Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Kunci Sukses serta Strategi Jitu Lulus Ujian Nasional 2020

Sejak Nadiem Makarim ditunjuk sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ada banyak gebrakan yang telah dilakukannya.

Salah satunya adalah rencana atau wacana menghapus Ujian Nasional atau UN.

Namun wacana atau rencana mendikbud untuk menghapus UN ini baru akan dilakukan untuk tahun pelajaran 2020/ 2021.

Jadi untuk tahun 2021 tidak ada lagi Ujian Nasional atau UN. Sehingga untuk tahun 2020 ini UN masih akan dilaksanakan.

Nah, sebagai siswa kelas 3 SMP, SMA/ MA untuk bisa mengerjakan soal-soal UN dan menjawab dengan benar, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan matang.


Berikut bebertapa tips lulus UN dari kami Awambicara.id yang perlu dilakukan dan diterapkan oleh para peserta UN. 

Baca: Peraturan Baru Syarat Masuk TK, SD, SMP dan SMA Tahun Ajaran 2020/ 2021

Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengembangkan model soal Ujian Nasional yang baru sejak tahun 2019 yang lalu.

Model soal yang baru ini tidak lagi hanya mengandalkan soal pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar, akan tetapi akan divariasi dengan model isian serta pilihan ganda dengan lebih dari satu jawaban yang benar.

Pengembangan model soal ujian nasional yang baru nanti akan diterapkan pada semua mata pelajaran.

Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional 2020

Selain model soal ujian nasional yang baru, pemerintah melalui Kemendikbud juga sedang mengembangkan teknologi untuk memberikan skor jwaban terbuka secara otomatis, dengan menggunakan komputerisasi.

Yang dikenal dengan natural language processing, atau automatic machine scoring. 

Melihat keadaan ini, sebagai orang tua tentu kita harus lebih memperhatikan pendidikan anak-anak kita.

Saat ini, sistem pembelajaran dan ujian telah banyak mengalami perubahan, tidak lagi seperti jaman dimana kita sebagai orang tua masih duduk dibangku sekolah dulu.

Semua telah maju dengan pesat, tingkat pembelajaran pun telah maju dengan sangat pesat, sehingga kita tidak boleh lengah lagi.

Jangan sampai pendidikan anak-anak kita jadi jauh tertinggal dan tidak dapat mengikuti serta menyelesaikan setiap ujian-ujian yang akan diadakan.

Untuk menghadapi proses ujian nasional, biasanya pihak sekolah ataupun orang tua memberikan pendidikan tambahan, seperti les-les ataupun trayout ujian nasional. Baik yang diadakan oleh pihak sekolah ataupun tempat-tempat bimbingan belajar.

Agenda rutin penyelenggaraan Ujian Nasional mulai dari tingkat SMP sampai pada tingkat SMA seharusnya cukup memberikan pelajaran bagi kita bagaimana membantu anak-anak kita dalam persiapannya menghadapi ujian nasional 2020 nanti.

Karena itu, kami dair Awambicara.id telah merangkum beberapa Tips dan Kunci Sukses dalam menghadapi Ujian Nasional.

Kami telah memberikan beberapa tips Cara Belajar Cepat dan Benar Agar Lulus Ujian, yang dapat diterapkan dalam setiap ujian yang akan dihadapi, baik itu Ujian Nasional, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ataupun Ujian Penerimaan Pegawai, baik swasta maupun pegawai negeri.

Tips Lulus Ujian Nasional - UN 2020

Sebagai tambahan, berikut ini beberapa tips yang telah kami kumpulkan untuk anda dan memotivasi anak anda dalam menghadapi Ujian Nasional.

1. Motivasi dan Dorongan Orang Tua

Sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan pendidikan anak-anak kita, jangan sampai kita lengah dalam pendidikan mereka. Karena pendidikan mereka menyangkut masa depan mereka. Selalulah berikan motivasi dan dorongan serta pantau pergaulan mereka. 

Dan sebagai pelajar, meminta restu dan doa dari orang-orang terdekat anda apalagi kepada orang tua anda adalah suatu keharusan. 

Walaupun tanpa diminta, orang tua akan selalu mendoakan anak-anaknya dalam setiap langkah kehidupan anak-anak mereka, namun sebagai anak anda harus tetap meminta kepada mereka, doa dan restu dari mereka.

Karena doa merupakan suatu motivasi yang sangat kuat bagi kita dalam mengadapi setiap persoalan-persoalan hidup. Begitu juga dalam menghadapi ujian nasional.

2. Kesehatan

Sebagai pelajar, anda harus selalu menjaga kesehatan diri anda. Jangan sampai saat ujian nasional nanti, anda jatuh sakit. Karena itu, kesehatan adalah hal yang utama, apalagi kesehatan otak.

Jagalah kondisi pikiran dan otak anda dengan memperbanyak minum air putih, serta menghilangkan kebiasaan bergadang dimalam hari.

Hindari dan jauhi pergaulan yang akan menjerumuskan, seperti pergaulan penggunaan obat-obat terlarang. Karena sudah dapat dipastikan obat-obat terlarang itu akan menggrogoti otak anda, akan membuat anda bodoh dan mudah lupa.

Dan sebagai orang tua, sudah merupakan kewajiban kita untuk menjaga pergaulan anak-anak kita, menjaga makanan mereka, menjaga kondisi fisik dan kesehatan mereka. 

3. Mengatur Waktu

Kunci sukses dalam setiap kehidupan adalah pintar mengatur waktu. Begitu juga dengan sukses dalam ujian nasional 2019.

Anda sebagai pelajar, harus pintar-pintar dalam memenej waktu. Pintar dalam mengatur waktu dalam belajar, istirahat, main, bergaul dan sebagainya adalah kunci sukses anda dalam menghadapi ujian nasional 2019 nanti.

Kurangi begadang, hindari kebiasaan SKS (Sistem Kebut Semalam), jangan pas mau dekat-dekat ujian baru anda belajar. 

Tapi atur waktu belajar anda, misalkan 3 bulan sebelum ujian anda harus belajar yang seperti apa, memasuki 2 bulan perbanyak waktu belajarnya, dan dibulan mendekati waktu ujian, perbanyak belajar contoh-contoh soal ujian nasional dan mengikuti trayout-trayout baik yang diadakan oleh bimbingan belajar ataupun diadakan sekolah.

Sebagai orang tua kita dapat memberikan atau membuat jadwal belajar bagi anak-anak kita, jauh-jauh hari sebelum waktu ujian nasional tiba.

Kedisiplinan adalah kunci dari kesuksesan.

4. Disiplin

Sebagai pelajar, anda sudah diajarkan untuk selalu disiplin, setiap hari anda harus masuk sekolah tepat waktu dan pulang sekolah tepat waktu.

Begitu juga dengan manajemen waktu belajar anda, anda harus disiplin untuk mengikuti setiap jadwal yang telah ditentukan.

Dan sebagai orang tua, kita harus selalu mengingatkan dan melihat perkembangan belajar anak-anak kita.

Jangan hanya bergantun pada sekolah dan tempat-tempat kursus yang diikuti anak-anak kita. Namun kita harus pro aktif mengikuti setiap perkembangan pelajaran dari mereka.

5. Berserah Diri

Ketika semua sudah dirasa maksimal, dan sepenuhnya dalam menghadapi ujian nasional, terakhir yang kita lakukan adalah pasrah dan berserah diri kepada Tuhan.

Kita hanyalah manusia biasa, yang hanya mampu berusaha, akan tetapi segala sesuatu ketetapan didunia ini adalah atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Namun begitu, kita juga harus berprasangka baik kepada Tuhan, karena Tuhan sebagaimana prasangka kita, jika kita berprasangka lulus ujian nasional dengan nilai maksimal, dan telah berusaha untuk itu, maka Tuhan akan menetapkan kita untuk lulus dengan nilai terbaik.

Serta tidak lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN)

Selain 5 tips diatas, kami juga merangkum beberapa kunci sukses dalam menghadapi ujian nasional 2019 nanti.

1. Berlatih

Tidak ada kesuksesan didunia ini, tanpa ada usaha dan latihan. Begitu juga dengan Ujian Nasional, semakin banyak anda berlatih maka anda akan semakin siap dan percaya diri. 

2. Percaya Diri

Selain berlatih, anda juga harus percaya diri. Percaya diri dapat anda bangun dengan banyak berlatih, dan latihan soal. Semakin sering anda mengerjakan contoh soal-soal ujian nasional, maka semakin tumbuh kepercayaan diri anda. 

Namun demikian, kepercayaan diri tidak tumbuh begitu saja, anda harus meyakinkan diri anda bahwa anda bisa, anda mampu, anda terbaik.

Banyak anak yang gagal karena hal sepele seperti kurang teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. 

Kesalahan ini timbul karena kurangnya rasa percaya diri. 

Kunci sukses lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi ujian.

3. Hilangkan Emosi Negatif

Hampir semua pelajar memiliki emosi negatif saat menghadapi ujian, baik itu ujian semester maupun ujian nasional. 

Mereka sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. 

Namun, ketika hari ujian tiba, mereka cemas, takut dan khawatir serta bertanya-tanya, apakah saya bisa lulus, saya kurang belajar, saya banyak main, dan lain sebagainya.

Semua emosi negetif itu harus dihilangkan, harus dibuang jauh-jauh. 

Karena akan mengganggu konsentrasi anda dalam menjawab setiap soal ujian nasional nanti.

4. Pola Pikir Positif (Berprasangka Baik)

Semua keberhasilan sudah kita atur dalam pikiran kita, begitu juga kegagalan.

Jika anda memantapkan pikiran anda bahwa anda lulus, berhasil, dan sukses, maka otak anda memerintahkan semua organ tubuh anda untuk mulai bertindak dalam mewujudkan keinginan sukses dan berhasil anda.

Namun sebaliknya, jika pola pikir anda negatif, atau anda berprasangka buruk terhadap hasil yang belum terjadi, maka otak anda pun secara tanpa anda sadari merintahkan semua organ tubuh anda untuk berhenti mengejar keinginan sukses dan berhasil anda.

Pola pikir serta berprasangka baik ini adalah hal yang membedakan antara pemenang dan pecundang.

Ingin jadi pemenang, maka mulailah berpikir positif dan berprasangka baik terhadap diri anda sendiri.

5. Manajemen Waktu

Disiplin diri adalah kunci sukses semua harapan. Jika anda terbiasa disiplin dan seharusnya anda memang sudah terbiasa disiplin, karena disekolah anda diajarkan untuk disiplin, maka anda mempunyai kunci sukses kehidupan.

Karena, untuk memanajemen waktu hal yang paling utama dan terpenting adalah kedisiplinan. Percuma anda membuat jadwal untuk pelajaran anda dan memenej waktu anda dalam belajar namun anda tidak disiplin dalam mengikuti nya.

Setelah anda memanajeman waktu anda dan disiplin dalam mengikuti semua jadwal yang anda atur/ menej dalam usaha anda menghadapi ujian nasional, maka anda tinggal mengatur strategi selanjutnya. Mengatur teknik memahami mata pelajaran yang kemudian anda ikuti dengan mengatur teknik dalam menghafal.

Semua akan terasa sangat mudah dan lancar jika anda melakukannya dengan disiplin dalam mengikuti waktu yang telah anda tentukan dan jadwalkan.

Strategi Jitu Lulus UN 2020

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa tips dalam mempersiapkan diri menghadapi UN 2020 yang bisa kamu terapkan nanti:

1. Menciptakan Suasana Nyaman Saat Belajar

Dalam belajar yang dibutuhkan adalah ketenangan dan kenyamanan. Baik itu ketenangan batin maupun suasana yang nyaman.

Karena dengan suasana tenang dan nyaman itulah yang membuat belajar kita menjadi lebih fokus.

Sehingga kamu akan lebih cepat dan mudah dalam mencerna serta memahami setiap pembahasan dari suatu mata pelajaran.

Untuk itu, ciptakanlah suasana tenang dan kenyamanan yang sesuai dengan selera kamu sendiri.

Jika kamu merasa lebih tenang dan nyaman belajar sambil mendengarkan musik, maka setel atau nyalakan musik favorit kamu dan siapkan sedikit camilan dan sebagainya.

2. Mempelajari Kisi-kisi Setiap Mata Pelajaran UN

Setiap UN berlangsung, pihak sekolah biasanya akan memberikan kisi-kisi soal UN pada semester kedua atau beberapa bulan sebelum hari H ujian nasional. 

Hal itu merupakan kebijakan dari sekolah yang mana diharapkan para siswa akan lebih mudah belajar, serta mengarahkan pembelajaran para siswa agar tidak keluar dari pembahasan setiap mata pelajaran.

Download kisi-kisi soal UN 2020 ini sebagai referensi kamu untuk belajar dan siap menghadapi UN 2020 nantinya. 

3. Belajar bersama Teman

Selanjutnya salah satu strategi jitu lulus UN 2020 adalah dengan belajar bersama teman.

Belajar dengan teman, selain lebih mudah memahami setiap mata pelajaran yang akan di UN kan nanti, juga akan membuat suasana belajar menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Selain itu, belajar bersama dengan 3 atau 5 teman sekaligus bisa menghilangkan rasa malas dan bosan saat belajar.

Belajar dengan teman-teman bisa dilakukan di perpustakaan, dirumah atau bahkan mungkin ditaman yang tenang. 

Yang pasti tentunya tempat belajar bersama tersebut dapat membuat suasana menjadi nyaman bagi kamu untuk belajar.

Belajar dengan teman-teman juga dapat membuat saling membantu satu sama lain apabila ada contoh-contoh soal UN yang tidak dimengerti.

4. Pahami Setiap Mata Pelajaran bukan Menghafal

Metode paling tepat dan cepat dalam belajar adalah dengan memahami setiap persoalan atau mata pelajaran yang ada.

Karena dengan memahaminya dapat membuat kita lebih mudah dan cepat dalam mengingatnya.

Memang banyak siswa yang menggunakan metode belajar dengan cara menghafal. 

Karena dengan menghafal kita bisa menjawab soal dengan lebih sempurna, padahal sebuah hafalan itu  sangat mudah untuk terlupakan.

Sedangkan metode pembelajarannya dengan cara memahami pembahasan materi, itu memang bisa dibilang lebih lama dibandingkan menghafal.

Akan tetapi dengan metode pemahaman materi ini kamu akan lebih mudah ingat, lebih mudah dalam menjawab soal-soal UN, serta tidak mudah lupa.

5. Dahulukan Menjawab Soal UN yang Mudah

Mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan belajar sebelum UN berlangsung, akan membuat kamu lebih tenang dalam menghadapi UN nantinya.

Kamu tidak akan merasakan panik berlebihan, yang mana dapat menyebabkan kamu melupakan apa yang telah kamu hafal dan pelajari.

Kamu akan lebih tenang dalam mengerjakan soal-soal karena sudah paham dengan materinya.

Akan tetapi ketika kamu berhadapan dengan soal UN yang sulit, lewati dulu soal tersebut.

Jangan habiskan waktu untuk mengerjakan soal-soal UN hanya pada satu soal, sehingga kamu tidak menghabiskan waktu percuma.

Ada baiknya kamu mengerjakan soal-soal UN yang paling mudah terlebih dahulu, baru kemudian menyelesaikan soal-soal yang sulit.

6. Mentaati Aturan Selama UN Berlangsung

Selama mengikuti UN, sedapat mungkin hindari melakukan sesuatu yang melanggar aturan.

Jangan ganggu konsentrasi kamu dalam mengerjakan soal-soal UN dengan hal-hal yang seharusnya tidak terjadi.

Karena, ketika kamu melanggar atau melakukan sesuatu yang walaupun tidak fatal, tentu akan mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan soal-soal UN nantinya.

Apalagi jika melanggar peraturan yang dapat membuat kamu mendapatkan sanksi.

Itulah tadi 6 strategi jitu lulus UN dari kami awambicara.id 

Selanjutnya adalah membuat target dan tujuan. Mulailah mengejar cita-cita, tujuan dan target dalam kehidupan mu.

Jangan jalani hidup ini tanpa target, tanpa tujuan, tanpa citi-cita. 

Jangan lagi hidup dengan hanya menjadi pengagum orang lain, namun mulailah menjadi sesuatu, menjadi seseorang yang dikagumi orang lain.

Karena kamu yang akan menghadapi ujian nasional 2020 nanti adalah para generasi-generasi terbaik yang pernah ada dinegeri ini. 

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Tips dan Kunci Sukses serta Strategi Jitu Lulus Ujian Nasional 2020"