Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jadwal dan Ketentuan Pelaksanaan serta Materi Tes SKB CPNS 2019

Pelaksanaan Tes SKD CPNS 2019 menggunakan sistem computer assisted test atau CAT, dimana sistem itu sendiri dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN sebagai ketua panselnas penerimaan CPNS 2019.

jadwal dan ketentuan pelaksanaan serta materi tes skb cpns 2019

Sedangkan untuk materi ujian tes SKD dengan sistem CAT BKN tersebut terdiri dari tiga sub-materi tes yakni: Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensi Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Dimana masing-masing sub-materi tes SKD ini memiliki nilai passing gradenya sendiri-sendiri, yang diatur dalam Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019.

Bagi yang telah mengikuti tes SKD CPNS 2019, serta ingin mengetahui perhitungan nilai passing grade serta perangkingan untuk lolos ketahap SKB, silahkan lihat disini: Passing Grade SKD serta Penentuan Peserta Tes SKB dan Tahapan Seleksi CPNS 2019 Selanjutnya.

Penentuan Peserta Tes SKB CPNS 2019


Untuk penentuan peserta yang lolos dan akan mengikuti tes SKB, ada aturan tambahan yang dikeluarkan panselnas dalam penentuan peserta lulus SKD yang berhak mengikuti tes SKB.

Jadi, selain lolos nilai ambang batas atau passing grade SKD CPNS 2019, juga harus memenuhi ketentuan atau syarat-syarat yang telah ditentukan dalam aturan tambahan tersebut untuk bisa mengikuti tes SKB CPNS 2019.

Baca: Mekanisme Penentuan Peserta SKB CPNS 2019

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh peserta agar bisa mengikuti tes SKB, seperti yang dijelaskan dalam aturan tambahan dalam Surat Menpan RB Nomor B/ III/ M. SM. 01. 00/ 2020 adalah sebagai berikut:
  • Satu formasi akan diperebutkan oleh tiga peserta yang mengikuti tes SKB CPNS 2019
  • Peserta kategori P1/ TL ikut dalam seleksi penentuan calon peserta yang akan mengikuti SKB
  • Apabila ada peserta yang memiliki Nilai Total SKD SAMA, maka penentuan lolos ketahap tes SKB didasarkan pada nilai mana yang lebih tinggi dari peserta yang memiliki nilai SKD SAMA tersebut yang dimulai dari nilai TKP, TIU, kemudian TWK
  • Apabila ada peserta dengan Nilai Total dan Sub-materi (TWK, TIU dan TKP) Tes SKD SAMA, maka seluruh peserta yang nilai total dan sub-materi nya sama tersebut berhak mengikuti tes SKB

Selain ketentuan tentang kelulusan passing grade dan aturan tambahan yang telah ditentukan bagi peserta ada beberapa ketentuan yang juga harus dipenuhi oleh instansi pemerintah yang membuka lowongan cpns 2019.

Instansi pemerintah baik pusat maupun daerah yang menerima lowongan cpns 2019, wajib melaksanakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam hal pelaksanaan tes SKB CPNS 2019.

Ketentuan Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019


Dalam pelaksanaan SKB, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh panitia yang juga harus menjadi perhatian bagi para peserta, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan atau formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD
  • Instansi dapat melaksanakan SKB sebelum pelaksanaan SKD dengan sistem CAT setelah mendapat persetujuan dari Menteri
  • Bagi instansi pusat yang tidak menyelenggarakan SKB dengan sistem CAT, dapat menggunakan paling sedikit 2 jenis atau 2 bentuk tes lain
  • Pelaksanaan SKB di instansi daerah wajib menggunakan CAT
  • Instansi daerah yang akan menyelenggarakan SKB tambahan selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman atau panduan pelaksanaan SKB dan menyampaikan kepada Menteri dengan tembusan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas, 1 minggu sebelum pelaksanaan SKD dimulai
  • Panitia seleksi nasional dapat membatalkan hasil SKB jika penyelenggaraannya tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan
  • Dalam hal terjadi pembatalan hasil SKB, instansi diberikan kesempatan untuk melaksanakan SKB ulang, setelah mendapat persetujuan dari Menteri
  • Dalam hal terdapat jabatan yang bersifat sangat teknis atau keahlian khusus, seperti: Pranata Komputer, Instansi Daerah dapat melaksanakan SKB dalam bentuk tes praktek kerja
  • Instansi daerah hanya diperkenankan menambah 1 jenis tes selain SKB dengan CAT dan diberikan bobot nilai paling tinggi 40 persen dari total nilai atau hasil SKB. Dengan demikian,  bobot nilai SKB dengan CAT menjadi 60 persen dari total nilai atau hasil SKB CPNS 2019

Seleksi Kompetisi Bidang atau tes SKB ini adalah tahapan lanjutan dalam seleksi penerimaan CPNS tahun anggaran 2019.

Baca: Kisi-kisi Soal Tes SKB CPNS 2019 Berdasarkan Formasi Jabatan

Peserta yang berhak mengikuti SKB adalah peserta yang dinyatakan lolos tahap tes SKD CPNS 2019.

Jadwal Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2019


Sedangkan jadwal pelaksanaan tes SKB menurut BKN akan digelar pada tanggal 25 Maret s.d 10 April 2020.

Nah, apa saja materi yang akan diujikan dalam tes SKB nanti?

Jika kita lihat dari Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019, materi SKB terdiri dari:

Materi Tes SKB CPNS 2019


Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional yang selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

Kemudian materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Untuk pelaksanaan dan materi tes SKB di instansi pusat selain dengan menggunakan sistem CAT, dapat pula berupa:
  1. Tes potensi akademik
  2. Tes praktik kerja
  3. Tes bahasa asing
  4. Tes fisik atau kesamaptaan
  5. Psikotes
  6. Tes kesehatan jiwa
  7. Wawancara

Hal tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau 2 bentuk tes SKB.

Apabila instansi menetapkan materi SKB yang menggugurkan, maka harus diinformasikan atau dicantumkan dalam pengumuman pendaftaran di masing-masing instansi.

Demikianlah jadwal dan ketentuan pelaksanaan serta materi tes SKB CPNS 2019 yang akan diujikan nanti untuk Anda yang lolos tahapan seleksi Tes Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2019.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Jadwal dan Ketentuan Pelaksanaan serta Materi Tes SKB CPNS 2019"