Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uninstal Microsoft Edge Berbasis Chromium dari Windows 10

Pada update Windows 10 versi 1803, 1809, 1903, 1909, dan 2004, Microsoft memaksa pengguna Windows 10 untuk menggunakan Edge berbasis Chromium.

cara menghapus microsoft edge dari windows

Alhasil, pengguna windows tidak lagi bisa menggunakan Edge versi lawas walaupun mereka tetap ingin menggunakannya.

Update Microsoft Edge berbasis chromium ini ada di KB4541301, KB4541302 dan KB4559309 untuk "memaksa" pengguna Windows menggunakan Edge versi baru yang berbasis Chromium.

Sedangkan Microsoft Edge lawas, tetap disistem windows namun tersimpan sebagai "warisan" Edge.

Agresifitas Microsoft dalam hal mendorong pengguna untuk menggunakan browser Edge berbasis Chromium, membuat sebagian pengguna windows tidak senang dengan hal itu.

Tidak sedikit pengguuna windows yang tidak suka bahkan jengkel dengan kewajiban untuk menginstal browser edge versi baru berbasis chromium didalam sistem komputer pc laptop mereka.

Kemarahan ini cukup beralasan, sebab memiliki browser yang tidak benar-benar mereka butuhkan dan harus diinstal secara paksa, membuat sebagian pengguna merasa tidak bebas memiliki sistem operasi untuk komputer pc laptop mereka.

Apalasi, Microsoft membuat instalasi browser Edge berbasis chromium di windows 10 tidak memiliki opsi untuk dihapus atau di uninstal.

Namun sebenarnya ada cara untuk membuang atau menguninstal browser Edge bawaan windows 10 ini.

Dan jika Anda termasuk salah satu dari pengguna yang tidak menyukai browser ini, dan hanya ingin memiliki satu browser saja didalam sistem windows, inilah yang perlu Anda ketahui.

Sebagai pengguna sistem operasi, baik itu windows, macOS, ataupun linux, Anda mungkin telah memiliki satu browser tetap sebagai andalan.

Seperti penulis, yang sampai saat ini setia menggunakan browser besutan Google - Chrome.

Mengapa kita harus menggunakan browser lain yang berbasis chrome, jika kita bisa memiliki langsung chrome tersebut secara gratis.

Hal ini tentunya masuk akal, jika Anda salah satu pengguna yang telah memiliki satu atau dua browser andalan, dan tidak menginginkan Edge berbasis chromium dan ingin menghapusnya dari sistem windows.

Nah, jika itu keputusan Anda, tentu Anda tidak ingin repot-repot memasang Edge, yang mungkin dapat membuat pc laptop windows menjadi lambat, dan ingin menyingkirkannya dari sistem.

Atau bahkan mungkin Anda orang yang idealis, tidak ingin dibatasi atau diatur-atur oleh Microsoft untuk sistem operasi yang telah Anda beli dari mereka.

Akan hal ini, Microsoft sendiri telah memutuskan bahwa bagi pengguna yang menginstal Edge secara sukarela atau manual (tidak melalui update sistem windows), mereka dapat menghapus instalannya (uninstal).

Meskipun sebenarnya tidak ada jaminan bahwa hal itu benar-benar diberikan oleh Microsoft, bahwa disana akan ada opsi untuk menghapus atau menguninstal Edge berbasis chromium.

Sedangkan, jika browser Edge berbasis chromium ini diinstal melalui update Windows (KB4541301, KB4541302 dan KB4559309), Microsoft telah menghilangkan opsi uninstal Edge dipengaturan sistem.

Nah, untuk menghapus atau menguninstal Edge dari sistem, Anda bisa menggunakan Command Prompt. Berikut caranya.
  1. Klik tombol Start, ketik cmd
  2. Klik kanan Command Prompt dan pilih Run as administrator
  3. Ketik cd C:\Program Files (x86)\Microsoft\Edge\Application\83.0.478.58\Installer lalu Enter
  4. Ketik setup.exe --uninstall --system-level --verbose-logging --force-uninstall dan tekan Enter
  5. Selesai, Microsoft Edge akan hilang otomatis dari sistem windows Anda.
cara uninstal browser microsoft edge di windows 10

Jika sudah selesai, Anda akan mendapatkan bahwa versi baru Edge berbasis chromium sudah tidak ada, dan versi lawas non-Chromium akan tersedia lagi. Selamat mencoba!

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "Cara Uninstal Microsoft Edge Berbasis Chromium dari Windows 10"