Facebook Luncurkan Messenger Rooms Untuk Rapat Online Hinga 50 Peserta Tanpa Batas Waktu

Facebook messenger rooms resmi diluncurkan sebagai alternatif penggati Zoom meeting online.

Disisi lain, Zoom mulai memperbaiki layanannya seiring meningkatnya pengguna Zoom dari seluruh dunia.

facebook messenger room rapat online 50 peserta tanpa batas waktu

Langkah-langkah penting yang dilakukan Zoom untuk mengatasi berbagai masalah privasi dan keamanan layanannya, tidak membuat pengguna menjadi semakin percaya dengan Zoom.

Baca: Tips Menggunakan Rapat Online Zoom dengan Aman

Malah yang terjadi masih banyak orang yang mencari platform alternatif untuk rapat online atau konferensi video.

Facebook Messenger Rooms

Facebook nampaknya tidak mau ketinggalan untuk terjun platform rapat online dan konferensi video.

Untuk itu, Facebook berusaha menjadikan aplikasi perpesanan instannya - Messenger menjadi opsi yang layak menjadi pengganti Zoom.

Melalui Facebook Messenger Rooms, raksasa media sosial ini memberikan satu lagi pilihan yang layak untuk dicoba oleh pengguna yang ingin melakukan obrolan video hingga 50 orang sekaligus.

Bahkan untuk durasi rapat konferensi video online yang bisa dilakukan oleh hingga 50 orang sekaligus ini tanpa batas waktu.

Tidak seperti yang ditawarkan oleh Zoom versi gratis. Dimana ada batasan waktu untuk konferensi video dan rapat online di ruang rapat onlinenya, yakni hingga 40 menit.

Menariknya lagi, pengguna tidak perlu memiliki akun Facebook untuk bisa menggunakan facebook messenger rooms ini.

facebook messenger room rapat online 50 peserta tanpa batas waktu

Cukup host atau orang yang mengatur rapat yang memiliki akun Facebook, sedangkan untuk peserta lainnya dapat diundang untuk bergabung tanpa harus memiliki akun Facebook.

Bonusnya, pengguna tidak harus mendownload atau menginstal aplikasi, sebab Room atau Ruang Rapat dapat diakses hanya dengan menggunakan browser web.

Facebook menyebut fitur baru ini dengan:

"Mudahnya menghabiskan waktu berkualitas dengan teman, orang yang dicintai dan orang-orang yang berbagi minat yang sama dengan Anda".

Memang facebook menawarkannya untuk mereka yang ingin terhubung dengan teman, keluarga atau sahabat disaat-saat social distancing seperti saat ini.

Akan tetapi Facebook Messenger Rooms ini juga bisa dengan mudah digunakan untuk pertemuan bisnis dan rapat online dengan rekan kerja.

Lewat video di bawah ini, Facebook memamerkan Messenger Rooms mereka:


Facebook menyebutkan bahwa pengguna dapat memulai dan berbagi Room konferensi video di Facebook melalui Kabar Berita (News Feed), Grup, dan Acara (event).

Baca: Cara Menghapus Status-status Lama di Facebook dan Twitter

Selanjutnya fitur ini juga akan dikembangkan untuk Instagram Direct, WhatsApp, dan Portal.

Belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh Zoom, Facebook mengatakan bahwa Messenger Rooms dibangun dengan mempertimbangkan privasi dan keamanan penggunanya.

Facebook menyebutkan Messenger Rooms dibuat dengan privasi dan keamanan, sehingga Anda dapat merasa nyaman berhubungan dengan teman, keluarga, dan komunitas Anda.

Facebook sendiri tidak akan melihat atau mendengarkan panggilan rapat atau konferensi video yang kita lakukan.

Penggunalah yang memiliki kontrol atas room atau ruangan rapat online, dan siapa yang dapat bergabung serta yang melihat ruangan.

Untuk Host, sebagai pembuat ruang rapat online harus hadir agar rapat dapat dimulai, dan dapat menghapus peserta kapan saja.

Baca: Cara Membuat Fanpage Facebook untuk Bisnis

Pengguna juga dapat melaporkan nama Rooms atau dapat juga mengirim umpan balik tentang Rooms jika mereka yakin tidak melanggar Standar Komunitas Facebook.

Facebook Messenger Rooms sudah diluncurkan mulai hari kemarin, namun hanya untuk beberapa wilayah saja.

Kedepannya Facebook mengatakan akan memperluas peluncuran Facebook Messenger Rooms ini ke negara lainnya, termasuk Indonesia dalam beberapa minggu mendatang.
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Tidak ada komentar untuk "Facebook Luncurkan Messenger Rooms Untuk Rapat Online Hinga 50 Peserta Tanpa Batas Waktu"