Tips dan Kunci Sukses Peserta yang Lulus CPNS 2018 dalam Menjawab Soal-Soal SKD CPNS

loading...
Loading...
Menjelang pembukaan rekrutmen CPNS 2019, Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagikan video tips dan kunci sukses lulus ujian seleksi CPNS 2019.

Pada video tips dan kunci sukses lulus ujian seleksi penerimaan CPNS, BKN membagikan pengalaman peserta yang lulus ujian seleksi CPNS tahun 2018 di instansi BKN.

Peserta yang lulus dalam video kunci sukses lulus seleksi penerimaan CPNS tersebut bernama Anty, lulus tes cpns pada instansi Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2018.

Walaupun belum diumumkan secara resmi kapan tanggal pasti pembukaan rekrutmen CPNS 2019, namun pemerintah telah secara resmi mengumumkan bahwa penerimaan CPNS 2019 akan dibuka pada akhir Oktober atau awal November 2019 mendatang.

tips dan kunci sukses lulus seleksi penerimaan cpns 2019 dari bkn

Penerimaan CPNS 2019 ini sebanyak 197.111 formasi, yang didominasi oleh formasi guru dan tenaga kesehatan.

Kunci Sukses Menjawab Soal Ujian CPNS 2019 dari BKN


Melalui Siaran Pers Nomor 070/ RILIS/ BKN/ VII/ 2019, Pemerintah telah mengagendakan pembukaan rekrutmen CPNS di bulan Oktober dan November mendatang.

Diperkirakan bahwa peserta yang akan turut serta mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019 ini akan mencapai angka hingga 5,5 juta peserta.

Artinya mengalami peningkatan dari peserta yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS pada tahun sebelumnya, yakni pada angka 3.636.251 peserta.

Dengan rincian, 1.446.460 pelamar di 76 instansi pusat dan 2.189.791 peserta di 481 instansi daerah.

Sementara itu untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap Kedua masih belum ada kepastian, yang bahkan mungkin akan dibatalkan.

Tahapan seleksi penerimaan CPNS 2019 itu sendiri masih sama dengan seleksi CPNS pada tahun 2018 yang lalu, yakni berupa seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Seluruh tahapan seleksi dilakukan secara online, baik untuk seleksi administrasi maupun saat pelaksaan tes ujian SKD dan SKB.

Para peserta yang nantinya lolos seleksi administrasi akan mengikuti ujian seleksi SKD yang seluruh prosesnya dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT).

Adapun ujian SKD terdiri dari tiga jenis soal ujian, yakni:

1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dari ujian seleksi SKD pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, terdapat ambang batas nilai yang harus dilewati semua peserta agar bisa lolos seleksi SKD.

Untuk rincian passing grade dari berbagai formasi untuk penerimaan CPNS 2018 dapat Anda lihat di Peraturan Menteri PAN RB No.37/ 2018.

Pada kanal YouTube #ASNKiniBeda, BKN membagikan tips dan panduan agar lolos seleksi penerimaan CPNS 2019.

Dalam video tersebut peserta yang lulus pada penerimaan CPNS 2018 di instansi BKN bernama Anty, membagikan beberapa kiat sukses lulus seleksi penerimaan CPNS 2019.

"Saya lulus CPNS karena kerja keras, belajar dan manajemen waktu," ucap Anty.

Menurutnya lagi belajar adalah faktor yang paling penting dalam persiapan menghadapi tes CPNS agar semakin terlatih mengejarkan soal dengan cepat dan tepat.

Selanjutnya Anty mengatakan: "Bisa dilihat kita dapat 100 soal tetapi waktunya 90 menit sehingga kita harus belajar tipe soalnya,"

Selain itu, masih menurut Anty, saat mengerjakan soal ujian CPNS itu, para peserta harus tetap tenang meski waktu yang diberikan sangat terbatas.

"Berusaha tenang dan fokus kerjakan soal," ungkap Anty.

Tips dan kunci sukses lulus seleksi CPNS 2019 selengkapnya dapat Anda simak dari video yang dirilis BKN berikut ini:


Anty mengaku, ia memiliki tips untuk membagi tingkat kesulitan tipe soal yang ada di seleksi CPNS tersebut.

Lebih lanjut, ia akan memilih untuk mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

"Saat soal sulit saya kasih tanda dan akan dicek terakhir. Saya memastikan tiap soal itu dijawab tepat," jelas Anty.

Dari penuturan Anty pada video yang dirilis BKN tersebut, jelaslah sudah bahwa persiapan yang utama adalah belajar tipe-tipe soal cpns dan sering mengulangi contoh contoh soal cpns.

Kami dari awambicara soal cpns telah membagikan ratusan contoh soal cpns lengkap dengan pembahasannya yang juga disertai dengan tips dan trik dalam menjawabnya.

Tips dan trik menjawab soal cpns dengan singkat dan tepat.

Anda dapat belajar dari sana dan terus mengulang-ulang contoh soal cpns serta tetap optimis dan selalu berdoa dan meminta kepada Tuhan YME agar dikabulkan keinginan Anda untuk menjadi PNS.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Tips dan Kunci Sukses Peserta yang Lulus CPNS 2018 dalam Menjawab Soal-Soal SKD CPNS"

  1. menjadi PNS adalah pilihan seseorang bila berhasil lulus kita akan dibayar oleh negara sampai akhir hayat bahkan bila kita meninggal dunia kalau ada istri dan anak yg masih kuliah akan ditanggung oleh negata atau pemerintah RI,
    Maka wajar pemerintah wajib selektif dalam hal menerima CPNS sebab tongkat estaped akan di percayakan kepada generasi muda yg harus memiliki kopetensi tinggi serta karakter dan Aptitut yg bisa dipercaya dan siap menjalankan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan moderen

    BalasHapus

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum