Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Contoh Soal CPNS dan Kunci Jawaban Berdasarkan Kisi-kisi Soal CPNS 2021 dari BKN

Postingan ini untuk menjawab beberapa pertanyaan dari pembaca awambicara.id menganai link download contoh soal cpns 2021.

Mengapa awambicara.id tidak menyertakan link download contoh soal cpns beserta kunci jawabannya adalah karena disini kami menitik beratkan pada pembahasan soal cpns.

Artinya, kami memberikan pembelajaran soal-soal cpns, tentang bagaimana cara mengerjakan soal cpns, terutama untuk soal seleksi kompetensi dasar (SKD) kategori Tes Intelegensia Umum.

download soal cpns 2019

Yakni tentang tips dan trik cara menjawab cepat soal-soal cpns. Sedangkan untuk contoh soal cpns nya sendiri, sebenarnya bisa Anda cara dan dapatkan diinternet.

Download Contoh Soal CPNS 2021

Ada banyak sekali situs-situs atau blog yang membagikan contoh-contoh soal cpns.

Dan semua itu bisa Anda dapatkan secara gratis.

Namun, hampir semua situs web atau blog tersebut hanya membagikan contoh soalnya saja, tidak membagikan bagaimana cara mengerjakan dan bagaimana cara menjawabnya dengan cepat.

Mengingat waktu yang diberikan saat ujian seleksi penerimaan CPNS itu sangatlah terbatas, yakni 100 soal skd cpns yang harus dijawab dalam waktu 90 menit.

Ada juga blog yang mengatakan bahwa soal-soal cpns yang mereka bagikan itu up to date, namun sebenarnya tidaklah demikian.

Contoh soal CPNS yang mereka bagikan itu sama saja, tidak disertai dengan pembahasan dan tip dan trik dalam menjawab cepatnya.

Kami dari awambicara.id disini menekankan pada pembahasan soal cpns, serta tips dan trik dalam menjawabnya.

Sedangkan untuk contoh soal cpns nya sendiri itu bisa berubah, dan pasti berubah seiring dengan perkembangan dan kemajuan jaman.

Namun, pada dasarnya apapun soal cpns yang akan keluar nanti saat ujian SKD CPNS 2021, cara pengerjaan dan menjawabnya tetaplah sama, yang berbeda hanya soal cpns nya saja.

Jadi, kami disini ingin mengajak Anda untuk memahami bentuk soal cpns, memahami bagaimana cara menjawabnya dengan cepat, serta memahami bagaimana kisi-kisi soal yang akan dibagikan oleh BKN.

Biasanya setiap penerimaan CPNS, pemerintah dalam hal ini panselnas penerimaan CPNS, yang dipimpin oleh BKN akan mengeluarkan kisi-kisi soal cpns.

Kisi-kisi soal cpns dari BKN ini akan dituangkan dalam peraturan atau keputusan kepala BKN.

Dan kisi-kisi soal CPNS untuk tahun 2021 ini sebenarnya masih sama dengan kisi-kisi soal cpns tahun 2019.

Yang berbeda hanyalah pada soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), yang pada penerimaan CPNS 2021 ini, TKP akan mengadopsi bentuk soal HOTS.

Bentuk soal HOTS itu sendiri sebenarnya telah diterapkan pada soal ujian nasional dan soal-soal penerimaan mahasiswa baru.

Bentuk soal HOTS itu sering juga disebut dengan bentuk soal High Order Thingking Skills.

Jadi disini dalam menjawab soal TKP HOTS ini, pemerintah berharap akan menyaring peserta cpns yang memiliki tingkat pemikiran yang lebih tinggi.

Awambicara.id disini tidak hanya berfokus memberikan contoh soal cpns saja, namun kami juga berfokus pada bagaimana cara menjawabnya yakni pembahasan soal cpns dan tips serta trik menjawabnya.

Namun demikian, kami akan selalu mengupdate contoh soal cpns yang ada di situs web awambicara.id ini.

Update contoh soal cpns 2021 terbaru ini tidak akan jauh berbeda dari kisi-kisi soal yang diberikan oleh BKN.

Seperti halnya untuk contoh soal TKP cpns yang mengadopsi bentuk soal HOTS, serta contoh soal TWK yang akan disisipkan soal mengenai radikalisme.

Kisi-Kisi Soal CPNS 2021

Kepala Badan Kepegawaian Negara (Bima Haria Wibisana) memberikan kisi-kisi terkait soal CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021.

Adapun kisi-kisi soal CPNS adalah sebagai berikut:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

a. Pancasila;
b. Undang-Undang Dasar 1945;
c. Bhineka Tunggal Ika;
d. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) 

a. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
b. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
c. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis;
d. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

a. Pelayanan publik
b. Sosial budaya
c. Teknologi informasi dan komunikasi
d. Profesionalisme
e. Jejaring kerja
f. Integritas diri
g. Semangat berprestasi
h. Kreativitas dan inovasi
i. Orientasi pada pelayanan
j. Orientasi kepada orang lain
k. Kemampuan beradaptasi
l. Kemampuan mengendalikan diri
m. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
n. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
o. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
p. Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.

Sedangkan untuk kisi-kisi soal CPNS 2021 sebatas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), adalah sebagai berikut:

Kepala BKN mengungkapkan bahwa soal seleksi CPNS tahun 2019 akan mengandung pertanyaan terkait radikalisme.

Soal cpsn yang terkait dengan radikalisme ini termasuk dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), namun tidak terlalu signifikan.

Sedangkan untuk soal TKP nya, seperti yang telah kami singgung diatas akan mengadopsi bentuk soal HOTS.

Selain itu bahasa yang akan digunakan dalam soal TKP nanti akan lebih disederhanakan, sehingga akan lebih mudah dipahami.

Pada soal TKP CPNS 2019 yang lalu, bahasa yang digunakan lebih sulit, untuk menangkap secara cepat maksud soal banyak peserta yang agak kesulitan dan jawabannya juga sangat tipis, ungkap Bima Haria Wibisana.

Untuk kisi-kisi soal cpns - tes inteligensi umum masih standar, artinya tidak akan jauh berbeda dengan soal TIU yang pernah ada sebelumnya.

Tes Seleksi SKD penerimaan CPNS 2021 tersebut akan dilakukan selama 90 menit, sebanyak 100 soal.

Tes SKD tersebut akan menjadi acuan panselnas mengenai lolos tidaknya peserta CPNS untuk melaju ke tahap selanjutnya, yakni SKB.

Passing Grade CPNS 2021

Menpan RB telah mengeluarkan peraturan mengenai nilai ambang batas kelulusan atau passing grade yang harus diraih oleh setiap peserta CPNS 2021 agar bisa melaju ketahap selanjutnya.

Passing grade tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021.

Nilai ambang batas atau passing grade SKD ini merupakan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS.

SKD memiliki 100 soal yang terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal untuk TWK.

Pada soal TIU dan soal TWK, setiap jawaban yang benar akan mendapatkan nilai 5, dan untuk setiap jawaban yang salah atau tidak menjawab nilainya 0.

Namun berbeda dengan soal TKP. Pada soal TKP SKD CPNS 2019, tidak ada nilai 0, yang ada nilai 1 sd 5.

Artinya untuk jawaban yang paling tepat nilai nya 5, sedangkan untuk nilai yang paling menjauhi dari jawaban yang tepat nilainya 1.

Total nilai maksimal yang bisa diperoleh oleh peserta tes SKD CPNS 2019 adalah 500 dengan rincian nilai maksimal TKP 175, TIU 175, dan TWK 150.

Artinya jika ada peserta yang bisa menjawab dengan benar 100 soal SKD CPNS 2021, maka ia akan mendapatkan nilai 500.

Nah, berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 24 Tahun 2019 tersebut, nilai ambang batas atau passing grade SKD tersebut adalah:
  • TKP = 126
  • TIU = 80
  • TWK = 65
Sehingga total nilai minimal yang harus diraih oleh peserta SKD CPNS 2021 adalah 271.

Selengkapnya mengenai syarat lulus tes SKD CPNS 2019 ini dapat Anda lihat di: Berikut Syarat Lulus SKD CPNS 2019 Berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 24 Tahun 2019

Download Contoh Soal CPNS 2021 Beserta Kunci Jawabannya

Berikut ini kami akan membagikan link download contoh soal cpns 2019, yang juga kami sertai dengan kunci jawabannya.

Yang kami bagikan ini adalah link download contoh soal cpns, tidak kami sertai dengan pembahasannya. Apalagi tips dan trik dalam menjawab soal cpns dengan cepat.

Untuk pembahasan soal cpns dan tips serta trik menjawab soal cpns dengan cepat, Anda dapat belajar di: Belajar Soal CPNS: Bimbel Menghadapi dan Memahami Ujian Seleksi CPNS 2019

Download Soal CPNS 2021 pdf Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

- Download Kumpulan Soal CPNS TWK
- Download Soal CPNS - Tata Negara
- Download Soal CPNS - Sejarah Perjuangan Bangsa
- Download Soal CPNS - Bahasa Indonesia
- Download Soal CPNS - Falsafah dan Ideologi Bangsa

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

- Download Soal Kumpulan Soal CPNS TIU
- Download Soal CPNS - Logika Angka
- Download Soal CPNS - Logika Formil
- Download Soal CPNS - Aritmatika
- Download Soal CPNS - Analogi (Padanan Hubungan Kata)
- Download Soal CPNS - Antonim (Lawan Kata)
- Download Soal CPNS Tes Intelegensia Umum

Selanjutnya link download soal cpns 2021 ini akan kami terus perbaharui seiring dengan perkembangan informasi terkini terkait seleksi penerimaan CPNS 2021.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

13 komentar untuk "Download Contoh Soal CPNS dan Kunci Jawaban Berdasarkan Kisi-kisi Soal CPNS 2021 dari BKN"

  1. sejauh ini, sumber awambicara.id paling detil menjelaskan soal² cpns, contoh soalnya pun menurut saya sangat mendekati terlebih utk soal hots. trimakasih awambicara.id semoga ilmu yg dibagi dinilai ibadah, senantiasa dianugrahi keberkahan serta dimudahkan segala urusannya. aamiin

    BalasHapus
  2. Izin download soal2nya kakak, terimakasih banyak😊

    BalasHapus
  3. Izin donwload gih kak😊
    Alhamdulillah semoga ilmunya berkah, terimakasih telah membagikan contoh soal-soal ini, sangat bermanfaat bagi kami😊

    BalasHapus
  4. Mohon maaf sebelumnya... Saya sudh download file-nya tanpa permisi terlebih dahulu.....
    Tpi tidak bisa diPrint out

    Mohon izin... Untuk passwordnya....
    Terima kasih....

    BalasHapus
  5. Terima kasih .... mohon izin untuk diunduh

    BalasHapus
  6. semoga dicatat sebagai amal jariyah. terima kasih untuk contoh soalnya. semoga dimudahkan urusan dunia dan akhiratnya. aamiin

    BalasHapus
  7. MaafπŸ™, Ijin DOWNLOAD, Terimakasih.
    πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  8. trima kasih,,, mohon maf ijin download

    BalasHapus
  9. Izin dowload ya.πŸ™πŸ™ Terimakasih

    BalasHapus