Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Segera Hapus Aplikasi-aplikasi Berbahaya Berikut ini. Jika Ada di HP Anda!

Bukan jadi rahasia lagi bahwa beberapa aplikasi smartphone dapat menguras baterai ponsel dan menghabiskan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Bahkan ada juga beberapa aplikasi yang secara otomatis dapat menguras uang, pulsa, mengumpulkan data kartu kredit, atau membagikan informasi data pribadi kita.

Setiap harinya ada puluhan aplikasi berbahaya yang muncul di playstore.

Saking banyaknya, hingga membuat Google Play (Android) atau App Store (iOS) tidak dapat melacaknya dengan cepat.

Jadi, keamanan perangkat dan informasi data pribadi Anda yang jadi taruhannya, dan sebenarnya semua itu berada ditangan Anda sendiri.

Segera Hapus Aplikasi-aplikasi Smarphone/ HP Berbahaya Ini


Kami dari awam tech (awam bicara teknologi) sangat peduli dengan keamanan siber dan ingin Anda merasa aman saat menggunakan smartphone Anda.

Itu sebabnya kami telah menyiapkan daftar aplikasi yang akan lebih baik bahkan harus segera Anda singkirkan secepat mungkin dari smartphone, ponsel atau HP Anda.

Bila perlu, tinggalkan halaman postingan ini untuk sementara waktu, agar Anda bisa segera menghapus aplikasi berbahaya yang ada dalam daftar dibawah ini, jika ternyata memang ada dan terinstal di smartphone Anda.

1. Free Games - Game-game gratis

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Membuat dan mengembangkan sebuah game menghabiskan banyak usaha dan biaya, jadi tidak mungkin ada game yang benar-benar gratis diluar sana.

Jadi, jika Anda menemukan game yang benar-benar gratis, maka Anda perlu waspada. Sebab, pengembang pasti menambahkan banyak iklan ke dalam aplikasi (yang biasanya disimpan didalam cache dan menguras ruang penyimpanan hp Anda).

Atau tidak menutup kemungkinan mereka akan mencuri dan kemudian menjual informasi data pribadi Anda.

Jadi, ketika Anda benar-benar ingin menginstal aplikasi game, pastikan bahwa game itu memang terkenal atau paling tidak baca perjanjian pengguna disana.

2. Aplikasi pengisian cepat - Fast charge apps

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Ada banyak aplikasi yang menjanjikan Anda bahwa mereka dapat mempercepat proses pengisian daya ponsel Anda.

Faktanya adalah: tidak ada aplikasi yang benar-benar dapat mengisi daya ponsel Anda lebih cepat dari yang telah diatur secara default oleh HP Anda.

Jadi sudah jelas, Aplikasi ini hanyalah tipuan belaka. Aplikasi ini hanya ingin mendapatkan uang dari periklanan.

Anda akan melihat dan terganggu dengan dengan aliran iklan tanpa henti yang terkadang muncul bahkan jika layar HP Anda terkunci.

3. Aplikasi Wi-Fi - Wi-Fi apps

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Berhati-hatilah dengan aplikasi Wi-Fi gratisan yang mengklaim akan memberi Anda peta hotspot Wi-Fi, password Wi-Fi gratis, perlindungan jaringan dan sebagainya.

Bahwa aplikasi-aplikasi sejenis ini kebanyakan dibuat untuk mencuri data pribadi Anda, termasuk informasi kartu kredit Anda.

4. Music players dari pengembang yang tidak terpercaya

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Aplikasi musik player smartphone selain sebagai penyebab baterai HP cepat habis, juga menyimpan musik dalam cache sehingga menghabiskan banyak ruang penyimpanan ponsel Anda.

Bonusnya: Anda akan mendapatkan tayangan dan popup iklan tanpa henti di ponsel Anda.

Aplikasi musik yang tidak dikenal bisa sangat berbahaya bagi ponsel Anda karena mungkin memiliki virus bawaan dan kode peretas yang menyalin data pribadi Anda.

5. Aplikasi pelacak lokasi - Location trackers apps

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Jika ada aplikasi didalam ponsel Anda yang meminta untuk mengakses lokasi Anda saat ini, padahal sebenarnya jenis aplikasi tersebut tidak membutuhkan lokasi Anda.

Maka segeralah hapus aplikasi tersebut dari daftar aplikasi di ponsel Anda.

Karena biasanya aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan akses kepada lokasi Anda, namun meminta Anda untuk mengaktifkan lokasi Anda saat ini, maka sudah dapat dipastikan aplikasi tersebut mencuri data pribadi Anda.

Aplikasi pelacak lokasi juga secara signifikan dapat mempersingkat masa pakai baterai ponsel Anda.

Ada banyak aplikasi yang membutuhkan lokasi Anda saat ini, karena memang aplikasi itu memerlukan aksesnya agar bisa berjalan, seperti Gojek, Grab, game Pokemon Go, dan sebagainya.

Namun, ada juga aplikasi yang meminta akses lokasi Anda untuk pengayaan manfaat dan kegunaan dari aplikasi tersebut, sebut saja aplikasi media sosial semacam facebook, twitter dan sebagainya.

Aplikasi yang mengakses lokasi Anda seperti pada media-media sosial tersebut sebenarnya tidaklah Anda butuhkan.

Bahkan bisa jadi sangat berbahaya dan menjadi bumerang untuk Anda sendiri.

Jadi segera matikan dan jangan berikan izin aplikasi-aplikasi yang tidak Anda kenal ataupun Aplikasi yang Anda kenal pada lokasi Anda saat ini.

Saat Anda berada pada poin atau daftar kelima dari daftar aplikasi yang harus segera Anda hapus dari ponsel Anda ini, kami mohon kepada Anda:

Luangkan waktu Anda sejenak untuk melihat-lihat aplikasi apa saja yang mengakses lokasi Anda saat ini dan hapus yang tidak perlu.

Dan untuk aplikasi yang Anda gunakan, Anda dapat memeriksa persyaratan penggunaan dalam pengaturan aplikasi dan melarang akses ke lokasi Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

6. Aplikasi dengan masalah privasi

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Ada banyak sekali aplikasi di luaran sana yang meminta Anda memberikan akses ke nomor telepon, kontak, pesan teks, foto, lokasi, dll.

Sebagian besarnya adalah aplikasi media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan sebagainya.

Mereka  memiliki akses ke data pribadi Anda tanpa Anda menyadarinya.

Jadi, berikan perhatian ekstra saat Anda memasang aplikasi baru yang tidak diketahui yang membutuhkan akses ke data pribadi Anda.

Anda juga dapat memeriksa pengaturan itu di pengelola aplikasi.

7. Browser bawaan - Default Browser


Browser bawaan seringkali sudah diinstal sebelumnya dan terkadang terbuka secara otomatis saat Anda mengklik tautan.

Program-program ini tidak menjamin perlindungan data pribadi atau perlindungan terhadap virus dan secara signifikan akan memperlambat sistem operasi ponsel Anda.

8. Aplikasi tidak digunakan

daftar aplikasi ponsel berbahaya yang harus segera dihapus

Jujur saja, hampir semua orang pasti memiliki aplikasi yang belum mereka buka atau bahkan tidak mereka buka sama sekali hingga ponsel mereka rusak atau diganti dengan yang baru.

Atau mungkin Anda pernah penasaran pada sebuah aplikasi, kemudian menginstal untuk mencobanya, namun setelah dicoba sekali Anda lupa, dan tidak membuka nya lagi.

Bukan rahasia lagi bahwa terlalu banyak aplikasi pada ponsel membuat masa pakai baterai lebih pendek, memperlambat sistem, dan, secara umum, sangat mengganggu.

Jadi luangkan waktu Anda sebentar dan singkirkan aplikasi-aplikasi yang tidak Anda gunakan!

Apakah Anda menemukan salah satu aplikasi yang telah kami sebutkan di atas pada ponsel cerdas Anda?

Atau Anda memiliki aplikasi-aplikasi lain yang mencurigakan yang dapat kami tambahkan ke daftar ini?

Kami dari awam tech (awam bicara teknologi) sangat senang mendapat komentar dan kritik dari Anda.

Jadi, jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan  berbagi dengan yang lain untuk saling menjaga privasi kehidupan dunia maya kita, di kolom komentar di bawah ini.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Segera Hapus Aplikasi-aplikasi Berbahaya Berikut ini. Jika Ada di HP Anda!"