Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seleksi Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2020 akan Dibuka September?

Penerimaan CPNS tahun anggaran 2019 belum juga usai, namun sudah banyak yang menanyakan kapan pengumuman penerimaan dan pendaftaran CPNS 2020 dibuka.

seleksi penerimaan dan pendaftaran cpns 2020

Pelaksanaan seleksi CPNS 2019 saat ini telah memasuki fase pengumuman peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang lulus dan melanjutkan ke tahap tes seleksi kompetensi bidang (SKB).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sendiri rencananya akan dilaksanakan pada 25 Maret s.d 10 April 2020 mendatang.

Adapun peserta yang akan mengikuti tes SKB adalah mereka yang dinyatakan lolos pada tahap tes SKD CPNS 2019.

Kapan Pendaftaran CPNS 2020 Dibuka?

Walaupun proses seleksi penerimaan CPNS 2019 belum rampung secara keseluruhan, ternyata sudah banyak yang mempertanyakan mengenai seleksi penerimaan CPNS tahun 2020.

Baca: Kisah Peraih Skor Tertinggi SKD CPNS 2019 Kemenkumham

Pemerintah memang berencana untuk membuka kembali penerimaan CPNS untuk Tahun Anggaran 2020 ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menyatakan ada kemungkinan pendaftaran CPNS tahun 2020, yang rencananya akan diadakan mulai September mendatang.

Saat dikonfirmasi terkait informasi adanya rekrutmen CPNS 2020, Humas BKN tidak menyangkal adanya kemungkinan pembukaan pendaftaran CPNS 2020.

Bahkan, pembukaan pendaftaran CPNS 2020 kemungkinan besar akan digelar dalam beberapa waktu ke depan - ungkap Humas BKN, tepatnya bulan September 2020. (Kompas)

Saat disinggung tentang formasi dan instansi mana saja yang akan membuka penerimaan CPNS 2020 pihak BKN belum menjelaskannya secara pasti.

Yang mana pada saat ini, Kemenpan-RB masih fokus menyelesaikan penerimaan CPNS 2019, yang pada tanggal 25 Maret 2020 nanti akan diadakan seleksi kompetensi bidang atau SKB.

Pada penerimaan CPNS 2019 ini, ada banyak sekali formasi yang kosong atau yang sepi pelamar, sehingga tentu saja harus dimasukkan untuk formasi CPNS tahun berikutnya.

Apalagi, hampir setiap tahun, banyak formasi kosong yang harus diisi kembali akibat adanya PNS yang telah memasuki usia purna bakti/ pensiun, meninggal dunia atau pensiun dini.

Melihat hal itu, tentunya kebutuhan dari kementerian-kementerian dan lembaga di pusat dan daerah untuk pengadaan PNS ini sangat besar.

Selain itu, pada penerimaan CPNS 2019 yang lalu, ada beberapa instansi yang tidak membuka lowongan penerimaan CPNS 2019, sehingga formasi penerimaan CPNS 2020 nanti akan diisi oleh instansi yang tidak membuka seleksi CPNS 2019 tersebut.

Baca: Bentuk Soal CPNS yang Sering Keluar pada Tes SKD

Instansi yang mengajukan penundaan menerima CPNS tahun 2019 akan diberikan surat persetujuan dan didorong oleh pemerintah untuk dibuka pada tahun 2020 ini.

Sebagai contoh pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menunda penerimaan CPNS 2019 untuk instansi mereka dengan alasan karena adanya struktur baru yang masuk ke kementerian tersebut.

Selain itu, Kemenpan-RB juga telah meminta kepada instansi pusat dan daerah untuk menyampaikan kembali kebutuhan formasi untuk pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS 2020.

Jadi, untuk Anda yang saat ini masih belum beruntung dan gagal dalam seleksi penerimaan CPNS 2019, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun 2020 ini.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Seleksi Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2020 akan Dibuka September?"