Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menpan RB: Pengumuman Seleksi CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober. Cek Formasinya Disini!

Kabar gembira, penerimaan CPNS 2019 akan dibuka pada 25 Oktober mendatang.

Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) syafruddin.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan perekrutan CPNS akan dimulai 25 Oktober.

"Sudah siap, akan dimulai pada 25 Oktober," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Puaat, Selasa (15/10/2019).

Sedangkan terkait dengan kementerian apa saja yang akan menerima lowongan CPNS 2019 ini, Menpan RB tidak mau merincinya, sebab menurutnya untuk nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden.

Menpan RB: Pengumuman Seleksi CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober. Cek Formasinya Disini!

"Itu kewenangan presiden," sebutnya.

Baca: Kunci Sukses dari Peserta yang Lulus CPNS 2018 dalam Menjawab Soal-soal SKD

Penerimaan CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober


Untuk formasi penerimaan CPNS pada tahun 2019 ini, kata dia, ada sebanyak 197.111 formasi. Dari 197.111 formasi yang ada tersebut paling banyak untuk tenaga pendidikan (guru) dan tenaga kesehatan (bidan, dokter dan dokter gigi).

"Ya terutama guru, kesehatan," ujarnya.

Jadi pada penerimaan CPNS tahun 2019 ini, formasi paling banyak tersedia adalah untuk tenaga teknis, tenaga kesehatan dan tenaga pendidik (guru).

Untuk Anda yang memiliki latar belakang pendidikan atau sarjana di bidang pendidikan atau guru dan kebidanan, bersiaplah!

Karena kedua latar belakang pendidikan tersebut termasuk formasi paling banyak tersedia untuk penerimaan CPNS 2019 ini.

Seperti yang dapat kita lihat dalam siaran resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang menyebutkan ada sekitar 140 ribu dari 197 ribu formasi disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Ini artinya lebih dari 50% formasi cpns 2019 yang tersedia diperuntukkan untuk tenaga pendidik/ guru, tenaga kesehatan/ bidan dan tenaga teknis lainnya, dengan rincian sebagai berikut:

Penerimaan CPNS 2019 untuk 197.111 Formasi,  Berikut Alokasinya


4 Formasi Terbesar Penerimaan CPNS 2019:
  1. Tenaga pendidik/ guru berjumlah 63 ribuan
  2. Tenaga kesehatan: bidan, dokter, dokter gigi, perawat berjumlah 31 ribuan
  3. Tenaga teknis fungsional sejumlah 23 ribuan
  4. Teknis lainnya sebanyak 28 ribuan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebelumnya mengatakan bahwa formasi teknis memang akan ditingkatkan pada penerimaan CPNS 2019 ini.

Baca: Dokumen Wajib Pendaftaran Penerimaan CPNS 2019

Adapun untuk pengumumaan seleksi CPNS 2019, ia menyebut pelaksanaan dibuka pada 25 Oktober mendatang.

Yang artinya jika ternyata pada tanggal 25 Oktober 2019 nanti pengumuman penerimaan CPNS 2019 belum dibuka, berarti yang hoax bukanlah portal-portal online namun Menpan sendiri.

Akan tetapi karena pernyataan ini langsung keluar dari Menpan sendiri, berarti fix penerimaan CPNS 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat akan dibuka 25 Oktober mendatang.

Penerimaan CPNS 2019 kali ini, tidak untuk semua instansi negara, yang artinya formasi yang tersedia tidak untuk semua instansi negara yang ada.

Namun hanya akan tersedia untuk 541 instansi pusat dan instansi daerah saja yang mendapat jatah formasi CPNS tahun 2019 ini.

Panselnas penerimaan CPNS 2019 dihadapkan pada kenyataan dimana mereka harus menyesuaikan formasi yang sudah siap saat ini dengan struktur kabinet baru yang akan dibentuk setelah presiden dilantik.

Dari total 197.111 formasi CPNS 2019 yang tersedia, sebanyak 37.854 dialokasikan untuk kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan 159.257 formasi didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

Pengumuman CPNS 2019 yang akan dibuka pada 25 Oktober, berarti untuk prosesnya bisa dilaksanakan Desember 2019.

Baca: Belajar Soal CPNS: Contoh Soal SKD CPNS 2019

Formasi tenaga teknis yang menjadi prioritas pada penerimaan CPNS 2019 ini adalah untuk mendukung pengembangan nasional terutama guru dan tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya untuk pengembangan SDM dan Infrastruktur.

Pemerintah pada penerimaan CPNS 2019 ini sedang memperbaiki komposisi pegawai yang ada sekarang.

Yang mana hingga saat ini komposisi PNS yang ada dipemerintahan masih didominasi oleh pegawai administrasi umum.

Selain kuota untuk formasi tenaga teknis, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan, pemerintah juga menyediakan kuota khusus untuk pelamar penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora serta Putra Papua/ Papua Barat.

Kemenpan RB juga menyatakan bahwa untuk penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang pada seleksi CPNS tahun 2018 lulus PI atau seleksi kompetensi dasar (SKD), akan tetapi tidak bisa lulus menjadi PNS dapat menggunakan nilai yang lama dan bisa langsung mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ada 108 Lokasi Ujian Seleksi CPNS 2019


Setidaknya ada 108 tempat lokasi pelaksanaan tes CPNS 2019 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggandeng sejumlah instansi pusat dan daerah untuk mendukung kelancaran pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini.

Baca: 100 Contoh Soal SKD CPNS 2019 dan Pembahasannya

Yang mana diperkirakan jumlah pelamar CPNS yang berlangsung secara serentak pada tahun 2019 ini bisa mencapai 5,5 juta orang.

BKN selaku instansi penyelenggara seleksi penerimaan CPNS 2019 secara nasional, sedang mematangkan aspek infrastruktur pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS 2019.

Dimana persiapan infrastruktur tersebut di antaranya mencakup sistem pendaftaran yang dilakukan secara online dan terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Serta persiapan infrastruktur berupa fasilitas ujian seleksi yang akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN).

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Menpan RB: Pengumuman Seleksi CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober. Cek Formasinya Disini!"