9 Hobi, Bakat dan Keterampilan yang Berpotensi Menjadi Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

9 Hobi, Bakat dan Keterampilan yang Berpotensi Menjadi Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Setiap orang yang dilahirkan didunia ini memiliki rezeki dan bakatnya masing-masing.

Hanya saja tidak setiap orang dapat melihat dan mengembangkan bakatnya tersebut.

Bahkan sejatinya, bakat dan keterampilan tersebut tidak hanya dianugerahkan pada orang-orang tertentu saja, namun juga dapat di kuasai oleh siapa saja dengan latihan dan kerja keras.
hobi bakat dan keterampilan yang berpotensi jadi bisnis rumahan yang menjanjikan

Perbedaannya hanyalah pada kemauan dan tekad yang kuat.

Jika mereka yang memiliki bakat tidak harus bersusah payah terlebih dahulu untuk menguasai sebuah keterampilan, namun tidak bagi mereka yang tidak memiliki bakat lebih.

Jadi suatu keterampilan dapat dikuasai oleh siapapun juga, tidak terkecuali, asalkan mereka mau berusaha dan bertekad untuk mewujudkannya.

Keterampilan-keterampilan yang dikuasai oleh sesorang biasanya lebih kepada hobi yang mereka tekuni dan sukai.

Mencintai dan menyukai sebuah keterampilan, dapat membawa Anda ketingkat yang lebih tinggi lagi, yakni lebih profesional dalam bakat, keterampilan dan hobi tersebut.

Merubah Bakat Menjadi Bisnis yang Menguntungkan


Hobi, bakat dan keterampilan yang Anda miliki, sejatinya pula dapat menjadi ladang uang untuk Anda, jika Anda lebih jeli lagi melihat dan membaca peluang.

Memulai sebuah usaha dan menjadi wirausaha adalah lebih baik dan lebih memberikan banyak kesempatan bagi sebagian orang, dibandingkan bekerja dikantoran ataupun menjadi PNS.

Mereka yang lebih memilih menjadi pengusaha, dibandingkan Karyawan BUMN ataupun PNS, biasanya memiliki banyak cara untuk mewujudkan dan membawa usahanya kepuncak kesuksesan.

Berwiraswasta dan memiliki bisnis sendiri dianggap lebih menjanjikan dan lebih memungkinkan untuk menjadi orang kaya.

Sebab, dengan berwirausaha dan memiliki bisnis sendiri, artinya semua usaha, modal dan keuntungan yang didapat serta semua resikonya mereka sendirilah yang memikul beban itu.

Dengan kata lain, kemampuan, keterampilan dan bakat yang mereka miliki adalah merupakan modal utama dalam mengembangkan bisnis dan usaha sendiri.

Selain itu, mereka yang bercita-cita untuk membuka bisnis pribadi beranggapan bahwa dengan berwiraswasta, waktu mereka menjadi lebih fleksibel, apalagi jika bisnis yang dijalani tersebut bisa dijalankan dari rumah.

Nah, berbicara tentang bisnis rumahan, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dijadikan bisnis rumahan yang menjanjikan.

Bahkan bisa jadi bisnis rumahan ini merupakan sebuah hasil dari bakat, hobi, keterampilan yang Anda sukai.

Karena itu, kami dari Awam Bicara ingin memberikan beberapa hobi, keterampilan dan bakat yang memiliki potensi besar untuk mendatangkan keuntungan.

Berikut adalah beberapa hobi, bakat dan keterampilan yang memiliki potensi untuk menjadi ladang uang Anda dari rumah.

1. Kuliner


Usaha yang satu ini, biasanya menjadi hobi dan disukai oleh kaum perempuan.

Memasak bahkan bisa dikatakan telah menjadi bakat alam seorang wanita.

Kuliner adalah salah satu jenis usaha yang telah ada sejak dari jaman dahulu kala, dan bahkan sebuah usaha yang tidak akan pernah kehilangan pelanggan.

Karena semua orang butuh makan, butuh kenikmatan dan kesenangan dalam memanjakan lidah.

hobi yang berpotensi jadi bisnis rumahan yang menjanjikan

Oleh sebab itu, usaha kuliner ini sangat menjanjikan dan merupakan sebuah bisnis yang memiliki prospek.

Terlebih lagi, jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang tambahan sembari mengisi waktu dan mengurus anak dirumah.

Dan akan lebih menjanjikan lagi apalagi rumah Anda dekat dengan area perkantoran, membuka bisnis kuliner adalah keputusan yang sangat tepat.

Dari mulai makanan berat hingga makanan ringan sekalipun, bisnis kuliner siap menghasilkan banyak keuntungan.

Ditambah lagi Indonesia adalah salah satu negara yang banyak memiliki hari libur nasional untuk perayaan hari-hari besar agama.

Mulai dari hari besar agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan sebagainya.

Dan disetiap perayaan hari-hari besar tersebut, masyarakat Indonesia pasti merayakannya dengan sangat meriah, dan sudah barang tentu diikuti dengan banyak macam dan ragam kuliner yang dihidangkannya.

Sehingga, peluang usaha kuliner ini, khususnya di Indonesia, tentu sangat sangat menjanjikan.

2. Jadi Pengajar


Untuk Anda yang memiliki keterampilan dan pengetahuan dibidang-bidang tertentu, seperti pelajaran sekolah atau bahasa misalnya, maka Anda bisa membuka tempat les privat atau kursus dirumah Anda untuk siswa/i.

Anda bahkan bisa menjadi pengajar online, artinya murid-murid Anda tidak harus datang kerumah, namun kursus, atau belajar mengajar tersebut dilakukan secara online/ daring.

3. Jual Produk Sendiri secara Online


Jika Anda memiliki bakat dan keterampilan dalam membuat sesuatu yang berharga, misalnya sulaman, gambar/ lukisan, fotografi atau bahkan mungkin hiasan keramik, dapat Anda jual secara online.

Setelah Anda memiliki cukup banyak koleksi barang-barang berharga hasil kreasi Anda sendiri, saatnya Anda menjual produk Anda sendiri secara online.

Jika Anda kurang pandai dalam berjualan online dengan membuat situs sendiri, Anda bisa menggunakan media jejaring sosial untuk menjual produk buatan Anda.

bakat yang perpotensi menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan

Anda dapat memasarkan produk Anda secara online di media sosial seperti Facebook, dengan membuat sebuah halaman Facebook khusus untuk jualan produk-produk Anda sendiri.

Anda juga bisa memasarkan produk Anda di situs-situs jual beli online (olshop) seperti tokopedia dan bukalapak untuk pangsa pasar lokal (Indonesia), dan eBay serta Amazon untuk pangsa pasar global.

Dan apabila Anda memiki keterampilan dalam Internet Marketing, maka buatlah situs web atau toko online Anda sendiri, serta beriklan secara online di Google Adword/ Adsense serta FB Ads, untuk menjangkau pengunjung lebih banyak lagi.

4. Menulis


Jangan Anda anggap remeh bakat dan keterampilan yang satu ini.

Pada kenyataannya, sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa seorang penulis yang mana pekerjaannya sendiri dapat dilakukan dimana saja, termasuk dirumah, menghasilkan uang yang cukup besar.

Contohnya? J.K Rowling, Dewi ‘Dee’ Lestari, hingga Tere Liye adalah bukti bahwa dengan menulis pun Anda bisa hidup kaya raya, bahkan berpotensi menjadi seorang miliarder.

Jika bakat dan keterampilan Anda hanya untuk menulis artikel, bukan buku atau novel, maka Anda bisa menjadi seorang penulis lepas.

Anda dapat menulis artikel tentang topik apa saja, atau bahkan hanya untuk artikel tentang topik-topik tertentu juga bisa Anda lakukan.

Bahkan jika Anda memiliki pengalaman dan cara pandang yang berbeda mengenai suatu hal, Anda bisa menuliskannya dan menghasilkan uang dari rumah dengan menjadi menulis lepas.

Saat ini, ada banyak situs-situs web atau blog yang menerima penulis tamu, dan bahkan berani membayar mahal untuk setiap tulisan yang Anda kirimkan.

Oleh karena itu, sambil mengasah kemampuan Anda dalam menulis, maka mulailah sedikit demi sedikit menciptakan karya tulis.

Tidak ada yang tahu, entah dalam beberapa tahun ke depan, mungkin nama Anda sudah dapat disejajarkan dengan penulis-penulis terkenal yang telah kami sebutkan di atas.

5. Nge-Blog


Jika Anda hanya menyukai dan atau bahkan jika Anda bukan seorang penulis profesional, namun suka menulis atau bercerita, Anda bisa membagikannya kepada orang lain dengan nge-blog atau menjadi blogger.

Untuk menjadi blogger Anda tidak harus seorang penulis professional, yang terpenting adalah Anda dapat menyampaikan sesuatu yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Membuat sebuah blog itu sangatlah mudah, tidaklah serumit seperti apa yang Anda pikirkan.

Situs seperti Blogger.com memungkinkan Anda membuat blog secara gratis, atau Anda bisa menggunakan layanan blog premium seperti WordPress dengan biaya sekitar Rp50.000 per bulan.

Ngeblog ini pada dasarnya adalah menjalankan sebuah hobi. Iya, jika Anda hobi dan suka menulis, dan apa yang Anda tulis ternyata dicari dan dibaca oleh banyak orang, maka disitulah Anda akan mendulang dollar setiap bulannya.

Jika Anda telah memiliki audiens yang cukup besar dan blog Anda telah dimonetisasi, maka Anda hanya tinggal menunggu setiap bulannya dollar masuk ke rekening Anda.

6. Menjahit


Satu lagi keterampilan yang dapat menjadi sebuah usaha atau bisnis rumahan, yakni menjahit.

Memiliki keterampilan menjahit ini sangat jelas dan nyata bisa mendatangkan keuntungan.

Setidaknya, jika Anda belum memiliki pelanggan, Anda tidak lagi mengeluarkan uang ekstra untuk menjahit busana Anda sendiri.

Dan ketika Anda ingin menjadikannya sebagai sebuah bisnis rumahan, maka Anda bisa memanfaatkan keterampilan menjahit ini untuk membuka jasa jahit busana baik untuk tetangga sekitar rumah atau teman-teman kerja atau kuliah Anda.

7. Otomotif


Jika dari ke enam keterampilan, hobi dan bakat yang telah kami sebutkan diatas kebanyakan diminati oleh kaum hawa, maka tidak untuk yang satu ini, keterampilan dibidang otomotif.

Hobi dan kecintaan Anda mengutak-atik mesin, baik itu motor maupun mobil, dapat Anda jadikan sebagai sebuah bisnis yang akan mendatangkan pundi-pundi Rupiah untuk Anda.

Anda bahkan tidak harus memiliki bengkel yang cukup besar untuk menjadikannya bisnis pribadi.

Cukup dengan memanfaatkan ruang kosong bagian pekarangan ataupun rumah Anda untuk disulap menjadi sebuah bengkel kecil.

keterampilan yang berpotensi menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan

Jika usaha otomotif Anda berjalan lancar dan Anda mendapatkan pelanggan tetap dalam jumlah yang banya, maka baru kemudian Anda bisa merencanakan untuk membesarkan bisnis otomotif Anda.

Namun ketika Anda memulainya, maka jalanilah usaha otomotif/ bengkel Anda khusus untuk melayani servis-servis minor saja, seperti ganti oli, ganti ban, dan sebagainya.

8. Musik


Jika berbicara tentang seni, ada banyak peluang yang dapat Anda lakukan untuk menjadikannya sebagai usaha rumahan yang memiliki potensi keuntungan yang besar.

Seperti halnya dengan seni musik.

Ada beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan dari keterampilan dan bakat Anda dalam bidang musik untuk menghasilkan uang.

Pertama, jika Anda bisa memainkan alat musiknya dengan baik, Anda bisa membuka les privat bermain alat musik, seperti gitar, piano, dan yang lainnya.

Kedua, jika Anda memiliki kemampuan memperbaiki alat-alat musik, Anda bisa membuka jasa servis alat musik.

Ketiga, Anda memiliki keterampilan dan memahami seluk beluk tentang dunia rekaman, maka Anda bisa membuka bisnis studio rekaman.

Keempat, sekalipun Anda tidak memiliki keterampilan seperti yang telah kami sebutkan diatas, namun Anda menyukai musik, dan memiliki alat-alat musik yang cukup lengkap, maka Anda bisa membuka jasa penyewaan studio band, atau studio musik lainnya.

Jadi, Anda bisa menikmati musik, sekaligus melihat bakat-bakat alami yang dimiliki oleh orang lain yang tidak Anda miliki.

Dan bisa jadi nantinya, salah satu murid Anda, atau grup band yang sering menyewa alat musik dan merekam musik mereka distudio rekaman Anda menjadi salah satu musisi besar dinegeri ini.

Jadi, apapun itu yang menjadi hobi dan keahlian Anda dalam bermusik, jangan ragu untuk menjadikannya komoditas bisnis yang menguntungkan.

9. Penerjemah


Memiliki bakat dan kemampuan dalam bahasa-bahasa asing, saat ini bisa menjadi sebuah keterampilan yang sangat menguntungkan untuk Anda.

Dalam segi penghasilan, menjadi seorang penerjemah ternyata cukup menjanjikan, apalagi Anda berstatus sebagai penerjemah tersumpah.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan sesuai dengan bahasa yang Anda minati dan kuasai. Anda bisa menerjemahkan novel, dokumen bisnis, hingga perjanjian hukum.

Bahkan Anda bisa menjadi penerjemah artikel-artikel untuk postingan blog atau situs web.

Karena banyak blogger yang ingin meningkatkan penghasilan mereka dengan membuat blog konten bahasa asing, seperti bahasa inggris.

Sebab, mereka ingin menargetkan audiens yang datangnya dari luar negeri semisal US, Canada, dan Eropa.

Menariknya lagi, menjadi penerjemah ini bisa Anda tekuni sambil minum kopi di teras rumah Anda.

Menghasilkan uang dari dunia maya


Diera milenial ini, ada banyak jalan yang bisa Anda lakukan dalam menghasilkan uang, dan salah satunya adalah menghasilkan uang dari dunia maya/ internet.

Banyak sekali jalan yang dapat Anda lakukan dalam menghasilkan uang dari internet, bahkan tidak hanya menjadi blogger saja.

Dan itu bahkan bisa Anda lakukan dengan hanya memanfaatkan waktu Anda ketika berselancar di internet.

Karena, jika Anda beruntung, ada banyak situs yang akan membayar Anda saat Anda melakukan aktivitas didunia maya seperti mencari informasi, menonton video, menyelesaikan survei, berbelanja online, atau bermain game.

Situs seperti Swagbucks dan Ebates adalah situs untuk menemukan informasi terkini mengenai cara mencari uang dari aktivitas online Anda.

Di Swagbucks Anda akan mendapat mata uang saat melakukan aktivitas-aktivitas dari dalam situs mereka. Hasil di Swagbucks dapat Anda tukarkan menjadi uang ataupun voucher belanja.

Ebates menawarkan skema uang kembali yang sama, namun cakupannya lebih sempit dibanding Swagbucks. Anda hanya dapat berbelanja lewat Ebates saja, sementara Swagbucks menawarkan banyak aktivitas lainnya.

Anda bahkan dapat menghasilkan uang dari internet dengan mengulas produk-produk secara online.

Ada beberapa situs yang ketika Anda mengulas produk mereka, maka mereka akan membayar Anda secara langsung, atau menawarkan Anda diskon produk setelah Anda menulis ulasan produk disana.

Misalnya, usertesting adalah situs populer yang memungkinkan Anda mengulas situs dan aplikasi secara daring. Setelah membuat ulasan, Anda akan dibayar melalui PayPal.

Itu tadi 9 Hobi, Bakat dan Keterampilan yang Berpotensi Menjadi Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dari kami. Selamat mencoba!
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar