Panduan Memulai Usaha Rumahan Secara Online Terbaru

loading...
Loading...
Usaha rumahan biasanya hanya berskala kecil serta di bawah pengaturan atau manajemen pribadi, perseorangan atau keluarga.

Tapi jangan salah, walaupun usaha rumahan ini terbilang berskala kecil, namun keuntungan yang didapatkannya tidak bisa dikatakan kecil juga.

Bahkan ada usaha rumahan yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta perbulan.
panduan memulai usaha rumahan online terbaru

Namun tentu saja tergantung dari jenis usaha rumahan apa yang dilakukannya.

Jika dijalani dan ditekuni dengan serius, bukan tidak mungkin yang tadi hanya berupa usaha rumahan berubah menjadi bisnis startup yang berskala besar.


Usaha rumahan ini biasanya menjadi pilihan pertama bagi mereka yang baru menjadi pengusaha atau pebisnis pemula.

Panduan Memulai Usaha Rumahan Online Terbaru


Atau menjadi sebuah usaha iseng-iseng untuk mengisi waktu luang, yang biasanya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga.

Namun sekarang, diera milenial ini, usaha rumahan tidak lagi identik dengan usaha ibu rumah tangga, generasi milenial mulai melirik usaha rumahan yang cukup menjanjikan ini.

Karena jenis usaha rumahan ini selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, juga bisa dilakukan sewaktu-waktu, yang artinya tidak terlalu mengikat.

Lihat: Jenis Usaha Sampingan bagi PNS dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

Sehingga tidak terlalu menyita waktu para generasi milenial, yang umumnya adalah anak muda yang masih mencari jati diri dan masih suka bermain dan berkumpul dengan teman-temannya.

Untuk itu ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari sebuah bisnis atau usaha rumahan, dan berikut ini adalah beberapa tips dan panduan untuk Anda yang akan memulai sebuah usaha rumahan secara online terbaru dari kami.

Kelebihan bisnis atau usaha rumahan


Usaha rumahan pastinya tidak perlu memikirkan biaya untuk menyewa tempat. Cukup memanfaatkan ruangan yang ada dirumah, sehingga bisa menekan biaya ketika bisnis rumahan ini dimulai.

Dilain pihak, kita juga bisa menekan biaya pekerja, sebab usaha rumahan ini dikelola dari rumah tinggal, maka kita bisa mengajak anggota keluarga untuk ikut membantu usaha ini.

Dalam bisnis rumahan ini, kita lah yang menjadi pemiliknya, menjadi bos dari usaha rumahan tersebut, sehingga pastinya nanti kita akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya.

kelebihan dan kekurangan usaha rumahan online

Dan yang paling utama adalah kita tidak terikat pada jam kerja karena kita sendirilah yang mengatur dan menyeimbangkannya, tidak seperti bekerja dikantor yang terikat dengan jam masuk dan jam pulang.

Intinya, kelebihan dari usaha rumahan adalah selain tidak memerlukan modal yang terlalu besar, kita juga tidak terikat dengan waktu, serta kita pula yang mengatur dan memanajemennya.

Kekurangan bisnis atau usaha rumahan


Setiap jenis usaha tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali dengan bisnis atau usaha rumahan ini.

Usaha atau bisnis rumahan walaupun tidak memerlukan modal yang terlalu besar, namun bukan berarti kita tidak akan mengalami masalah keuangan, terutama masalah modal usaha rumahan ini.

Sering kali bisnis rumahan ini kolaps karena terbentur dengan modal.

Dan yang menjadi penyebab utamanya bukanlah pada pendanaan, namun lebih karena kurangnya pengetahuan terhadap sistem manajemen dan keuangan.

Selain itu, lokasi rumah yang terkadang kurang strategis untuk merintis sebuah bisnis rumahan, sehingga menuntut kita untuk memiliki pengetahuan yang lebih seputar strategi pemasaran usaha rumahan.

Yang terakhir adalah sulitnya membedakan mana kepentingan yang sifatnya bisnis dan mana kepentingan yang sifatnya untuk keluarga.

Dengan kata lain, seringkali kita mencampur adukkan keuangan bisnis rumahan dengan keuangan keluarga.

Setelah kita memahami kelebihan dan kekurangan dari bisnis rumahan ini, ada baiknya kita mengambil pelajaran dari kelebihan dan kekurangannya tersebut diatas.

Misalnya, selalu berusaha untuk memisahkan antara keuangan usaha rumahan dengan keuangan keluarga.

Mencari strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis rumahan kita, serta mulai mencari-cari dan belajar sistem manajemen usaha dan keuangan.

Sebuah bisnis atau usaha rumahan jika dikerjakan dengan serius dan sungguh-sungguh, yang tadinya hanya dimulai dengan modal yang relatif sangat minim, namun seiring dengan waktu dan kegigihan kita, maka tidak mustahil usaha rumahan ini berubah menjadi sebuah usaha yang berskala besar.

Usaha rumahan ini pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis usaha rumahan, yakni:

1. Usaha Rumahan Offline
2. Usaha Rumahan Online

Usaha rumahan yang pemasaran produknya dilakukan secara manual, yakni dengan memasarkan produk dirumah atau dengan cara menawarkannya secara door to door untuk mencari langsung konsumennya, bisa disebut dengan usaha rumahan offline.

Sedangkan usaha rumaha yang dijalankan secara online, biasanya dalam pemasaran dan promosi produknya dilakukan secara online dengan memanfaatkan media internet.

Lihat: Cara Menghasilkan Uang Secara Online untuk Pemula

Kedua jenis usaha rumahan ini sama-sama tidak memerlukan modal yang relatif besar untuk mengawalinya.

Belakangan ini usaha rumahan online lebih banyak diminati oleh pemula seperti ibu rumah tangga dan para kaum milenial, yang memang tidak bisa jauh dari internet.

Jika para ibu rumah tangga memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis rumahan dengan alasan ingin mencari uang tambahan dan mengisi waktu luang, lain halnya dengan kaum milenial.

Kaum milenial menyadari bahwa untuk mendapatkan pekerjaan itu tidak mudah sehingga mereka memutuskan untuk menekuni usaha rumahan.

Seperti halnya ada kelebihan dan kekurangan dari usaha rumahan, usaha rumahan online dan offline juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan usaha rumahan online dibandingkan usaha rumahan offline


Usaha rumahan yang dijalankan secara online memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Modal yang Relatif Kecil


Kelebihan usaha rumahan yang dilakukan secara online, percaya atau tidak, bisa dijalankan dengan modal yang sangat kecil, dan bahkan mungkin nyaris tanpa modal.

Yang pertama adalah kita tidak perlu membeli perlengkapan-perlengkapan yang mahal untuk usaha rumahan online yang biasanya dibutuhkan dalam usaha rumahan yang dijalankan secara offline.

Seperti contohnya, etalase untuk memajang produk bisnis rumahan, serta perlengkapan-perlengkapan lainnya.

2. Tidak Memerlukan Banyak Pegawai/ Staf


Jika pada usaha rumahan offline, dalam pemasaran produknya kita tentu memerlukan pegawai atau staf untuk memasarkannya.

Namun pada usaha rumahan online banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis, bahkan bisa kita lakukan seorang diri.

bisnis rumahan online tebaru

Misalnya, ketika kita menjual produk secara online, setidaknya kita tidak memerlukan kasir untuk menerima pembayaran.

Pembeli cukup mengikuti prosedur pembelian dan pembayaran yang telah ditentukan, kemudian setelah pembeli menyelesaikan pembayaran, maka produknya tinggal kita paket dan kirimkan.

3. Bisa Dikerjakan Kapanpun dan Dimanapun


Kelebihan lain dari usaha rumahan yang dilakukan secara online adalah dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun.

Cukup bermodalkan smartphone dan selama kita memiliki akses untuk terkoneksi dengan internet, maka setiap transaksi dapat kita lakukan, walaupun kita sedang tidak berada dirumah.

Usaha rumahan online ini bahkan juga bisa dilakukan oleh pekerja kantoran, karena memang tidak memerlukan waktu khusus untuk memulainya.

Tidak terbatas oleh waktu dan tempat, cukup seperangkat smartphone atau laptop serta koneksi internet yang baik.

4. Menjangkau Konsumen Secara Global


Melakukan usaha atau bisnis rumahan secara online, berarti kita memasarkannya produk kita secara daring, melalui internet.

Dan dunia internet jangkauannya adalah secara global, tidak hanya lokal saja, tapi menjangkau calon pelanggan di negara dan benua lain.

Sementara itu, usaha atau bisnis rumahan secara offline hanya bisa diiklankan dan dipasarkan untuk pelanggan di daerah setempat saja.

Namun, memiliki bisnis dan usaha rumahan online berarti kita dapat mengekspos usaha rumahan kita ke sejumlah besar pelanggan potensial secara global.

5. Proses Transaksi Cepat


Melalui Internet, kita sebagai pemilik usaha rumahan online dapat terhubung dengan pelanggan lebih cepat dan mudah dari pada usaha rumahan secara offline.

Pelanggan atau konsumen tidak harus menghubungi atau mengunjungi rumah kita untuk mendapatkan informasi tentang produk atau layanan kita.

Pelanggan atau konsumen dapat mengirim email atau mengirim pesan langsung kepada kita sebagai pemilik untuk mendapatkan jawaban.

Apalagi saat ini, dengan dukungan pertumbuhan media sosial yang begitu pesat, semakin mempermudah kita untuk tetap terhubung dengan pelanggan, dengan mengikuti halaman bisnis facebook atau instagram kita.

Sehingga, semua proses jual beli dapat dilakukan secara cepat.

Dan salah satu faktor kemajuan sebuah usaha adalah kecepatan transaksi, sehingga semakin banyak usaha rumahan yang dulunya dilakukan secara offline kini dijalankan secara online.

Kekurangan usaha rumahan online dibandingkan usaha rumahan offline


Adapun kekurangan dari bisnis atau usaha rumahan online dibandingkan usaha rumahan offline adalah sebagai berikut:

1. Usaha Rumahan Online Memerlukan Pengetahuan


Menjalankan usaha rumahan online, tidak semudah yang kita bayangkan.

Walaupun jangkauan pasarannya adalah global, namun untuk berhasil dibisnis ini membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang pemasaran secara online.

Atau yang lebih dikenal dengan istilah Internet Marketing atau Online Marketing.

Memang benar, ada banyak informasi yang dapat kita pelajari dari internet tentang Online Marketing ini, namun jika tidak didukung oleh pengetahuan yang cukup, sangat susah bagi kita untuk mengikuti dan mempelajarinya.

Karena itu, untuk lebih memahami lebih jauh tentang Online Marketing, ada baiknya kita mengikuti training atau workshop yang diadakan baik secara online maupun offline.

Dan workshop seperti ini tidak ada yang gratis, semuanya berbayar, bahkan dengan biaya yang cukup besar.

Sehingga dengan demikian bisnis atau usaha rumahan secara online ini tidak bisa juga dikatakan dapat dimulai dengan modal yang minim.

2. Tingkat Persaingan yang Tinggi


Dunia internet memang telah membuka banyak kemudahan dan peluang dalam kehidupan kita.

Tidak terkecuali dibidang usaha, yang dalam hal ini usaha rumahan.

Disisi lain, internet juga membuka banyak peluang bisnis usaha rumahan baru, sehingga seiring dengan itu tingkat persaingannya pun semakin meningkat.

internet marketing usaha rumahan online

Setiap harinya usaha dan bisnis rumahan online ini bertambah pesat, dan hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pesaing yang ada dalam satu produk usaha rumahan atau bisnis online dari seluruh pelosok nusantara, belum lagi ditingkat global.

Jika Anda tidak percaya, coba saja Anda cari di Google dengan kata kunci "Pancake Durian" ada berapa banyak hasil yang ditampilkan Google.

Semakin banyak hasil pencarian yang ditampilkan Google, berarti semakin tinggi tingkat persaingannya.

3. Tingkat Kepercayaan Masyarakat Masih Rendah


Dunia internet tidak terlepas dari pelaku kejahatan cyber. Baik itu mereka yang melakukan pengrusakan terhadap aplikasi usaha rumahan online kita maupun banyaknya kejahatan penipuan yang terjadi.

Maraknya aksi kejahatan penipuan yang terjadi dalam usaha rumahan online ini yang biasanya terjadi pada pemula baik konsumen maupun pelaku usaha rumahan online yang baru memulai usaha nya, membuat tingkat kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi secara online masih rendah.

Sehingga, walaupun bisnis dan usaha rumahan online ini bisa mencakup pasar secara global, akan tetapi bukan berarti kita akan mendapatkan banyak pelanggan juga.

Karena tidak semua pengguna internet berani dan mau bertransaksi secara online.

Setiap usaha tidak ada yang instan, artinya sekali memulai langsung sukses dan berhasil.

Dan ini juga berlaku untuk usaha rumahan online. Walaupun menjanjikan keuntungan yang cukup besar akan tetapi keuntungan tersebut tidak akan datang tiba-tiba, namun memerlukan kerja keras dan kegigihan seperti halnya usaha rumahan offline.

Karena kelebihan-kelebihan usaha rumahan online inilah yang menyebabkan jenis usaha online ini banyak diminati oleh calon pebisnis baru yang akan memulai usahanya.

Maka dari itu usaha rumahan online dijadikan sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan.

Memilih usaha rumahan online dengan alasan karena mudah dikelola dan dilaksanakan dengan baik dapat membuka kesempatan untuk kita dalam menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar.

Oleh karena itu, entah itu Anda seorang ibu rumah tangga, atau kaum milenial yang ingin memanfaatkan teknologi informasi, dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, sudah saatnya Anda memulai untuk merintis usaha rumahan online Anda sendiri.

Bisnis rumahan secara online belakangan ini memang telah menjadi pilihan bagi pebisnis yang baru memulai usahanya, bahkan juga oleh pebisnis kawakan yang telah lama malang melintang didunia bisnis offline.

Hal ini tentunya karena ada daya tarik tersendiri dari usaha rumahan online ini, yang mempunyai potensi penghasilan yang cukup menggiurkan.

Selain itu juga karena mengawali usaha rumahan online ini lebih mudah dan fleksibel, serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Selama fasilitas untuk mengakses internet tersedia dengan baik.

Karena sifat fleksibilitasnya inilah, membuat usaha rumahan online sangat cocok untuk ditekuni oleh siapa saja.

Namun tentunya untuk mereka yang memang berminat untuk melakukannya.

Usaha rumahan online bisa dilakukan orang yang belum punya pekerjaan, maupun oleh mereka yang telah mempunyai pekerjaan tetap.

Bahkan tidak mustahil suatu saat nanti usaha rumahan online ini menjadi pekerjaan utamanya.

Menekuni usaha rumahan online sama beratnya ketika kita menekuni usaha rumahan offline.

Walaupun usaha rumahan online lebih banyak memberikan kelebihan dan kemudahan dibandingkan usaha rumahan offline, namun untuk mancapai kesuksesan tentu saja memerlukan kerja keras dan strategi bisnis yang cukup baik.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar usaha rumahan online yang dilakukan dapat mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan diantaranya yaitu :

Melihat Pesaing Usaha Rumahan Online Yang Sudah Ada


Ketika kita akan memulai sebuah usaha rumahan online, yang pertama kali kita lakukan tentunya adalah pilihan usaha atau bisnis apa yang akan kita pilih.

Ketika kita akan memilih dan menentukan jenis usaha rumahan online, kita harus melihat beberapa faktor, yang artinya kita tidak bisa sembarangan memilih jenis usaha rumahan online kita, karena akibatnya akan sangat fatal, yang berujung pada kerugian dan kegagalan.

Faktor-faktor tersebut diantaranya: target konsumen, jenis produk, tingkat persaingannya, dan lain sebagainya.

Dan faktor yang paling penting adalah tingkat persaingan produk yang akan kita tawarkan pada usaha rumahan online kita.

Hendaknya produk yang kita tawarkan dalam usaha rumahan online tersebut adalah produk yang banyak dicari orang dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu besar.

Hal ini berkaitan dengan pemasaran secara online atau Internet Marketing.

Yang biasanya ditentukan dalam bentuk pencarian kata kunci atau keyword.

Untuk melihat tingkat persaingan jenis produk usaha rumahan tersebut kita dapat melakukan riset kata kunci.

Kata kunci atau keyword disini adalah apa yang diketikkan atau ditulis oleh pelanggan/ konsumen di mesin pencarian.

Dan dalam hal ini yang paling sering digunakan adalah Google Search Engine.

Kita bisa menggunakan tool atau alat untuk melihat berapa besarnya volume pencarian serta tingkat persaingan kata kunci jenis usaha rumahan online tersebut.

Untuk tool atau alat riset kata kunci/ keyword tersebut bisa Anda lihat di Tool Riset Keyword Terbaik ini.

Memahami Usaha Rumahan Online Yang Sedang Dilakukan.


Bila serius mengerjakan suatu jenis peluang usaha rumahan online tertentu tentunya si pelaku usaha harus menguasai usaha yang dilakukannya tersebut.

Seseorang yang melakukan usaha rumahan online maka orang tersebut harus mengerti apa yang dia usahakan agar usaha yang dijalankannya tersebut bisa berhasil dengan baik.

Sangat disarankan ketika Anda memilih ide usaha rumahan online agar disesuaikan dengan apa yang Anda sukai dan cintai.

Hal ini dikarenakan ketika Anda memilih jenis usaha yang Anda sukai dan cintai, maka ketika Anda mengerjakannya Anda bisa melakukannya dengan lebih serius dan menyenangkan.

Pemilihan ide jenis usaha atau bisnis rumahan online yang tepat, maka akan menentukan keberhasilan usaha rumahan online yang sedang Anda jalani.

Membuat Blog atau Situs Web Untuk Usaha Rumahan Online


Dalam menjalankan usaha rumahan online sangat disarankan memiliki blog atau situs web bisnis sendiri.

Fungsi dari situs web itu sendiri adalah untuk mewadahi usaha yang sedang Anda lakukan.

Bisa untuk menampilkan dan mempromosikan produk yang kita jual di internet, bisa juga untuk menyampaikan kelebihan-kelebihan produk serta testimoni dari pelanggan-pelanggan yang telah bertransaksi dengan Anda.

membuat situs web usaha rumahan online

Kita juga bisa memanfaatkan situs jual beli online seperti tokopedia, lazada, bukalapak, bliblli, dan sebagainya.

Atau bisa juga dengan menggunakan situs jejaring sosial dalam memasarkan produk kita secara online, namun sekali lagi, ketika kita memiliki situs web sendiri maka jangkauan konsumen kitapun semakin luas.

Kita bahkan bisa menghubungkan lapak kita di toko jual beli online dan lapak jejaring sosial kita yang ada dengan blog atau situs web kita sendiri.

Dengan memiliki situs web atau blog sendiri, kita bahkan bisa mendapatkan tambahan penghasilan pasif, yakni dengan memonetisasi situs web atau blog kita, atau bahkan mungkin dengan membuat review produk dari pengusaha bisnis rumahan online lainnya.

Yang jelas keberadaan situs web, atau blog dalam usaha rumahan online sangat diperlukan karena sangat erat kaitannya dengan pemasaran produk usaha online Anda.

Dengan memiliki situs web sendiri maka usaha rumahan online yang dijalankan bisa lebih efektif dan efisien dan tentunya pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Memulai Usaha Rumahan Secara Online Terbaru"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum