi. (via WhatsApps)
  43. Blacklist = masuk ke buku hitam shopping online
  44. Resi = Bukti pengiriman barang dari pihak ekspedisi
  45. TOP / Term of Payment = Jatuh tempo pembayaran
  46. Jokul = Jual
  47. BT = Barter. (dituker dengan barang lain)
  48. TT = Tuker Tambah
  49. Ane = Menyebut diri sendiri saat bertransaksi jual beli online
  50. Tuti = Tukang Tipu
  51. KOS = Kumpulan Online Shop
  52. Onlen = Sedang online
  53. Nego Tipis = Artinya barang bisa ditawar tapi sedikit saja
  54. No Minus = Barang dalam kondisi masih bagus
  55. Freeong = Free ongkir/ Gratis ongkos kirim
  56. ORI = Barang original alias asli
  57. ASAP = As Soon As Possible. Secepat mungkin
  58. Recsell = Recommended Seller, penjual yang direkomendasikan/ terpercaya
  59. Rep (Replika) = Barang tiruan yang menyerupai ORI nya
  60. Good Condition = Barang kondisi bagus
  61. Mint = Mint Condition = Barang kondisi sangat bagus, biasanya 95% keatas
  62. Like New = Barang bekas namun kondisi baik fungsi maupun fisik seperti barang baru
  63. OS/ Olsop/ Olshop = Online Shop/ Toko Online
  64. Kurir = Jasa pengiriman barang
  65. YP = Yatim Piatu. Istilah Jual Beli Online untuk jual beli motor/ mobil bekas tanpa surat
  66. Lapak = Topik yang dibuat/ tempat penjual membuat diskusi/ menjual barang di situs jual beli online
  67. ATC = Add to Chart = Masukkan ke keranjang pembelian (siap order dan bayar)\
  68. TL - Timeline = Biasanya menunjukkan promosi barang dagangan dapat dibaca di timeline atau diskusi pada suatu tempat penjualan online
  69. BU = Butuh Uang
  70. BUC = Butuh Uang Cepat
  71. Lapak Sebelah = Jualan orang lain di diskusi/ jualan terpisah pada platform tempat jualan online yang sama
  72. Marketplace = Tempat jualan online seperti tokopedia, bukalapak, FJB Kaskus dst
  73. Deal = Terjadi kesepakatan penjual dan pembeli
  74. AFAIK = As Far As I Know = Sejauh yang saya tau = Menginformasikan apa yang dia ketahui
  75. FYI = For Your Information = Mirip AFAIK, namun kesan FYI adalah fakta sebenarnya
  76. IMHO = In My Humble Opinion = Mirip sama CMIIW tapi pendapat yang bersangkutan soal barang tersebut
  77. Esteh = STNK Only, biasanya untuk jual beli motor bekas dimana hanya ada surat berupa STNK, tanpa BPKB
Saat ini, bisnis online shop atau jual beli secara online tren nya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Suatu perubahan yang akan membawa kita kedalam dunia transaksi bisnis yang berbasis teknologi informasi.

Bagi Anda yang masih newbie/ baru, entah itu ingin menjadi penjual atau hanya menjadi konsumen/ pembeli saja, teruslah belajar, tidak malu bertanya dan selalu mencoba. 

Bisnis online shop atau bertransaksi jual beli secara online rentan terhadap penipuan. 


Karena itu, teruslah menggali istilah-istilah jual beli online yang ada, sehingga Anda tidak kudet (kurang update) lagi, dan memahami cara menilai penjual online, sehingga terhindar dari penipuan.

Selalu cari informasi terkini mengenai reputasi penjual online, ulasan-ulasan produk dan penjualnya serta memahami arti dari istilah-istilah dalam online shop.

Arti istilah-istilah transaksi jual beli online diatas kami harap dapat membantu Anda mengenal lebih jauh mengenai model bisnis online shop ini. Selamat berbelanja!
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Biar Gak Kudet, Kenali Istilah Jual Beli dalam Dunia Online Shop Berikut!"

Posting Komentar

kredit

simulasi kredit

cloud hosting terbaik

cloud hosting terbaik di indonesia

advokat