Siap-siap! Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019 Paling Lambat Awal November

loading...
Loading...
Informasi terkini CPNS 2019 - Pengumuman pendaftaran dan pelaksanaan tes seleksi penerimaan CPNS 2019 tinggal beberapa minggu lagi.

Hal ini disampaikan oleh BKN melalui Kabiro Humas BKN senin 7 Oktober 2019.

M. Ridwan mengatakan bahwa memang benar pada tahun ini, yakni akhir Oktober dan awal November 2019 pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2019 dimulai.

Hal itu berdasarkan hasil Rapat koordinasi nasional kepegawaian 2019 yang diadakan di Yogyakarta pada akhir September lalu.

Siap-siap! Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019 Paling Lambat Awal November

Namun, walaupun kepastian pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2019 akan diumumkan pada akhir Oktober atau awal November ini, tanggal pasti kapan pengumumannya belum bisa diinformasikan.

Baca: Contoh Soal SKD CPNS 2019

Seleksi CPNS 2019


Sebab, untuk tanggal pasti terkait mulainya proses seleksi CPNS 2019, akan diumumkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB.

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS sebanyak 197.111 formasi, yang terdiri dari 159.257 formasi untuk Pemerintah Daerah (CPNSD) dan 37.854 formasi untuk Instansi Pusat (CPNS).

Adapun untuk alokasi formasi cpns 2019 dapat Anda lihat di Lowongan CPNS 2019 Ada 197.111 Formasi. Berikut Alokasinya!

Seperti pada penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, pemerintah lebih mengutamakan penerimaan CPNS untuk tenaga teknis yang mendukung pengembangan nasional seperti guru dan tenaga kesehatan.

Dan terus mengurangi formasi CPNS untuk tenaga administrasi.

Selain formasi CPNS tenaga teknis yang mendukung pengembangan nasional, pemerintah juga menyiapkan formasi untuk tenaga teknis pengembagnan SDM dan insftastruktur.

Untuk formasi CPNS pemerintah daerah (CPNSD) lebih diprioritaskan tenaga guru (Lihat: Contoh Soal SKB Guru) dan tenaga kesehatan (Lihat juga: Contoh Soal SKB Tenaga Kesehatan).

Untuk lokasi seleksinya sendiri, BKN telah menyiapkan 108 lokasi tes di seluruh Indonesia.

Persiapan-persiapan yang dilakukan pemerintah terkait rekrutmen CPNS 2019 ini dibuat secara matang untuk mengantisipasi jumlah pelamar yang cukup besar.

Saat ini, infrastruktur seleksi penerimaan CPNS 2019, telah disiapkan untuk dapat menampung jumlah pelamar hingga lebih dari 5,5 juta pelamar.

Baca: Simulasi CAT Soal HOTS TKP CPNS 2019

Seleksi PPPK Tahap II BATAL!


Terkait penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), BKN menyatakan agar para honorer yang menanti PPPK untuk bersabar.

Sebab, seleksi tes penerimaan PPPK kembali batal dilaksanakan dan hingga postingan ini dibuat belum ada jadwal seleksi yang pasti untuk penerimaan PPPK.

Keputusan pembatalan penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahap II ini berdasarkan hasil Rakornas Kepegawaian 2019 yang diadakan di Yogyakarta pada akhir September lalu.

Sebab pada rakornas tersebut tidak ada pembahasan mengenai PPPK Tahap II yang pelaksanaannya diundur sejak awal tahun ini.

Selain itu, masalah PPPK Tahap II juga tak terlepas dari masalah terkait penerimaan PPPK Tahap I.

Sebab, hingga kini banyak kendala-kendala yang dihadapi terkait penerimaan PPPK Tahap I, terutama mengenai aturan yang belum rampung tentang jabatan apa saja yang bisa dipegang PPPK.

Baca: Contoh Soal CPNS Beserta Pembahasannya

Selain itu, juga terkait dengan persoalan gaji.

Sebab ada beberapa daerah yang mengaku tak sanggup memberi gaji PPPK, sehingga mereka yang lolos seleksi PPPK tahap I hingga kini belum pemberkasan.

Tahapan pemberkasan PPPK itu terkait dengan jenis jabatan yang bisa dikerjakan oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, dan karena belum ada aturan yang pasti tentang jabatan yang bisa dipegang oleh pegawai PPPK, maka hingga kini masih belum dilakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Siap-siap! Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019 Paling Lambat Awal November"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum