Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Windows Sandbox? dan Bagaimana Cara Menggunakannya!

Apa itu Windows Sandbox? 

Windows Sandbox adalah tambahan yang fenomenal dari Windows 10, yang dikembangkan dengan teknologi Windows Container.

apa itu windows sandbox dan cara menggunakannya

Dimana ia dapat menciptakan sebuah lingkungan desktop sendiri yang bersifat sementara dan terisolasi.

Sehingga apapun yang dilakukan didalam desktop windows sandbox, entah itu menginstal aplikasi dan yang lainnya tidak akan mempengaruhi host atau desktop dari Windows 10.

Dengan kata lain Windows Sandbox adalah sebuah mesin virtualisasi bawaan dari Windows 10 itu sendiri.

Windows Sandbox ini sangat berguna terutama bagi para developer untuk mencoba aplikasi-aplikasi tidak resmi yang kemungkinan membawa dampak buruk pada sistem operasi Windows.

Sehingga dari pada mencobanya langsung di sistem Windows 10 itu sendiri yang dapat menyebabkan crash atau kerusakan pada sistem Windows, maka lebih baik dicoba pada sebuah desktop windows virtual yakni Windows Sandbox.

Jadi, walaupun di instal dalam lingkungan yang sama, dalam Windows Sandbox itu menjalankan aplikasi yang di dinstal pada ruang yang berbeda.

Itulah sebabnya jika Windows Sandbox dimatikan, maka aplikasi-aplikasi yang terinstal didalamnya secara otomatis akan terhapus.

Baca: Ini Dia Aplikasi yang Dapat Membantu Orang Tua Memantau Aktifitas Gadget Anak-anak Mereka

Cara Paling Tepat untuk Menggunakan Windows Sandbox

Untuk memuat dan mengaturnya cukup mudah dan cepat, terlebih lagi semuanya "aman". Apa pun yang kita lakukan di dalam Windows Sandbox, semuanya tetap berada di dalamnya.

Kekurangannya hanya satu, yakni apapun yang kita lakukan, semuanya bersifat sementara dan hanya ada didalam Windows Sandbox saja.

Setelah keluar dari mode Windows Sandbox, pengaturan-pengaturan yang telah kita lakukan sebelumnya, tidak akan tersimpan. 

Aplikasi-aplikasi yang terinstal, atau file-file yang telah didownload ketika mode Windows Sanbox diaktifkan tidak akan tersimpan, saat keluar dari mode Windows Sandbox.

Itu artinya kita harus memulai lagi semuanya dari awal saat kita masuk kembali kedalam mode Windows Sandbox.

Yang walaupun cara kerjanya seperti sebuah mesin virtual (VM) namun bukan sebuah mesin virtual yang ideal seperti mesin virtual pada umumnya.

Jika Anda ingin tahu apa dan kapan Windows Sandbox paling baik untuk digunakan, berikut ini kami dari Awambicara Windows berikan contoh dan memanfaat dari Windows Sandbox ini.

Baca: Cara Uninstal Microsoft Edge Berbasis Chromium dari Windows 10

1. Memeriksa Malware

Coba Anda ingat-ingat, seberapa sering Anda mendownload program atau aplikasi yang ternyata didalamnya terdapat malware atau adware?

Sering bukan! Apalagi aplikasi tersebut Anda dapatkan secara ilegal, terutama dari situs-situs penyedia aplikasi-aplikasi berbayar yang dapat didownload secara gratis.

Nah, dengan menggunakan mode Windows Sandbox ini Anda bisa menggunakan aplikasi atau program tersebut tanpa harus khawatir dengan malware atau adware yang ada didalamnya.

Yang harus Anda lakukan cukup copy dan paste instalasi program/ aplikasi yang telah didownload tersebut ke Windows Sandbox.

Setelah itu Anda dapat dengan mudah menginstalnya untuk mencoba aplikasi tersebut tanpa rasa khawatir terserang malware/ adware.

Apabila ternyata aplikasi tersebut terlihat bersih dari malware atau adware, maka Anda dapat menginstal program tersebut pada sistem operasi host tanpa khawatir.

Dan jika ternyata file tersebut terinfeksi, maka Anda dapat mengeluarkannya dengan aman dengan keluar dari mode Windows Sandbox, yang akan menghapus semua yang telah Anda lakukan didalamnya.

Windows Sandbox sepenuhnya diisolasi dari sistem operasi host nya, jadi tidak ada yang keluar dari sana.

2. Mencoba Software

Bagi para developer atau programer, setiap program atau software yang mereka buat tentu harus diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah software tersebut dapat berjalan dengan sempurna disistem Windows. 

Sedangkan bagi pengguna windows, kita sering kali mendengar atau mendapatkan sebuah aplikasi atau software yang cukup sering menarik perhatian kita untuk mencobanya.

Namun terkadang software tersebut tidak selalu harus ada disistem windows, atau terkadang kita gunakan untuk sementara waktu saja.

Itulah sebabnya, menginstal dan menghapus banyak program dari waktu ke waktu akan mengacaukan kinerja dari Windows 10.

Untungnya, di sinilah Windows Sandbox sangat berguna, kita hanya menginstal program, melakukan apa yang perlu dilakukan, dan kemudian keluar dari Windows Sandbox. Semudah itu.

Kita tidak akan pernah lagi mengacaukan komputer kita dengan file sisa dan entri registri yang berlebihan.

3. Menjelajahi Internet

Penjelajahan web sering kali membawa kita kedalam jangkauan internet yang berbahaya. Ancaman phising, serta penjelajahan yang tidak aman.

Inilah gunanya Windows Sandbox, kita dapat mengandalkan Windows Sandbox setiap kali ingin mengunjungi situs-situs web yang tampak samar dan berbahaya.

Dengan begitu, kita tidak perlu lagi khawatir dengan para cryptominers, pembajak, dan bentuk skrip yang tidak diinginkan lainnya yang secara permanen menyusup kedalam browser kita.

Meskipun Google Chrome telah memberikan fitur seperti Site Isolation untuk mengisolasi tab, ada kemungkinan celah keamanan potensial untuk dieksploitasi.

Mengunduh ulang Chrome setiap kali kita masuk kedalam mode Windows Sandbox, terkadang membuat kita jenuh untuk melakukannya, jadi menggunakan browser bawaan Windows Edge kami kira tidak terlalu buruk.

4. Download File

Selain menjelajahi internet, Windows Sandbox juga dapat mengisolasi kita dari unduhan file-file berbahaya. 

Setiap kali kita melihat tautan Unduh yang tampak mencurigakan, kita dapat menjalankan Windows Sandbox dan mengunduhnya di sana.

Hal itu terutama berlaku untuk unduhan file di mana Chrome sering kali mengeluarkan peringatan aktif.

Maka kita dapat masuk kedalam Windows Sandbox, mengunduh filenya disana, dan bahkan membukanya untuk memeriksa apakah tidak ada yang mencurigakan.

Kita juga dapat memindahkan file yang diunduh tersebut ke dalam sistem operasi host apabila ternyata file tersebut aman.

Jadi kita tidak membuang-buang bandwidth dalam prosesnya.

Baca: Cara Menerima dan Melakukan Panggilan Ponsel di PC Laptop dengan Aplikasi Your Phone

5. Bermain-main dengan Pengaturan Windows

Windows 10 memiliki banyak sekali pengaturan yang menurut kami masih sangat membingungkan, bahkan setelah bertahun-tahun digunakan.

Jadi daripada mengutak-atiknya secara langsung pada sistem windows host yang pada akhirnya merusak beberapa fungsi inti dari windows, kita dapat melakukannya di Windows Sandbox.

Hal ini juga berlaku untuk area-area sensitif di sistem Windows seperti sistem Registri Editor (Regedit). 

Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir tentang rusaknya sistem registri Windows dan yang lainnya.

Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, yang perlu kita lakukan cukup keluar dari mode Windows Sandbox, dan semuanya kembali lagi seperti semula.

Windows Sandbox bisa menjadi sebuah tempat bermain digital yang sempurna. 

Menguji program baru, memulai dan memverifikasi unduhan, dan mengotak-atik berbagai pengaturan Windows adalah hal-hal yang pasti harus Anda lakukan dengan implementasi yang fantastis ini.

Walaupun demikian, kita tetap harus berhati-hati, sebab semuanya pasti memiliki celah, jadi jangan terlalu aktif menguji file yang diketahui membawa malware. Selamat mencoba!


TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Apa Itu Windows Sandbox? dan Bagaimana Cara Menggunakannya!"