6 Kunci Sukses Menaklukkan Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019

loading...
Loading...
Pendaftaran penerimaan CPNS secara resmi dimulai pada tanggal 11 November 2019.

Panselnas telah mempersiapkan segala hal yang berkenaan dengan pengadaan CPNS tahun anggaran 2019 ini dengan matang.

Mulai dari persiapan sarana dan prasarana untuk pendaftaran hingga pada ujian seleksi SKD dan SKB CPNS 2019.

Masih sama seperti pada penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, ujian seleksi SKD CPNS 2019 akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT BKN.

Berkaca pada penerimaan CPNS pada tahun 2018 yang lalu, banyak peserta yang gagal lulus ujian seleksi SKD dan tidak memenuhi passing grade yang telah ditentukan.

Saking banyaknya peserta yang tidak lulus ujian SKD CPNS pada tahun 2018 itu, hingga membuat panselnas merubah aturan tentang passing grade yang telah ditentukan.

kiat sukses menaklukkan soal skd cpns 2019

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar telah menjadi momok tersendiri bagi banyak peserta ujian seleksi penerimaan CPNS.

Ada yang gagal memenuhi passing grade untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) SKD CPNS, namun lulus passing grade untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada penerimaan CPNS tahun 2018, banyak peserta yang gagal memenuhi syarat passing grade pada Tes Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.

6 Kunci Sukses Lulus Tes SKD CPNS 2019


Untuk itu, bagi Anda yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019, dan tidak mau ujian seleksi kompetensi dasar ini menjadi momok yang menakutkan..,

simak kiat sukses untuk menaklukkan Tes SKD CPNS 2019 dari kami awambicara.id agar Anda lulus passing grade yang telah ditentukan. Berikut ulasannya.

1. Lakukan Simulasi CAT SKD CPNS Sesering Mungkin


Kunci pertama sukses menaklukkan dan lulus ujian seleksi kompetensi dasar cpns adalah dengan sering melakukan Simulasi CAT SKD CPNS.

Hal ini selain untuk mengenal sistem ujian seleksi yang ditentukan oleh pemerintah, juga untuk membiasakan diri Anda pada soal-soal tes SKD yang akan diujikan nanti.

Apalagi untuk Anda yang baru pertama mengikuti seleksi penerimaan CPNS, dan belum mengenal seperti apa tes CAT BKN CPNS tersebut.

Yakinlah bahwa "hasil tidak akan mengkhianati usaha", artinya semakin sering Anda berusaha dan mengikuti simulasi cat cpns, maka hasil yang akan Anda dapatkan pada ujian SKD nanti pun akan semakin baik.

Jangan pernah berpikiran bahwa mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini hanya untuk ajang coba-coba.

Sebab, jika hal tersebut menyangkut masa depan Anda, jangan pernah menganggapnya dengan coba-coba.

Selain itu, Tuhan pun tidak akan merubah nasib seseorang, sebelum dia berusaha untuk merubah nasib nya sendiri.

Semakin sering Anda belajar dan latihan soal, maka kesempatan untuk mendapatkan nilai SKD yang tinggi pun akan semakin besar.

Semakin sering Anda melakukan simulasi CAT BKN CPNS, maka semakin besar pula nilai yang bisa Anda dapatkan.

Penerimaan CPNS biasanya memakan waktu hingga berbulan-bulan, dan seperti pada jadwal penerimaan CPNS 2019 ini.

Pendaftaran CPNS 2019 dimulai pada tanggal 11 November, dan ujian seleksi SKD nya akan dilaksanakan pada Februari 2020 tahun depan.

Sehingga masih banyak waktu bagi Anda untuk terus berlatih soal, dan banyak mengikuti Simulasi CAT CPNS.

Untuk itu, pergunakan waktu yang cukup lama ini dengan sering mencari materi yang biasa keluar pada ujian SKD CPNS.

Ada banyak situs yang menawarkan simulasi CAT CPNS secara gratis, dan ada banyak contoh soal cpns yang akan Anda temukan di internet.

Bahkan sebenarnya, semua itu bisa Anda dapatkan disitus Awambicara.ID ini.

Disitus ini, Anda bisa mendapatkan ratusan bahkan ribuan contoh soal cpns, yang juga disertakan dengan pembahasannya secara lengkap.

Bahkan, kami sajikan lengkap dengan tips dan trik menjawab soal cpns dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya contoh soal cpns saja, kami juga memberikan Simulai CAT BKN, sebagai bahan latihan Anda menghadapi ujian SKD cpns nantinya.

Dan semua itu kami berikan dan sajikan untuk Anda secara GRATIS!.

Yang kami inginkan hanyalah satu, Anda serius belajar, berlatih soal, sering mengikuti simulasi CAT online, dan akhirnya LULUS menjadi PNS.

Dan apabila nanti Anda lulus menjadi PNS, serta situs awambicara.id ini ikut Andil dalam kelulusan Anda, tentu saja kami sangat bersyukur, sebab apa yang kami sajikan ini bermanfaat untuk Anda.

Serta jangan lupa untuk berbagi pengalaman Anda didalam kolom komentar situs awambicara.id kepada pembaca yang lainnya.

Anda juga bisa membeli buku bank soal cpns yang banyak sekali tersedia di toko-toko buku.

Atau jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk materi contoh soal cpns, Anda bisa mendownload file pdf nya, yakni ebook bank soal cpns, yang banyak sekali tersedia di internet.

Namun jika Anda benar-benar serius ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019 kali ini, misalnya saja, karena ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk bisa jadi PNS karena faktor usia.

Anda bisa mengikuti paket bimbingan belajar dikota-kota tempat tinggal Anda. Atau mengikuti kursus dan try out CPNS online.

Yang walaupun berbayar, namun tentu akan sangat membantu Anda dalam menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 ini.

Akan tetapi, berhati-hatilah saat Anda akan mengikuti tryout, kursus atau bimbel CPNS secara online.

Sebab tidak sedikit oknum-oknum yang memanfaatkan momen penerimaan CPNS ini untuk melancarkan aksi penipuan.

Belajarlah secara rutin, dan pastikan Anda memahami bentuk-bentuk soal yang keluar dalam setiap tes penerimaan cpns.

2. Kenali dan Biasakan Diri dengan Jenis Soal SKD CPNS Terbaru


Hal ini bertujuan agar Anda tidak kaget dengan jenis soal yang biasanya ditanyakan pada Tes SKD CPNS.

Sehingga Anda dapat membangun strategi tersendiri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada tes CAT SKD CPNS secara efisien.

Selain itu, Anda juga tidak akan gugup lagi saat tes yang sungguhan dilaksanakan, karena selain Anda telah sering mengikuti simulasi cat cpns, Anda juga telah memahami dan mengenali bentuk-bentuk soal yang biasanya diujikan dalam tes SKD CPNS.

Sehingga, soal-soal skd cpns yang keluar nanti dapat Anda kerjakan dengan lebih cermat dan mendapatkan skor yang maksimal.

Untuk mengetahui dan mencari karakteristik SOAL SKD CPNS terbaru, kami sarankan Anda untuk sering-sering mengikuti perkembangan informasi dari pemerintah seputar penerimaan CPNS.

Dan juga sering membaca peraturan-peraturan yang terkait dengan penerimaan CPNS 2019.

Sebab biasanya, bentuk soal cpns, kisi-kisi soal cpns 2019, disebutkan dalam sebuah peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang dalam hal ini oleh Kementerian PAN RB.

Sebagai contoh, sebelum pendaftaran cpns 2019 diumumkan pada tanggal 28 Oktober 2019 yang lalu, pemerintah telah beberapa kali menyebutkan bahwa untuk penerimaan CPNS 2019 kali ini, akan diterapkan bentuk soal HOTS, yakni higher order thinking skills (HOTS).

Yang mana bentuk soal HOTS ini telah diterapkan pada ujian nasional dan ujian penerimaan mahasiswa baru.

Informasi bentuk soal cpns terbaru lainnya yakni bahwa bentuk soal HOTS tersebut hanya untuk soal Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Dan kami dari situs awambicara.id juga telah memberikan contoh soal hots tkp cpns dalam bentuk simulasi cat bknnya.

3. Strategi Mengerjakan Soal SKD TIU - Tes Intelegensia Umum


Saat mengerjakan Soal SKD CPNS kategori Tes Intelegensia Umum atau TIU, Anda akan disajikan bentuk soal yang terdiri dari tes kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan penalaran.

Untuk tes kemampuan verbal, Anda akan dihadapkan pada soal-soal berupa sinonim, antonim, dan sebagainya.

Pada tes kemampuan numerik Anda akan dihadapkan pada soal-soal yang berhubungan dengan angka dan rumus matematika dasar.

Serta pada tes kemampuan penalaran, Anda akan dihadapkan pada soal-soal penalaran logis, deret angka, logika gambar, soal cerita dan lain sebagainya.

Nah, pada kategori soal SKD TIU atau tes intelegensia umum inilah yang sering kali menjadi momok bagi banyak peserta CPNS.

Tidak sedikit yang gagal dalam menghadapi soal-soal TIU pada seleksi penerimaan CPNS.

Untuk itu, dibutuhkan suatu strategi tersendiri dalam menghadapi soal-soal CPNS TIU, misalnya untuk soal cpns kemampuan verbal, caranya adalah dengan sering membaca, memperbanyak perbendaharaan kosa kata, sering melakukan latihan soal, serta menambah wawasan seputar Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Dan yang paling menjadi momok bagi peserta cpns dalam ujian seleksi SKD CPNS adalah untuk soal tiu cpns berupa kemampuan numerik dan penalaran.

Karena soal-soal cpns tiu ini menyangkut perhitungan matematika, dan banyak orang yang tidak memahami atau mungkin lupa dengan perhitungan dasar matematika.

Saat mengerjakan soal TIU CPNS di kategori numerik ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Salah satunya adalah cara belajar menghitung dengan cepat.

Karena pada tes SKD CPNS ada batasan waktu yang telah ditentukan dalam mengerjakan soal CAT SKD CPNS.

Sehingga Anda perlu memiliki kemampuan berhitung yang baik agar waktu tidak habis secara cuma-cuma hanya untuk hitungan matematika sederhana.

Nah, kami dari awambicara.id juga telah mempersiapkan tips dan trik dalam mengerjakan soal perhitungan matematika dengan cepat.

Seperti pada kunci jawaban contoh soal aritmatika cpns berikut ini.

Disana, kami telah memberikan beberapa tips dan trik dalam menjawab soal cpns perhitungan matematika dengan cepat.

Selain itu, trik sukses dalam mengerjakan soal cpns tiu numerik ini adalah mencari soal yang sekiranya mudah dan mampu dikerjakan.

4. Konsentrasi dengan Soal CPNS yang Sedang Dikerjakan


Sama halnya saat mengerjakan tes atau ujian pada umumnya, Anda perlu untuk memfokuskan diri pada kegiatan tersebut sepenuhnya.

Tujuannya adalah agar konsentrasi Anda tidak terpecah oleh hal-hal yang lainnya, yang berpotensi menjadi hambatan dalam menjawab soal dalam tes SKD CPNS tersebut.

Buang jauh-jauh keresahan dalam hati serta pikiran yang dapat mengganggu fokus Anda saat mengerjakan soal-soal SKD CPNS.

Usahakan pula untuk memilih soal-soal dari yang paling mudah dan mampu diselesaikan terlebih dahulu.

Sehingga Anda tidak kehabisan banyak waktu untuk menjawab soal yang sulit atau yang memerlukan proses penyelesaian yang panjang.

5. Istirahat yang Cukup Sebelum Tes SKD CPNS Dilaksanakan


Dalam pelaksanaan tes CAT SKD CPNS, Anda diharuskan untuk menjawab 100 soal TKP, TWK dan TIU, dalam waktu 90 menit.

Selama kurun waktu tersebut, Anda tidak akan berhenti berkonsentrasi, memfokuskan diri sehingga setiap jaringan yang ada dalam otak Anda akan terus bekerja untuk berpikir.

Dan itu semua memerlukan energi yang besar, sehingga Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh Anda.

Untuk itu, demi menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap fit maka Anda wajib beristirahat selama beberapa hari sebelum tes CAT SKD CPNS dilaksanakan.

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh Anda lebih kuat menghadapi risiko terserang penyakit.

Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi Anda senantiasa prima sampai Tes CAT SKD CPNS selesai dilaksanakan.

Dengan begitu, nilai tes CAT SKD CPNS yang didapatkan akan menjadi lebih maksimal.

6. Berdoa untuk Kelancaran Tes CAT SKD CPNS


Selain kondisi fisik tubuh, kondisi mental serta spritual yang sehat dan kuat juga sangat diperlukan.

Pastikan batin Anda berada dalam kondisi yang baik.

Untuk menjaga kondisi batin dan spritual Anda, jangan lupa untuk beribadah kepada Tuhan YME.

Berdoa dan memohon kepada Tuhan YME, karena semua yang akan terjadi nantinya adalah atas kehendak Tuhan YME.

Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa.

Selain itu jangan lupa juga untuk meminta restu dari kedua orang tua Anda.

Dengan semua itu, keyakinan Anda pada Tuhan YME, yang diiringi oleh doa restu dari orang tua, akan membuat Anda menjadi lebih siap dalam berjuang mengerjakan soal-soal CAT SKD CPNS.

Lihat: Amalan dan Doa Agar Jadi PNS Terkabulkan

Yakinlah, memiliki pikiran yang tenang akan dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal-soal CPNS.

Anda akan lebih mudah dalam berkonsentrasi yang akan membuat Anda menjadi tidak gampang terpecah saat tengah mengerjakan soal-soal SKD CPNS.

Untuk itu, jangan lupa untuk berdoa dan meminta restu dari kedua orang tua agar ujian tes SKD CPNS Anda berjalan lancar dengan meraih nilai yang maksimal.

Menghadapi ujian Seleksi Kompetensi Dasar penerimaan CPNS tidak akan lagi menjadi momok yang menakutkan jika dilakukan dengan persiapan yang tepat dan matang.

Karena profesi PNS menjamin masa depan yang lebih cerah, banyak peserta seleksi penerimaan CPNS menjadi gugup ketika mengerjakan soal-soal SKD CPNS.

Akan tetapi ketika Anda memahami tentang bentuk soal tes SKD CPNS yang biasa ditanyakan, serta melakukan banyak persiapan yang matang, dan juga diiringi dengan doa dan restu dari orang tua, maka tes SKD CPNS tidak lagi menjadi momok yang menyeramkan.

Karena itu, persiapkan diri Anda sedini mungkin dalam menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 ini.

Mumpung waktu nya masih panjang, persiapkan diri Anda sedini mungkin. Terapkan 6 kunci sukses untuk menaklukkan soal SKD CPNS 2019 diatas.

Sehingga, kesempatan Anda untuk bisa diangkat menjadi PNS semakin besar. Selamat berjuang!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Kunci Sukses Menaklukkan Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019"

Posting Komentar

CPNS

Soal CPNS

Drama Korea

Tips blogging

hukum