Tool Riset Keyword Terbaik 2018 (Gratis dan Premium)

Untuk sukses dan berhasil di dunia blogging dan bisnis online, kita harus merencanakan setiap langkah kita dengan terperinci dan matang. Mulai dari memilih dan menentukan nama domain yang efektif dan tepat, memiliki pengetahuan dasar SEO, merencanakan strategi SEO, serta memilih pengiklan yang tepat jika kita berencana meningkatkan pengunjung blog dan situs web kita lewat jalur advertising (iklan), mau tidak mau kita dipacu untuk lebih kreatif, lebih professional lagi. 
Tool Research Keyword Terbaik 2018
Dari semua praktik dasar SEO serta strategi SEO dasar yang tepat untuk blogger pemula, kebanyakan blogger pemula lupa untuk memikirkan kata kunci untuk blog atau situs mereka. Pada dasarnya, research keyword ini tidak semudah yang kita bayangkan, dalam hal ini kita benar-benar dituntut untuk lebih kreatif, dituntut untuk berpikir "out of the box". 

Karena yang harus kita ingat adalah kita berjuang melawan jutaan blog dan situs web yang ada didunia ini untuk berada pada posisi 10 teratas Google Search Engine. Jangankan untuk tingkat dunia, untuk blog dan situs web Indonesia saja kita harus melawan ribuan hingga ratusan ribu blog dan situs web Indonesia yang se-tema/niche dengan blog kita. Semua demi untuk berada pada posisi 10 teratas Google Search Engine, atau dikalangan blogger lebih dikenal dengan istilah "Pejwan Google". 

Jadi pada dasarnya kita harus bertarung dengan pesaing-pesaing kelas wahid dan raksasa-raksasa bisnis online yang tentu saja telah banyak menginvestasikan uang mereka dalam jumlah yang cukup besar, dan itu bukan hanya pada konten saja namun juga pada strategi pemasaran dan promosi. Tentu akan sangat sulit, bahkan bisa dibilang kita tidak akan mampu  untuk melawan raksasa-raksasa bisnis online untuk keyword atau kata kunci yang persaingannya ketat dan sulit, karena untuk kata kunci yang persaingannya sulit dan volume pencariannya tinggi raksasa-raksasa bisnis online berani mengeluarkan dana yang cukup besar untuk memenangi persaingan. 

Karena itu, kita perlu melakukan penelitian kata kunci, atau research keyword, untuk bertahan didunia yang memang membutuhkan kreatifitas tinggi ini. Disinilah peran penelitian Kata Kunci (Research Keyword), dan kali ini, kita akan membahas alat penelitian kata kunci (Tool Research Keyword) terbaik untuk tahun 2017 ini dan juga untuk tahun 2018 nanti. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang berbagai alat penelitian kata kunci (Tool Research Keyword), terlebih dahulu akan dijelaskan dua konsep penting tentang keyword, yaitu: 

1. Long tail keywords (Kata kunci ekor panjang) 

2. LSI (latent semantic indexing keywords) Keywords 

Kedua jenis kata kunci ini sebenarnya terdiri dari lebih dari satu suku kata yang berhubungan dengan kata kunci utama. Raksasa-raksasa bisnis online memiliki tim SEO yang professional dan bekerja keras untuk memenangi persaingan kata kunci utama, karena itu sangat sulit bagi kita untuk bisa bertarung dengan mereka di kata kunci utama tersebut. Sebagai gantinya, kita dituntut untuk menemukan kata kunci terkait yang persaingannya sangat kecil akan tetapi memiliki volume pencarian yang cukup besar, agar kita dapat bersaing dan mendapatkan rangking 10 besar Google Search Engine (Pejwan). 

Hasil akhirnya yang kita harapkan adalah merangkak naik ke posisi teratas Google Search Engine dalam rentang waktu yang sangat singkat dan dengan sedikit membangun link tautan (Backlink dan Internal Link). 

Tool Research Keyword Terbaik 2018 (Gratis dan Premium) 

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah bagian dari Google Adwords. Google Adword adalah alat untuk pengiklan, yakni tool atau tempat bagi kita yang ingin mengiklankan blog atau situs web dan produk bisnis online kita melalui Google. Walaupun alat ini adalah merupakan tempat kita untuk beriklan, namun bisa kita manfaatkan sebagai alat untuk meneliti kata kunci (research keyword), yang hasilnya sama baiknya bagi seorang Pakar SEO atau profesional SEO yang berpengalaman. 

Setelah login, kita bisa memasukkan kata kunci yang kita inginkan untuk menemukan kata kunci LSI atau kata kunci turunannya yang terkait. Dan yang lebih hebatnya lagi adalah kita dapat memfilter hasil research keyword kita menurut bahasa, lokasi, dan kata kunci negatif. Yang terpenting lainnya adalah kita juga dapat memasukkan URL (situs web dan blog) saingan kita, untuk mengetahui di mana mereka menentukan peringkat kata kunci yang terkait. 

Karena itulah sebabnya mengapa alat ini (Google Keyword Planner) dinobatkan menjadi alat yang paling efektif untuk penelitian kata kunci dan alat analisis pesaing. Dari alat ini, kita bisa menilai tujuan, strategi SEO dasar dan sumber daya nya yang tidak kita ketahui sebelumnya. 

Namun demikian, ada juga kerugiannya menggunakan Tool Google Keyword Planner yakni karena hampir setiap blogger menggunakannya, sehingga kekuatannya dan manfaatnya pun telah berkurang. Itu sebabnya banyak blogger menggunakan alat lain untuk menemukan kata kunci LSI dan kata kunci ekor panjang (long tail keyword).

Versi Premium Long Tail Pro 

Long Tail Pro, adalah alat yang paling mudah digunakan, namun demikian paling efektif dalam hal penelitian kata kunci. Tampilannya cukup sederhana, dan mengidentifikasi kata kunci yang hampir tidak ditemukan oleh Google Keyword Planner. Saat kita membuka LTP (Long Tail Pro), kita perlu memberikan akses ke akun Google kita dengan memasukkan nama pengguna dan password kita. 

Ada pilihan di mana kita dapat mengatur jumlah kata dalam hasil penelitian kata kunci. Bahkan tidak hanya itu, kita juga bisa membatasi hasilnya berdasarkan negara dan jumlah pencarian per bulan. LTP dengan mudah menampilkan 800 kata kunci yang jumlahnya sangat banyak sehingga tidak tersentuh oleh pesaing-pesaing kita yang lainnya. 

Kekurangannya dari alat penelitian kata kunci ini adalah kecepatan pencarian kata kunci nya yang cukup lambat dan ini cukup mengganggu untuk mereka yang ingin cepat dalam menghasilkan suatu konten dalam waktu singkat, dan karena jumlah waktu yang sangat terbatas ini, menunggu lebih lama untuk daftar hasil penelitian kata kunci untuk memuat tentu akan sangat merisaukan.

SEMRush Premium 

Setelah Google Keyword Planner dan LTP, SEMRush adalah alat penelitian kata kunci terbaik lainnya, yang bisa kita gunakan dalam menentukan kata kunci untuk konten yang akan kita buat. Yang membuat alat paling efektif adalah bahwa alat ini juga memungkinkan kita untuk melacak peringkat pesaing untuk kata kunci target kita. 

Dengan begitu akan membantu kita dalam memahami kata kunci yang memberi lalu lintas tinggi ke pesaing kita. Sehingga kita juga bisa menargetkan kata kunci ini untuk meningkatkan lalu lintas dan penghasilan pada blog dan situs web kita. 

Kekurangan dari SEMRush adalah kita harus membeli setelah 7 hari periode trial (percobaan) dengan harga yang cukup mahal perbulannya, yang mana tidak semua blogger mampu membayarnya, termasuk saya. SEMRush adalah salah satu alat yang banyak digunakan dalam industri tool research keyword, alat penelitian kata kunci.

KWFinder 

KWFinder juga merupakan salah satu senjata terbaik dalam alat penelitian kata kunci. Karena selain cukup mudah untuk digunakan, alat ini juga menunjukkan grafik minat pengguna dari waktu ke waktu. 

Kita hanya perlu memasukkan kata kunci, bahasa dan negara target dan KWFinder dengan cepat membuat daftar kata kunci ekor panjang (long tail keyword) lengkap dengan skornya. 

Dengan grafik minat dari tahun 2004 hingga sekarang yang ditampilkannya tersebut akan sangat membantu kita dalam merencanakan strategi SEO masa depan kita serta analisis kata kunci dalam jangka panjang.

Keywordtool.io

Jika kita tidak mampu membayar untuk menggunakan alat-alat penelitian kata kunci premium semisal SEMrush, Long Tail Pro, dan alat penelitian kata kunci premium lainnya, kita bisa menggunakan tool penelitian kata kunci yang gratis ini - Keywordtool.io

Alat gratis ini melakukan analisis kata kunci dengan menggunakan data dari Google, Yahoo, Bing dan apple app store. Sebenarnya, alat ini bekerja dengan huruf Google secara keseluruhan dan huruf ubersuggest dengan menambahkan fitur yang tidak dimiliki oleh alat-alat penelitian kata kunci yang lain. 

Untuk mengetahui volume pencarian, persaingan dan BPK, kita harus memilih versi premiumnya. Namun, untuk blogger pemula seperti saya ini, bagaimanapun juga saya tidak begitu memerlukan data-data untuk jenis-jenis seperti volume pencarian, BPK, dan persaingannya dalam menyusun rencana dan strategi SEO dasar saya.

Jaaxy 

Jaaxy, meskipun merupakan pemain baru di alat penelitian kata kunci (Rerearch Keyword), namun demikian Jaaxy telah mendapatkan reputasi dalam rentang waktu yang sangat singkat. Dan yang terbaiknya adalah, alat ini tidak bergantung pada Google Keyword Planner karena mereka telah memiliki kumpulan metriknya sendiri untuk menemukan kata kunci yang kebanyakan sulit untuk dikenali oleh alat-alat penelitian kata kunci lainnya. 

Jaaxy adalah alat penelitian kata kunci premium, namun demikian kita tetap masih bisa mencoba versi gratisnya untuk menilai keefektifan dan efisiensinya. Jaaxy menunjukkan hasil dengan informasi seperti dikutip hasil pencarian (QSR), Keyword Quality Indicator KQI dan skor SEO. Nilai SEO mendekati 100 yang berarti juga bahwa kata kunci tersebut lebih mudah untuk di rangking dan mendapat tempat 10 besar di search engine. 

Sekarang, mari jelajahi beberapa alat (tool) yang selain berfungsi sebagai tool riset keyword, juga bisa digunakan untuk memantau kinerja SEO situs web dan blog Anda. Selain Google Analytics dan Google Search Console, ada juga sejumlah tool (alat) yang ada di pasaran dan memiliki fungsi lebih lainnya. Berikut adalah beberapa yang menjadi referensi saya:

HubSpot

HubSpot adalah "kumpulan" dari pemasaran, penjualan dan perangkat lunak CRM yang membantu Anda melacak dan menjaga pengunjung (visitor), prospek, dan pelanggan situs web dan blog kita. Sistem ini mencakup alat SEO yang hebat dalam membantu kita dalam menentukan kemungkinan kata kunci, melacak peringkat kata kunci dan mengoptimalkan halaman situs web dan blog kita untuk SEO.

MOZ

Moz adalah salah satu tool favorit dan populer di bidang SEO, yang menawarkan segalanya dalam satu tempat, seperti: 

1. Penelitian kata kunci (Riset Keyword).

2. Optimasi kata kunci.

3. Analisis teknis.

4. Laporan tautan (link building/ backlink), 

5. Perbandingan kompetitif. 

Juga mencakup sejumlah alat/ tool untuk pemasaran inbound: analisis media sosial dan pengoptimalannya, social mention, dan lain sebagainya.

Wordtracker

Wordtracker adalah alat yang populer untuk penelitian kata kunci yang sangat menghemat waktu dan mengotomatisasi penelitian kata kunci Anda dengan merekomendasikan kata kunci populer.

Raven

Raven awalnya dirancang untuk SEO oleh agen SEO dan mencakup sejumlah fitur dan integrasi dengan Wordtracker, Facebook, Twitter, Social Mention, dll.

WebCEO

WebCEO adalah tool lain yang juga merupakan alternatif dari MOZ dan Raven, dan mencakup sejumlah besar fitur.

Buzzstream

Buzzstream dirancang terutama dalam membangun link (backlink) dan manajemen. Alat ini dapat menghemat banyak waktu kita dalam meneliti influencer dan hubungan pelacakan.


Memang banyak dari para blogger yang tidak terlalu memikirkan Praktik Dasar SEO, terutama dalam hal penelitian kata kunci dalam rangka strategi SEO dasar mereka. Namun, sebagaimana halnya didalam jenis pekerjaan lainnya, segala sesuatu yang direncanakan dengan baik dan matang, maka akan membuahkan hasil yang baik pula. Karena itu, jadilah blogger yang kreatif, berkreasi dan berpikiran "out of the box" dengan melakukan perencanaan dan penelitian terlebih dahulu terhadap konten yang akan kita posting.
Loading...

No comments:

Post a Comment