Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional 2018
Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional 2018

Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional 2018

Sering dilihat:

Ada wacana bahwa Ujian Nasional yang telah menjadi agenda tahunan akan dibuat jadi pertanyaan essay.


Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional


Tidak lagi dengan pertanyaan pilihan berganda.

Namun wacana tersebut belum akan direalisasikan pada Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2018 nanti.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengembangkan model soal Ujian Nasional yang baru mulai tahun 2018 nanti.

Rencananya, model soal yang baru ini tidak lagi hanya mengandalkan soal pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar, akan tetapi akan divariasi dengan model isian serta pilihan ganda dengan lebih dari satu jawaban yang benar.

Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa rencana untuk dibuat soal esai untuk ujian nasional tidak akan dilakukan untuk Ujian Nasional 2018 nanti.

Pengembangan model soal ujian nasional yang baru nanti akan diterapkan pada semua mata pelajaran.
Tips dan Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional 2018

Untuk soal ujian pelajaran Matematika dan Fisika akan ditambahkan soal isian, yakni menulis jawaban, tidak hanya memilih jawaban yang benar dari beberapa pilihan (Pilihan Ganda)..

Akan tetapi, belum dalam bentuk essay.

Selain model soal ujian nasional yang baru, pemerintah melalui Kemendikbud juga sedang mengembangkan teknologi untuk memberikan skor jwaban terbuka secara otomatis, dengan menggunakan komputerisasi.

Yang dikenal dengan natural language processing, atau automatic machine scoring. 

Karena masih dalam proses pengembangan, maka belum akan diterapkan dalam waktu dekat, karena masih merupakan rencana jangka panjang.

Melihat keadaan ini, sebagai orang tua tentu kita harus lebih memperhatikan pendidikan anak-anak kita.

Saat ini, sistem pembelajaran dan ujian telah banyak mengalami perubahan, tidak lagi seperti jaman dimana kita sebagai orang tua masih duduk dibangku sekolah dulu.

Semua telah maju dengan pesat, tingkat pembelajaran pun telah maju dengan sangat pesat, sehingga kita tidak boleh lengah, jangan sampai pendidikan anak-anak kita jadi tertinggal jauh dan tidak dapat mengikuti serta menyelesaikan setiap ujian-ujian yang akan diadakan.

Untuk menghadapi proses ujian nasional, biasanya pihak sekolah ataupun orang tua memberikan pendidikan tambahan, seperti les-les ataupun trayout ujian nasional. Baik yang diadakan oleh pihak sekolah ataupun tempat-tempat bimbingan belajar.

Agenda rutinan penyelenggaraan Ujian Nasional mulai dari tingkat SMA sampai pada tingkat Sekolah Dasar (SD) seharusnya cukup memberikan pelajaran bagi kita bagaimana membantu anak-anak kita dalam persiapannya menghadapi ujian nasional.

Untuk itu, Awam Bicara telah merangkum beberapa Tips dan Kunci Sukses dalam menghadapi Ujian Nasional.

Kami telah memberikan beberapa tips Cara Belajar Cepat dan Benar Agar Lulus Ujian, yang dapat diterapkan dalam setiap ujian yang akan dihadapi, baik itu Ujian Nasional, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ataupun Ujian Penerimaan Pegawai, baik swasta maupun pegawai negeri.


Tips Lulus Ujian Nasional (UN)


Sebagai tambahan, berikut ini beberapa tips yang telah kami kumpulkan untuk anda dan memotivasi anak anda dalam menghadapi Ujian Nasional.

1. Motivasi dan Dorongan Orang Tua


Sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan pendidikan anak-anak kita, jangan sampai kita lengah dalam pendidikan mereka. Karena pendidikan mereka menyangkut masa depan mereka. Selalulah berikan motivasi dan dorongan serta pantau pergaulan mereka. 

Dan sebagai pelajar, meminta restu dan doa dari orang-orang terdekat anda apalagi kepada orang tua anda adalah suatu keharusan. 

Walaupun tanpa diminta, orang tua akan selalu mendoakan anak-anaknya dalam setiap langkah kehidupan anak-anak mereka, namun sebagai anak anda harus tetap meminta kepada mereka, doa dan restu dari mereka.

Karena doa merupakan suatu motivasi yang sangat kuat bagi kita dalam mengadapi setiap persoalan-persoalan hidup. Begitu juga dalam menghadapi ujian nasional.

2. Kesehatan


Sebagai pelajar, anda harus selalu menjaga kesehatan diri anda. Jangan sampai saat ujian nasional nanti, anda jatuh sakit. Karena itu, kesehatan adalah hal yang utama, apalagi kesehatan otak.

Jagalah kondisi pikiran dan otak anda dengan memperbanyak minum air putih, serta menghilangkan kebiasaan bergadang dimalam hari.

Hindari dan jauhi pergaulan yang akan menjerumuskan, seperti pergaulan penggunaan obat-obat terlarang. Karena sudah dapat dipastikan obat-obat terlarang itu akan menggrogoti otak anda, akan membuat anda bodoh dan mudah lupa.

Dan sebagai orang tua, sudah merupakan kewajiban kita untuk menjaga pergaulan anak-anak kita, menjaga makanan mereka, menjaga kondisi fisik dan kesehatan mereka. 

3. Mengatur Waktu


Kunci sukses dalam setiap kehidupan adalah pintar mengatur waktu. Begitu juga dengan sukses dalam ujian nasional 2018.

Anda sebagai pelajar, harus pintar-pintar dalam memenej waktu. Pintar dalam mengatur waktu dalam belajar, istirahat, main, bergaul dan sebagainya adalah kunci sukses anda dalam menghadapi ujian nasional 2018 nanti.

Kurangi begadang, hindari kebiasaan SKS (Sistem Kebut Semalam), jangan pas mau dekat-dekat ujian baru anda belajar. 

Tapi atur waktu belajar anda, misalkan 3 bulan sebelum ujian anda harus belajar yang seperti apa, memasuki 2 bulan perbanyak waktu belajarnya, dan dibulan mendekati waktu ujian, perbanyak belajar contoh-contoh soal ujian nasional dan mengikuti trayout-trayout baik yang diadakan oleh bimbingan belajar ataupun diadakan sekolah.

Sebagai orang tua kita dapat memberikan atau membuat jadwal belajar bagi anak-anak kita, jauh-jauh hari sebelum waktu ujian nasional tiba.

Kedisiplinan adalah kunci dari kesuksesan.

4. Disiplin


Sebagai pelajar, anda sudah diajarkan untuk selalu disiplin, setiap hari anda harus masuk sekolah tepat waktu dan pulang sekolah tepat waktu.

Begitu juga dengan manajemen waktu belajar anda, anda harus disiplin untuk mengikuti setiap jadwal yang telah ditentukan.

Dan sebagai orang tua, kita harus selalu mengingatkan dan melihat perkembangan belajar anak-anak kita.

Jangan hanya bergantun pada sekolah dan tempat-tempat kursus yang diikuti anak-anak kita. Namun kita harus pro aktif mengikuti setiap perkembangan pelajaran dari mereka.

5. Berserah Diri


Ketika semua sudah dirasa maksimal, dan sepenuhnya dalam menghadapi ujian nasional, terakhir yang kita lakukan adalah pasrah dan berserah diri kepada Tuhan.

Kita hanyalah manusia biasa, yang hanya mampu berusaha, akan tetapi segala sesuatu ketetapan didunia ini adalah atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Namun begitu, kita juga harus berprasangka baik kepada Tuhan, karena Tuhan sebagaimana prasangka kita, jika kita berprasangka lulus ujian nasional dengan nilai maksimal, dan telah berusaha untuk itu, maka Tuhan akan menetapkan kita untuk lulus dengan nilai terbaik.

Serta tidak lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.


Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN)


Selain 5 tips diatas, kami juga merangkum beberapa kunci sukses dalam menghadapi ujian nasional 2018 nanti.

1. Berlatih


Tidak ada kesuksesan didunia ini, tanpa ada usaha dan latihan. Begitu juga dengan Ujian Nasional, semakin banyak anda berlatih maka anda akan semakin siap dan percaya diri. 

2. Percaya Diri


Selain berlatih, anda juga harus percaya diri. Percaya diri dapat anda bangun dengan banyak berlatih, dan latihan soal. Semakin sering anda mengerjakan contoh soal-soal ujian nasional, maka semakin tumbuh kepercayaan diri anda. 

Namun demikian, kepercayaan diri tidak tumbuh begitu saja, anda harus meyakinkan diri anda bahwa anda bisa, anda mampu, anda terbaik.

Banyak anak yang gagal karena hal sepele seperti kurang teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. 

Kesalahan ini timbul karena kurangnya rasa percaya diri. 

Kunci sukses lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi ujian.

3. Hilangkan Emosi Negatif.


Hampir semua pelajar memiliki emosi negatif saat menghadapi ujian, baik itu ujian semester maupun ujian nasional. 

Mereka sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. 

Namun, ketika hari ujian tiba, mereka cemas, takut dan khawatir serta bertanya-tanya, apakah saya bisa lulus, saya kurang belajar, saya banyak main, dan lain sebagainya.

Semua emosi negetif itu harus dihilangkan, harus dibuang jauh-jauh. 

Karena akan mengganggu konsentrasi anda dalam menjawab setiap soal ujian nasional nanti.

4. Pola Pikir Positif (Berprasangka Baik)


Semua keberhasilan sudah kita atur dalam pikiran kita, begitu juga kegagalan.

Jika anda memantapkan pikiran anda bahwa anda lulus, berhasil, dan sukses, maka otak anda memerintahkan semua organ tubuh anda untuk mulai bertindak dalam mewujudkan keinginan sukses dan berhasil anda.

Namun sebaliknya, jika pola pikir anda negatif, atau anda berprasangka buruk terhadap hasil yang belum terjadi, maka otak anda pun secara tanpa anda sadari merintahkan semua organ tubuh anda untuk berhenti mengejar keinginan sukses dan berhasil anda.

Pola pikir serta berprasangka baik ini adalah hal yang membedakan antara pemenang dan pecundang.

Ingin jadi pemenang, maka mulailah berpikir positif dan berprasangka baik terhadap diri anda sendiri.

5. Manajemen Waktu


Disiplin diri adalah kunci sukses semua harapan. Jika anda terbiasa disiplin dan seharusnya anda memang sudah terbiasa disiplin, karena disekolah anda diajarkan untuk disiplin, maka anda mempunyai kunci sukses kehidupan.

Karena, untuk memanajemen waktu hal yang paling utama dan terpenting adalah kedisiplinan. Percuma anda membuat jadwal untuk pelajaran anda dan memenej waktu anda dalam belajar namun anda tidak disiplin dalam mengikuti nya.

Setelah anda memanajeman waktu anda dan disiplin dalam mengikuti semua jadwal yang anda atur/ menej dalam usaha anda menghadapi ujian nasional, maka anda tinggal mengatur strategi selanjutnya. Mengatur teknik memahami mata pelajaran yang kemudian anda ikuti dengan mengatur teknik dalam menghafal.

Semua akan terasa sangat mudah dan lancar jika anda melakukannya dengan disiplin dalam mengikuti waktu yang telah anda tentukan dan jadwalkan.

Yang selanjutnya, anda bisa mengatur strategi dalam menjawab soal. Setelah anda memahami dan menghafal setiap mata pelajaran selanjutnya anda dapat mencoba berlatih menyelesaikan beberapa contoh soal ujian nasional. 

Semakin banyak anda berlatih dengan soal, berlatih dengan contoh-contoh soal, maka akan semakin memberikan peluang bagi anda untuk lulus ujian nasional dengan nilai terbaik. 

Serta semakin meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Yang pada akhirnya akan memudahkan anda dalam memilih perguruan tinggi negeri yang anda sukai jika anda lulus dengan nilai sempurna.



Buat target anda, tentukan tujuan anda, dan mulailah mengejar cita-cita, tujuan dan target dalam kehidupan anda.

Jangan anda menjalani hidup ini tanpa target, tanpa tujuan, tanpa citi-cita. Jangan lagi anda menjalani hidup ini hanya menjadi pengagum orang lain, namun mulailah menjadi sesuatu, menjadi seseorang, menjadi orang yang dikagumi orang lain.

Karena kalian yang menghadapi ujian nasional 2018 nanti adalah para generasi z, penerus generasi milenial. 
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar