Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Kisi-kisi Soal UNBK dan UN Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan BSNP telah merilis secara resmi kisi-kisi UN dan kisi-kisi UNBK untuk tahun pelajaran 2019/ 2020.
kisi-kisi soal un 2020
Kisi-kisi soal merupakan sebuah matriks atau format berupa kriteria tertentu yang memuat informasi sebagai pedoman dalam membuat soal menjadi suatu tes.

Kisi-kisi soal UN merupakan sebuah matriks atau format berupa kriteria tertentu yang memuat informasi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian nasional.

Kisi-kisi UN berfungsi sebagai panduan atau pedoman dalam penulisan soal ujian nasioanl yang akan disusun, sehingga akan menghasilkan soal-soal ujian nasional yang sesuai dengan tujuan tes.

Baca: Tips dan Kunci Sukses serta Strategi Jitu Lulus UN 2020

Badan Standar Nasional Pendidian (BSNP) adalah lembaga yang memiliki kewenangan menyelenggarakan Ujian Nasional atau UN, menyatakan bahwa kebijakan UN tahun 2020 secara umum tidak berbeda dengan kebijakan UN tahun sebelumnya.

Download Kisi-kisi Soal UN 2020

Kebijakan UN 2020 inipun telah disosialisasikan di berbagai provinsi pada pertengahan sampai akhir bulan Februari yang lalu.

Lebih lanjut ketua BSNP mentakan bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen.

Untuk soal USBN 2020 sendiri masih ada yang dari Pusat, yakni sebanyak 20-25 persen, sedangkan untuk soal UN 2020, semua soal UN 100% disiapkan oleh Pusat.

Selain itu, penerapan soal USBN dan UN 2020 juga berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Karena itu, pemerintah melalui BSNP telah merilis kisi-kisi UN dan kisi-kisi UNBK untuk tahun pelajaran 2019/ 2020.

Adapun kisi-kisi soal tersebut dirilis untuk siswa jenjang SMP, SMA, SMK dan Sekolah Luar Biasa atau SLB.

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar UN, UN 2020 akan dilaksanakan dengan berbasis komputer atau UNBK dan berbasis kertas dan pensil atau UNKP.

Kisi-kisi UN ini menjadi acuan dalam pengembangan dan pembuatan soal UN yang disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Berikut ini link download kisi-kisi UN 2020 yang kami lansir dari kemendikbud.go.id, untuk semua mata pelajaran Ujian Nasional jenjang SMP, SMA, SMK, dan SLB.

Download Kisi-kisi UN 2020 Gabung PAKET B dan PAKET C TP
Download Kisi-kisi UN 2020 SMPLB TP
Download Kisi-kisi UN 2020 SMALB TP
Download Kisi-kisi UN 2020 Gabung SMP TP
Download Kisi-kisi UN 2020 Gabung SMA TP
Download Kisi-kisi UN 2020 Gabung SMK TP

Penerapan UNBK ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran, dan integritas ujian.

Adapun sekolah atau madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK harus telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan, yakni sebagai berikut:
  1. Telah teakreditasi
  2. Tersedia sejumlah komputer dan peladen (server) sesuai kebutuhan
  3. Memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Panitia UN
Sedangkan untuk satuan pendidikan yang tidak dapat melaksanakan UNBK dapat mengusulkan pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP)kepada dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya.

Demikianlah link download kisi-kisi UNBK dan UN 2020 resmi dari BSNP sebagai bahan bagi Anda untuk belajar menghadapi UN tahun pelajaran 2019/ 2020.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Download Kisi-kisi Soal UNBK dan UN Tahun Pelajaran 2019/ 2020"